Monday, December 30, 2013

Wajik Klethik Bungkus Klobot Jagung


Wajik lethik...adalah jajanan manis terbuat dari kelapa parut dan ketan..yang di masak dengan gula hingga tanak..atau sampai mengering..kemudian di bungkus dengan klobot jagung atau kertas warna warni. Entahlah aslinya dari mana ya wajik klethik ini..yang jelas..di Jawa tengah..ada..di Jawa timur..daerah Blitar juga jadi salah satu oleh oleh khas..wajik klethik seperti ini..tapi biasanya pakai gula merah. Di Bandung juga ada juga wajik klethik ..cuma di campur agar2 adonannya..aku pernha bikin juga..tapi kurang suka..kalau yang di campur agar2..kurang bisa keset dan kering gitu wajiknya. 

Kalau wajik klethik gula merah..aku udah pernah bikin dan aku share resepnya di sini. Kali ini..aku buat versi yang pakai gula pasir biasa. Satu kelapa aja jadinya banyak..padahal..kalau makan yang manis2 yang nggak kuat banyak..akhirnya..di bawa ke kantor sumai aja tadi sebagian. Wajik klethik ini memang rasanya manis..jadi paling enak..di makan di temani teh pahit atau kopi pahit gitu..enak..sebagai gantinya gula..hihi. Resep masih sama kayak yang dulu..cuma pakai gula pasir aja bedanya kali ini..dan aku tambah vanili..jadi tambah harum dech wajik klethiknya. Resep aslinya dari temen fb ku Mba Tri..yang tantenya punya usaha pembuatan wajik klethik..jadi..rasanya oetentik dech..enak..dan legit..makasih Mba Tri..resepnya ya..cuma gulanya aku kurangi..hihi..jadi 400 gram saja..itupun udah manis buatku..tapi jadi enak dan nggak mblenger banget manisnya. Pas aja dech buat ukuran wajik klethik 400 gram aja untuk kelapa 1 buah, resep aslinya sich gulanya pakai 500 gram. 

Jika mau membuat wajik klethik ini..gula memang harus lebih banyak dari jumlah kelapa dan ketannya teman2..supaya bisa menggumpal dan mengeras wajiknya. Jika di kurangi lagi gulanya..takutnya malah nggak jadi. Selamat mencoba ya teman2..jika suka..^^

Cara Membuat Wajik Klethik
  • Siapkan bahan2 : 1 butir kelapa sedang tuanya , parut panjang, 250 gram ketan, 400 gram gula pasir, 1/2 sendok teh garam, 1 sachet kecil vanili, 50 ml air
  • Sangrai kelapa hingga agak kering ( terpisah2 )
  • Masak beras ketan hingga matang, bisa di aron dulu kemudian di kukus, tapi jangan sampai empuk banget.
  • Masak gula, air, vanili, dan garam hingga kental dan berambut, masukkan kelapa dan ketan , aduk hingga keset dan kering seperti foto di bawah ini.
  • Bungkus dengan klobot jagung yang sudah di cuci bersih dan di jemur. Jika tidak pakai klobot jagung, wajik klethik ini bisa juga di bungkus kertas minyak warna warni.
 
  • Jemur wajik sehari di panas matahari jika mau lebih awet dan kering hasilnya.












12 comments :

  1. ngiler tiap mampir kesini. sampai nelen ludah baca postingan ini --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..mksh Mak Novia..suka wajik klethik juga Mak..wah..seandainya deket..aku bagi Mak..jadi banyak kemaren...:)

      Delete
  2. biasanya aku makan wajik cuma bisa satu aja mbak :) blenger manisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak Lydia..memang manis ya wajik klethik ini..tapi kalau di makan di temani teh pahit..enak lho Mak..Aku suka legitnya itu kalau wajik klethik gini..tapi memang sekali makan satu dua..jadi awet..:D

      Delete
  3. mbak, klobotnya dapet darimana ? beli atau bekas jagung ? hehehee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha..klobot kan memang kulit jagung Mba Dwek..:D
      Aku bawa dari Yk kmrn Mba..:)

      Delete
    2. maksudnya kalo beli itu ada nggak yang asli klobot aja tanpa jagungnya atau harus beli jagungnya lalu kulitnya kita pake utk bikin wajik ? hehehee...
      karena aku juga pengen bikin tapi bingung kulit jagungnya...

      Delete
    3. Kayaknya ya..nggak ad ayang jual ya Mba..jadi dari jagung aja..di ambil kulitnya..kemudian di jemur..di cuci..lalu di buat wajik dech. Kalau di Yogya sich masih banyak sawah ya..dan banyak yang panen jagung pas aku pulang kemaren..jadi cari klobot kering..banyak..nggak perlu beli..tinggal nyuruh orang nyariin...:)

      Delete
    4. enak ya kalo tinggal di desa, pengen apa-apa tinggal ambil dari sekitar (kebun), heheheee....

      Delete
  4. Sampai kering dibungkus tahan berapa lama mbak...

    ReplyDelete