Sunday, December 1, 2013

Tips Membuat Zebra Cake



Kemaren Sabtu pagi..ada jadwal home visit dari taechernya Yodha..aku bikin Zebra cake aja yang cepet..dan praktis..jadi bisa di buat pagi2..dan masih fresh..hangat ketika di sajikan. Yapp...zebra cake ini merupakan salah satu cake andalanku..kalau lagi buru2 harus bikin snack..karena cepat dan praktis. Pembuatannya yang pakai sistem kocok all ini one sangat praktis dan cepat. Hasil cakenya juga empuk dan lembut..ringan dan moist. Kemaren sisanya aku bagi2 ke mbak..ke Budhe sayur juga..alhamdulillah pada suka semua..Budhe sayur yang ngerti cake2..karena sering punya side job di catering besar di daerahku..bilang..wah..ini lebih enak daripada di katering tempat aku kerja Bu..cakenya..hihi..masak sich Budhe..aku bilang gitu..iya..rasanya udah kayak cake nya Sw**..hihi..salah satu bakery yang cukup terkenal di Semarang. Wah..aku sich saking seringnya bikin cake Budhe..jadi sampai nggak merhatiin itu enak..atau enak banget..hihi..kataku....*lebay..*

Cuma.emang sistem all ini one ini rada tricky juga buat pemula....karena bisa beresiko cake jadi turun atau nggak mengembang sempurna jika adonan belum benar2 kental. Dulu..aku pernah share sich resep zebra cake ini..di salah satu grup masak...dan jadi salah satu resep yang cukup banyak di coba..banyak yang berhasil...ada juga yang belum berhasil..walau aku udah sering share tips dan trik membuat zebra cake ini dengan detail..nggak tau juga aku..kalau udah semua jurus trip dan trik aku kasih tau..jadi bingung juga sich..salahnya di mana ya..hihi..karena aku ya udah belasan kali bikin cake ini ya..alhamdulillah selalu berhasil dan tidak ada masalah. Jadi..aku mau share lagi ya di sini..karena memang belum ku posting di sini memang tentang tips2 membuat zebra cake ini. Karena kemaren ada teman yang email juga ya tanya2 tentang cake ini..jadi sekalian aku bahas..biar lebih jelas dan detail lagi. Semoga bermanfaat buat teman2 ya..yang mau mencoba..^^

Tips membuat zebra cake :
  • Zebra cake adalah cake yang bermotif cantik..seperti motif zebra. Motif ini di hasilkan dengan cara menuang adonan dua warna secara bergantian..di satu titik yang sama di loyang. Loyang yang di pakai agar motifnya cantik adalah loyang bulat. namun bisa juga sich loyang kotak..tapi motif zebranya akan berbeda. Tuang satu adonan warna tepat di tengah2 loyang, tumpuk dengan adonan warna lain di titik yang sama. Begitu seterusnya..sampai adonan habis. Adonan tidak perlu di ratakan di loyang, karena adona zebra cake ini lebih ringan , nanti adonanya akan mengalir sendiri sampai ke pinggir2 loyang tanpa perlu di ratakan..perlahan ketika proses menumpuk adonannya.
  • Zebra cake ini merupakan jenis cake yang lebih banyak pemakaian telurnya di banding jumlah tepungya..jadi aman di kocok dengan cara all ini one, terigu, gula dan telur di kocok langsung masuk..dan cake yang di hasilkan adalah jenis cake yang lembut dan nggak terlalu padat dan mengembang kayak sponge cake dan butter cake..jadi jangan mengharap cake akan mengembang tinggi kayak bolu atau sponge cake ya teman2.karena memang pemakaian tepungnya lebih sedikit di banding telurnya. Hasil cakenya lembut..dan moist..dan ringan..jadi enak di cemal cemil dan nggak membosankan
  • Mengocok adonan zebra cake ini harus sampai  benar2 kental dan mengkilat adonannya ya. Jika kejadian adonan cair..kemungkinan mengocok adonannya belum terlalu kental dan creamy, sehingga ketika di tambahkan margarin dan susu kental manis...jadi turun lagi adonannya.
  • Pastikan telur dan emulsifier dalam keadaan bagus ya..supaya hasil adonan benar2 mengembang dan kental. Selain itu peralatan yang di gunakan juga harsu bersih dan bebas lemak..supaya adonan bisa benar2 mengembang.
  • Agar lebih mudah dan adonan coklatnya tidak terlalu berat, lebih baik gunakan coklat pasta, dan mencampurnya juga harus cepat dan rata, sehingga adonan coklat tidak turun meresap ke adonan putih..agar  motif zebranya bisa terbentuk dengan cantik. Namun untuk rasa lebih mantap..memang lebih enak memakai coklat bubuk untuk adonan coklatnya yang di cairkan dengan sedikit air panas...tapi motif zebranya tidak secantik jika memakai coklat pasta.
  • Memanggang zebra cake..tidak harus sesuai dengan yang tertulis di resep..selama 30 menit..karena masing2 oven beda panasnya. Jadi..lakukan tes tusuk setelah 30 menit..dengan menusukan lidi ke cake...tanpa perlu mengeluarkan cake dari oven. Jika lidi sudah keluar dalam keadaan bersih..berarti cake udah matang..tapi jika lidi masih tertempel adonan basah..berarti cake belum matang sempurna..jadi lanjutkan proses mengoven sampai benar2 matang cakenya.Tapi suhu oven juga jangan terlalu panas ya..jika terlalu panas..cake akan cepat mengembang ketika di oven..dan nanti jadi bisa turun lagi ketika sudah matang. Jadi suhunya pas dan stabil aja .
  • Oke..selamat berzebra ria ya teman2..silahkan tinggalkan pesan di komentar..jika ada yang masih kurang jelas..atau pernah mencoba zebra cake ini..tapi belum berhasil. Oh ya..resep zebra cakenya..bisa di klik di sini..jika mau coba ya..^^

29 comments :

  1. salam kenal ya mbk,,tipsnya membantu nih,rima smpt trauma sm sistem kocok all in one.adnn yg tadinya mengembang jd cair walhasil kuenya bantat deh.
    sekalian mw tanya,diresep ini pake tp.terigu protein rendah,apakah beda klw menggunakan tp.protein sedang misal segitiga?
    mksh ya mbk dah share resepnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Rima..iya Mba..asal di kocok bener2 sapai mengembang..nggak bantat kok Mba..:).masih boleh kok Mba..pakai yang protein sedang..aku kmrn pakai itu soalnya yang rendah abis. Bedanya..kalau pakai protein rendah itu hasil cake lebih lembut lagi..walau kmrn juga lembut sich..hihi

      Delete
    2. Mba aku pake protein sedang jadinya encer . Ga mau mengembang. Tapi kalo pame protein rendah pasti berhasil. Kenapa ya mba?
      *santi

      Delete
  2. mbak diah, aku termasuk yg gagal pakai sistem all in one. padahal kalo metode biasa aku selalu berhasil. aku dah ngocoknya lama sekali tp adonannya tetap cair.. hiks... hiks.. padahal dah kebanyang cake yg lembut banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lagi ya Mba..biar tau salahnya di mana..iktuin tip2nya di atas..kalau aku buat alhamdulillah selalu lembut dan ringan tekture cakenya..makan beebrapa potong nggak neg..makanya aku posting resepnya..:)..dan banyak juga teman2 yang udah coba dan byk yang berhasil..sampai jadi cake andalan buat jualan..:)

      Delete
  3. Mba Di, aku baru coba cakenya, tp gak sukses hu hu hu, sedih deh. Adonannya jd misah. Coklat dibawah dan bantat trus putih diatas tapi ngembang. Kira2 apa kurang kocoknya mba? Padahal aku uda lama ngocoknya.Aku pakai pastA coklat, mohon pencerahannya.

    Ari - Batam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berarti adonan coklatnya turun mba..nggak ngembang lagi..jadi mengendap dan turun ke bawah dech. Biasanya gitu karena pas nyampur adonan dgn pastanya terlalu kuat ngaduknya..jadi adonan turun dech..:)

      Delete
  4. Mbak Diah, kemarin saya coba. Cake mengembang dg sempurna dlm oven, dan sedikit turun kira2 1cm setelah agak dingin. Tekstur kue saya tdk terlalu ringan, tdk terlalu berat, berpori halus, dan sedikit membal. Motif kurang bagus, mungkin saya menuangkan tiap lapisan terlalu sedikit, jadi terlalu rapat dan agak nyampur. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lagi ya Mba..biar tau salahnya di mana..iktuin tip2nya di atas..kalau aku buat alhamdulillah selalu lembut dan ringan tekture cakenya..makan beebrapa potong nggak neg..makanya aku posting resepnya..:)..dan banyak juga teman2 yang udah coba dan byk yang berhasil..sampai jadi cake andalan buat jualan..:)

      Delete
  5. Baik, saya akan coba lagi lain kesempatan. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
  6. wahhh ...mksi mba tipsnya...aku udah coba hasilnya sangat memuaskan...aku jadi semangat buat kuenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Novia..berarti coba sekali langsung sukses ya Mba..ikut seneng dech..memang kalau ngikutin step by step dan tips2nya nggak susah kok ya Mba..:)

      Delete
  7. Hai Mba Dia..

    Salam kenal ya..
    aku belum pernah coba marmer cake karna loyang polos bulat ga ada, tapi sering bikin cake, kadang bantet..... hehehe...

    ReplyDelete
  8. Hai mb diah,

    Mau nanya donk. Tiap kali bikin cake yg dipanggang hasilnya koq seperti di kukus ya.. Pinggirannya ga pernah berubah kecoklatan gitu. Knp ya mb? Apa krn pengaruh api? Penasaran banget nih nunggu jawabannya.. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti manggangnya kurang lama Mba..atau apinya kekecilan..:)

      Delete
  9. Hi Mbak Diah.. Masih belum ngerti mengenai menuangkan adonan di satu titik.. Apakah titik ditengah loyang itu menjadi satu2nya patokan utk menuangkan adonan secara bergantian sampai habis ? Ditunggu ya jwbannya, makasih :-)

    ReplyDelete
  10. halo mb!k diah ,, mi tanya boleh gak,, aku kalau buat cake itu sistim all in one lo mbak,, masuk smua kecuali mentega cair nya,, yg mau saya tanya kalau jadi itu kan dingin dulu baru di balikan atau di salin,, masalah nya bagian atas itu selalu lengket di tatakan nya ,, gmana nhomong nya ya ,, bagian atas nya lembek lo mbak,, salah nya dimana nya mbak? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dinginkan di rak kawat setelah cake di keluarkandari oven..:) agar pendinginan berlangsung pelan2..jadi nggak berkeringat atasnya mba..:)

      Delete
  11. Hi mbak di,,!!:D
    pengen bngt coba resepnya tp aku gk ad loyang bulat, kira2 kalau pake wonderpan bisa gk mbak??

    ReplyDelete
  12. Bisa mba pakai loyang lain..motifnya aja nanti yang beda hasilnya ya..:)

    ReplyDelete
  13. Mba Diah berarti sewaktu menuang adonan putih dan adonan cokelatnya di loyang harus cepat ya supaya adonan cokelatnya tidak turun bercampur dengan adonan putihnya? Dan mencampur adonan dengan pasta juga harus pelan dan lembut ya? Karena hasilnya saya enggak terlalu keliatan motif zebranya.
    terima kasih atas penjelasannya.

    ReplyDelete
  14. mnta resepnya dong mbk

    ReplyDelete
  15. Mba diah salam kenal..sya siska mgk telat baru nyobain resep cake zebra ni..hasilnya saat dioven terlihat tinggi munjung melebihi loyangnya tp lama2 retak2 ditengahnya...saat dikluarkan cakenya kempes tp ttp enak.dan lembuuut...apa krn sya mngocoknya klamaan ya mba krn adonan msh encer mkanya wkt ngocoknya sya tambahin lbh lama...mksh ya mba..

    ReplyDelete
  16. Mba diah salam kenal..sya siska mgk telat baru nyobain resep cake zebra ni..hasilnya saat dioven terlihat tinggi munjung melebihi loyangnya tp lama2 retak2 ditengahnya...saat dikluarkan cakenya kempes tp ttp enak.dan lembuuut...apa krn sya mngocoknya klamaan ya mba krn adonan msh encer mkanya wkt ngocoknya sya tambahin lbh lama...mksh ya mba..

    ReplyDelete