Thursday, December 26, 2013

Butter Cake Coklat Pisang


Kemaren ke rumah temen suami..nengokin istrinya yang baru lahiran...di suguhi brownies..eh Yodha kok makan habis 3 potong..terus katanya minta di buatin brownies di rumah. Ya udah..aku buatin..tapi bukan beneran brownies sich ini..tapi rasanya kayak brownies..nah lho..bingung kan..hihi. Ini jenis butter cake coklat aja..tapi pakai coklat leleh juga..jadi rasanya ya mirip2 brownies..tapi nggak terlalu berat dan berat tekturenya kayak brownies. Tekturenya ya..kayak butter cake..padat tapi empuk. Tapi aku salah pakai loyang..karena males tadi cari loyang pendek di tumpukan peralatan dapur..akhirnya pakai loyang agak tinggi..alhasil..dalemnya agak moist dan basah sedikit..tapi malah enak je..jadi kayak brownies beneran..hihi..dan Yodha malah suka.Cuma..karena ku kasih pisang..akhirnya..makannya di pritili..yang nggak ada pisangnya..hihi.

Bikin cake ini dalam rangka uji coba dua produk umkm binaan suami..tes rasa gitu..yaitu bubuk coklat dari produksi lokal langsung petani coklat...sama usaha perkebunan pisang barangan. Kalau pisangnya sich enak banget di makan langsung..wangi dan manis banget kayak perpaduan pisang raja dan pisang cavendish. Budidaya pisang ini..udah tembus pasaran ekspor juga..yang kualitas bagus..sisanya baru di jual lokal. Ini lagi musim panen kata suamiku..jadi bawa sample sedikit untuk aku uji coba di buat kue. Ternyata jenis pisang ini...kurang oke kalau di buat kue..karena wangi dan legit pisangnya malah berkurang..lebih enak di makan langsung..jadi pisang buah. Okelah kalau begitu..jadi next time..lebih baik kalau bikin cake pisang coklat ini..pakai pisang raja saja ya. Kalau bubuk coklatnya sich enak..hasilnya soft rasa coklatnya...dan nggak neg. Pas aja dech. So far resep ini oke juga..kalau mau coba teman2..enak dan nggak terlalu neg kuenya..nggak mblenger gitu lho makan beberapa potong..karena nggak terlalu manis juga sich. Jika mau coba..bisa pakai coklat bubuk biasa..dan pakai pisang raja yang di kukus dulu sebentar.

Pisang barangan..hasil produksi umkm ..enak..manis dan wangi pisangnya..kalau langsung di makan.



Butter Cake Pisang Coklat 

Bahan :
4 butir telur
225 gram margarin
125 gram gula halus ( dari gula pasir yang di blender )
100 gram coklat masak pekat, lelehkan
185 gram tepung terigu protein sedang
2 sendok makan coklat bubuk
1 sendok teh pasta coklat
1 sachet kecil vanili
1 sendok teh baking powder
5 buah pisang , belah. ( aku tadi pakai pisang barangan..jika pakai pisang raja di kukus dulu sebentar )

Cara membuat :
Ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking powder.
Kocok margarin dan gula halus hingga putih dan mengembang, masukkan coklat leleh, vanili dan pasta coklat, kocok rata.
Masukkan telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung, kocok rata.
Masukkan sisa tepung, kocok rata.
Tuang setengah adonan, tata pisang, tuang sisa adonan di loyang 22 x 22 x 4 cm yang sudah di oles sedikit margarin dan di beri alas kertas roti, lalu oven 180 C selama 45 menit.

Aku pakai coklat bubuk murni lokal produksi petani coklat kayak gini..enak juga lho..dan harganya lebih murah dari coklat bubuk bermerk..^^





24 comments :

  1. Replies
    1. Makasih Mas Cahyo..iya..memanfaatkan bahan yang ada..:)

      Delete
  2. emmm.... pisangnya menul-menul, kayaknya enak tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pisangnya bener2 enak kalau ini Mak...manis dan wangi..produksi petani..binaan suami..:)

      Delete
  3. Enak mba.. potongannnya rapi, ini namanya brownies pisang... suka banget dg olahan pisang... mksh mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Zulfa..iya Mba..hasilnya kan cakey..karena pakai sistem buttercake..jadi mudah di potong2nya Mba..:)

      Delete
  4. Klo disini pisang barangan lbh gampang didapat mba drpd pisang raja atau pisang tanduk

    -- Ari --

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Jawa Timur ya Mba Ari?..Memang..ini juga dari petani sana..yang di bawa ke Semarang..Kalau di Semarang sdr jarang pisang barangan Mba..:)

      Delete
  5. coklat bubuknya itu mahal apa nggak mbak Diah ? sebenernya aku lebih suka produk lokal juga, cuma ya itu seriing banget harganya lumayan, hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba..apalagi yang branded ya..tambah mahal harganya..yang ini di bawahnya kok Mba..karena produksi lokal..dari petani coklat ..ini baru mau di bina dan di pasarakan secara luas..:)

      Delete
  6. Replies
    1. Ambil mba..pisangnya..hihi..enak lho..:)

      Delete
  7. Wah, kuenya rapi sekali potongannya Mba Diah. Nyam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba..iya..tipsnya motong kue biar rapi..di celup air panas dulu pisaunya..terus di lap..baru dech buat motong cake..pasti rapi Mba..:)

      Delete
  8. Dimedan pisang barangan buanyakk mba... jd pengen makan ni.. hee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..enak ya Mba..di sana banyak..aku jarang nemu di sini..jadi pas ngerasain..enak banget pisangnya..lebih enak dari pisang raja..:)

      Delete
  9. jd pengen nyuruh istri buat kaya' ginian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Taufik..silahkan lho..mudah kok buatnya..:)

      Delete
  10. Kalau melihat dari fotonya benar-benar menggiurkan dan ingin mencobanya, perut langsung keroncongan nih....he..he..

    ReplyDelete
  11. mba permisi mau tny nih, hrg bubuk coklatnya brp ya? kl mau beli alamatnya dimana??
    soalnya yg bubuk coklat bermerek hrgnya muahal hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini baru sample mba..nanti ya coba jk udah produksi byk produsennya aku jual di toko onlineku..:)

      Delete
  12. klo MBA DidI yg Foto,, pisang aja kelihatan cantik,hehe

    ReplyDelete
  13. Mbaa, mau tanya dooong. Untuk kue ini bisa di kukus ngga?

    ReplyDelete