Tuesday, December 3, 2013

Ayam Taliwang



Beberapa waktu lalu dapat kiriman terasi Lombok dari mba Finah..makasih ya Mba..^^ Jadinya aku pengen masak masakan khas Lombok..mumpung ada terasi asli sana. Akhirnya kemaren bikin ayam Taliwang. Ayam bakar pedas khas Lombok. Ayam Taliwang ini biasanya di sajikan dengan Plecing Kangkung. Sekarang aku posting resep ayam taliwangnya dulu ya teman2. Buat penggemar pedas..pasti suka dech ayam Taliwang ini. Nggak perlu pakai sambel lagi makan ayam bakarnya..udah pedas. Tingkat kepedasan..bisa di sesuaikan selera ya teman2..mau pedas banget..tambahin aja cabe rawitnya. 

Ayam Taliwang ini ada dua versi ya..ada yang di bakar langsung setelah di lumuri bumbu2..ada juga yang di ungkep dulu. Aku pilih yang di ungkep dulu aja..soalnya malas menyalakan panggangan dari arang..jadi  cukup di panggang pakai teflon aja..setelah di ungkep..enak juga..dan praktis..hihi. Mau coba..ayukk..di catet resepnya ya teman2..^^
Ayam Taliwang

Bahan :
1/2 kg ayam ( aku pakai pejantan )
800 ml air
1/2 sendok makan gula merah
Garam secukupnya


Bumbu Halus:
5 buah cabai merah besar
5 buah cabe rawit
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri, disangrai
1 cm kencur
1 sendok teh terasi goreng
1 buah tomat


Cara membuat:

Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ayam dan air, serta bumbu2 lain. Ungkep ayam dengan api kecil hingga air habis dan bumbu mengental. Panggang atau bakar ayam hingga harum. Karena males nyalain arang..aku panggang aja di teflon anti lengket kemaren..yag penting dapat aroma bakaran..^^

9 comments :

  1. Waaahhh... Kereeennn... Mbak Diah tau dan ngerti semua masakan *love stuck* heheeee.... Insyaallah sabtu aku mau coba buat.. Bismillah.. semoga berhasil...^^ hihiiii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Finah..mumpung terasinya asli lombok...hihi..mksh ya..sedepp lho terasinya...:)

      Delete
  2. aduuuh..ngeces deh..nyoba aaah...
    makasih resepnya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies


    1. Hihi...ya Mba Nisrina..yukk di coba..:)

      Delete
  3. Hallo mba Diah, mba saya sudah coba lho plecing kangkung dan ayam taliwang ini... alamakkkk enak bangettttt bangeetttt mba, suami saya sampai ngasih jempooool mba. enak pedes2 kata dia... makasih ya mba buat resepnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba..:)
      Waaah....senengnya dapat jempol dari suami..kita2 nich..di kasih jempol aja udah seneng ya Mba Tina..berarti hasil masakan kita di sukai keluarga..hihi

      Delete
  4. Haloo Mba Diah.. Salam kenal, aku liza. Tadi siang kesampaian juga aku bikin ayam taliwang dan plecing kangkung dari resep Mba Diah. Hasilnya enaakkk dan dapat pujian suami lho. Walopun makannya sampe bercucuran keringat dan air mata saking pedasnya (aku pakai 6 cabe rawit merah, hehe). Eh tapi saking pemalasannya aku tadi, sisa bumbu sambal ungkepan ayamnya aku pake buat sambal plecing kangkung, abisnya bumbunya mirip-mrip aja komposisinya (males ngehalusin bumbu sambal baru lagi), wkwk. Aku ijin copy resepnya untuk di blog aku ya Mba.. thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Liza, salam kenal juga..syukurlah jika suka ya..dan ikut seneng jika di puji suami..hihi. Iya..silahkan di share ya ..di blog mba..:)

      Delete
  5. mbakk. aku penggemar blogmu.. aku coba bumbu ungkepnya pake santan kental sekitar 100ml hasilnya lebih nampol mbak,, gurih pedass.. makasih resepnya ya mbak..

    ReplyDelete