Thursday, December 5, 2013

Wedang Tahu


Masih lanjut postingan olahan dari sari kedelai ya teman2..kali ini wedang tahu. Produk lanjutan sich sebenernya dari susu kedelai tawar. Lha kemaren itu beli kedelai 250 gram..kok ya langsung aku rendam semua..padahal kalau di buku resep dari soya milk makernya tuch..segelas cuma butuh sedikit aja kedelainya. Akhirnya jadi 2 liter lebih kemaren susu kedelainya. Nggak mungkin kan keminum semua bertiga..hihi. Akhirnya sebagian di buat wedang tahu ini buat minuman sore hari..dan sebagian lagi aku buat egg tofu.

Wedang tahu adalah minuman khas peranakan..aslinya kurang pasti juga dari mana..yang jelas..di Semarang banyak penjual wedang tahu..tapi di Jakarta ada juga kayaknya..atau mungkin juga di daerah lain. Aslinya kembang tahu ini dari susu kedelai tawar..yang di fermentasi dengan di tambah bubuk sekau, sehingga bisa menggumpal dan menhasilkan gumpalan seperti tahu sutra atau puding yang lembut gitu. Cuma aku udah pernah uji coba pakai sekau ini..belum berhasil dengan maksimal..akhirnya..pakai cara praktis saja..yaitu pakai agar bubuk. Susu kedelai di campur agar2 bubuk..kemudian di didihkan. Setelah itu dinginkan sambil di rendam air. 

Asalkan begitu mengeras langsung di nikmati dengan kuah jahe..rasa wedang tahu yang pakai agar2 ini..nggak jauh beda dengan yang asli pakai sekau..rasanya lembut..membelai lidah, tekturenya kayak tahu sutra. Tapi..jika sudah beberapa jam..ya agak mengeras..jadi kayak puding yang lembut. tapi masih tetep enak sich. Wedang tahu ini di nikmati dengan kuah dari gula merah , jahe dan pandan sehingga rasanya enak..hangat dan menyegarkan. Pas banget dech di nikmati sore2 di musim penghujan gini. Jika tidak ada susu kedelai homemade..bisa kok pakai susu kedelai siap pakai yang banyak di jual di pasaran..tapi pilih susu kedelai segar yang tawar ya..agar lebih fresh hasilnya. Selamat mencoba..^^
Wedang Tahu Versi Pakai Agar Agar

Bahan :
600 ml susu kedelai
400 ml air
1 bungkus agar2 bubuk
1/2 sendok teh garam

Bahan kuah jahe :
Gula merah 200 gram, sisir halus
Air sesuai selera ( sesuaikan tingkat kemanisan yang di inginkan )
Daun pandan 2 lembar
Jahe 50 gram, bakar, lalu geprek
Garam1/4 sendok teh

Cara membuat :
Campur susu kedelai, air, garam, dan agar agar bubuk, aduk rata dan didihkan sambil di aduk agar susu kedelai tidak pecah. Tuang ke loyang atau mangkuk. Dinginkan sambil di rendam air supaya cepat menggumpal dan mengeras. Begitu mengeras segera sendokin dan sajikan dengan kuah jahe. 
Yummy dan seger..!

25 comments :

  1. ini juga yg dinamakan kembang tahu ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bikinnya pakai *sekau* iya Mba Lina..kalau punyaku palsu...soalnya pakai agar2 bubuk..tapi rasanya mirip banget kok sama aslinya..jadi KW 1 lah..hihi...

      Delete
    2. Knp ya sy coba malah pecah susunya, blh ksh infonya spy susu tdk pecah? Padahal sdh diaduk aduk

      Delete
  2. Ini menu penyelamat kalau lagi gak enak badan, lagi datang bulan, perut melilit menggigil.. makan kembang tahu jahe ini bikin nyaman perut.:) mau tanya deh mbak di, ini didinginkan sambil direndam air, maksudnya adonan ditaruh loyang lalu loyangnya di rendem di air dingin gitu? kalau dimasukin kulkas langsung gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Intan..aku kmrn sempet meriang..minum ini..seger dan nggak bikin eneg..lembut dan kuahnya hangat soalnya..:)
      Iya Mba..di rendam air..maksudnya biar bisa menggumpal cepat..tapi nggak langsung set kayak kalau di masukin kulkas..jadi tekturenya itu bisa halus..lembut kayak tahu sutra. Kalau langsung masuk kulkas..langsung beku..jadi puding mba..hihi. Tapi ya tetep enak sich...:)

      Delete
  3. Akhirnya ketemu jg resep ini,simple lagi ^^
    ijin dicoba ya mbk,mksh dah share resepnya
    oya,mbk pnya g resep susu jagung yg enak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Rima..silahkan di coba ya..mudah kok..dan rasanya mirip sama yang buatnya ribet dan harus pakai sekau..:)...Susu jagung..oh aku kok malah baru denger..coba nanti aku cari tau dulu ya Mba..:)

      Delete
  4. Replies
    1. Iya..kan dari sari kedelai Mak Lidya..memang mirip2 tahu rasanya..tapi tahu sutra yang halus itu lho Mak..jadi enyakk..lembutt..:)

      Delete
  5. tiap hari di depan rumah ada penjual susu kedelai dan kembang tahu mb Diah, jadi nggak pernah bikin sendiri, hihi....Aku paling doyan kembang tahu, tapi kuah jahenya terlalu pedas, lambungku yang nggak kuat. Akhirnya aku makan pake susu kental manis coklat. Cocok juga tuh dan enak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gt Mba Rina..mksh tipsnya ...coba nanti tak cobanya buat Yodha..masih byk ini..dia kan nggak suka jahe juga..hihi..
      Wah..enak tuch tinggal beli kembang tahunya Mba..:)

      Delete
  6. dulu waktu di malang,sering beli wedang tahu mbk,,,seger kalo malam2 hehehe
    ini resepnya boleh juga hehhe,makasih mbk resepnya..saya catet yaaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Hanna..pas nich di munum malem2...lagi musim hujan..met coba ya..:)

      Delete
  7. Wah... Baru nemu blognya mba Diah, langsung saya jadi fans nih mba. Thanks banget sharenya. Jadi kangen ingin balik tinggal di jawa lagi. Saya sempat tinggal di Magelang, jadi lumayan familiar dengan resep-resep yang mba Diah share. Lumayan buat obat kangen Mba :). Thanks a lot mba Diah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang tggl di luar Jawa ya Mba Yanti..sipp Mba..ayok di coba resep2nya ya..buat obat kangen..masakan Jateng..:)

      Delete
  8. wah ternyata udah ada di sini jawabannya.. :) kemarin memang aku masukin kulkas mba, makanya jadinya rasa puding banget.. ternyata tipsnya itu ya.. didinginkannya direndam air. nanti coba lagi deh.. :) makasiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Dewi..kalau mau persis wedang tahu..segera setelah mengumpal segera di nikmati ya..kalau udah mengeras..jadinya puding dech..hihi..

      Delete
  9. Lagi kecil di depan rumah suka ada tukang jualan keliling kembang tahu. Udah lama kangen makanan ini. Makasih ya mba resepnya, pengobat rasa rindu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Ega..met coba ya Mba..tapi harus segera di nikmati begitu adonan sudah menggumpal ya Mba..biar tekturenya sama kayak wedang tahu asli,..kalau udah dingin..jadinya kayak puding soalnya..:)

      Delete
  10. sekau itu apa tho mba??..pas kapan hari itu lihat acara Hitam Putih yg bintang tamunya penjual kembang tahu yg nyentrik dan nyleneh heheee...baru tau bentuknya minuman kembang tahu tuh kyk gini tho..aq kira kembang tahu kering yg buat bikin sup itu mba..hehee...sempet mikir koq kembang tahu dibuat minuman ya apa enak gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..ini minuman kah peranakan mba sebenernya jadi di mana ada sebetulnya..asal banyak komunitas warga pernakan ya..msl di Semarang..ini byk. Rasaya lembut mirip kayak tahu sutra tuch lho Mba. Kalau sekau tuch kayak ragi buat megentalkan kembang tahunya itu..:)

      Delete
  11. Halo, Mbak Diah. Titi disini. Salam kenal. Blog Mbak Diah banyak memberikan aku inspirasi lho. Resep Mbak Diah yang ini sedikit saya modifikasi di blog saya. Hanya saja saya membuatnya dari tahu sutera. Terima kasih atas inspirasinya ya, Mbak Diah. Resep itu bisa di view disini http://wildcatkitchen.com/foodmenu/puding-tahu/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Titi..salam kenal juga..iya mba..sudah mampir td ke blognya..bagus..:)

      Delete
  12. Mbak, aku nyoba berkali-kali bikin kembang tahu ini tapi hasilnya kok tidak sebagus yg dijual abang kembang tahu yg keliling itu ya...Ga bagusnya gini mbak: 1. Warna kembang tahu bikinanku kenapa tdk bisa seputih punya abang yg keliling itu ya?. Punyaku ini putih agak krem gt. Pengennya seperti abang tadi, 2. Pernah nyari sekau, batu tahu, atau gypsum powder yg food grade atau gdl di surabaya tapi ga nemu mbak. Udah tanya2 di tbk, toko obat cina, atau toko bahan kimia, sampe ke penyalur bratachem jg ga nemu akhirnya aku coba pakai gelatin. Alhasil ga bisa set sama sekali mbak. Apa mungkin aku beli yang curah ya?. Setauku gelatin ada gradenya jg, tp gmn lg di tbk sekitaran surabaya cuma ada 1 jenis itu. 3. Pernah coba pakai agar2 swallow itu, tapi hasilnya tak sebagus pakai nutrijell (haha... abis pengennya teksturnya pengen selicin abang2 keliling itu. 4. Karena gagal berkali2 aku bikinin puding tahu campur susu kental manis + nutrijell strawberry (kalau kembang tahu beneran kan cuma pakai kedelai ya mbak...?, cmiiw...). Hasilnya miriplah sama abang2 itu, cuma warna emang tak seputih mereka. Hehe..maksa banget ya bikin seperti si abang...ho oh soalnya pengen bikin kedai dg menu serba 'bean' gt mbak...Thanks infonya ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo , salam kenal
      sedikit mampir ke blog x gak sengaja baca.

      saya kebetulan penjual kembang tahu.
      ingin share pengalaman saya.

      bapak tukang penjual kembang tahuvwarnanya putih saya gak tahu mengapa. asli pasti warnax sedikit krem karena soybeen warna kuning.

      untuk bubuk sekau bisa di beli di bratachem atau obat kimia tp tidak bsa ready stock harus pesan. krena di indo tidak banyak yg menggunakan. harga kisaran rp. 975.000/500gram.

      kacang kedelai yg digunakan pun juga mempengaruhi. saya sudah mncoba dr mulai kedelai lokal harga 10rb/kg sampai kedelai organik import 30rb/kg .

      dr tingkat suhu , kematangan , mendidih , bau , rasa, tekstur juga untuk kesehatan. semua ada persen (%) konsentrasi nya.

      semoga bermanfaat dan bisa membantu
      Jika ada yg ingin ditanyakan lebih lanjut bisa send email to sariferliani@gmail.com

      good blog. Xie xie.

      Delete