Friday, December 13, 2013

Tepung Sagu Versus Tepung Tapioka



Dalam banyak resep yang aku tulis di blog ini..di antaranya banyak yang memakai bahan atau campuran tepung sagu. Nah..banyak juga nich teman2 yang komen atau email..nanyain tepung sagu itu kayak gimana..beda nggak sama tepung tapioka..dll..sampai ada yang susah nyarinya...dll. Mumpung aku lagi punya tepung sagu nich...jadi keingatan buat motret kedua tepung tersebut..semoga bisa jadi gambaran buat teman2..yang selama ini masih bingung ya..apa itu tepung sgau..apa itu tepung tapioka.

Apakah tepung sagu berbeda dengan tapioka?..Jawabannya..iya banget..jelas berbeda. Tepung sagu di buat dari batang pohon sagu yang di esktrak batang kayunya dan di endapkan sari patinya jadi tepung sagu . Sedangkan tapioka..di buat dari singkong..yang di parut / di haluskan..kemudian di endapkan sarinya..jadi dech tepung tapioka. Kalau di Jawa..tepung tapioka ini..di sebut juga tepung kanji. Tapi jangan di samakan juga ya..tepung kanji dengan tepung cassava,..kalau itu beda lagi..kalau itu singkong utuh yang di jadiin tepung..jadi semua bagian singkong..bukan cuma sari pati endapannya saja.

Walaupun berbeda..tapi fungsi tepung sagu dan tapioka ini bisa saling menggantikan kok..misal dalam pembuatan siomay..empek2..dll..jika tidak ada tepung sagu..aku selalu pakai tepung tapioka.
Hasilnya..no problemo..sama enaknya dengan pakai tepung sagu. Jadi..jika susah mencari tepung sagu di daerah teman2..don't worry..be happy.. ya..ganti aja dengan tepung tapioka / kanji...hihi.

Beda tepung sagu dengan tepung kanji apa ya?..Yang jelas..dari bahan yang berbeda..hihi. Tekturenya juga agak beda sedikit sich..kalau tepung kanji tuch warnanya putih bersih dan terasa lebih licin gitu tepungnya di banding tepung sagu. Warna tepung sagu juga agak putih gelap. Dan..dari segi harga juga lebih mahal sich tepung sagu...jadi kadang aku lebih suka pakai tepung tapioka..lebih ekonomis..hihi.

Oke..semoga sedikit info tentang tepung sagu dan tapioka ini bermanfaat ya teman2.

Tepung sagu yang beredar di pasaran, memang merknya masih terbatas..berbeda denga tepung tapioka yang banyak di kemas dengan brand2 tepung merk terkenal...seperti rosebrand dll. Salah satu kemasan tepung sagu yang aku tau yaitu merk Merapi ini..

72 comments :

  1. Mbak didi, aku pernah buat kremes pake resep mbak didi 2x.. 1nya berhasil 1 lg gagal. Stelah kuinget2 yg gagal kremesnya jd menggumpal dan keras, apa krn pakai tepung sagu ya? Harusnya kanji kan? (novita eka)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Novita..aku kalau bikin kremesan pakai tapioka..malah belum pernah pakai tepung sagu..soalnya yang selalu ada di rumah tepung tapioka mba..hihi..kpn2 tak cobanya pakai tepung sagu..apa menggumpal atau keras kayak yang mba bilang..tapi memang daya rekatnya lebih bagus tapioka Mba..:)

      Delete
    2. Jika minat Tepung sagu untuk keropok lekor, keropok keping atau keropok yang lain.

      25KG tepung sagu basah
      30kG tepung sagu kering

      0177816692

      Delete
  2. Iya kayaknya ga bisa pake sagu.. cb nanti kpn2 aku buat lg pake kanji.. :)

    ReplyDelete
  3. Info yang sangat bermanfaat gan..
    Keep sharing..

    Salam dari ferry-at.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Info berguna, makasih sharringnya.. Salam kenal

    ReplyDelete
  5. Tepung tapioka bisa buat kue kering sagu ga?maklum d taiwan jarang ada tepung sagu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget Mba..aku sering bikin sagu keju pakai tapioka..:)

      Delete
  6. kalo bikin bubble pearl pake tepung kanji bisa gak mbak? soalnya pernah liat resep kalo disuruh pake tepung sagu.. padahal nyari nya susah.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..aku malah belum pernah bikin pearl bubble Mba Binti..jadi belum tahu bisa apa ndak..:)

      Delete
  7. makasih infonya mbak......
    kemaren kan aku minta tolong suami beli tepung sagu......eh pulang2 dia malah bawa tepung tapioka. Mo marah juga percuma kan sudah terlanjur beli.....tp pas baca tulisan mbak ternyata tepung tapioka bisa buat kue kering jadi lega kan sayang kalo tepungnya dibuang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Laily..yukk di bikin kue aja tepung tapiokanya..kasihan klu suami di marahin ya..hihi

      Delete
  8. Good information.. Thanks so much ya mba.. Inilah problemku selama ini..suka binun sma kedua tepung trsebut.. Daaaan... ALHAMDULILLAH trjawab sudah smua keresahanku slama ini..heheheyy lebhayy..xixixi.. Saking senangnya nih mba..hehe..
    Skali lg makasih banyak ats infonya ya..sangat bermanfaat... (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..ndak usah resah ya..mikirin tepung..hihi. happy baking..:)

      Delete
  9. mb DD, saya minta resepnya kue/ makanan bahannya dari tepung sagu ambon (bkn yg lempengan tp sdh tepung, biasanya saya buat bubur aja, jd bosan) trimksh seblmnya dr atik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..di sini ndak ada yang jual Mba Atik..tepung gitu..hihi..aku malah belum pernah liat..:)

      Delete
  10. mb DD, maaf nambahi yg diatas, warna tepungnya agak kecoklatan/krem. trmksh dr atik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah liat Mba..tepungnya..hihi

      Delete
  11. kalo terigu sama tepung sagu opo bedane mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat di sini ya mba..tentang tepung terigu..:) http://www.diahdidi.com/2013/05/aneka-jenis-tepung-terigu-dan-fungsinya.html

      Delete
  12. Salam kenal mba didi, makasih ya infonya, oyaa mba, kalau bikin bakso ikan atau sapi boleh gak pake tepung sagu, aku tinggal di madinah, susah banget nyari tepung tapioka / singkong. Bahkan, kayaknya gak ada, gimana mba, makasih banyak ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..bisa lho mba..pakai sagu..malah bagus,...:)

      Delete
  13. Mbak mo nanya fungsi tepung tapioka pd pembuatan dadar gulung apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar ndak mudah sobek mba dadarnya..:)

      Delete
  14. Mbak,, aq bikin bakso pake tepung sagu kok malah lembek/ encer gtu ya? Jdnya gak bs dibentuk..
    Waktu beli tepungnya memang penjualnya bilang klo bikin bakso pake tepung tapioka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung resepnya mba sebenernya pakai keduanya bisa..:) Kalau takaran bahan pas ya nggak lembek..^^

      Delete
  15. Tepung tapioka jenis apa ya yg jika di bikin krupuk tetap putih bersih. Biasanya di bikin krupuk ikan. Soalnya aq pake yg merk terong mas hasilnya tetep kecoklatan gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba merk Pak Tani..tuch bagus tapiokanya Mas..:)

      Delete
  16. Mba qllo bikin bakso itu mending pake tepung sagu atw tepung tapioka . Katanya ada yg blanq sagu tanui .. jadi resah niie mao milih yg mana .. taqt salah

    ReplyDelete
  17. Klo tepung tapioka dicampur sdkt ke adonan buat bakwan, biar apa ya?

    ReplyDelete
  18. salam kenal mba,aku mau tanya saya punya usaha surabi durian,aku dikasih tahu sama temen u mengentalkan adonan fla yang belum di campur dengan duren itu pakai bumbu magic,apakah bumbu magic itu tepung tapioka apa tepung sagu.biar adonan fla tersebut tidak encer

    ReplyDelete
    Replies
    1. utk vla lebih enak pakai maizena..Mas :)

      Delete
  19. Malam mbak didi.. mau tanya nie.. aq mau bikin pempek tp bngung pke tepung tapioka atau tepung sagu..soaly di tmptku gak ada tepung sagu.. kl aq pke tepung tapioka kira2 bisa gak mbk... msih sblmnya. And salam kenal mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa keduanya mba..pakai tapioka juga bisa..:)

      Delete
  20. Slamat malam dan salam kenal mb Diah Didi, saya Ruly, pernah mencoba resep rempeyek mb Diah Didi dan hasilnya muanteb, hehehe, makasih ya mbak. Barusan sedang browsing tentang tepung sagu tani dan ketemulah tulisan mbak tentang tepung tersebut. Tapi ada yang agak mengganjal karena pas saya buka website www.tanibogor.com milik salah satu produsen sagu tani disitu tertulis bahwa....(ini saya copy paste tulisan di website tersebut)..."Tepung sagu tani terbuat dari bahan dasar singkong pilihan yang dibuat secara alami dan tradisional sehingga dapat menjadi tepung tapioka yang bermutu tinggi. Melalui proses inilah kami sebagai produsen sagu tani dapat menghasilkan produk yang sangat berbeda dengan produk tepung tapioka lainnya"...jadi tepung sagu tani yang dibuat bukan dari bahan batang sagu mbak, tapi dari bahan dasar singkong pilihan. Maaf ya mbak, ini bukan untuk mengcounter tulisan mb Diah Didi, tapi hanya untuk sharing saja, semoga dapat diterima dengan baik. Soalnya saya benar-benar masih belajar dan sedang mencari-cari informasi. Makasih banyak mbak sudah menyajikan resep-resep yang enak. saya ikutan menikmati hehehehe. makasiih

    ReplyDelete
  21. Hallo Mas Ruly..salam kenal juga..nggak pa2..mari diskusi bebas aja ya..mungkin yang mas baca itu tepung tapioka merk sagu tani ya. Kalau tapioka..memang dari bahan singkong..atau sari patinya singkong. Singkong di peras, di endapkan..jadi tapioka.
    Kalau sagu ..itu tepung dari batang sagu. Aku kan jualan aneka tepung mas..aku jual tepung sagu juga...dari aroma dan warna aja beda lho..kalau tapioka..yang dari singkong itu putih bersih..kalau sagu dari batang sagu..itu agak buram. Aromanya beda..kalau tapioka cenderung nggak beraroma..kalau sagu aromanya khas. Keduanya bisa saling menggantikan untuk resep tertentu seperti kue kering sagu keju..bakso, empek2 dll..tapi hasilnya tetep sedikit berbeda. Untuk kue2 basah dengan sagu..misal kue lapis gitu ya..hasilnya lebih padat dan berat, sedang kalau pakai tepung tapioka..itu lebih ringan dan kenyal hasilnya..coba saja..:)

    Aku juga punya buku khusus olahan sagu lho..dari Ibu Lily T Erwin..tau kan penulis buku kuliner ternama..yang khusus mengolah sagu. Aku copiin juga ya keterangan tentang tepung sagu dari buku tersebut...Sagu merupakan tanaman asli Indonesia tergolong jenis palm, dengan batang yang mengandung bahan pati yang banyak. Dengan populasi terbanyak berada di Indonesia. Tepung sagu adalah ekstrasi dari batang sagu, di manfaatkan sebagai bahan pangan, untuk aneka kue, bahan puding, es cendol,mie, dll.

    Semoga jelas ya..:)

    DD

    ReplyDelete
  22. Waaah makin banyak informasinya tentang tepung sagu tani, jadi makin jelas. Makasih banyak mbak untuk usahanya menjelaskan ke kami semua. Jadi semakin paham, dan sepertinya ga terlalu jadi masalah kalau "terpaksa" sampai harus saling tertukar ya mbak. Kalau untuk bakso dan empek2 sedapat mungkin pakai tapioka kah? saya juga sedang belajar bikin siomay niy, makasih banyak pelajarannya
    Boleh sekalian beli di tepung tapioka di mb DD, gimana caranya ? sekalian juga tepung tempuranya ya hehehe...suwuun banget .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp..kalau suka campuran keduanya Mas..makanya aku jual tepung mix antara sagu dan tapioka..jadi pas tekturenya buat bakso..empek2..siomat dll..:) email aja di bundadidi@gmail.com ya..jk minta order aneka tepung..:)

      Delete
    2. Mb... Aku baca ada resep martabak manis tepungnya ada pake campuran tepung tapioka, kl misalnya tepung tapioka nya diganti tepung sagu berpengaruh gak ya sm hasil akhirnya..... Soalnya punyanya tepung sagu... Males beli2 lg.... Hehehehe.....

      Delete
  23. hi mba DD, klo dicampur tepung tapioka dengan sagu untuk bakso daging sapi memang teksturnya bgmn mba? persentase nya brp brp ya? makasih ya mba sblmnya.

    ReplyDelete
  24. Nyari referensi tentang tepung sagu tani ternyata ada juga di blog mbak diah. Oya mbak, "tepung sagu tani" itu merk tepung kanji loh kalo nggak salah, kalo nggak percaya lihat gambar ini yang aku dapet http://tokosederhana.com.server1339-han.de-nserver.de/media/image/thumbnail/8997008177716_720x600.jpg

    Mungkin temen-temen disini nggak salah mengartikan tentang Tepung Sagu Tani (Merk Tepung Kanji) dengan Tepung Sagu yang sebenarnya. Soalnya kampung lia adalah pemasok dan pembibit sagu loh :) Proses pembuatan tepung sagu juga lia tahu. Hehehe. Salam kuliner mbak diah, moga mbak diah sehat terus dan terus berkarya. Amin.

    ReplyDelete
  25. Mba, Klo bikin siomay ikan or ayam tepung sagu nya takarannya sama gak ya?

    ReplyDelete
  26. Tepung Tapioka

    PT. MEGA JAYA ARTHA Adalah PRODUSEN dan SUPPLIER PABRIK TEPUNG TAPIOKA PANAS SURYA dari Kota Tapioka Ngemplak, Margoyoso, Pati Jateng.
    Kami menyediakan Tepung tapioka berkwalitas super yang dapat digunakan lebih lanjut oleh berbagai industri pengolahan seperti Industri Makanan ( cake, kerupuk, mie, dll) , Kertas, Lem, Tekstile, Farmasi, Kimia serta industri lainya, baik untuk kebutuhan Industri Besar, menengah maupun industri Rumahan.
    Kapasitas produksi kami 500ton / Bulan. Bisa melayani Partai besar.

    Harga: sudah turun
    Cara Pembayaran: Transfer Bank/ Bayar di Tempat.
    Kemas & Pengiriman: 25 kg, 50 kg, 1 ton.
    Minimal Pesanan 8 Ton/ truck

    Anda dapat menghubungi kami
    Desa Sidomukti, kecamatan Margoyoso
    Pati 59145, Jawa Tengah
    Indonesia
    Hp : 081215743999
    Pin BB : 7E6D825B
    Facebook : https: / / www.facebook.com/ profile.php...00006639406479
    email : angga_setyawan10@ yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mau tanya. Tepung tapioka itu mengandung gluten gak ya Tksh
      (ndah)

      Delete
  27. Tepung Sagu, 0177816692

    ReplyDelete
  28. Makasih atas infonya mbak. Bermanfaat banget !!!!!
    Omega Good Job !!!!

    ReplyDelete
  29. Min, mau buat untuk saus asam manis supaya tidak cepat mencair gimana caranya?

    ReplyDelete
  30. Mau cari kebaya modif dengan harga terjangkau?

    http://kreasiseserahan-bali.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  31. Mbak Didi....tepung tapioka bisa untuk buat ongol2 g? Salah beli nih...kata tante saya katanya pakai tepung sagu. Sayang nih tepungnya...
    Terima kasih ya...salam kenal..

    ReplyDelete
  32. Salam hormat,
    Kalau untuk cincau hitam yang bagus pake sagu atau tapioka? Terima kasih

    ReplyDelete
  33. Mbak kallo buat pempek makek apasih biar ga kerasss

    ReplyDelete
  34. sedia tepung aren...
    email kiken.2010@gmail.com
    bb : 58733918

    ReplyDelete
  35. beda manfaat dan juga beda sifatnya

    ReplyDelete
  36. Mbak, bagi2 dong resep bakso.. aku bikin bakso gagal trus mba.. pernah bikin pke tepung kanji, pi hasilx tdk sesuai kyk bakso biasanya.

    ReplyDelete
  37. lau saling menggantikan ..
    pa rasanya bakal sama aja sis ..
    heheh :D

    ReplyDelete
  38. misi mbak.
    anda punya tepung SAGU CAP TANIIN MERAH gak?
    lagi nyari nih susah bgt di jatim gak ada.
    barang kali punya infonya.......makasih

    ReplyDelete
  39. beli tepung sagu tani nya dimana ya ?
    saya cari di supermarket ga ada
    trimakasih

    ReplyDelete
  40. Selamat siang mba, mau tnya kalau bikin kerupuk makaroni, lebih baik pke tp tapioka atau tp sagu yaa soalnya sya bingung... Kalau pke tp sagu renyah ga yaa... Thanks

    ReplyDelete
  41. misi mbak mau tanya fungsi tepung sagu dan tepung tapioka untuk pempek apa ya mbak?

    ReplyDelete
  42. Mba Didi.. makasih infonya, berguna banget :) Btw mau tanya mba, apakah tepung sagu dan tepung tapioka mengandung gluten? Tks mba..
    (ndah)

    ReplyDelete
  43. Kemaren saya bikin pempek pake tepung tapioka. Saya pikir tepung tapioka itu sm dg tepung sagu..hihihi tp hasilnya tidak mengecewakan kok.. mirip sagu. Makasih infonya

    ReplyDelete
  44. Mbak, kalau saya menggunakan tepung tapioka merk sanghee, nutrijel coklat bubuk di aduk bisa? berhasil gak ya mbak? tq atas bantuan infonya. :)

    ReplyDelete
  45. Tolong infonya,,, apa bisa tepung sagu bisa dibuat menjadi dodol

    ReplyDelete
  46. pusing baca bahasanya campur2 :(

    ReplyDelete
  47. Mb... Aku baca ada resep martabak manis tepungnya ada pake campuran tepung tapioka, kl misalnya tepung tapioka nya diganti tepung sagu berpengaruh gak ya sm hasil akhirnya..... Soalnya punyanya tepung sagu... Males beli2 lg.... Hehehehe.....

    ReplyDelete
  48. Mb... Aku baca ada resep martabak manis tepungnya ada pake campuran tepung tapioka, kl misalnya tepung tapioka nya diganti tepung sagu berpengaruh gak ya sm hasil akhirnya..... Soalnya punyanya tepung sagu... Males beli2 lg.... Hehehehe.....

    ReplyDelete
  49. Mau tanya donk.. kalo u/pengirima paket kerupuk basah supaya tahan, biasa nya kerupuk basah nya di lumurin tepung sagu atw kanji ya?? thank's

    ReplyDelete
  50. Mau tanya donk.. kalo u/pengirima paket kerupuk basah supaya tahan, biasa nya kerupuk basah nya di lumurin tepung sagu atw kanji ya?? thank's

    ReplyDelete