Saturday, December 21, 2013

Nogosari / Utri / Nagasari Tepung Beras


Lega..akhirnya Yodha selesai final testnya di semester pertama kelas dua ini. Kalau SD lain mungkin udah ambil rapot ya teman2..beda sama sekolah Yodha nich baru selesai tes akhir semester hari ini. Biasa..anak yang ujian..Emaknya yang ribut..menyemangati dan nemeni belajar. Padahal..kalau Yodha ya enjoy aja..mau tes..mau nggak ..nggak ada beda buat dia..hihi.Yodha tetep santai..nonton kartun..menggambar dll..setelah belajar.Yodha nich kalau udah sekali baca..udah..di suruh mengulang lagi atau menghafal berkali2..nggak mau dia.
Katanya..udah ngerti Mi..masak di ulang2 lagi dan akhirnya ya..sibuk..menggambar..main,nonton..ini itu..hihi.
Tapi alhamdulillah..kok ya nilainya bagus semua..udah ada 5 pelajaran dapet nilai 100..lainnya 90 lebih...paling  salah satu atau dua gitu aja sich kalau Yodha...termasuk math..padahal menurutku untuk ukuran kelas 2 tuch mathnya lumayan..udah agak banyak perkalian..pembagian sampai ratusan.. dll..dan sudah banyak soal cerita yang butuh penalaran...padahal buku pelajarannya semua berbahaa Inggris..eh tapi alhamdulillah cepet nyantel..hihi. Anak2 sekarang emang lebih cepet nangkep kali ya..di banding jaman kita kecil dulu..perasaan dulu belajar sampai kebut semalam di ulang2..suka masih ada aja yang lupa..hihi..*pengalaman pribadi..*

Akhirnya bisa bikin kue2 lagi yang ribet dikit..soalnya kalau pas ujian kemaren2 Yodha pulang cepat..jadi udah..habis itu nemenin dia belajar dll..sampai nggak sempat bikin sesuatu yang ribet2..juga nggak sempat online di fb...hihi..tapi tetep..kalau update blog di sempat sempatin kok teman2...hihi. Jadi maaf ya..buat teman2 yang pada inbox..lewat fb..mungkin belum bisa bales..beda kalau komen di sini..pasti langsung di sahutin dech..hihi. Alah..kepanjangan ceritanya ya..padahal cuma mau posting kue Nagasari pisang yang dari tepung beras. Soalnya kan ada juga tuch yang dari tepung hungkwe. Kalau di Yogya..Nogosari atau kue nagasari dari tepung beras ini..di sebut juga utri. Biasa di buat untuk acara2 hajatan gitu..bersama dengan mendut yang dari tepung ketan isi enten2. Semua suka dech aku..kalau jajanan tradisional gini.

Nogosari ini adonannya di masak dahulu hingga kental. Nogosari yang enak..adalah nogosari yang lembut menurutku..jadi jumlah cairan sangat berpengaruh. Jika terlalu sedikit..hasilnya akan keras kuenya. Nogosari yang aku buat ini..udah enak dan lembut hasilnya..jadi aku simpan aja resepnya di sini..supaya nggak lupa..hihi...kadang2 kalau bikin sesuatu dan hasilnya enak..kalau nggak langsung di posting..suka lupa takarannya ^_^...
Nogosari / Utri

Bahan :
Tepung beras 100 gram
Tepung tapioka 1 sendok makan
Santan 500 ml 
Gula pasir 50 - 75  gram ( sesuaikan selera manisnya )
Garam 1/2 sendok teh
Daun pandan 2 lembar
Daun pisang 
Pisang kepok seckupnya, iris serong.

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata sampai halus dan jangan ada yang bergerindil. Masukkan daun pandan, lalu masak sambil di aduk hingga matang dan kental, serta licin. 
Ambil daun pisang 2 lapis, beri adonan secukupnya dan sepotong pisang. Bungkus sesuai selera ( biasanya nogosari di bungkus seperti membungkus tempe daun )
Kukus Nogosari selama 30 menit hingga matang.

13 comments :

  1. Yodha aku ngefans sama kamu dek *eh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...Mba Mutiara bisa aja...iya tuch mba..pinter banget dech Yodha nge les..kalau di bilangin Maminya..tapi alhamdulillah..bertanggung jawab ternyata.hasil tes selalu bagus2..rapotnya musti 9 ke atas nilai totalnya. Tadi malah lucu..kan dia..belum suka pedas..terus aku bilang..kalau mau makan pedas..nanti makin pintar ngomong bahasa Inggris lho..^^..apa dia bilang coba Mba..no..no..makan pedas tuch nggak bikin pintar Mi..aku pintar kan karena sering practise katanya..hihihi...dan tau nggak Mba..kalau aku ngajari dia..aku salah Pronunciation nya gt..kan kadang lupa ya..di protes dan di benerin sama dia mba..:D

      Delete
  2. mba diah.. Aku mau yaaa dibwain nogosari ini pas kopdar akbar LE besok tanggal 28 desember 2013 di Kotabaru..hehehe..mba diah dateng kan? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak Mba Nisa..ada acara lain..:) Have fun ya..:)

      Delete
  3. ini jadi'y lembek ga mba?
    Aku kl bikin dg cara ini hasil'y jd lembek, hasil bungkusan stlh mateng jd gak enak dilihat, tp kl soal rasa mah mantep. Jd aku kl bikin, bahan kering diaduk rata, trus diuleni dg santan mendidih, baru deh hasilnya bagus... Mungkin akunya yg salah resep kali ya mba, bukti'y mba hasil'y bagus..
    Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kebanyakan cairannya ya Mba Lina..sebenernya bisa di atur kok Mba LIna..jumlah cairannya..jadi kalau suka lebih padet..bisa di kurangi cairannya gt. Aku suka yang lembut gini Mba..kalau na
      gasari memang..:)

      Delete
  4. Ini ǰãϑϊ brp pcs ♏ϐάκ Diah?✽̶┉♏∂ƙ∂șîħ┈⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lupa Mba..nggak ngitung..hihi..tp nggak byk sich..kan cuma dikit adonannya..:)

      Delete
  5. Udah jadi mba,aku bungkus besar buat 2 resep pas banget 20,✗ί✗ί✗ί✗ί ✗ί✗ί✗ί✗ί :D pas banget rasane sesuai seleraku ♏ϐάκ suwun nggeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Ika..bisa macam2 hasil jadinya ya..tergantung bungkusnya gede2..atau kecil2..^^

      Delete
  6. Kurang byk mba,suka banget,ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ,knp ya mknan n masakan enak kok kebanyakan dari kelapa ♏ϐάκ? Secara kelapa parut ga bisa simpan ϑΐ kulkas Ўªª ♏ϐάκ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..karena lebih gurih ya Mba. Di freezer bisa Mba..kelapa parut..di bungkus palastik rapat2..:)

      Delete
  7. Mbak aq udh buat lho...hasilnya uenak banget ..anak anak pada doyan.Aq pake pisang uli yg manis.Kebetulan ada daun pisang ama santan bumas sisa bikin nasi bakar kemarin.Tq mbak

    ReplyDelete