Saturday, December 7, 2013

Lentho Kacang Tanah



Wah...udah siang..baru sempat buka komputer. Biasa..kalau Sabtu nich Yodha libur..berasa tambah sibuk gitu..dari pagi ke sana kemari..minta ini itu..udah dech tau2 udah siang aja. Kompor juga masih nyala..lagi  ngukus arem2..hihi...di sambi online dulu. Tadi pagi sempat bikin cemilan buat pak tukang yang lagi kerja di rumah..mbersihin halaman. Memanfaatkan bahan yang ada..aku bikin lentho...eh tapi lagi nggak punya kacang tholo..ya udah pakai kacang tanah aja yang di iris kecil2...enak juga lho.

Lentho..adalah jajanan singkong yang di parut, di campur kelapa dan kacang tholo biasanya, kemudian di beri bumbu2 dan di goreng. Ciri khas lentho kalau di pasar2 tuch..di kepal2..dan ada cap tangan yang buat..hihi. Kalau aku lebih suka bentuk bulat lonjong aja. Lentho ini berbumbu kuat..karena memakai bumbu ketumbar, bawang putih, kencur dan daun jeruk..rasanya jadi gurih dan enak sekali. Apalagi kalau di goreng sampai garing..wah bisa kriuk2 enak gitu. Cuma..kalau di goreng garing banget jadi nggak menarik sich..agak kecoklatan banget gitu warnanya.

Jadi..buat teman2 yang tinggal di luar..atau di daerahnya susah cari kacang tholo..pakai kacang tanah baisa..juga enak lho..di buat lentho ini. Selamat mencoba ya teman2..jika suka jajanan dari singkong yang gurih ini. 
Lentho Kacang Tanah

Bahan :
300 gram singkong parut ( peras sedikit airnya jika singkongnya kandungan airnya , jika tidak yang nggak usah )
Kelapa parut 1/2 butir
Kacang tanah 50 gram, potong kecil2

Bumbu Halus :

2 siung bawang putih
1 cm kencur
1 sendok teh bumbu kaldu bubuk jika suka & garam secukupnya 
1/4 sendok teh ketumbar
2 lembar daun jeruk purut
1/4 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :
Campur singkong parut dan kelapa parut dengan semua bumbu. cicipi..sampai rasa gurihnya pas..jika kurang bisa tambahkan garam . Ambil sedikit adonan..kepal bentuk lonjong pipih dengan tangan. Goreng di minyak yang sudah panas..sampai kuning keemasan..atau sampai coklat renyah..jika suka. Sajikan untuk cemilan, atau pelengkap pecel, soto, dll..yummy..!

6 comments :

  1. Replies
    1. Ayukk di coba Mba..enak..hihi..aslinya pakai kacang tholo..:)

      Delete
  2. Mbak diah,kalo diganti kacang tholo brp gram ya kira2 ?


    Riska..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau banyak bisa 100 gram Mba Riska...tapi kalau dikit 50 gram cukup..di rendam dulu ya..agar bisa empuk..kalau kacang tholo..:)

      Delete
    2. Iya mbak diah. Terimakasih yaa. Bapak aku seneng bgt deh sama jajanan ini..

      Delete
  3. Ga salah kalo aku kesengsem dan ga mau pindah dari blognya mbak Diah....
    (hampir tiap hari aku buka lho mbak...). Resep2nya itu lho... bahan & bumbunya persis banget dengan masakan yang diolah mendiang ibuku...serasa bernostalgia. Ternyata mbak Diah jg mengenal yang namanya "lentho" ... Masakan dari Jawa Timur ternyata ga beda jauh ya dengan Jawa Tengah... apa karena Madiun terletak di perbatasan antara Jatim & Jateng ya...?

    ReplyDelete