Google Ad

Friday, December 13, 2013

Kue Lobak Goreng (Chai tau Kway)


Siang teman2..sudah makan..?..Mau makan Chai Tau Kway..?..Yukk..mari ke Singapura...hihi..eh nggak usah ding..cukup ke rumahku saja..barusan aku masak kue lobak goreng ala Singapura atau Malaysia ini dech...atau di sebut juga Chai tau Kway..kalau nggak salah lho ya..hihi. Gara2nya kemaren liat Asian food channel..di acara *makan unlimited* tuch lagi membahas dan mencicipi soal Kue lobak goreng atau kue wortel ini..dan mencoba berbagai versi kue lobak goreng ini..di beberapa tempat di Singapura dan Malaysia. Oh ya..apa itu kue lobak goreng..bentar ya..aku ceritain sedikit..dari hasil menyimak acara di Afc kemaren.

Jadi..kue lobak goreng ini..bukan kue atau snack yang buat cemilan gitu..bukan..tapi adalah sajenis masakan tumisan kue beras atau kue lobak..atau kayak mie beras gitu dech..yang terbuat dari tepung beras dan lobak. Tapi nggak di potong kayak mie..tapi di potong2 bentuk kubus atau persegi panjang gitu...atau bentuk lain. Ada juga yang pakai wortel..dari yang aku liat kemaren. Makanan ini termasuk salah satu food street yang nge top di Singapura. Ada beragam versi kue lobak goreng ini yang kemaren di ceritain dan di cicipin sama host makan unlimited..membuatku sungguh penasaran..bagaimana rasa si kue lobak ini.

Lha..bagaimana tidak menggiurkan..kue lobak ini pertama di goreng dulu dengan sedikit minyak di wajan datar besar dalam bentuk sudah di potong2. Ada yang bentuk segitiga potongannya..ada yang kubus..ada juga yang nggak beraturan..tergantung penjualnya gitu dech pokoknya. Kue lobak ini kemudian di goreng sampai setengah kering..tetep aja di biarkan di wajan datar besar..sampai kalau ada pembeli..di sebelah sisi wajan yang lain yang kosong..penjual akan menumis bawang putih cincang..kemudian di campur dengan sedikit kue lobak yang udah di goreng tadi..tambah telur, taoge..daun bawang..ebi..dll..sesuai tambahan bahan makanan apa yang mau di tambahkan..soalnya ada juga versi kue lobak seafood yang penjualnya menambahkan daging udang dan cumi di tumisan kue lobak ini.Ya..nampaknya enak sekali..mengkilat2 kecoklatan gitu di layar tivi..hihi. Oh ya..kue lobak ini ada dua versi bumbunya..ada yang pakai kecap..ada yang nggak.Ada juga penjual yang meracik ramuan saus sendiri..campuran dari kecap..saus tiram..dll. Begitu sich dari hasil aku nyimak..wawancara hostnya dengan beberapa penjual kue lobak goreng ini di Singapura..hihi..berasa ikut makan di sana aja ya teman2..cerita reportasenya..hihi.

Ya..tapi nggak harus ke Singapura kan..buat nyicip kue lobak..berbekal ilmu dari liputan di Afc kemaren..terus browsing juga resep kue lobak dari luar..nemu dech cara bikinnya.
Ternyata..super gampang. Bahannya cuma tepung beras dan sedikit maizena..tapi aku tadi..pakai tapioka tambahananya..bukan maizena..biasa..menyesuaikan bahan yang ada. Kemudian di campur bumbu2 dan lobak..lalu di kukus hingga matang, potong2 dan tumis dech. Rasanya?..Enak lho teman2..nggak berasa bau lobak kok..dan rasanya kenyil2 enak..mirip siomay gitu..tapi ngak kenyal banget sich ..soalnya kan bahan utamanya tepung beras. Mirip juga sama kekian ndeso yang sering aku bikin..tapi ini versi kukus gitu..bukan di goreng kekiannya. Apalagi di masak pakai bawang putih..ebi..dan kecap..tambah mirip dech sama cap cay  kekian ndeso ala Yogya..hihi...ternyata makanan seperti itu bisa nge top ya..di Singapura, selain terkenal sebagai salah satu icon food street nya Singapura..kue lobak goreng ini juga mudah di temui di gerai2 fast food di mall2 atau resto2 di Singapura sana,..kata host nya lho..hihi....hemm cap cay kekian ndeso ala Yogya..malah hampir punah..hihi. 

Puas dech..nggak penasaran lagi..sama si kue lobak ini..hihi.Dan buru2 ku catet di sini aja resepnya supaya nggak lupa..soalnya aku gabung2 resep dari berbagai sumber..dan juga hasil liat di Afc kemaren..kalau nggak cepat2 di catet .suka lupa dech..siapa tau ntar pengen bikin lagi. Teman2 mau coba juga kuliner khas Singapura ini..yuk..di simak ya. Dan yang buat yang udah sering makan ini di Singapura....moga2 bener ya resepku..hihi..soalnya aku kan belum pernah makan aslinya..cuma liat aja di tv...terus praktek sendiri dech..jadi begini dech kira2 resepnya  :
Kue Lobak

Bahan :
100 gram tepung beras
1 sedok makan tepung maizena ( aku pakai tapioka )
100 ml air
200 gram lobak putih, parut
1 sendok teh kaldu bubuk ayam ( aslinya kaldu bubuk jamur..dll )
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh merica bubuk

Cara membuat :
Campur semua tepung dan bumbu2.
Tumis lobak putih hingga harum, masukkan ke campuran tepung dan aduk rata.
Tuang di loyang kecil yang di alas plastik, kukus 30 menit hingga matang. Dinginkan. Potong2 sesuai selera.

Kue lobak Goreng ( Chai Tau Kway )

Bahan tumisan : Taoge secukupnya , 1 batang daun bawang, ebi 1/2 sendok teh, dan 1 butir telur 
Bumbu : 2 siung bawang putih, kaldu bubuk atau garam secukupnya, merica bubuk 1/4 sendok teh, dan kecap 1 sendok makan ( sesuai selera )
Siapkan wajan anti lengket, goreng kue lobak yang sudah di potong2 dengan sedikit minyak..hingga kedua sisinya agak kering, sisihkan di pinggir wajan. Tumis bawang putih cincang sampai matang dan harum, masukkan 1/2 sendok teh ebi yang sudah di rendam di air panas, taoge secukupnya, dan satu butir telur, serta garam, merica dan kecap secukupnya. Aduk2 hingga matang seperti membuat orak arik. terakhir..taburi daun bawang. Sajikan panas.







15 comments :

  1. So nice sis,dulu aku juga pernah makan itu tapi ada yang bilang carrot cake.i miss this food,thanks sis sudah posting resep ini(ningsih)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...sebutan lainnya kue wortel ya Mba Ningsih..cuma punyaku nggak pake wortel sama sekali..hihi..jadi kue lobak aja dech ..:D

      Delete
    2. Carrot cake ma lobak mah beda... Klo carrot cake mah itu cake asli seperti kue ultah...

      Klo lobak ini putih n klo di hkg dpt ditemui disetiap restoran tpi di goreng...

      Delete
    3. Carrot cake ma lobak mah beda... Klo carrot cake mah itu cake asli seperti kue ultah...

      Klo lobak ini putih n klo di hkg dpt ditemui disetiap restoran tpi di goreng...

      Delete
    4. *Kue* mba..bukan *Cake*...kata host nya di Asian Food Chanel yang pernah ku tonton sich. Kalau Cake wortel atau Carrot cake ya tau lah kan sering buat juga..:D

      Delete
  2. Tadinya kukirain malah ini kekian mbak sebelom baca judul sama isi postingan mbak haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...rasanya emang mirip kekian ndeso yang tanpa daging tuch lho Mba Mutiara..tapi ini versi kukus gt..:D

      Delete
  3. Mba Diaaahhh..... ini kue favorite aku bgt...! Cm skrg uda jarang ada yg jual. Biasanya ga ditumis lg. Cm stlh dingin, potong persegi trua goreng tanpa tambahan apapun. Br nemu blog ini & dr pagi uda baca banyak resep2 Mba Diah. Senangnyaaaa.... apalagi pas hamil muda gini, hmmmm..... ngiler2 dech bacanya... barusan langsung nyoba sus keringnya lsg hbs byk utk cemilan bumil. Bsk lsg mo nyoba kue lobaknya aahhh..... terima kasih ya Mba Diah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Aina...sippp mba..silahkan di coba..wah kpn2 aku tak cob ayang langsung goreng juga..:)
      BTW..selamat atas kehamilannya ya..dan take care..:)

      Delete
  4. Aku penyuka orak arik mbak Di krn simple bikinnya tapi maknyus rasanya. Apapun tak bikin orak arik....dari tahu, bakso, otak2, jamur kuping, kol dan macam2 sayuran sering tak bikin orak arik. Resep mbak Di ini sepertinya sejenis orak arik tapi yg spesial kali ya... mau nyoba ah...penasaran sama rasa kue lobaknya. Wah bisa jadi menu puasa nih mbak Di. Kue lobaknya bisa distock dulu di kulkas nggak ya mbak...biar pas bikin tinggal cemplang cemplung... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..ini orak arik enak..rasanya kayak cap cay ndeso khas Jawa tengah tuch lho mba..kan enak sekali ada tepung kjekian palsunya..^^

      Delete
    2. ertianna nugrahaniJune 23, 2014 at 2:01 PM

      Siip...siiip... penampakannya ( bahasanya rek...emang uka2...hihihi) seperti kwetiau goreng yo mbak Di...? Fotonya lezaaat...bikin laaaapeeerrrr.... Sekarang hampir tiap hari tuh aku nongkrongin blognya mbak Di...ga bosen2...suamiku sampe hafal apa yg bakal aku buka duluan setiap buka lepi...hahaha.

      Delete
    3. Hihi..pikir suami..ah..tenang buka blog masakan gt ya mba..kan hasilnya jd rajin masak..:D Iya mba..kali kalau ngiris tipis2..kayak kwetiaw..hihi

      Delete
  5. mba,lobaknya harus ditumis dlu ? tidak di rebus dlu sampai dia lembut ya ?

    ReplyDelete
  6. mba,lobaknya harus ditumis dlu ? tidak di rebus dlu sampai dia lembut ya ?

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel