Wednesday, December 18, 2013

Kue Mochi Pandan


Mochi....dulu nggak kebayang dech cara bikinnya..kayaknya rumit gitu...tapi ternyata nggak lho. Mudah saja. Yang agak ribet paling membentuknya..karena adonan sangat lengket. Hingga akhirnya aku ketemu triknya..musti pakai plastik..baru bisa rapi membentuk dan mengisi mochinya bisa rapi.

Mochi..di Jepang juga terkenal ya..kalau di Indonesia sich..terkenal nya di Sukabumi..tapi di Semarang juga banyak lho yang jual kue mochi ini. Biasanya di bakery2 gitu ada , atau di pasar pun kadang ada yang jual..mochi homemade. Biasanya mochi..pakai isian kacang dan gula ya..tapi aku kemaren masih punya stock pasta kacang merah..sisa buat kue dorayaki..jadi aku buat aja isian mochi..enak juga. Malah kayak aslinya di Jepang kan..isinya memang pasta kacang merah ya. Cuma bedanya..kalau di Jepang itu..mochinya kok bisa halus2 banget bentuknya. Mungkin adonannya beda. 

Kapan2 mau coba juga bikin mochi asli Jepang..walau kadang ya..belum tentu suka sich..kalau resep asli negara lain gitu. Tapi paling tidak kan nambah ilmu aja gitu dengan mencoba resep kue2 luar. Jadi bisa tau rasa aslinya..dan membandingkan dengan kue2 asli Indonesia..yang kebanyakan lebih enak dech menurutku.
Kayak kemaren aku bikin dorayaki..beberapa kali nyoba resep asli yang dari Jepang..aku coba resep dari beberapa blogger Jepang terkenal..hemmm..menurutku kok malah lebih enak kue pukis..atau martabak mini asli Indonesia...^_^..soalnya kue dorayaki yang asli Jepang itu..adonannya cuma telur dan madu sedikit untuk cairannya..sementara..telurnya nggak di kocok sampai mengembang..jadi berasa bau telur gitu menurutku..lebih enak pancake biasa dech. Jadi kemaren akhirnya udah terlanjur bikin pasta kacang merah banyak..ya udah..sisanya di buat mochi aja..lebih enak dan legit. Aku buat kemaren..sampai hari ini masih lembut dan enak mochinya. Ini aku tulis resep mochinya ya. Isian mochi bisa sesuai selera ya..mau kacang tanah cincang sama gula ..dll.

Mochi Pandan 
Bahan :
200 gram tepung ketan
200 ml air dan 100 ml sirup gula ( di buat dari 100 gram gula dan kurang lebih 50 ml air )
Pasta pandan secukupnya
1/2 sendok teh garam
2 sendok makan mentega putih
50 gram tepung maizena, di sangrai dengan api kecil

Bahan isian sesuai selera : kumbu kacang hijau, kacang merah..atau yang klasik..isi kacang dan gula.

Cara membuat :
Aduk rata tepung ketan, garam, pasta pandan, sirup gula dan air, lalu kukus di mangkuk tahan panas selama 30 menit. Masukkan mentega putih, lalu mixer dengan mixer spiral hingga kalis.
Ambil sedikit adonan, beri isi sesuai selera, bentuk bulat2 dengan tangan di alas plastik, lalu gulingkan ke tepung maizena. Sajikan.



21 comments :

  1. hhhmmmm mocinya yummyyy itu mbak:)
    mb diah kalau mau bikin isi kacang tanah dan gula itu bagaimana ya mbak untuk takaran dan cara buatnya?
    mohon sharingnya..
    terima kasih mbak diah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Takaran sesuai selera Mba Risa..contohnya kira2 takarannya begini :75 gram kacang tanah kulit, digoreng, dicincang halus
      1 sendok makan gula pasir , jika suka lebih manis..ya di tambahin aja gulanya.

      Delete
  2. Mb Di, masukkin mentega putihnya pas adonan msi panas, anget ato dah dingin?
    Aduk pake spiral mixernya kurleb brp menit? Mohon pencerahannya, hehehe....
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas masih panas Mba Ida..nanti kalau udah dingin..susah nyatunya. Di aduknya sampai rata dan kalis Mba...memang adonan agak lari2..hihi..pas di mixer soalnya kental kan...tapi bisa nyampur kok..atau bisa pakai food processor juga bisa, lebih mudah..:)

      Delete
  3. nyummyyy, jadi pengen masak lagi, lama ga masak. hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ila..sipp..ayo masak lagi..:)

      Delete
  4. Ngomongin soalnya mochi, beberapa waktu lalu saya sempat lho mba bikin mochi tapi isiannya saya pakai ice cream,,, enak memang si mba tapi perjuangan untuk masukin ice cream kedalam adonan mochinya itu lho, plus biar si ice creamnya g luber kemana2,,,, menantang banget *seru2an didapur. Dan hasilnya ya gitu deh, ada beberapa mochi yang utuh dan si ice cream tetap didalam, tapi ada beberapa yang luber *meledug, ice creamnya luber kemana2... hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Ohya mba Diah, ini blog saya yang satunya. Blog yang saya biasa pakai yang Tinanic itu lho mba... heheheh

      Delete
    3. Oke Mba Tina..wah..punya dua blog ya :)

      Beneran..memang yang ribet membentuknya ya Mba..karena adonan lengket..coba pakai plastik yang di oles sedikit minyak Mba..adonan di tipiskan dulu..terus di taruh di cetakan..baru di isi es krim..terus tutup..hihi..bayanganku aja sich gt ya..biar bisa mulus..aku juga heran..liat gambar mochi ice cream tuch kok bisa mulus2 ya bentuknya..hihi. Kpn2 tak cobanya..:)

      Delete
    4. walah mba,,, emang mochi ada cetakannya ya?? waduh baru tau aku mba, ketinggalan berita ini,,, pantesan ya mochinya bisa bulat sempurnya gitu mba :). Mochi yang saya buat bentuknya kaya apa ya,,, eeemm susah diungkapkan dengan kata2 mba, sangking tak berbentuknya hahahha *malu

      Delete
    5. Cuma liat di Majalah Bakery Indonesia Mba Tina..ada ulasan dan resep aneka mochi isi es krim..bentuknya macam2..nggak cuma bulat mba...cuma ya mau mbikin masih mikir..hihi..mikir belepotan itu nyetaknya...hihi.

      Delete
  5. Mbak diah inii harus pake mixer spiral yaa ?? Klu di uleni pake tangan smpe kilas bisa gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah Mba Lady..lengket banget soalnya adonannya.kan dari tepung ketan..jadi kalau di kukus jadi lengket..pakai food processor juga bisa..:)

      Delete
  6. Mbak diah apa gak bisa kalau di ulenin sebelum ketan di kukus......ntar baru di kukus dgn adonan isi...kira2 apa bedanya......thank a lot buat sharingnya diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbleber Mba......atau kalau nggak lembek adonannya..hihi dan tekturenya beda..ntar jadinya kayak klepon dech..:)

      Delete
  7. Kalau ga pake mentega putih bisa ga ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti adonan kering mba jk udah dingin..:)

      Delete
  8. Mbak mochi ini tahan.brp lama ya?? Tp tetep lembut dan kenyal
    Klo chopper gitu mbak tetep bisa gak yadi pake buat campurin adonan dan mentega putihnyaya?

    ReplyDelete
  9. Mbak mochi ini tahan.brp lama ya?? Tp tetep lembut dan kenyal
    Klo chopper gitu mbak tetep bisa gak yadi pake buat campurin adonan dan mentega putihnyaya?

    ReplyDelete
  10. hii... kalau laki laki paling langsung mampir ke toko di pandaran, beli 1 bungkus. sudah.
    ternyata ada juga ya rasa pandan

    ReplyDelete