Thursday, December 12, 2013

Kue Lapis Beras Labu Kuning & Coklat




Kalau ke pasar..aku selalu belanja di mbah2 yang suka bawa hasil panenan sendiri dari kebunnya..misal ubi..singkong..labu dll. Jadi...udah reflek selalu mengiyakan ketika di tawari labu kuning...walaupun cuma beli sepotong..dan belum kepikiran juga kadang mau di buat apa. Seneng aja sich..bisa sedikit memberi rejeki kepada mbah2 yang masih semangat mandiri dan bekerja seperti itu itu. Kayak kemaren ..kok ya di tawari labu kuning..langsung manthuk aja dan aku beli. Karena kemaren belum kepikir mau di buat apa..akhirnya baru hari ini aku buat jajan pasar,..pas..mumpung suami lagi puasa..jadi bisa buat menu pembuka nanti sore.Walau jadinya banyak juga sich..akhirnya tadi ku bagi2 ke mba art ku buat di bawa pulang..dan budhe tukang sayur..^^

Labu kuning nich memang murah meriah bahannya..kadang suka di sepelekan ya teman2..makanya harganya juga murah banget. Memang kalau di olah jadi sayur atau kolak..aku kok kurang suka..tapi kalau di olah jadi aneka kue dan jajan pasar..aku jadi suka si labu ini. Karena selain menambah rasa..tekture..juga warna makanan jadi kuning cantik..alami..nggak perlu pakai pewarna lagi. Jadi aku seneng aja mengolah labu ini jadi aneka jenis makanan. Nah..kali ini aku buat kue lapis tepung beras yang di campur labu kuning ini. Dan hasilnya..cantik dech..warna kue lapisnya jadi kuning genjreng..bagus..di padu warna coklat..pas banget..seneng aja melihatnya. Dan rasanya juga tambah legit dan enak..jika kue lapisnya di tambahin labu kuning. Mau coba teman2..yukk..simak resepnya ya..^^
Kue Lapis Beras Labu Kuning dan Coklat

Bahan :
300 gram labu kuning kukus, haluskan
250 gram tepung beras
75 gram tepung sagu
220 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
1/4 bungkus kecil vanili bubuk
800 ml santan sedang dari 1 butir kelapa 
Coklat pasta 1/2 sendok makan

Cara membuat :
Masak santan hingga mendidih, biarkan hangat. Campur dengan labu kuning, lalu blender hingga halus.
Campur tepung beras dan sagu, tambahkan gula pasir, garam dan vanili, aduk rata. Masukkan larutan labu kuning sambil di aduk hingga rata. Saring hingga adonan halus. Bagi dua adonan, satu adonan tambahkan coklat pasta, satu adonan biarkan kuning.
Tuang satu bagian adonan warna kuning di loyang loaf yang sudah di lapisi plastik, kukus selama 5 menit di api panas sedang. Tambahkan satu bagian adonan coklat, kukus lagi 5 menit. Tambahkan lagi adonan kuning, kukus lima menit lagi, lakukan hingga adonan habis selang seling..adonannya. Setelah adonan terakhir masuk, kukus selama sekitar 20 menit hingga matang. Dinginkan terlebih dahulu, baru di potong2..dengan pisau yang di bungkus palastik..supaya potongannya rapi dan halus.
Sajikan.



34 comments :

  1. Rasanya saya belum pernah nyobain yg ini, tapi utk mencobanya males banget hehehe...kalo beli, namanya sama dengan judul diatas ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ndak tau...ada tidak ya Mba Santi..yang jual kue lapis beras labu kuning begini..kalau lapis beras biasa sich banyak ya..yang warna warni..ijo..merah dll..lapisannya..:)

      Delete
  2. Klo byk kuenya bagi ke saya aja mba.. gak nolak lho.. dg senang hati di terima.. warnanya cantik. pasti rasanya jg lembut y mba.. kpn2 mau coba jg soalnya penasaran dg kehadiran si labu kuning di dlmnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kalau deket tak bagiin Mba Zulfa..kalau aku kue2 manis gini..seneng aja bikinnya..krn hasilnya bisa cantik..beneran pakai pewarna alami itu lebih oke..:)

      Delete
  3. Replies
    1. Iya Mak Lidya..labu kuning memang oke..buat pewarna makanan alami..:)

      Delete
  4. Assalamu'alaikum. . Yuhuuuuuu mbak diah pa kabar? Yodha pa kbr?
    Mbak diah rajin banget bikin layernya..
    Cantik lagi layer dan warnanya..
    Hihi selalu suka sama kue yg pake sayur atau buah untuk pewarnanya hihi..
    #noted

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Zie..wass..mksh ya..kamu ke mana aja nich baru keliatan..hihi..ayoo di coba..bikin jajan pasar..mudah kok melayernya..kuncinya telaten aja..:)

      Delete
    2. Kmrn" sbk ngurusin dunia nyata mbak kwkkkk dunia mayany ditinggal bntr hihi.. bgtu smpt lgsg blogwalking k smw blog favorite trmasuk blog mbak hihi.. nah itu dia mbak aku tuh gak telaten daaaaan yg parah nilai estetikaku itu jelek kwkkkk.. tp ttp hrs d coba pas ada nenek krn nenekku psti suka dc hihi.. thx mbak resepnya..

      Delete
    3. Sippp Zie..eh..jadi mau beli buku A - Z bakery nggak..kalau belum nemu..aku udah ada nich..di kirim stocknya dari penerbitnya..:)

      Delete
    4. Yah mbak diah telat.. aku udah nitip sama kakakku mbak.. maaf ya mbak :(..

      Delete
    5. It's Okay Zie..cuma bantu aja kok..teman2 yang kesulitan atau jauh dari toko buku besar..jadi aku perbolehkan penerbitnya nitip ke t4 ku..:)

      Delete
  5. mba diah keren banget kue lapisnya...pengen buat deh,warnanya cantik soalnya.. :)
    owiya mbak saya mw nanya,plastik yg digunakan mb diah untuk mengukus plastik apakah?
    plastik biasa apa plastik khusus?
    kalau tidak pakai plastik bagaimana mbak?

    terima kasih mb diah,mohon sharingnya y :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plastik tebal biasa aja Mba..yang tahan panas..kan byk tuch di TBK..:)..Jika nggak ada ya..di oles minyak aja loyangnya..klu pakai plastik kan lebih mudah melepasnya dari loyang Mba Risa..:)

      Delete
  6. Mba diah buku bakery nya hrganya brpa ? Pesan dmna ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 50 rb Mba..aku ada stocknya kalau mau..email aku ya..di bundadidi@gmail.com

      Delete
  7. Mbak Diah, kemarin aku bikin kue ini... tp teksturnya kenapa kurang halus dan kalau boleh tau, coklat pasta nya yg merk apa yaa mbak..? koq hasilnya beda :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tekture apanya Mba..lapisannya atau kuenya..kalau kuenya berarti mblender labunya kurang halus Mba Finahnya..setiap mau nuang lapisan..adonan di aduk2 dulu Mba, agar tdk mengendap di bawah..kalau lapisannya yang kurang halus..berarti apinya kegedean,,:)
      Pasta coklatnya aku pakai merk Red Bell..Dark Chocolate Mba..:)

      Delete
    2. oooo... iyaa kue nya mbak.. jadi kaya gelembung2 gt.. terus warnanya tidak secantik mbak diah.. rasanya sih enak mbak.. cuma penampilan nya kurang mbak.. aku hanya dapat empat lapis (selang selingnya).. sepertinya aku kurang bisa mbak Diah kalau bikin kue >.< huhuuu...

      Delete
    3. Apinya berarti kegedean itu mba..:)..Memang bikin kue tradisional jkudu sabar Mba Finah..:)..tapi bukan berrati nggak bisa lho..harus sering berlatih..pasti bisa juga nantinya..semangat ya Mba..:)

      Delete
  8. mba boleh ga ukuran bahannya dikonversi, jangan pake gram, klo bisa pake sendok atau gelas :-) biar ga usah ditimbang2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku kalau bikin kue2 lebih suka menimbang bahan sich Mba..lebih akurat...tapi kalau mbanya mau pakai cup..silahkan di konversi sendiri...ada kok takaran ukurannya liat di sini ya : http://www.diahdidi.com/2013/06/koversi-cup-ke-gram-berdasarkan-jenis.html

      Delete
  9. Mbak, klo ga ada pasta cokelat apa bisa diganti Dutch cocoa powder (kyk van houten) atau dark cooking choc? Thanks ya sblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coklat bubuk saja..mba..tapi di cairkan dulu ya dgn sdkt air panas..kalau coklat blok bisa padat nanti lapisnya..^^

      Delete
  10. Mb Diah salam kenal ya.. Liat postingan lapis labu kuningnya sungguh menggoda selera. Kebetulan aku punya labu kuning yg udah lama nongkrong di dapur hehe. Contek resepnya ya mb... Makasih

    ReplyDelete
  11. Mbak diah,,,,makasih banyak resepnya dah aku coba enakkkkkk banget,,,tapi yg coklatnya aku ganti jadi hijau pandan,,,lalu aku kasih icip2 tetangga ,,,,ehhhh besoknya dapat orderaan dech,,,he,,,he,,,

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Salam kenal mba Dyah. Kue nya cantikn Mw coba bikin mumpung ada stok labu banyak. Nanya nih mba, kalau pas masak santan dicampur ama labu halus nya bisa? Jadi ga usah di blender lagi biar ga banyak cucian hehe'

    ReplyDelete
  14. Salam kenal mba Dyah. Kue nya cantikn Mw coba bikin mumpung ada stok labu banyak. Nanya nih mba, kalau pas masak santan dicampur ama labu halus nya bisa? Jadi ga usah di blender lagi biar ga banyak cucian hehe'

    ReplyDelete
  15. Wiiik kyaknya uenak buanget mbak.. pingin nyoba ah...

    ReplyDelete