Monday, December 16, 2013

Bakwan Singkong


Singkong lagi..singkong lagi...hihi..sering banget ya aku ngolah singkong ya teman2. Ya memang selalu enak sich di buat apa aja. Murah meriah pula bahannya. Pokoknya..kalu ke pasar..liat singkong yang bagus2..yang kulit dalamnya pink..langsung dech di beli. Singkong jenis ini..mempur..enak di buat apa aja..dan nggak langu. Kemaren aku buat lapis singkong lagi..tapi versi beda..rasa coklat..enak juga. Masih sisa sedikit parutan singkongnya..ya udah..sekalian di buat bakwan singkong aja.

Bakwan singkong nich..kalau jaman aku kecil..di jual oleh mbah2 penjual sarapan gitu..bersanding dengan olahan singkong lainya..gethuk..lenthuk..sawut dll. Atau di pasar2 juga banyak yang jual. Bahannya minimalis saja..cuma singkong, kemudian isiannya taoge pendek dan daun bawang. Kemudian di bumbui bawang putih garam dan ketumbar..udah..terus di bentuk kayak perkedel dan di goreng. Enak..!..Buat yang suka singkong lho..hihi..soalnya kalau di rumahku sich ya cuma aku yang suka bakwan singkong gini..Yodha..mana mau dia..*alergi* singkong katanya..suami..paling lapis singkong yang doyan..hihi. Jadi ..kalau buat cemilan singkong yang gurih2 gini..yang cukup sedikit saja..^^
Bakwan Singkong

Bahan :
250 gram singkong parut ( peras sedikit airnya supaya kesat )
25 gran tauge
1 batang daun bawang ( iris halus )

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh gula   pasir
Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh
Garam secukupnya

Cara Buat :
Aduk singkong parut dengan semua bahan dan bumbu. Ambil sedikit adonan. Goreng dan cicipi rasanya. Jika sudah pas..lanjutkan proses membentuk dengan cara di kepal2 bulat dulu sampai padat, lalu pipihkan. Goreng sampai kecoklatan dan matang. 

Tips :
Jangan kuatir bakwan ambyar ya pas di goreng..kan singkong mengandung pati / tapioka..jadi bersifat mengikat dan lengket..jadi adonan akan menyatu pas di goreng..asal jangan di aduk2 / di bolak balik. Biarkan sampai satu sisi matang dulu..baru di balik ya.. 

6 comments :

  1. Wah saya hampir g pernah lho mba, bikin singkong di macam2in seperti ini, paling juga biasanya langsung di goreng, sudah gitu aja,,, hehehe *catet resep aaahh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuukk cobain Mba Tina..singkong itu enak banget kok di olah jadi apa aja..dan di blog ini byk bgt olahan dari singkong mba..hihi..

      Delete
  2. selama ini taunya combro aja mbak singkong yang digoreng :) ternyata bisa dibuat bakwan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..bisa Mak Lidya..bakwan..perkedel..lentho..macam2 klu di Jateng nich olahan singkong..:)

      Delete
  3. mirip lentho ya mbak ... lentho saya suka banget ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Indah..mirip..cuma kalau lentho pakai kacang tholo ya Mba..aku juga suka banget itu..:)

      Delete