Monday, December 2, 2013

Rondo Kemul..^_^


Wah..udah hari Senin lagi..cepetnya waktu berlalu ya teman2..semangat ya..ya..musti kembali berangkat be-
kerja..ngantor..ntar weekend datang lagi kok..hihi. Kalau aku sich..every day is like a weekend...hihi..lha libur terus. Biasanya Senin nich mesti banyak bahan numpuk di dapur..biasa..kalau hari Minggu..suka ke pasar yang beda yang agak jauh dari rumah...mumpung ada pak sopir..eh pak Bos ding yang nganter..jadi suka kalap..beli bahan2..ini..itu....hihi. 

Kayak kemaren..ke pasar..segala umbi2 di beli..singkong..ubi..labu..dll..hihi..woalah..emak emak banget dech..kalau liat barang murah langsung angkut..:). Tapi nggak pa2 juga sich..buat stock ..jadi kalau mau bikin ini itu kan udah ada bahan. Nah..karena hari Senin suami rajin puasa..jadi bisa aku buat jajan pasar dech aneka umbi2 an tersebut. Rencana mau bikin kue lumpur labu kuning..eh tengok lemari dapur..terigunya tinggal protein tinggi..ya udah..nggak jadi dech. Oha..ya..sekalian colek Mba Herawati..yang nanyain kue lumpur labu kuning..alamat emailnya salah tuch Mba..aku bales..mbalik juga nggak ke kirim..atau tunggu besok aja ya..kalau aku posting kue lumpur labu..sekalian aku sertakan langkah2nya..:)..maaf ya Mba..baru ingat bilang kalau emailnya mbalik ..padahal emailnya udah dari kemaren ya..^^

Akhirnya hari ini bikin jajan pasar yang dari singkong dulu dech..yang nggak perlu tepung..tinggal parut  aja..campur2..jadi dech jajan pasar baru..namanya..Rondo Kemul..hihi..kalau nggak salah ini dari daerah Purwokerto..colek Mba Esti ahh....tul nggak mba?..Namanya bener2 dech..kalau jajanan tradisional Jawa nich.suka banget namain makanan pakai kata ronda..hihi..alias janda. Ada rondo royal..rondo kemul ini..hihi. Kemul..artinya selimut..berarti artinya janda selimut kah?..Atau selimut janda?..atau janda selimutan..hihihi....wis ndak tau lah..apa maskud yang kasih nama jajan pasar ini. Ya jelas..rasanya enak dan legit. Singkong di padu gula merah..terus di disiram santan kental...unik dan enak juga..selama ini kan taunya cuma pakai kelapa parut gitu kalau jajanan dari singkong. Kalau ini di siram areh putih gitu..gurih jadinya. Selamat mencoba ya teman2..jika suka jajanan pasar dari singkong..^^
Rondo Kemul

Bahan :
500 gram singkong parut
100 gram gula merah ( sesuai selera )
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili bubuk
Santan kental instan 75 ml, beri air 25 ml air, rebus dengan sedikit garam hingga mendidih ( aku pakai Bumas..pakai santan segar juga boleh..yang kental )
Daun pisang

Cara Membuat :
Letakkan singkong parut di saringan besar, peras airnya . Campur dengan semua bahan lain, aduk rata.
Ambil daun pisang, beri adonan singkong, bentuk tum, lalu kukus 20 menit.
Buka bungkusan, ganti daun pisangnya, siram dengan 1 sendok santan kental, bungkus tum lagi, lalu kukus lagi selama 10 menit.
Sajikan.

14 comments :

  1. Mirip ketimus ya mbak di? cuma ini disiram santal kental. ini gula merahnya dicairkan dulu, diparut juga atau digimanain mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sisir halus aja Mba Intan..oh di sana namanya ketimus ya..kalau di Jateng ketimus itu ubi yang di haluskan..dicampur sdkt kanji..hihi...beda lagi yach..namanya sama pdhl.:D

      Delete
  2. Olahan singkong emang ga ada bosen2nya yaa mbak, bikin ileran semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..bener Mba Mutiara...singkong itu bisa di buat macam2..belum lagi yang dari luar Jawa..byk sekqli variasi jajan pasarnya..besok2 tak cobanya juga..olahan singkong dari luar Jawa ya Mba..*penggemar singkong..hihi*

      Delete
  3. kalo singkongnya ga diperas gimana Mak? boleh nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aja Mak Riski..cuma agak lembek nanti ya..nggak keset gt..hihi

      Delete
  4. pipis nih mbak namanya di tempatku hehehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..salah ya Mba..hihi..aku di kasih resep saudara yang Banyumas..eh beda ya..dari Purwokerto..hihi..ternyata..:)

      Delete
  5. Kesukaanku ini mbak tapi aq biasa bikin gak pake santan pake kelapa parut,singkong, gula merah di campur jadi satu trus di kukus namanya lemet mbak di tempatku hehehe...tapi lain kali mau coba punya mbak Diah ah biar variasi kayaknya enak makasih resepnya ya mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya..di Yogya..juga ada lemet Mba..hihi..aku juga suka itu..iya sekali2 buat variasi..di kasih santan..enak juga lho Mba..:)

      Delete
  6. salam kenal mbak diah, ony dr riau..
    knp daunnya diganti mbak? disini payah daun pisang yg dijual maupun ygdi tanam sendiri.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Ony...salam kenal juga Mba..:)
      Biar rapi aja Mba..bungkusannya..hihi..nggak di ganti juga nggak pa2 sich..:)

      Delete
  7. kalo di tempatku nek ga salah namanya lemet, mbaaa..kalo di jogja apa ya??/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..ada juga lemet Mba di Yogya..cuma nggak di siram santan kental..:)

      Delete