Friday, December 20, 2013

Ayam Pok Pok



Teman2 tau nggak apa itu ayam pok pok ?..hihi..namanya lucu ya. Ayam pok pok..adalah olahan ayam tepung krispi..tapi berupa fillet kecil2 ayam yang di balut tepung dan di goreng hingga renyah. Ada brand  terkenal kan..yang jual ayam pok pok kemasan gini..pasti tau dech. Atau di resto fast food Jepang yang terkenal juga ada ya kayaknya..ayam pok pok di sajikan dengan kentang goreng. Intinya nich ayam pok pok itu..ayam goreng krispi..tapi yang di pakai bagian fillet daging ayam dan di potong kecil2..jadi enak makannya..nggak ada tulang2nya..dan yang pasti bisa kriuk dan matang sempurna..karena daging filletnya sudah di potong kecil2..jadi cocok dech buat anak2.

Aku sering bikin ayam pok pok nich..tapi kadang kalau malas motong2 kecil2..aku potong tipis2 aja, agak besar2 aja memanjang..biar cepat gitu melapis tepungnya..hihi. tapi tetep bisa renyah dan kriuk juga kok..cuma bentuknya aja yang beda sama ayam pok pok yang aslinya yang kecil. Yang penting enak lah..rasanya..mau di bentuk kecil2..boleh..di bentuk lembaran tipis2 yang nggak masalah..yang penting pakai fillet dada ayam tanpa tulang..jadi bisa empuk dan mudah memotong2 fillet ayamnya. 

Yodha memang lagi suka ayam goreng tepung renyah gini sekarang, jadi..biar praktis aku bikin banyak..lalu di simpan di freezer..sudah dalam keadaan di goreng..jadi sewaktu butuh tinggal di biarkan suhu ruang , lalu di goreng sebntar lagi hingga renyah lagi. tetep sama enak lho rasanya..teman2. Jadi..daripada beli ayam pok pok kemasan yang lebih mahal..yukk bikin sendiri di rumah..lebih hemat kan. Satu dada ayam 250 gram aja..bisa jadi banyak lho..apalagi jika di potong kecil2. Bumbu ayam pok2 ini sebenernya kayak bikin ayam goreng tepung biasa..tapi di bumbu rendaman ayamnya aku tambah saus tiram, hasilnya lebih gurih dan enak dech. Selamat mencoba ya teman2..jika berminat..^^

Ayam Pok Pok

Bahan :
250 gram fillet dada ayam, potong2 kecil / tipis 
Rendam di bumbu :
2 siung bawang putih, haluskan
2 cm jahe, geprek
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok makan saus tiram
Sedikit garam / sesuai selera 
Air sedikit ( secukupnya )

Bahan pelapis tepung :
200 gram tepung terigu protein rendah / sedang
5 sendok makan maizena
2 sendok teh kaldu ayam bubuk
1 sendok teh merica bubuk

Bahan celupan : 1 - 2 butir telur, kocok lepas

Cara membuat :
Rendam potongan ayam di bumbu minimal 1 jam agar bumbu meresap.
Tiriskan ayam, ambil 50 gram tepug pelapis, lumuri ayam hingga rata. Celup ke kocokan telur, lalu baluri tepung pelapis lagi sambil di tekan2 dan di cubit2 hingga keriting. Goreng di minyak panas hingga matang dan renyah. Sajikan dengan saus sambal dan kentang goreng.
 


14 comments :

  1. kriuk-kriuk tambah saus ya mbak hmmm enak

    ReplyDelete
  2. Mo nyoba nih.. mumpung bahan"nya udah ada dikulkas. Garamnya kira" brp sendok teh yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikit aja Mba Mira..kan udah agak asin ya saus tiram..kira2 1/2 - 1 sendok teh..sesuai selera asinnya aja dech..:)

      Delete
  3. mbak kalo tepung maizena diganti tepung sagu atau tapioka bisa nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aja Mba..tapi lebih kres2 kalau tepung maizena..:)

      Delete
  4. Mbak diah..pengen nyoba buat ayam pok.pok sama ayam.krispi deh..cuma penasaran,gimana cara nyubit2nya..gak kebayang.itu dicubit2nya pas kapan ya mbak? Bolehkah difotoin cara mencubit2nya? Trim before:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ayamnya bikin gemes sich Mba..ajdi di cubitin aja dech. Nyubitinnya ya pas di balur tepung itu lho Mba..di cubit2 pakai kedua tangan gt..kalau mau di cemplungi di minyak..di kethok2 kin dulu biar kelebihan tepungnya jatuh..jadi hasilnya bisa keriting. Wah..kpn ya..klu sempat bikin videonya dech..cuma nggak ada yang nge shoot..hihi..aku tak beli..tri pod dulu ya Mba..:)

      Delete
  5. wahhh... pas banget nih mbak....
    lagi googling cari resep chicken pok2 buat anak2...
    nanti langsung di cobaaa ahhhh.....

    ReplyDelete
  6. Hallo salam kenal mbk diah saya yuni di malang.... ijin nyontek resepnya ya buat bekal anak sekolah, ehm mbk punya tips kah biar ayamnya tetap krispi walaupun udah dingin... klu boleh tau biasanya mbk bawain bekal anaknya apa aja... siapa tau bisa nyotek he..he..he.. soalnya anak saya maunya tiap hari hanya makan ayam krispi sm kentang goreng aja dan klu disuruh makan yg lain sulitnya minta ampun dan ujung2nya pasti dech berantem sm saya gegara gak mau makan makanan lain selain ayam krispi dan kentang goreng... maaf ya mbk jadi kepanjangan deh curhatnya dan trimah kasih....

    ReplyDelete
  7. Hallo salam kenal mbk diah saya yuni di malang.... ijin nyontek resepnya ya buat bekal anak sekolah, ehm mbk punya tips kah biar ayamnya tetap krispi walaupun udah dingin... klu boleh tau biasanya mbk bawain bekal anaknya apa aja... siapa tau bisa nyotek he..he..he.. soalnya anak saya maunya tiap hari hanya makan ayam krispi sm kentang goreng aja dan klu disuruh makan yg lain sulitnya minta ampun dan ujung2nya pasti dech berantem sm saya gegara gak mau makan makanan lain selain ayam krispi dan kentang goreng... maaf ya mbk jadi kepanjangan deh curhatnya dan trimah kasih....

    ReplyDelete
  8. Mbak resepnya mantep bahasa juga gampang di mengerti :)
    Tapi mau tanya dong mbak itu kan di atas dibilang mbak diah bikin stok banyak jd tinggal goreng, buat di simpen di freezer ada teknik khusus gak mbak? Apa ya pokok nya udah dibalur tepung yg terakhir yg di cubit2 itu trs simpen aja di plastik biasa? Makasih :))

    ReplyDelete
  9. Mba,kalo filet dadanya di ganti filet bagian paha gpp kan? Krn stoknya pas ada itu aja

    ReplyDelete