Wednesday, December 11, 2013

Mie Ongklok Khas Wonosobo



Pagi2 mendung..dingin tadi..jadi ingat mie ongklok..khas Wonosobo..yang emang enak di sajikan di udara sana yang dingin. Akhirnya..nguplek sebentar di dapur..jadi dech semangkuk mie ongklok..buat diriku sendiri..hihi. Soalnya lauknya cuma tempe kemul..kalau suami ya..mana mau...harus pakai sate sapi gitu kalau makan mie ongklok. Pagi2 mau nyari sate sapi ke mana coba..hihi..akhirnya buat suami aku bikinin mie godhok Jawa aja..hihi. Wo alah..ribet amat ya teman2..sarapan berdua aja beda2 menunya..sendiri2...hihi...tapi buatku..no problemo..seru..!

Mie Ongklok khas Wonosobo ini memang paling nikmat di makan sama tempe mendoan atau tempe kemul dan sate sapi manis. Tapi aku tadi cuma sama tempe mendoan aja..ya udah enak banget kok..di dukung cuaca mendung yang dingin..hihi..berasa di Dieng Wonosobo dech. tapi suer..dingin banget kalau di sana..apalagi pas musim hujan gini..duduk di lantai gitu serasa duduk di es batu dech..saking dinginnya. Dulu pas Yodha masik TK..sempat liburan ke sana..pas..musim hujan pula..jadilah..liburan yang kurang menyenangkan..karena dingin sekali dan hujan..serta berkabut..jadi berasa sia2 gitu naik ke Dieng yang tinggi banget gitu..berasa terpisah dari dunia dech pokoknya..*lebay*..lha..serem banget dech..kalau kita udah nyampe di puncak..terus liat jalanan dan kota di bawah yang meliuk2..pokoknya nggak mau lagi dech ke sana..serem..hihi. Pegunungan Dieng kan terkenal tertinggi kedua di dunia ya kayaknya teman2.

Tapi..yang paling aku suka kalau ke Wonosobo..ya makan mie ongkloknya..enak ! Mie khas Wonosobo ini memang unik..kuahnya kental..karena di beri larutan tepung tapioka , bumbu yang menonjol adalah rasa ebinya..jadi enak dan gurih...sedikit manis. Mirip2 sama kuah lo mie dech rasanya. Mengapa di sebut mi ongklok..karena cara pembuatannya..yang di *ongklok ongklok*..atau di saring di saringan bambu mie dan kolnya. Oh ya..pelengkap mie ongklok ini memang minimalis..cuma sayur kol dan kucai..jadi yang menonjol adalah citarasa kuahnya yang kental dan unik..serta..lauk pauk pendampingnya itu..sate sapi dan tempe kemul..atau aci goreng..wah..enak sekali. Di Wonosobo ada dua penjual mie ongklok yang legendaris..yaitu Pak Muhadi..konon katanya beliaulah yang menciptakan resep mie ongklok ini..jadi sekarang menjadi terkenal dan jadi salah satu icon kuliner khas Wonosobo. Selain itu ada mie ongklok Longkrang yang terkenal juga..cuma di sini..warungnya kecil..kalau pas rame..penyajiannya..super duper lama..dulu aku sempat makan di sana..udah satu jam nunggu..eh nggak dapet2 mie ongkloknya...hihi. Sekarang mah..bikin sendiri aja di rumah..biasanya aku bikin mie ongklok dan tempe kemulnya..terus satenya ..nitip di beliin sate sapi sama suami...hihi..curang ya teman2..lha..daripada ribet mbakar2 sate sapi sendiri..ya penting kan bisa makan mie ongklok komplet..hihi. Tapi karena tadi buatnya pagi2..ya..harus puas dengan tempe kemul saja..makan mi ongkloknya. Tetep enak..!
Resep Mie Ongklok Khas Wonosobo
( Kuahnya untuk kira2 2 porsi )

Bahan :
Mie basah secukupnya
Kol  2 lembar, potong kasar
Daun kucai secukupnya, iris kecil2
Bawang goreng secukupnya 

Untuk kuahnya :
400 ml kaldu ayam atau air biasa
2 siung bawang putih
2 butir bawag merah
1 sendok teh ebi
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh kaldu ayam bubuk / garam sesuai selera
1 1/2 sendok makan kecap manis
2 sendok makan tepung tapioka, larutkan dengan 2 sendok air

Cara membuat :
Haluskan bawag merah, bawang putih dan ebi. Tumis hingga matang dan harum, masukkan air dan bumbu2 lain. Masak hingga mendidih. Koreksi rasa. Jika sudah pas..sesuai selera..masukkan larutan tapioka, aduk rata hingga kuah mengental. 
Didihkan air, masukkan mie dan kol dalam saringan kawat..lalu masukkan ke air mendidh..sambil di *ongklok ongklok*..hihi..atau di goyang2 gitu..sampai kol matang. Tuang mie dan kol di mangkuk, tuangi kuah panas. Sajikan dengan taburan kucai dan bawang merah goreng...serta sambal rawit. Jangan lupa..tempe mendoan kemulnya dan sate sapi jika ada.
Resep tempe mendoan..klik di sini ya..^^
Selamat mencoba.

7 comments :

  1. Dear mbak diah, terima kasih untuk resep2nya, tadi malam saya sudah coba mie ongkloknya dan alhamdulillah keluarga puas dengan hasilnya. di tunggu resep2 lainnya ya mbak *peluk persahabatan* :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Nouru..syukurlah jika keluarga suka ya..:)

      Delete
  2. Mba diah, ini mie-nya diganti pake mie kering (mie telur) bisa ga mba?
    -Amal-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba Amal..nggak masalah.di rebus dulu sampai matang ya..:)

      Delete
  3. wah... mie ongklok ternyata terkenal ya . . ., mampir mba' klo main ke wonosobo. :)

    salam mie ongklok :D

    ReplyDelete