Google Ad

Wednesday, January 1, 2014

Bakpao isi Ayam Jamur


Yuhuuu..Happy new year teman2 !!...Semoga tahun 2014 semakin baik semuanya ya..wish you all the best in 2014.Postingan pertama nich di tahun 2014..kemaren libur di rumah aja..pada males makan nasi..akhirnya bikin  bakpao aja...buat makan malam..biar bergizi..bikin bakpao isi ayam jamur. Tapi tetep..buat Yodha minta di isi coklat juga..hihi. 

Bakpao isi ayam jamur ini favorit suamiku. Kalau aku..sebenernya lebih suka isi kacang hijau..tapi tetep doyan juga sich..isi ayam jamur gini..enak dan gurih. Bakpaonya lembut menul2...walau aku kurangi waktu fermentasinya..fermentasi ketiga aku skip..karena udah keburu malem..pada laper..kelamaan kalau nunggu sampai 40 menit lagi..hihi. Tapi..buat teman2 yang baru belajar membuat bakpao..lebih baik ikuti resep ya..waktu fermentasinya..untuk jaga2, misal adonan kurang kalis..dll..jadi hasilnya bisa mengembang adonannya. Kalau aku sich yakin aja kemaren..soalnya hasil ulenanku kalis dan elastis..terus aku cek setelah 30 menit udah berserat adonannya..ya udah..pede aja..langsung aku kukus setelah di bentuk. Hasilnya..no problem..lembut dan menul2 bakpaonya.

Oke..buat teman2 yang suka bakpao..yukk di coba ya..enak lho..di makan hangat2 di tahun baru yang seharian masih hujan nich..^^


Bahan isi ayam jamur kecap :
100 gram daging ayam, direbus dalam 500 ml air, dipotong kotak kecil
150 gram jamur tiram
1/2 buah bawang bombay, dicincang kasar
2 siung bawang putih, dicincang kasar
1/2 sendok makan saus tiram
1 sendok makan kecap manis
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh garam / kaldu bubuk jika suka
1/2 sendok teh merica

Cara membuat :
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Tambahkan ayam. Aduk rata. Tambahkan saus tiram, kecap manis, garam, dan merica serta gula. Aduk rata. Tuang sisa air rebusan ayam. Masak hingga meresap. Koreksi rasa. Sisihkan.


Adonan kulit bakpao :
250 gram tepung terigu protein rendah
65 gram tepung tang mien
50 gram gula tepung
20 gram susu bubuk
6 gram (11/2 sendok teh) ragi instan
1/2 sendok teh baking powder
1 putih telur
150 ml air es
30 gram mentega putih
1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Campur tepung terigu, tepung tang mien, gula tepung, susu bubuk, ragi instan, dan baking powder. Aduk rata.
Masukkan putih telur dan air es sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
Kempiskan adonan. Timbang masing – masing 25 gram bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
Pipihkan adonan. Beri isi secukupnya. Bentuk bulat. Letakkan di atas kertas. Diamkan 40 menit sampai mengembang.
Kukus 10 menit di atas api sedang sampai matang.

Note :
  • Adonan setelah di uleni sampai elastis...jika di bentuk bulat..harus bisa licin seperti ini ya teman2.  Jika bocel2 dan nggak licin..berarti nguleninya kurang kalis.
  • Setelah adonan didiamkan selama 30 menit...adonan jadi lebih lembut, mudah di bentuk dan jika kita buka adonan dengan dua tangan...adonan yang berhasil dan bagus..akan muncul serat2  seperti ini. Inilah yang membuat bakpao bisa berpori dan lembut.
  • Tepung tangmien..wajib di pake..jika mau bakpao putih dan lembut.
  • Tepung tang mien adalah tepung yang terbuat dari pati gandum, dengan warna yang lebih putih dan tekstur yang lebih halus dari tepung terigu. Tepung ini sering digunakan untuk membuat kulit hakau (dim sum udang). Tepung ini membuat warna kulit hakau jadi transparan dan teksturnya lentur. Makanan yang diolah dengan tepung ini sebaiknya selalu berada di dalam alat pemanas sebelum disajikan, misal..ya bakpao ini. Jika masih ada sisa bakpao..sebaiknya segera simpan di wadah tertutup..simpan di freezer. Jik amau di hidangkan lagi..tinggal di kukus lagi sebentar, maka bakpao akan tersaji hangat dan lembut kembali. 



Noted : Jika teman2 kesulitan cari tepung tangmien.aku jual lho secara online..jadi bs krm ke seluruh Indonesia. Email aja di bundadidi@gmail.com ya..atau isi contact form di pojok kanan atas web ini ya...^^


54 comments :

  1. Duh.. cari tepungnya sulit nggak mbak di? belum pernah tau soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di tempatku gampang Mba Nouru..di TBK deket rumah selalu ada..:)..Mba Tinggalnya di mana ?

      Delete
    2. Salam kenal mbak. Saya rini kal9 boleh tau mbak diah kalo belanja bahan roti dimana ya kalo boleh tau? Saya juga lokasi di semarang tepatnya di pedurungan. Sebelumnya terimakash

      Delete
  2. Mba aku suka bakpau... pernah buat tapi gak pake tpg tang mien... gak lembut sih.. pakenya jg blueband jd ada wrna kuning2 gitu.. kira2 tpg tang mien itu mahal gak mbak soalnya blm pernah beli.. jualnya perkotak atau ada yg eceran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..memang tepung tangmien ini buat tekture bakpao lembut dan juga lebih putih warnannya Mba Zulfa. Selain itu..kalau bakpao..lebih baik pakai mentega putih Mba..jadi netral / tawar rasanya. Mentega putih itu yang biasa buat butter cream tuch lho Mba..:)

      Delete
    2. Oh iya..kalau di TBK dekat rumahku..tepung tangmien di jual udah re pack..plastik 250 gram Mba..sekitar 8 ribuan...:)

      Delete
    3. Mba... kira2 menurut mba diah tu enakan mana bakpau yg ini atau resep dulu yg pake kentang dan santan yang warna pink tapi gak pake tepung tang mien.... hihi.. maaf mba byk nanya.. abis penasaran sich...

      Delete
    4. Hihi..iya Mba Zulfa..no problem..:)
      Beda versi sich mba..menurutku ya enak semua..hihi..kalau yang pakai kentang itu versi bakpao tradisional jadul...yang ada rasa sedikit lengket2 khas gt pas di makan..tapi juga enak dan lembut..:)
      Kalau yang ini versi bakpao modern..yang seperti banyak di jual sekarang ini Mba..rasanya ya..lembut empuk dan berserat ..kayak roti..:)

      Delete
  3. mba..makasih ya buat resep2nya..saya udah coba resep klapertart sama, gudeg sama pisang molennya. uenakkk mba, gampang pula bikinnya. makasih y mba..temen2 pd nanyain resepnya, saya langsung kasih deh link ke blog mba..:D. pas banget postingan ini mba, suami sy lg pengen bakpau ayam. mau nyoba bkn cm mesti hunting tepung tang mien dulu. hehehe. tq n salam kenal y mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Fera...iya mba..salam kenal juga ya..mskh udah mau ngenalin blog aku ke temen2 Mba..jadi makin tambah byk temen dech..yang suka masak..:)
      Tepung tangmien biasa ada di TBK mba..:)

      Delete
  4. Happy new year 2014... Moga tambah rajin ya mbak Diah posting resep. Sukses selalu..

    ReplyDelete
  5. Klo pakai isian kc iji gimana bikinnya mba? Sama gak dng isian onde2 ?...Ari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ari..sama..kumbu kacang ijo buat onde2 itu..:)

      Delete
  6. Salam kenal mbak. Bakpaunya keliatan yummy banget. Dulu saat masih tinggal di Smg sering banget buat bakpau karena seluruh keluarga pada suka.

    salam
    atik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Atik..salam kenal juga...iya..di Semarang memang bakpao lumayan terkenal ya Mba..ada yang jual enak juga di pinggir jalan itu..Cik Yen ya..klu nggak salah..:)

      Delete
  7. jadi inget sm almarhum suamiku mbk,waktu itu rima pertama kalinya bikin bakpau,isinya ayam n sayuran,dpt resepnya dr mbk hesti,pertama bikin langsung jadi roti favoritnya.lihat postingn mbk,jd pengen bikin lagi,,lg baking blue nih,,pengennya bikin yg simple j.
    ohya mbk sekalian mau tanya,mbk pernah g bikin pisang molen bandung,yg kulitnya bikin sendiri?klo g slh ada sih diblog mbk,pake resep mbk hesti.makasih ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rima..ayo di buat lagi..buat anak2..:)..bisa buat bekal yang sehat dan mengenyangkan ya..:)..Semangat Mba...:)

      Pisang bolen Bandung di sini resepnya ya Mba..: http://www.diahdidi.com/2012/06/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

      Delete
  8. selamat tahun baru mbak Diaahh.. Waahh, asiikk dapet menu untuk cemilan acara arisaann.. hehee.. Mbak, aku kalau bikin bakpau hasilnya kurang mengembang seperti ditukang bakpau gt yaa mbak.. ( '_' )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Finah..sama2 ya Mba..:)
      Mungkin nguleninya kurang kalis ya Mba?..Sudah sampai berserat kayak di foto ku itu belum adonannya Mba setelah di fermentasi ?

      Delete
  9. Selamat Tahun baru Mbak Diah:).. kemarin aku lewatin Semarang pas pulang ke wonogiri rumah ibu mertuaku.. jadi ke inget Mbak Diah hehehe:)
    Duh enaknya..maem bapao gurih anget selagi dinigin ujan gini. Dulu pernah bikin, isiannya udah mantap rasanya tapi masih gagal bikin bapaonya:( pas didiamkan, ditutup kain gak ya mbak adonannya?menteganya dicairkan dulu apa langsung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...kok nggak bilang Mba Intan..coba bilang..aku cegat di jalan..hihi..:)
      Pas diadiamkan ..iya boleh di tutup serbet atau plastik Mba. Bikin bakpao..yang paling penting adonannya harus di tangani dgn baik mba..sampai kalis dan elastis. Ragi juga menentukan..masih bekerja nggak raginya. Mentega langsung saja Mba..kayak bikin adonan donat tuch lho..di uleni sama adonannya..:)

      Delete
    2. Hihihi iyaa ya.. tengah malem saat itu, pas tahun baruan lg stuck macet di semarang kebayang bakpao ayam jamur lezat buatan mbak diah hehhee:) okeh okeh insyaALLAH aku cobain ah..akhir pekan besok.. udah beli ragi khusus bakpao tinggal nyari tepung tang mien nya:)

      Delete
    3. Sipp Mba Intan..semoga berhasil ya..:)

      Delete
  10. Slamat tahun baru mak Diah, suka bgt sama resep2nyaaa, akan kucoba deh nanti. Btw, ijin follow blog-nya ya. Thanksss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mak Eliza...mksh ya..
      Iya..silahkan di follow ya dan di coba resep2nya..kalau ada yang kurang jelas..komen aja..ya..:)

      Delete
  11. Jadi brp biji bakpao nya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..lupa mba..aku klu masak nggak pernah ku hitung..8 sampai 10 kayaknya ya..:)

      Delete
  12. tepung tang mien bisa dganti gak, mb...? penggantinya apa...? trima kasih... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nggak ada yang nggak usah pakai Mba..tapi hasilnya kurang putih bakpaonya. Kalau ada tepung hongkong juga bisa...:)

      Delete
  13. Mbak Diah, saya dapat oleh2 labu kuning dari teman kantor, lumayan banyak. Saya ingin bereksperimen dg memakai campuran labu kuning dlm resep bakpao. Kira2 isian apa yg cocok ya mbak? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kacang ijo..enak Mba..atau isi enten2 kelapa atau kacang juga enak lho..aku pernah..:)

      Delete
    2. Wah sip nih, mbak! Kebetulan masih ada sisa kacang ijo dan kacang tanah buat isian, tinggal di-bulat2. Saya coba yg ini dulu, sekalian habiskan bahan. Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      Delete
    3. Minggu kemarin saya sdh coba bakpao labu kuning. Pakai resep di atas, tapi saya tambah pure labu kuning sekitar 75g, sedang air saya sesuaikan, jauh lebih sedikit. Empuk, menul2, dan warnanya itu lho yg bagus. Hanya saja sedikit lengket di gigi. Jadi kalau boleh milih, saya lebih suka yg putih tanpa campuran labu kuning. Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      Delete
    4. Sipp Mba Sisca...mksh udah share uji cobanya ya ..moga bermanfaat buat teman2 lain yag mau coba..:)

      Delete
  14. Mbaaaa salam kenal,, udh bkn beberapa resep Dr blog mbaa diah gampang pas g pke gagal hehehhe... mbaa yg dimasukan d freezer bapau yg sudah d kukus ap yg belom yah makasih yh mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Nuniek..salam kenal juga..:)
      Setelah di kukus Mba..biarkan dingin dulu..terus di kemas rapat, lalu masukin freezer. Kalau mau makan..biarkan suhu ruang dulu, lalu kukus lagi sebentar ya..biar hangat..:)

      Delete
  15. Makasih mbaa diah... aq dikasi tau blog mbaa Dr mbaa ninuk sama2 org rantau jdi seneng bgt nemu blog mbaa diah ini... makasih banyak yh mbaa diah... sehat selalu..

    ReplyDelete
  16. Mba, baru googling resep bakpao,,,,,ada yg pake tepung protein tinggi....bagusan yg tinggi apa rendah to mba klo untuk bakpao? Pgn bikin tp resep beda2 tepungnya...jd bingung....hehe

    ReplyDelete
  17. Mba bapaonya kan ditimbang @25gr. Lalu hasilnya seperti bapao abang-abang atau ukurannya lebih kecil? Krn setelah saya kukus tidak terlalu mengembang. Trims

    ReplyDelete
  18. Dear mba Diah, salam kenal...
    Punten mba, mau bertanya.
    Fungsi baking powder untuk rese bakpao itu apa ya mba ? Sementara sdh ada ragi yg berfungsi untuk mengembangkan adonan :-)
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  19. Mbak, aku kan nyobain resep ini, tapi kok ga kalis2 ya ? mentega putih nya harus dicairin dulu ngga ya ?

    ReplyDelete
  20. thx ya mba didi, lagi pingin bikin pao ini :)

    ReplyDelete
  21. Hai mbak Diah, saya penggemar dan pengunjung setia blog ini.....saya sudah coba Bakpao nya....wiiiiiii.......uenak dan lembut, saking enaknya sampai ponakan saya hampir menghabiskan semua hasil dari 1 resep ini, untung saya masih kebagian jadi bisa merasakan enak dan lembutnya. Thanks ya mbak Diah resepnya....maknyus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..wah seru ya..capek ilang kalau yang kita masak habis :D

      Delete
  22. Makasih atas resepnya ya mb diah..bru nemu blognya mb skrng ehehehee...izin share ya mb..

    ReplyDelete
  23. udah aq coba mb lembut bgt kulit bakpaonya...mksh resep nya mb...

    ReplyDelete
  24. Mba saya sdh coba resep bakpao isi ayam jamur yg ini..aslii..enaknya kebangetan hehe..barusan cb pakai isian bakpao dengan bahan yg lain tp rasanya kurang nendang mba...resep nya mba diah memabg T.O.P dah :)

    ReplyDelete
  25. Salam kenal mb didi..matur nuwun sanget utk resep2nya

    ReplyDelete
  26. Salam kenal mba didi...kalau ulennya pakai mixer roti kira" brapa lamaba?

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel