Sunday, December 8, 2013

Arem Arem Isi Ayam


Kalau Jepang punya masakan khas nasi gulung..sushi..wong Jowo juga punya lho..nasi gulung isi..yaitu arem arem...hihi. Sushi..versus arem arem ?..Kalau di suruh milih..aku ..pilih arem arem saja dech..lebih enak..!..hihi. Dasar...lidah lokal..ya teman2. Tapi beneran lho..arem arem ini enak sekali. Nasi gulung yang di isi dengan aneka macam sambel goreng, bisa sambel goreng daging cincang, ayam, sambel goreng kentang dan ati, atau yang versi ekonomis..isi sambel goreng tempe atau tahu pun juga tak kalah yummy.

Arem arem ini sangat praktis penyajiannya..nggak perlu piring ..sendok dll..langsung saja..happ..masuk mulut..hihi..dan udah bisa jadi menu makan atau pengganjal perut ..misal jika kita dalam perjalanan atau buat bekal piknik..praktis. Sepintas nampak seperti lemper ya teman2..jika belum pernah coba arem arem..tapi ini sangatlah berbeda. Kalau lemper terbuat dari beras ketan..arem arem ini terbuat dari beras biasa yang di masak dengan santan terlebih dahulu..jadi rasanya tambah gurih dan enak. Bentuknya juga lebih besar dari lemper..karena kalau lemper kan buat cemilan aja..kalau arem arem nich lebih mengenyangkan. Suamiku paling suka arem arem nich..sekali makan bisa habis 3..hihi. Nah..tumben amat Yodhaku kemaren juga kok request arem arem..setelah sering dapat snack arem arem dari sekolahnya..alhamdulillah..dia suka juga. Jadi nggak masak dech kemaren macam macam..cukup bikin arem arem ini..udah beres !

Untuk membuat arem arem ini gunakan beras yang pulen ya teman2..supaya hasilnya lebih enak. Daun yang di pakai membungkus juga lebih baik daun pisang kluthuk..sehingga hasil bungkusannya bisa rapi dan warnanya bagus setelah di kukus. Jika untuk usaha..lebih baik di buat dalam ukuran lebih kecil2..jadi lebih manis..dan juga lebih untung tentu saja..hihi. Kalau aku buat di makan sendiri..ya gede2 aja..sekalian..makan 1 kenyang..hihi. Kemaren aku buat 250 gram beras..jadinya lumayan..bisa jadi 8 buah..lebih dari cukup lah buat kami bertiga. Kali ini aku bikin versi isi ayam..sesuai request Yodha. Selamat mencoba..^^
Arem Arem

Bahan :
250 gram beras pulen
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun salam
Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Bahan isi :
150 gram daging ayam cincang
1- 2 buah wortel, potong kotak kecil
Santan 400 ml 
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 buah cabe merah
1 1/2 sendok teh gula pasir ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional )
Garam secukupnya
Daun salam 2 lembar
Lengkuas 2 cm, memarkan
Serai 1 batang, memarkan
2 lembar daun jeruk purut

Cara membuat :
Masak beras dan santan, garam dan daun salam sampai santan terserap, aduk aduk hingga matang. Tutup panci, biarkan hingga nasi pulen. 
Sambil menungggu nasi pulen, kita siapkan bahan isinya :
Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe, tumis hingga harum dan matang. Masukkan daging ayam cincang, aduk hingga berubah warna. Masukkan wortel, satan dan bumbu2 lain. Masak hingga bumbu meresap dan santan habis. Jangan lupa di koreksi rasanya..udah pas belum. Isian arem2 yang enak..harus terasa gurih dan sedikit manis.
Penyelesaian :
Ambil 2 lembar daun pisang, ratakan nasi secukupnya, isi dengan bahan isi secukupnya, lalu gulung. Bungkus seperti lemper. Semat kiri kanannya dengan lidi agar tidak terbuka sewaktu di kukus.
Kukus selama 1 jam
Arem arem..siap di sajikan..atau di bawa buat bekal piknik..yummy..!

Note : Jika suka lebih peda..cabe di tambah sesuai selera..karena kemaren Yodha ikut makan..aku cuma pakai 2 cabai saja.






42 comments :

  1. Salam kenal mba diah..... enak bgt nih arem2 dimakan pake bakwan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Isna...salam kenal juga ya..wah..sippp..arem2 di makan pakai bakwan atau baceman tahu tempe ya Mba..:)

      Delete
  2. Isi oncom enak, isi tahu enak, isi tempe enak apalagi isi ayam woaahh bener2 favorit deh ini arem2 sayang di rumah ga ada yang jual-_- makasih yaa mbak resepnya, itu rapi banget ngebentuk nya >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..kalau di rumah ya nggak ada yang jual tho Mba Mutiara..coba ke Pasar Damar atau Jati..banyak..tapi enakan bikin sendiri lho Mba..aku belum nemu arem2 yang enak di pasar..hihi.
      Asal daun pisangnya pakai yang kluthuk..mudah dan bisa rapi kok Mba..membentuknya..:)

      Delete
    2. Huehehee rumah yang di Sumatra maksudnya mbak, kalo di tembalang banyak di tempat yang jual snack tapi yaa jauh sih dari kosan *curhat. Nanti pulang mau tak coba bikin sendiri mbak siapa tau yang di rumah suka :D

      Delete
    3. Hihi..oh kirain di Tembalang mba..eh..itu di deket Politehnik kan ada tempat jual kue2 jajan pasar ya Mba tiap pagi..kayaknya rame banget ya..dkt kost2 an mahasiswa..:)

      Delete
  3. mbak diah, kalo susah daun pisang bisa pake aluminium foil gak? daun pisang kluthuk ama daun pisang lainnya beda dimananya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Mira..pisang kluthuk itu halus Mba..dan lentur..mudah di bentuk2...warnannya juga hijau bagus. Kalau daun pisang jenis lain..kasar dan gethas ( mudah sobek..) susah di bentuk2 mba..:)
      Kalau nggak ada pakai alumunium foil ya n ggak pa2 Mba..:)

      Delete
  4. heummm,,enakkkkkk,aku suka arem2 yg pedes isinya,enakkk hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Hanna..aku juga suka pedas..cuma karena Yodha ikut makan..jadi cuma 2 biji aja kmrn ..:)

      Delete
  5. Enakk.. aku sukaa banget ini mbak Di:) aku bilangnya lontong isi.. beberapa orang bilang ini arem2 ya.. kalau arem2 versi aku bukan pakai nasi, tapi pakai mie yang dicampur sama bahan isinya baru digulung gini, sama aja sih.. sama sama enakk...nyumm nyumm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Jateng namanya arem arem Mba Intan memang..hihi..kalau dari mie..di sebut arem arem mie..enak itu ya..aku malah belum pernah coba?..Kpn2 tak cobanya..pakai mie kuning itu kan ya Mba?

      Delete
    2. Yup, unik ya kuliner Indonesia itu, bermacam jenis dan nama:) Kalau aku pakai indomie atau mie burung dara *ups nyebut merk, pakai mie kuning juga enak:)

      Delete
    3. Sipp Mba Intan..ntar tak cobanya..Yodha kan suka mie..siapa tahu suka dia..hihi

      Delete
  6. Mba didi, ini masak nasi boleh gak lgsg di rice cooker? Soalnya kagak bisa masak nasi di panci gt, suka kurang matang kalo enggak ya terlalu lunak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aja Mba..malah jadi pulen ya nanti arem2nya..:) Masak aja kayak bikin nasi biasa..terus kalau mau pakai santan..kalau nasi udah hampir matang..kasih aja santan instan yang kental itu..terus biarkan sebentar lagi di rice cooker..sampai nasi benar2 matang dan tanak.

      Delete
    2. Takaran air nya seperti biasa kita masak nasi mba? Santannya berapa banyak ya? Makasih mba ^_^

      Delete
    3. Kayak bikin nasi biasa aja Mba..tapi jangan kelembekan..Santan...kalau pakai santan instan 3 atau 4 sendok makan aja..:)

      Delete
  7. Mbak diah, resep diatas bisa jd brp biji ya arem2nya? Pngn nyoba bikin dikit dulu..takut gagal hehehe... :p

    Dian #yangsukabangetbacablognyambakdiah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uupssss enggak jd nanya mbaaakk... Diatas uda tertulis 8 biji hihihi... -bacanya sambil ngantuk2 soalnya-
      Tengkyuuu mbak.. Besok nyoba aaaahh... Mudah2an berhasil

      Dian#yangsukabangetbacablognyambakdiah

      Delete
    2. Ya Mba Dian..met coba ya..kalau mau arem2nya pulen dan menggumpal kayak lontong..nggak usah pake santan Mba..kayak nasi baisa aja bikin aron berasnya..:)..Kalau aku suka pakai santan..jadi masih keliatan bulir2 nasinya itu..krn santan kan mengandung minyak...melapisi nasinya..jadi nggak mau nyatu / kempel arem2nya.

      Delete
  8. mbak,cara nya qta mbedain itu daun pisang kluthuk apa bukan gmn ya? klo nitip tukang sayur ato di pasar kl qta nya ga ngerti diboongin jg mana tau ya mbak,,, tips nya dong hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daun pisang kluthuk itu lebih halus Mba Dina..warnanya juga lebih hijau dr daun pisang jenis lain..kalau di buat mbungkus2 lebih lentur dan nggak mudah sobek..:)

      Delete
  9. Udah buat anak2 suka banget mba,tapi bungkusnya masih amatir,jadi ditum,padahal cabai dikasih 6,kalau isinya aja berasa pedesnya tp pas diisikan ga berasa pedesnya ya mba?kalau tips dari lek saya dipadatkan dulu atau dikepeli seperti lemper mba sebelum masuk daun,jadi ga kelihatan seperti nasi,ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuch..sama kayak aku juga tak kepel2 dulu Mba Ika..Ada fotonya kan di atas..hihi. Cuma memang..kalau pakai santan..tetep nggak bisa nempel pulen kayak lontong gt..kan santan mengandung minyak Mba..jadi melapisi nasinya..:)

      Delete
  10. Anak2 smpai kurang ♏ϐάκ pdhl 2 resep,syg ϑΐ sini susah dpt daun pisang kluthuk Ўªª ♏ϐάκ ,rasa juga lebih sedep dari daun pisang biasa ya,suka banget arem2,nagasarinya ditaruh kulkas lembut mba,مَا شَآءَاللّهُ ,suwun Ўªª

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..keren Mba Ika..kalau pada lahap makan gt..jadi semangat ya Mba..masaknya..:)

      Delete
  11. Duh kalo mampir blognya mbak diah rasanya pengen coba2 semua resepnya deh... :D

    ReplyDelete
  12. Kalau resep alm ibu mertua, sblm dibungkus, arem2nya dicelup santan dulu, nanti matengnya kyk ada lapiran kulit arinya gitu. Arem2nya terenak didunia :))

    ReplyDelete
  13. Eh salah. Dicelup kocokan telur ding. Hihihiiii stres suami minta arem2 yg begitu tp aku gak bisa

    ReplyDelete
  14. Hihi..wah,.mksh idenya Mba..kpn2 tak cobanya..:)

    ReplyDelete
  15. Mba diah aq mau bikin arem2nya yg simpel gtu soalnya pagi2 buat bekal anak sekolah. Klo lgsg pake nasi pulen yg udah dmasak drice cooker trus dkasi isiannya lalu dkukus gtu kira2 jadi arem2 gak��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Diah..aku udah lama lho ngikutin blog nya mba..resep2 nya sesuai dg selera suami n anak2.. Kemarin sdh coba garang asem kudus yg bikin anaku makaaaann teruus :) , putu ketan hitam , pizza roti tawar yg praktis..n besok mo nyobain arem2 niy..buat bekel berenang . Btw..punya resep martabak telor n sambel tumpang ngga mba? Kl ada , mau dong di 'turunin' ilmunya mb..hehehe..maturnuwun mba Diah

      Delete
  16. Waah...akhirnya nemu resep yg dicari2...arem-arem...ketagihan & pengen nyoba sendiri...makasih mbak udh bagi2 resepnya..:)

    ReplyDelete
  17. Mba DD... suka banget liat blognya..
    Bikin arem arem ini berasnya udah jadi nasi matang ya mba? Atau masih beras aron?

    ReplyDelete