Tuesday, December 24, 2013

Jamur Krispi Praktis



Wah..tiap hari di Semarang hujan nich..cuaca juga lumayan dingin ya...gimana dengan di daerah teman2 ?..
Bawaannya laper terus nich..kalau hujan2 gini ya..hihi. Tapi aku malah seneng sich..Yodha jadi lumayan cepet laper..kalau dingin2 gini..bentar2 nengok meja makan..liat cemilan.
Ya udah..akhirnya tadi aku bikin jamur krispi..eh dia suka ternyata..padahal..dulu sering bikin juga..tapi belum mau dia. Tadi..pas masih anget2 lagsung aku sodorin dia..eh dia doyan..enak katanya..akhirnya..butter cookies favoritnya dia..di singkirin dech..ganti ngemil jamur krispi..di cocol saus tomat...terus cemal cemil.
Yodha memang lagi tak komporin buat makan banyak dan nyemil nich..gara2 kemaren di sekolah kan pas pelajaran math..lagi bahas mass...berat..nah..sekelas di timbang semua tuch..beratnya.
Eh ada anak cewek yang beratnya lebih banyak dari dia..terus dia bilang..aku harus lebih ..beratnya..dari temen2ku yang girl Mi..katanya...hihi..soalnya kata Miss..anak cowok harus lebih berat dari anak cewek..hihi..jadi semangat makan dech sekarang dia..! Memang dech..apa yang di bilang Missnya..pasti dech di perhatiin serius sama Yodha..hihi. tapi alhamdulillah..aku malah seneng sich..kalau dia suka makan dan ngemil.

Jamur krispi yang aku buat kali versi cepat dan praktis aja. Biasanya kan aku bikin pakai dua kali proses melapisnya..di celup adonan pencelup basah dulu baru di lapis adonan tepung kering. Tapi kali ini cukup sekali aja..hasilnya, sama enak kok..tetep renyah dan krispi. Tips untuk membuat jamur krispi ini..pilihlah jamur tiram yang segar ya teman2..kalau bisa beli di pasar aja..fresh pasti jamurnya..beda sama di supermarket..biasanya udah di simpan di lemari pendingin berhari2 ya..jadi kurang segar. Mencuci jamur tiram juga nggak perlu di remas2..nanti malah berair sekali..cukup di siram air mengalir di kran..terus di kibas kibaskan dengan tangan..agar airnya berkurang. lalu di suwir2 dan di beri bumbu. Nah..dalam keadaan basah segera di lumuri adonan tepung, sambil di cubit2 sampai keriting. Lalu goreng di minyak yang sudah di panaskan dan terendam supaya hasilnya renyah. Segera sajikan hangat2..agar tetep renyah..karena jamur krispi versi pakai tepung terigu ini..walau renyah..tapi nggak bisa sampai lama di simpan..jadi harus segera di nikmati..maksimal cuma beberapa jam awet krispinya. Kalau mau yang bisa di simpan di toples..ya pakai tepung beras saja..bisa awet renyah..tapi kurang cantik jamur krispinya.
Jamur Krispi Praktis

Bahan :
150 gram jamur tiram
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh garam (sesuai selera )

Bahan tepung pelapis :
150 gram tepung terigu protein sedang
3 sendok makan tepung maizena
1 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional )
Garam secukupnya
Merica bubuk 1/4 sendok teh

Cara membuat :
Haluskan bawang putih , aduk dengan garam dan sedikit air
Cuci jamur, suwir kecil2, lalu campur dengan bumbu, tiriskan.
Dalam keadaan basah segera baluri dengan bahan tepung pelapis, sambil di cubit2.
Goreng hingga matang dan renyah.
Sajikan dengan saus sesuai selera.
  • Jamur segar..warnanya masih putih bersih begini ya teman2..kalau udah lama biasanya..berwarna coklat jamurnya..karena sudah layu dan berair..serta lembek.
  • Nich..Kakak lagi asyik makan jamurnya..enak ya Mi..di cocol saus katanya...sampai sausnya belepotan dech ke T-shirtnya...*baru tau ya Kak..telat dech kamu..doyan jamurnya..hihi..*
  • Udah..kenyang ..abis separo piring...hihi..santai dulu ya Kak..!..Aih..gayanya..sok seksi gt sich Kak..:D..

4 comments :

  1. kirimi Mak.. kirimi.. hehehehe... saya sebetulnya lebih seneng jamur tumis, rasa kenyalnya itu yg bikin sy suka, tapi suami sukanya yg goreng.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau deket tak bagiin Mak Riski..ayukk bikinin dong buat suami ..pasti suka Mak..:)

      Delete
  2. salam kenal mak,
    terima kasih buangeeeeet yaaa, resepnya dah kucoba dan sukses beraaat. setelah berkali2 gagal bikin jamur crispy :). aku, suami, dan anakku sukaaaaaa bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lya...salam kenal juga ya..sippp Mak..syukurlah jika berhasil ya bikin jamur krispinya..:)

      Delete