Monday, December 23, 2013

Bebek Goreng H. Slamet Cabang Jl. Gejayan Yogya



Yuhui..kemaren sempat one day trip..mudik ke Yogya...!..Cuma benar2 sehari dan sebentar aja sich..lha wong perjalanannya sendiri aja yang lebih lama dari biasanya. Super macet..maklum nich lagi awal liburan tahun baru ya...masak biasanya Semarang Yogya..cuma 2 atau 3 jam..kemaren tuch sampai 4 jam lebih..karena si komo lewat..alias macettt..hihi. Tapi nggak pa2 dech..yang penting sempat pulang setengah hari..dan ketemu keluarga di Yogya. Sorenya..ketemu sahabat lamaku yang tinggal di Australia..tapi baru mudik ke Yogya. Makasih banyak oleh2nya ya Rima..ntar aku posting dech pizza...kalau udah buat...pakai keju Mozarella Australia..asli..hihi. Sebenernya masih   kangen pengen ngobrol banyak..sayang suami udah harus kerja lagi Senin..jadi nggak bisa nginap di Yogya.

Oh iya..kamaren ke rumah di Yogya...dapat abu merang lagi..jadi buat teman2 yang kemaren pesan via email..tolong email lagi ya..udah aku bawain..tapi nich karena terbatas..jadi bener2 buat yang udah lama pesan dulu ya teman..ada beberapa kilo nich.

Sebenernya kemaren mau wis kul juga ke tempat2 kuliner baru di Yogya..wah..tapi nggak sempat lagi..akhirnya pulang dari rumah Rima..kemaren cuma sempat mampir ke Jl. Gejayan..karena di sini pusatnya kuliner juga di Yogya..wis..mau makan apa aja ada. Akhirnya pilihan jatuh ke Bebek H. Slamet buat aku dan suami..dan Yamie Ayam Mas Yudi..di sampingnya. Enak semua dech...! Sudah lama penasaran sama Yamie ayam Mas Yudi ini..karena konsep restonya tuch menarik..kayak resto2 favorit di mall gitu..warna warni cerah, modern  dan bersih banget..dan yamie ayamnya memang enak ternyata..minya pulen dan udah enak banget walau belum di beri kuah. tapi harganya ya sebanding sich..satu porsi yamie ayam komplit 18 ribu. Sipp..besok2 kalau pulang lagi tinggal makan yang di Jl. Parangtritis..deket rumahku di Yogya..udah ada cabangnya juga kemaren lewat sich. 


Setiap pulang ke rumah di Yogya..memang selalu kaget aku..selalu ada aja yang baru di deket rumahku. Sekarang nich..di deket jalan menuju rumahku..udah banyak banget toko oleh2..gede2 pula..juga resto2 baru bermunculan. Cepat banget dech perkembangan di Yogya bagian selatan nich. Denger2 dari orang rumah juga nanti pasar seni yang ada deket rumah nich..karena konsepnya kurang berhasil..mau di sulap jadi hotel berbintang...wah keren jika benar..jadi deket rumahku..nanti ada hotel berbintang dong..paling nggak..sawah kami dekat situ jadi ikut naik kan harganya..hihi. Kalau resort2 sich udah banyak di sekitar Jl. Parangtritis deket rumahku..ada D'omah Yogya..ada Tembi Rumah Budaya..itu deket banget sama rumahku..jika ada teman2 yang pernah nginap di sana..atau Ndalem Bantul...yang ada di dekat ISI dll..wah..banyak dech..bagus2 tempatnya. Jadi..kalau datang ke Yogya..jangan ragu..untuk menginap agak ke Yogya bagian selatan ya teman2..udah rame kok..dan juga akses ke pusat kota Yogya juga cepat..ke Malioboro atau alun2 dan kraton..nggak nyampe setengah jam dech. Jadi pengen bikin home stay juga di Yogya..hahaha..mimpiii..!!..

Kembali ke Bebek goreng H Slamet ya teman2. bebek goreng ini udah terkenal banget ya kayaknya..pusatnya ada di Solo..aku sendiri belum pernah coba yang di Solo..soalnya kalau ke Solo..kalau mau makan bebek goreng ya mesti ke bebek goreng di Pengging..di sana bebek gorengnya enak banget dan ukurannya besar2..walau bukan resto sich. Nah..di Yogya..bebek goreng H.Slamet ini juga cabangnya udah banyak..di deket kalau mau pulang ke Yogya..lewat ringroad utara itu juga ada sich kayaknya. Akhirnya baru nyoba kemaren sich..yang ada di jalan Gejayan. Dari resto Gajah Wong tuch lurus dikit lagi..kalau dari arah ring road utara Condong Catur..pokoknya di tengah jalan Gejayan tuch..seru, kalau malem..suasananya enak banget..soalnya banyak banget resto2 dan tempat makan enak di kanan kiri jalan..tinggal pilih dech. Aku baru ini sich coba bebek goreng H. Slamet...maklum..kalau di Yogya nich..banyak banget pilihan kuliner yang enak2..sementara waktu terbatas..jadi biasanya makan di tempat2 favorit dulu..baru nyoba yang lain2...walaupun sering ke Yogya.

Bebek goreng lumayan enak..empuk dan berbumbu...sambelnya yang terkenal adalah sambal korek..sambal bawang yang aku posting beberapa waktu lalu. Cuma sambel mentah sich..cabe rawit sama bawang putih..yang di ulek..kemudian di siram dengan minyak bekas menggoreng bebek..ini yang bikin sambalnya jadi tambah enak. Tapi kata suami yang suka makan bebek..lebih enak yang bebek goreng di Pengging dan juga bebek Perawan di bebek Judes. Setuju dech..kalau bebek judes..memang bebek dan sambelnya benar2 enak..bebeknya karen amasih eprwan..hihi..maksudnya belum bertelur gitu...bebek muda..jadi masih bener2 empuk dan lembut..sambelnya juga...benar2 juara pedes..aku yang suka pedas aja kepedesan bener kalau di bebek judes. Kalau di H Slamet ini...enak sambelnya..tapi menurutku nggak pedas2 amat sich. Kalau bebek goreng H.Slamet ini..rasa bebeknya cenderung gurih asin..kalau bebek Judes dan bebek pengging itu lebih enak karena di ungkep dalam bumbu gurih dan sedikit manis..jadi enak banget...pas banget dengan lidah Jowoku. Tapi..resto bebek H. Slamet ini juga selalu rame sich..kalau aku lewat di Yogya nich..apalagi yang di jalan Gejayan nich..sampai full kemaren. Tapi tempatnya lumayan luas kok karena dua lantai dan juga bersih dan nyaman..pelayanannya juga cukup cepat. Harganya..ya standart bebek goreng pada umumnya..kemaren aku pesan dada dan paha..serta dua teh manis..bayarnya sekitar 55 ribu.

Oke..selamat berwisata kuliner di Yogya ya teman2..kalau mau liburan ke sana..mumpung libur panjang akhir tahun kan nich ya..! Pokoknya ..kalau ke Yogya..jangan kuatir dech..makanan enak2..bertebaran di mana mana2..dari Yogya bagian selatan..utara..tengah..dll..hihi. Jadi ayukk ke Yogya teman2..!

14 comments :

  1. Mbak, kesukaanku waktu kuliah iki :), btw kapan2 posting dong cara buat lalapan daun pepaya yang kayak di Bebek Goreng ini, tapi tak lihat di foto kok ngga ada daun pepayanya yaa?. cuma kobis aja ama ketimunn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya..Mas..enak ya bebek nya.
      Lha kmrn nggak di kasih daun pepaya itu Mas..hihi..adakah?..

      Delete
  2. heummmm enak banget kayaknya mbk,kelihatan dari bumbunya yg nempel itu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Hana..lumayan enak..garing di luar..tapi daging tetep empuk dan terasa bumbunya di dalam..:)

      Delete
  3. wah.. mbak saya nginap dirumah mba Diah aja ya kalau ke Yogya hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..boleh Mba Tina..nanti kalau aku udah bikin homestay ya.....*ngayal dulu..*

      Delete
  4. kalo di Solo letaknya di Jl Raya Solo-Kartosuro, terus masuk gang. Ada papan namanya, cuma agak lupa ancer-ancernya. Yang di gang itu asli rumah beliau. Aku kalo makan disitu yang jadi favorit kok sambel koreknya ya, hihi.....
    trus ada juga cabangnya di Tipes, masih di solo juga. Cuma yang di tipes itu aku belum pernah nyoba karena kemecer sama soto Mbok Giyem yang letaknya berhadapan hehhe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gt..mksh infonya Mba Rina..eh..Soto Mbok Giyem..bukannya masuk ke dalam ya..emang di depannya ada bebek juga ya Mba?..Atau yang di jalan raya cabangnya kali ya. Eh di Yogya kemaren juga liat Soto Mbok Giyem..buka cabang di Jl Magelang Mba..wah2..brand Mbok Giyem semakin nge top ya..hihi.
      Kalau lewat Solo..aku mesti kalau pengen bebek makan di Pengging tuch Mba..enak bgt bebeknya..:)

      Delete
    2. Soto Mbok Giyem ada di jln. Bhayangkara, rame mbak, berhadapan dengan bebek goreng pak Slamet. Di jln Bhayangkara itu, katanya yang pegang anaknya Pak Slamet.
      Kalo Soto Mbok Giyem selain di Jln Bhayangkara, aku malah belum tau. Terakhir aku mudik bulan mei yang lalu dan ngiras soto di situ, hihi...
      Baru tau kalo pengging ada bebek goreng. kapan-kapan kalo mudik wiskul ke situ ah....

      Delete
    3. Oh..kalau aku suka yang Mbok Giyem yang asli warung nya Mba..di belakang pasar Sunggingan Boyolali..jadul warungnya..penuh sesak..tapi seru aja kalau makan di situ..:)..Iya Mba..di Pengging ada warung tapi malam thok jualannya..:)

      Delete
  5. lho mbak asli rumahnya di jalan paris toh? hehe

    ReplyDelete
  6. Iya Mba Tika..tau mba..daerah sana..:)

    ReplyDelete
  7. Duh...jadi rindu jogja,klo aku sukanya bebek goreng cak koting,ada empal ma babat iso...wkwk,jd ngeces..makasih ya mb Diah udah share tentang bebek-bebek di jogja..hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba...aku dulu pas masih di Yogya ya sering ke Cak Koting..yang di bawah Jembatan layang tuch kan ya..sambelnya enak juga ya di sana..ada burung dara juga..:)

      Delete