Saturday, December 21, 2013

Onde Onde isi Kacang Merah



Onde onde..si bulat chuby ini..siapa yang suka hayo..? Emang nak dech..kue tradisional yang satu ini..aku juga suka kok teman2. Biasanya kan isinya kacang hijau ya onde onde biasanya. Nah..kali ini aku coba isi dengan kumbu kacang merah. Hasilnya..tak kalah enak lho..dengan yang isi kumbu kacang hijau. Oh iya..kacang merah ini juga sangat bergizi lho..buat tubuh kita teman2..nggak percaya..bentar..aku browsing dulu ya..hihi...kandungan gizinya..dan taraa..beneran dech..benar2 sumber gizi yang bagus..terkandung di dalam kacang merah ini..aku kutipin di sini ya teman2..dari Ayahbunda.co.id :
Dalam 100 gram kacang merah terdapat :
•  22,4 gram, karbohidrat 9,3 gram, serat 32,0 gram, asam lemak omega 39,1 gram, protein 3,0 IU vitamin A1,2 miligram, vitamin C 74,0 mikrogram, asam folat 419,0 miligram, kalium137,0 miligram, fosfor 66,0 miligram, kalsium 48,0 miligram, magnesium.

Setiap 100 gram kacang merah kering yang telah direbus dapat menyediakan 9 gram protein atau 17 persen dari angka kecukupan protein harian. Kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang tinggi dalam kacang merah membuatnya dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Keren kan teman2.

Oh iya..tapi hati2 ya teman2..jangan mengkonsumsi kacang merah dalam keadaan mentah atau kurang matang ya..karena katanya kacang merah ini juga mengandung toksin alami..yaitu kacang merah mengandung racun alami disebut Fitohemaglutinin. Tapi tenang..ada caranya kok menghilangkan kandungan toksin ini.. :
Rendam kacang merah dan buanglah air rendamannya.
Kemudian rebus dengan air yang banyak dalam panci tertutup selama 2-3 menit, lalu biarkan selama 2 jam.
Buang air rebusan tersebut dan tambahkan air baru hingga kacang merah terendam.
Setelah dua jam terendam, buang kembali air itu dan tambahkan lebih banyak air dan biarkan terendam semalam, lalu masak hingga benar2 matang. Aman dech..siap di masak jadi aneka olahan kacang merah ini.

Jadi..jangan takut dech mengkonsumsi kacang merah teman2..asal kita olah dengan benar..aman kok..buktinya tuch..di Jepang kacang merah nich..jadi salah satu bahan penting lho..buat aneka olahan masakannya..salah satunya..dijadikan pasta kacang merah yang di kenal dengan nama..Angko ( sweet red bean paste )..buat isi dorayaki tuch..dan kue2 lain di Jepang. Jadi..ayukk bikin onde2 isi kacang merah..enak lho..ini dia resepnya ya ..
Onde Onde Kacang Merah

Bahan isi:
100 gram kacang merah, direbus sampai empuk
100 ml santan sedang kentalnya
50 gram gula pasir , disisir halus
1/4 sendok teh garam
1 lembar daun pandan 
Cara membuat isi :
Blender kacang merah dan santan. Masukkan gula, garam, dan daun pandan. Masak sampai kalis. Angkat. Bentuk bola-bola. Sisihkan.
Bahan kulit :
250 gram tepung ketan
50 gram kentang kukus,haluskan
50 gram gula pasir halus
½ sdk teh garam
175 ml air hangat
100 gram wijen
minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
Campur tepung ketan, kentang, gula pasir, dan garam, aduk rata.
Tuang air hangat sedikit demi sedikit, sambil di uleni sampai kalis dan licin
Ambil adonan kulit, kurang lebih 20 gram, bulatkan, pipihkan lalu isi dengan adonan isi. Gulingkan di wijen.
Goreng hingga matang dan kecoklatan.
 

14 comments :

  1. assalamu'alaikum mba diah... Duuuh, lama ga main ke sini, dah ketinggalan jauh... Hehehe... Gmn kbr'y ni?

    Aku mau nanya mba, saat menggoreng, onde2 yg kubuat tu suka meletus gitu, walhasil kl bikin onde2 cm smpai mateng ajah, ga bs smpe garing. Begitu udah muncul tanda2 meletus lgsung d angkat. Emang enak c, tp ya itu kulit'y masih pucat.
    Gmn tips2'y ya mba...

    *smg pertanyaan sy ga mmbingungkan, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Mba Lina...kabar baik Mba..:)..

      Menurut alnalisaku nich..*gaya banget ya..*..Maksudnya berdasar pengalamanku..mungkin onde2nya dari tepung ketan aja ya mba?..Kalau aku selalu aku campur sedikit kentang kukus Mba adonannya..jadinya selalu aman itu..di goreng sampai garing nggak pernah meletus Mba..kayak di atas itu hasilnya.

      Delete
  2. ujan gini enak banget mkn onde2 ni.. pernah buat tapi pas uda di goreng agak kempis gak bisa bulat kayak punya mba diah.. kadang2 ada yg meletus kalo kelamaan di goreng... tapi tetap enak sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Zulfa..coba campurin sedikit kentang kukus Mba..di adonannya..agar tidak meletus.
      Kalau sudah dingin ya..wajar mba..onde2 nggak bulat utuh lagi..kan memang kulit luarnya tipis mba. Kalau mau tetep bulat utuh yang adonan kulitny ayang di tebelin..tapi kalau aku kurang suka Mba..kalauadonan kulitnya yang tebel..aku suka yang isisnya banyak..kulitnya tipis..kayak di foto tuch..:)

      Delete
  3. Mbak Diah, kacang merah dlm resep itu kacang merah kering ya, mbak? Saya selama ini pake kacang merah segar, jadi rebusnya nggak lama. Biasanya saya rendam dulu 1-2 jam, trus saya ganti airnya dan rebus. Apa air rebusan harus dibuang juga? Mohon petunjuk.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakai kacag merah kering ..bener Mba. Kalau pakai kacang segar..tetep di rebus sebentar kemudian rebusan pertamanya di buang mba..lebih baik..biar aman..:)..walaupun toksin alami nich nggak berbahaya banget..paling2 bikin perut kembung gt sich dari yang aku baca..:)..

      Delete
  4. O ... begitu ya. Tadinya saya pikir air rebusan tetap dipakai, kalo dibuang kandungan vitaminnya hilang. Ternyata malah ada kandungan toksin he...he.. Selama ini kacang merah saya pake buat isian roti atau sup, onde2 belum pernah. Kalo senggang, saya akan coba bikin krn saya suka onde2. Sebenarnya dulu sekali saya pernah coba bikin dg isi kacang hijau, tapi meletus, dan isiannya berhamburan. Memang resep yg saya pake tepung ketan aja. Saya akan coba dg resep mbak Diah ini. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..met coba ya..semoga nggak meletus lagi onde2nya ya..:)

      Delete
  5. Mba, kok gula pasir disisir halus? Hehehe.....salah ketik ya mba.... hihihi.... kumbu kacang merah buat isian bakpao enak nih kyknya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oia mba, itu setelah direndam semalaman, airnya diganti baru nggak? Atau langsung direbus aja dgn air rendamannya?

      Delete
    2. Hihi..iya Mba..gula merah yang di sisir. Di ganti airnya mba.biar nggak asem..:)

      Delete
  6. Disini jg ada mb..onde2 kcg merah.tp kyknya buatan china.cz dijual frozen gitu.dikorea sini lbh byk roti ato jajan isian kcg merah mb.me es campur pun pake kcg merah.mkne mpe dijual kcg merah kalengan.jd tinggal pake klo mo buat roti ato es.aq mlh ga begitu suka..seneng kcg hijau..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..di luar byk ya di pake kacang merah emang..klu di sini blm biasa ya memang..:) Eh cobain kacnag tholo mba..sama enak sama kacang ijo..tapi di Korea mana ada ya..hihi

      Delete
  7. Salam kenal mba..
    Aku suka banget onde2..
    Tadi aku coba bkin,karena iseng lagi libur..
    Tpi kok angkonya msh susah dibentuk ya..
    Knp ya??pdhl msaknya udah lama banget..
    Trussss ondenya agak pecah/meletek..
    Bingung jadinya..😰😰
    Tpi biarpun bentuknya ga bulet lgi,karna suka dan enak rasanya tetep abissss..😁😁😁
    Aku minta sarannya mba..
    Semoga lain kali bisa lebih bagus lagi bikinnya kaya mba didi..
    Makasih mba resepnya..
    😃😀☺

    ReplyDelete