Thursday, December 5, 2013

Sup Bening Bola Bola Tahu



Karena persediaan lauk di kulkas menipis..sementara badan kok masih males di ajak ke pasar..hihi..jadinya masak seadanya hari ini. Seketemunya bahan yang ada di tukang sayur tepatnya. Karena tukang sayur langgananku nich termasuk laris dagangannya..karena sebelum keliling..dia mangkal dulu di dekat sekolah gitu jadi banyak langganan ibu2 yang ngantar sekolah anaknya. Sampai rumahku udah jam 10 an kadang udah nggak kebagian apa2 kalau nggak pesan duluan. Karena sibuk ini itu..di rumah...kadang mau nelp dulu ya nggak sempat. ya sudah..terima aja..bahan yang ada..hihi. 

Memang beberapa hari ini daku agak meriang. Tapi ya..tetep..enjoy aja di dapur..masak..jalan terus..soalnya..kemaren sempat setengah hari cuma tiduran gitu..maksudnya biar cepat pulih..eh tapi malah pusing dan lemes..ya udah..buat aktifitas biasa aja..alhamdulillah malah cepat pulih lagi. Mba art ku sampe bilang..ibu mbok tiduran saja..kok sibuk di dapur...di depan komp dll...hihi. Tapi memang kok..sakit kalau di manja2 malah tambah geer sakitnya..hihi..kalau di lawan aja buat beraktifitas..eh malah udah baikan sekarang..tapi ya karena..cuma sakit meriang aja sich kemaren..masuk angin..hihi..gara2 peralihan cuaca juga. Tapi jangan di tiru ya teman..cara sesat aku melawan sakit...hihi.

Alhamdulillah juga..udah pengen makan yang seger2..kemaren makanya bikin susu kedelai..bikin wedang tahu..dll..biar dapat nutrisi yang cepat dan enak gitu buat badan..soalnya    masih terasa pahit aja di mulut makan apa2 kemaren. Eh..sekarang udah doyan makan lagi..horee..udah sembuh bener dech berarti..lha tadi cuma masak sup bening aja minimalis ..eh udah merasakan enak dan seger..seneng dech..^^

Tadi di tukang sayur cuma ketemu tahu..sama sayuran buat sop..ya udah dech..bikin sup bening aja..soalnya Yodha juga request sup tadi pagi buat nanti makan sore. Akhirnya buat rame supnya aku tambahin aja bola bola tahu. Lumayan kan..jadi tambah rame dikit supnya..siapa tahu bisa mengelabui Yodha nanti..biar makan tahu..hihi..biar di kira bakso goreng gitu. Tinggal di makan sama telur ceplok favoritnya..beres dech. Ini dia resep simpel dan mur mer teman2..jika mau ikut2an mengelabui anak2 biar mau makan tahu..hihi.
Sup Bening Bola Bola Tahu

Bahan bola tahu :
Tahu putih 200 gram, haluskan, jika berair, peras dulu airnya ya.
Putih telur 1/2 butir ( kalau kebanyakan adonan jadi lembek, jadi sedikit aja buat pengikat adonan )
Kaldu ayam bubuk 1/2 sendok teh ( optional )
Garam secukupnya
Gula pasir 1/2 sendok teh
Campur semua bahan, lalu bentuk bulat2 kecil dan goreng hingga matang

Bahan sup :
2 buah wortel, potong tipis menyerong
50 gram kapri, siangi ujung2nya
1 bungkus soun ukuran kecil, seduh dengan air panas sampai empuk, tiriskan
2 batang daun bawang, potong2
2 tangkai sledri, potong2
Bawang goreng secukupnya
800 ml air kaldu ayam atau air biasa jika nggak ada
Bawang putih 3 siung, goreng, ulek kasar
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Gula pasir 1/2 sendok teh
Garam dan kaldu bubuk secukupnya ( optional )

Cara membuat :
Didihkan air, masukkan bawang putih dan bumbu2 lain serta wortel. Masak hingga wortel agak empuk, baru masukkan kapri, daun bawang dan soun. Masak sebentar hingga kapri layu. Koreksi rasa. Sajikan sup dengan bola bola tahu, sambal rawit dan kecap..jika suka..segerrr..!

Tips : 
Menggoreng bola bola tahu..jangan di aduk2 ya..sebelum berkulit dan bagian sisi bawahnya matang.
Goreng di wajan anti lengket..supaya nggak mudah hancur.

3 comments :

  1. Mba thanks resep-resepnya. Kemarin udah coba lapis singkongnya. Maknyus. Sekarang mau coba bikin sopnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Yanti...sama2..met coba ya..:)

      Delete
  2. Trims mbak resepnya. simple tapi maknyussss

    ReplyDelete