Tuesday, December 17, 2013

Membuat Mie Telur Sendiri...Mudah Lho..^^


Bikin mie telur homemade..nggak susah lho teman2...aku tadi..nggak sampai sejam udah jadi dech mie telur homemade yang fresh..yang pulen..enak dan kenyal. Sekaligus menjawab pertanyaan mas Alfan..yang kemaren nanyain cara bikin mie ya..tapi aku taunya bikin mie pakai telur sich..jadi..kalau mas Alfan cuma pakai air..yang mungkin saja..mienya jadi berlendir ya pas di rebus. Itu perkiraanku sich.

Mie telur homemade yang aku buat ini..pakai campuran sedikit tepung sagu juga..jadi hasilnya lebih kenyal..enak dan empuknya pas..pulen gitu pas di masak. Enak dech pokoknya. Cara membuatnya juga mudah saja..adonan cukup di aduk hingga bergumpal. Diamkan 15 menit, kemudain uleni sampai kalis dan rata. Nggak perlu kawatir jika adonan nggak halus banget. Dengan proses penggilingan di mesin mie berulang2..nanti adonan akan halus sendiri. Setelah adonan halus..tipiskan sesuai selera ketebalannya..lalu potong2 pakai alat potong mie kecil di gilingan mie juga..jadi praktis dech..nggak perlu kayak ahli pembuat mie dari China..yang di  banting2 dan di tarik2 pakai tangan gitu..hihi. Kalau itu sich..aku jelas nggak bisa..hihi. Perlu skill khusus dech kayaknya. Jadinya..cukup puas aja dech dengan mie homemade yang pakai mesin gilingan mie. 

Tadi aku tes buat bikin mie goreng Jawa buat Yodha..kebetulan lagi tes akhir semester nich dia..jadi pulang tengah hari. Dan..suka dech..Yodha..enak mienya memang..apalagi di olah jadi mie goreng Jawa..dengan bumbu2 yang meresap gitu. Nanti sore..sisanya mau aku buat cwi mie Malang. Jadi..kalau mau coba mie homamade..ayukk..silahkan..di catet ya resepnya teman2..mudah kok..^^
Cara Membuat Mie Telur Sendiri

Bahan :
250 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram tepung sagu / tapioka
2 butir telur
1 sendok teh garam
Air untuk merebus
Untuk taburan : 50 gram tepung terigu protein tinggi
Cara membuat :
Aduk rata semua bahan hingga bergumpal.
Diamkan 15 menit.
Uleni adonan hingga rata dan kalis.
Giling di gilingan mie berulang2 hingga adonan halus. 
Tipiskan sesuai selera ketebalan mienya.
Potong2 di pemotong mie yang kecil. taburi bahan lapisan agar tidak saling lengket mienya.
Rebus 1000 ml air dan 1 sendok makan minyak goreng. Masukkan mie jika sudah mendidih. Masak hingga matang, tiriskan. Mie telur homemade yang pulen dan enak..siap di olah jadi aneka olahan mie..^^









49 comments :

  1. Hallo mbak Diah yang sll kreatif... hasilnya mie basah ya mbak..harus dicoba nich krn bebas formalin maupun borax. mie yang sehat..apalagi hujan2 gini..bikin mie ayam atau mie goreng...hmmm...baru ngebayangin aja dah ngiler nih mbak..
    makasih ya mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Yoengi..hasilnya mie basah yang nggak awet sich..jadi memang sebaiknya langsung di olah..di hari yang sama..soalnya ya itu..tanpa borak..tanpa pengawet..murni tepung dan telur aja..:)..Met coba ya Mba..sisanya udah ku bikin cwi mie barusan..seger..hujan gini..:)

      Delete
  2. Mbak itu hasilnya kece banget *o* pernah bikin mie dari tepung gandum utuh ga ? Lagi nyari resep itu soalnya diriku mbak hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Mutiara..:)
      Wah..beleum pernah Mba..bisa kah?..apa bisa pulen ya..coba tak liat2 nanti resepnya ya..:)

      Delete
    2. Gatau sih mbak bisa apa ga huehee tapi spaghetti ada yang dari gandum :D

      Delete
    3. Woke..tak cari info dulu Mba..hihi..lum pernah soalnya..:)

      Delete
  3. hasil mienya kenyal mbak walo tanpa air abu? saya pernah bikin to resepnya gak pake tapioka mienya jadi tapi pas direbus jadi lembek sekali. tahu sebabya kenapa gak mbak? thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenyal Mba Vera..enak kok..lebih enak daripada mie kering..^^
      Mba Vera pakai air ya adonannya?..Kalau pakai air bisa lembek kadang memang..kalau aku pakai telur aja.

      Delete
  4. Ya pake air mbak. Kl gitu aku ikut resep mbak Diah aja.Thank ya infonya mbak.

    ReplyDelete
  5. mbak, aku suka banget blognya mbak diah didi ini. resepnya otentik banget, pasti jadi dan bervariasi. sukses terus ya mbak masaknya.... makin enyakk enyakk deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak Mba Lina..yukk..semangat masak ya..:)

      Delete
  6. Salam kenal Mbak Diah..
    Itu telur nya dimasukkkan bulet-bulet ke adonan ya? Nggak dikocok dulu?

    ReplyDelete
  7. Ya Mba Snowie..slm kenal juga ya..:)
    Nggak Mba..nanti kan di uleni juga..nyampur juga dgn adonan...:)

    ReplyDelete
  8. kalau mau menambahkan warna pd mie.. carax bgmn mbak.. sy mau beri warna hijau, baiknya pake sayuran apa? thx mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bayam atau sawi bisa Mba Andriany..di ambil sarinya..:)

      Delete
    2. Eh lupa.terus di campur adonan pas nguleni :)

      Delete
    3. g usah pake air mbak...langsung diblender sayuranx.. lalu dicampur ke tepung...

      Delete
  9. Mba, kalo tepung terigu nya diganti tepung GFF bisa nggak ya? Untuk mpasi nih. Kan no terigu untuk under 1y. Makasihh.. keren banged blognya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..maaf nyelip nich ya komennya..maaf baru bales...aku belum pernah coba Mba..setauku mie itu perlu tepung yang ada kandungan gluten..spy bisa kenyal..:)

      Delete
  10. Aku udh coba nii mba td siang.hasilnya memang weeeennnaaak....tp awal2 mmg agag2 ga ngerti untung dibantuin suami.. ditambah dikiiiiiiiit air biar nyampur n kalis.trs pas naburin tepung wkt digiling kecil2 juga hrs banyakin tepungnya ya biar ga lengket.thanks mb resepnya,kpn2 cb praktekin lg buat jualan mi ayam.aulia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Aulia..memang sedikit pakai tenaga kalau mau mie nya nggak lengket mba..dari bergumpal hingga adonan halus memang harus di giling berulang kali. Tapi kalau nyaman adona kalis ya nggak pa2 di tambah air..cuma pas di giling biasa agak lengket kalau adonan terlalu kalis..:)

      Delete
  11. aku udah pernah bikin dan hasinya sedikit lembek, aku mo coba dari mbak didi yg dikasih sagu......wah diliat dari bentuknya kok seperti makkkyuussss gitu, jd pengen cepetan bikin nih.... tapi gilingan mieku kok rada eror ya mbak...waktu aku cetak digilingan mie ukuran kecil, kok ada yg nempel (seperti dua mie panjang yg dempet), jadi waktu selesai digiling, ehh masih repot misahin adonan yg nempel tadi..... ada saran ndak mbak didi......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di taburi tepung tipis2 Mba Catur pas memotongnya..:)

      Delete
    2. berhasiiilllllll......mbak didi..... mieku akhirnya jadi kenyal,, terus pas digiling mieku jg gak lengket,,,,,,, adonanku yg ini cuman aku kasih 2 sdm air......thank's ya atas share ilmunya.

      Delete
  12. mba Diah, mie telur homemade itu tahan berapa lama ya kalo ditaroh di kulkas?

    ReplyDelete
  13. Mb DD ini emang telaten, udah bikin mienya, lalu masih masak mienya, hik..hik,apalagi kalau menghias roti2 hii paling ak cuman bisa mikir ak g telaten aapalgi kayak mb bisa banyak menghias roti ,bentuk kue2. Jempol buat ketelatenannya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..mksh Mba Jenny..kalau di lakukan dgn senang hati nggak susah kok Mba..apalagi kalau liat hasil akhirnya..terus di sukai keluarga..atau walau keluarga nggak suka..misal Yodha ku nich..susah ngemil..tetep..seneng2 aja bikin kue2..asal hasilnya enak bisa di bagi2..nambah ilmu teur sgt mba..:)...ayukk semangat ya..:)

      Delete
  14. Mbak diah kl nguleninya pake mixer boleh ga??biar ga capek gt...hihihi...trs nyetaknya pake cetakan dawet bisa ga?cos kadang males cuci2 alat...thx mbak...salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang mixernya Mba Venny..ntar cepet rusak lho..klu buat ngadon mie...hihi. Itu juga..malah jadi capek mba..kalau pakai cetakan cendol..kan adonannya padat..:)

      Delete
  15. mbak.. sy sdh cob resepnya hehe... rasa mienya enak, sy jg bikin mie goreng dgn tambhan udang n bakso yg diiris2.. tdk kalah dg mie yg dijual di pasar... thx resepnya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Andriany..ya enakan buat sendiri tho Mba..hihi..kalau mie pasar itu minus telur lho..cuma tepung doang..sama air..:D

      Delete
  16. Mbak Diah, salam kenal. Saya pecinta berat mie, tapi mie di sini ga ada yg enak. Ada sih mie basah di supermarket, tapi teksturnya lembek gitu kalo dimasak. Biasanya memang saya bikin mie sendiri, cuma kurang kenyal. Komposisnya mirip dg Mbak Diah. Biasanya saya 100gr tepung 1 telur. Saya coba resepnya mbak Diah, hanya saja saya telurnya 3, (tetap dg komposisi saya yg tiap 100gr tepung telurnya 1) Hasilnya emang kenyal ya, Mbak. Enak banget. Tengkyu ya udah sharing resep2 yg enak2. Buat Mie goreng nikmat, mie ayam juga oke. Kemarin jadi 4 porsi, yang 3 porsi saya masukkan freezer dalam keadaan mentah. Salam. Pepi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Pepi..sama2..ikut seneng dech denger berhasil dan suka sama mienya. Wah..aku jadi pgn buat mie ini lagi juga besok ahh..sapa tau enak juga di buat mie kopyok..hihi.

      Delete
  17. Salam mba' DD, mw tanya nih... klu tepung tapioka nya gak ada bisa ganti dengan apa?

    ReplyDelete
  18. Mbak DD mau tanya kalau mesin mie itu beli nya dimana dan merk apa yang bagus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atlas..lumayan mba..250 an di supermarket byk ya kayaknya..:)

      Delete
  19. mbak boleh tanya ya.. kalo mawu.dsimpan d kulkas. di freezer atau.d chiller aja. oia. dsimpan dalam keadaan belum direbus kan mbak? terimaksih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. di rebus dulu aja mba..klu belum ntar lengket lagi adonan..:)

      Delete
  20. Kmarin bikin cepet londot mbk
    Mgkn kbnyakan aer kali dlm adonanx
    Kalau pgen biar gak gampg londot dtambhn apa y mbk?

    ReplyDelete
  21. Hai mbak Diah DD...kalau mie bikinan sendiri seperti ini,bisa bertahan brp lama ya mbak kalo di simpan di freezer?itu yang disimpan di freezer mie mentah ya mbak???soalnya aku punya rencana mau jual Cwie MIe Malang disini,soalnya gak ada yang jual mbak..hahahahah :D kan lumayan mbak buat nambah penghasilan..Diah di Situbondo

    ReplyDelete
  22. Trims mba didi u resepnya, mba kalau mie nya untuk lebih awet pakai apa ya mba kisaknya aku buat skr u besok gitu....trims mba cantik

    ReplyDelete
  23. resepnya perfec gan anak saya suka banget

    http://www.toyota.astra.co.id/connect/news/article/travelling-seru-bersama-grand-new-avanza-dan-grand-new-veloz-terbaru-dari-toyota/

    ReplyDelete
  24. izin copy resepnya ya admin, terimakasih.

    ReplyDelete
  25. Saya suka blog mbak didi, resep yg saya coba sukses semua dan cocok di lidah saya. Salut sama mbak didi ya gak pelit ilmu. Thanks bgt resepnya mbak.

    ReplyDelete
  26. Maksud mbak didi ampia atlas itu atlas weston bukan? Soalnya banyak yang tulisan di kotaknya atlas tp bukan atlas weston mereknya. Thanks.

    ReplyDelete
  27. Maksud mbak didi ampia atlas itu atlas weston bukan? Soalnya banyak yang tulisan di kotaknya atlas tp bukan atlas weston mereknya. Thanks.

    ReplyDelete