Friday, December 6, 2013

Tehnik Memanggang Au Bain Marie



Apa yang di maksud tehnik memanggang dengan cara au bain marie..? Buat yang sudah lama menggeluti baking ..mungkin istilah itu sudah terbiasa ya..tapi buat yang baru belajar baking..mungkin masih sedikit bingung dengan istilah asing tersebut. Kemaren aku sempat bikin klappertaart lagi..dan sempat motret pas manggangnya..jadi pengen nulis tentang tehnik mengoven dengan cara au bain marie ini. Semoga sedikit bermanfaat buat teman2 yang baru belajar baking. Tehnik au bain marie adalah istilah dari Perancis, yaitu mengoven dengan tehnik water bath..atau di rendam di air.


Banyak kue2 yang biasa memakai tehnik ini dalam pengovenannnya..misal cheese cake, puding custard..klappertaart, dll. Bisa juga di gunakan untuk memanaskan makanan tanpa harus memasaknya langsung di atas kompor, sehingga menghindari makanan menjadi berkerak atau gosong. Jadi tehnik ini cocok untuk aneka jenis kue yang menggunakan banyak susu dan telur seperti puding custard..creme bulle dll. Tapi tehnik ini bisa juga di gunakan untuk memanggang aneka jenis cake lain..seperti brownies..brownies panggang yang di oven dengan tehnik ini juga menghasilkan brownies yang moist seperti brownies kukus..karena adanya uap air panas dari air yang di letakkan di bawah loyang. Makaroni skotel yang di panggang dengan cara ini juga menghasilkan makaroni skotel yang kering bagian atasnya ..tapi tetep lembut di dalam. Keuntungan dari tehnik au bain marie ini..kue2 akan matang sempurna sampai ke dalamya,...tapi tidaka kan menjadi kering tekturenya. Tapi jika menggunakan loyang bongkar pasang..lapisi dulu ya dengan alumumium foil, supaya air tidak merembes masuk ke kue.

Untuk mengoven dengan tehnik au bain marie ini..pertama kita siapkan dua buah loyang. Loyang pertama harus lebih lebar dari loyang wadah kuenya. Kemudian kita beri air panas sampai setinggi 1/4 loyang kuenya, kemudian kita letakkan loyang yang berisi kue di atasnya..lalu di oven seperti biasa.

Jika proses memanggang di perlukan agak lama..kita harus sering cek..apakah airnya sudah mengering atau belum, tapi jangan di buka2 terlalu sering juga..supaya suhunya stabil, cukup di intip aja lewat kaca oven ya..hihi. Jika air sudah habis..dan waktu pemangganan masih harus berjalan..bisa di tambah air panas lagi. Letakkan loyang di bagian rak di oven paling bawah..agar panas bisa maksimal.

Semoga bermanfaat ya teman..sedikit tipsnya..^^

37 comments :

  1. Mba Diah, boleh tau merk oven nya apa ya, saya koq malah tertarik sama ovennya,,,:) #salahfokus :).........Makasih Mba Diah...Utami :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...nggak pa2 Mba..itu aku pakai oven Krish merknya dari Ace Hardware Mba..emang lebih lega darioven biasa..:)

      Delete
    2. Makasih infonya Mba :)

      Delete
  2. wah baru tahu hehe..makasih ilmunya mbk^^

    ReplyDelete
  3. Wahh mbak bermanfaat sekali, beberapa waktu yang lalu, saya sampai bingung apa itu istilah au bain mari,,, eeh pas banget mba Diah postingin ini.. makasih ya mba Diah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba ..sama2..smg sdkt bermanfaat ya..:)

      Delete
  4. Mbk Diah...,ovennya bagus deh. Jadi pengen, kira2 mahal ga ya??? *mupeng nih...,lam kenal ya mbk.
    Tyazz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba Tyazz..itu aku beli kira2 2 tahun lalu harganya 800 ribu sekian..gt..lupa dech Mba..tapi nggak nyampe 1 jutaan..

      Delete
  5. Bener deh aku malah naksir ovennya , btw wattnya gede gak mbak .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba...lumayan gede ini Mba Henny..tapi krn di rumahku listriknya besar..jd nggak pernah bermasalah..:)

      Delete
  6. Senangnya nemu blog ini, banyak tip-tips yang bermanfaat, cocok banget buat aku yg baru dalam dunia perbakingan... Semoga ini sebagai amal jariyah mba diah.. ^_^

    ReplyDelete
  7. mbak diah, mau tanya..untuk apinya pakai api bawah saja apa atas-bawah? makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawah dulu..pas mau ngeringin bagian atas..baru pindah rak atas dengan api atas klu aku mba..:)

      Delete
  8. Mbak Diah, mau nanya.. :) misal adonan chesscake saya aplikasikan seperti bentuk pie susu, apakah masi menggunakan teknik au bain marie.. ? Dan adonan pie bisa mempyur juga.. ? Trimakasih banyak penjelasanya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak perlu Mba...di panggang dulu adonan pienya sampai matang, baru di beri adonan cheese cakenya kmdn di panggang lagi biasa..:)

      Delete
  9. Maaf mau nanya lagi, adonanya nanti ngembang trus kempis lg ngga Mba.. ? :) aku pernah buad pie susu, pas pake SKM ga ngembang, pas SKM habis, ak ganti bubuk, jd ngembang pas dipanggang.. , hampir kluar dr pie nya :( . Oia maaf lupa ngenalin diri, saya Ratna, Mba.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernahnya bikin pie isi cheese cake pake susu kental tapi nggal manis..liat di sini ya hasilnya :http://www.diahdidi.com/2013/02/ketika-grup-masak2-dan-makan2-kopi-darat.html

      Delete
  10. Makasi banyak Mba Diahhh... *hug*

    ReplyDelete
  11. Hai mbak diah saya febby.....makasih ilmunya yah mbak,pantesan mkaroni skotel saya atasnya gak pernah berhasil sampe kering...saya gak pernah pake cara memanggang ini ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba febby...tehnik ini bikin makaroni skotelny ahasilnya lebih lembut Mba..:) kalau atas belum kering di pindah ke rak paling atas Mba..di panggang bentar pakai api atas..pasti cepet keringnya..tapi di awasi ya..ntar gosong kejunya klu kelamaan..:)

      Delete
  12. Mba Diah Didi, salam kenal ya... Namaku Erika. Aku mau tanya. Barusan aku buat brownies, resep aslinya dikukus. Lalu aku coba untuk dioven menggunakan teknik ini. Aku menggunakan oven gas. Tapi kok yang matang duluan yang bagian atasnya, sedangkan yang bagian bawah lama sekali matangnya. Sampai 1 jam lebih. Akhirnya bagian atasnya sampai kering dan pecah ketika dipotong. Kenapa ya Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang besar kali apinya Mba..oh ya..airnya juga air mendidih atau air panas ya..yang di tuang ke loyang.

      Delete
  13. Manggangnya api besar atau kecil kalo pake oven gas ya Mba Diah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Api besar kalau aku Mba..biar cepet matengnya..:)

      Delete
  14. Hallo mbak diah.. Mau nanya.. Buat macaroni schotel brp lama ya kira2 make api bawahnya br pindah ke api atas. Soalnya aku pake oven itu lamaa banget.. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adona sebenernya udah matang Mba..jadi nggak perlu lama2 juga sich..kecuali jika mba pakai cara yang di campur bahan / custard ya..ya agak lama..:)

      Delete
  15. Hai mba, teknik ini bisa nggak diaplikasikan kalau aku pake oven biasa? (macak H*ck gitu

    ReplyDelete
  16. Hai mba didi yg sangat jago masak, ketinggalan bgt baru nemu blog mba krn baru tertarik dg baking stlh merid hihi. aku sebenernya sudah mudeng dg metode ini, tp masalahnya aku pgn bikin bread pudding, pada resep yg aku baca di salah satu blog, posisi roti ditata diletakan dibawah lalu siram dg adonan telurnya (posisi adonan ada diatas) lalu apabila dioven dg teknik au bain marie brrti yg kena rendaman air panasnya bagian rotinya dong mba? Krn yg dibawah itu roti. Betul itu mba? Maaf kalo pertanyaanga bikin bingung hehe

    (Atika)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama dipanggang kan nanti meresap ke bawah mba..adonan telurnya..:)

      Delete
  17. Mba aq kan gak ada oven,selain pake oven bs diganti apa ya? Trus kalo gak pake oven ttp bisa pake teknik au bine marie jg gak? Bru mau cb buat cheesse cake nih, makasih mba.

    ReplyDelete
  18. Halo, salam knal mba, mau nanya td aku baru bikin cheesecake dengan teknik ini, tapi kenapa bagian bawah kue sll berair akibat uap dari loyang bawah nya ya mba? Terima kasih atas responsnya..

    ReplyDelete
  19. Halo salam kenal.tanya dong mbak.klo pake oven listrik ky kirin dan sejenisny gt klo memanggangny pake air gt konslet tidak ya oveny mbak?trims

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete