Thursday, December 19, 2013

Dorayaki..atau Kue Apem..?


Sudah lama aku penasaran sama yang namanya kue Dorayaki..kuenya Doraemon tuch lho teman2...yang dari Jepang. Dari dulu nyoba beberapa resep kok belum sreg..sampai akhirnya aku hunting dan mencoba beberapa resep dari blogger2 ternama dari Jepang..barulah aku tau..ternyata memang begitulah aslinya Dorayaki. Hemm..rasanya..kalau buatku kok lebih enak pukisnya Indonesia dech..hihi.

Resep Dorayaki yang asli Jepang itu memakai madu..dan cairan yang di pakai sedikit sekali..cuma dari telur..madu dan 1 - 2 sendok makan air..jadi adonanya jadi kental...lebih kental dari adonan pancake. tapi aku kurang cocok sich kalau yang versi asli Jepang rasanya. Akhirnya aku coba juga resep Dorayaki yang udah modifikasi..dari tabloid Lezat..eh..aku kok malah suka ya rasanya..enak dan menul2..karena memakai sistem kuning telur dan putihnya di kocok terpisah. terus bahan2nya juga komplet..pakai susu, margarin..dll..jadi hasilnya lebih gurih dan wangi. Cuma..rasanya jadi mirip2 apem terigu ya..hihi..karena memakai ragi instan juga. Tapi lebih enak ini lah menurutku di banding dorayaki aslinya. Adonannya juga bisa ngembang gede gitu pas di panggang. Tapi..ya nggak tau juga ya..ini bisa di kategorikan kue dorayaki atau bukan..hihi...tapi di tabloidnya sich..di beri judul kue dorayaki..^_^ 

Ah..apapun namanya yang penting enak dech..kalau enggak bisa di sebut kue dorayaki..ya..sebut saja kue apem terigu..hihi..tapi lebih enak dan gurih...tapi beneran lho..empuk dan menul2 ini..kue Dorayaki ini..tapi ala Indonesia kali yach..^^

Mau coba..ini dia resepnya yang aku modifikasi dikit dari tabloid Lezat..aku cuma buat separonya sich...buat uji coba aja...takaranku yang dalam tanda kurung ya..^

Dorayaki

Bahan A :
400 gram tepung terigu protein sedang ( aku 200 gram )
Gula pasir 50 gram ( 25 gram )
Garam 15 gram ( 1/2 sendok teh )
Baking powder 10 gram (  1 sendok teh )
Ragi instan 5 gram (  1/2 sendok teh )
Susu bubuk 25 gram ( 1 sendok makan munjung )
Air 300 ml (  150 ml )
Susu cair 200 ml ( 100 ml )
Kuning telur 8 butir (  2 )
Vanili bubuk 1/2 sendok makan (  1 bungkus kecil )
Margarin 120 gram ( 60 gram ), lelehkan

Bahan B :
Putih telur  175 gram ( 2 butir )
Gula Pasir 125 gram ( 75 gram  )
Cream of tar tar 1 gram ( 1/4 sendok teh, tapi ini optional..nggak pakai nggak masalah )

Bahan isi : Pasta kacang merah, atau meises dan keju 

Cara membuat :
Aduk semua bahan A kecuali tepung terigu, kocok selama 5 menit.
Tambahkan tepung terigu sambil di ayak dan di aduk rata dengan spatula.
Adonan B, kocok putih telur hingga setengah mengembang, masukkan gula sedikit demi sedikit dan cream of tartar, kocok hingga kaku. Masukkan dan aduk perlahan ke adonan tepung sampai rata. Diamkan adonan 3 - 5 jam. Panaskan wajan teflon anti lengket, olesi minyak tipis2, lalu lap. Tuang adonan secukupnya, biarkan hingga bagian bawah kecoklatan, lalu balik, masak hingga matang.
Sajikan dengan di beri isian sesuai selera. kalau aku kok malah suka polosan aja..udah enak kok..^^

Tips : Nuang adonannya jangan sampai kepenuhan ya teman2..jika mau di beri isian..karena adonan nanti akan ngembang gede, jadi cukup separo tinggi teflonnya aja.


6 comments :

  1. Mb Di, ngasih isiannya kapan? Cetakannya ditutup gak?
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah mateng Mba..di kasih isi..terus di tangkupkan gt..aslinya begitu..hihi..tapi aku malah suka nggak pakai isi..udah enak...kmrn pdhl udah buat pasta kacang merah..malah tak buat mochi itu lho..:)
      Nggak perlu di tutup Mba..adonannya mudah matang..kalau bagian bawah udah kecoklatan di balik.

      Delete
  2. mbak di,cream of tar-tarny bisa d ganti dgn yg lain ngg',krn dr literatur yg saya baca katany cream of tar-tar itu haram ntk muslim,makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di skip Mba..atau di ganti air jeruk nipis..sedikit..:)

      Delete
  3. Untung belum eksekusi dorayaki. Kalo liat komposisi resepnya aku juga mikir bakal kayak apem, hehe....Selain itu belum punya cetakannya. Dorayaki polos gini enak dipake ngopi ya mbak diah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Rina..ya memang kayak apem..kalau resep yang ku tulis ini..tapi apem rada mewah..pakai susu dan margarin..jadi lebih gurih. Kalau yang dorayaki asli pakai resep Jepang kok malah aneh menurutku..rada2 bau telur gitu..hihi..jadi aku pilih yang kayak apem aja dech..:D..iya benar enak..buat ngopi atau nge teh..:)

      Delete