Friday, December 6, 2013

Kue Krasikan



Krasikan adalah salah satu kue tradisional dari Jawa Tengah. Mungkin di daerah teman2 lain juga ada kali ya..kue sejenis ini. Tapi aku mengenal krasikan ya..udah dari kecil..karena dulu ibu suka bikin krasikan sendiri di rumah kalau ada acara.

Kue krasikan ini termasuk salah satu kue trasional favoritku. Aku emang suka kue2 tradisional dari ketan dari dulu..jadah, wajik..suka ..jenang ketan yang kayak dodol gitu juga suka. Nah..paling suka krasikan ini..karena rasanya unik..ada tekture krenyes2 dari hasil tumbukan beras ketan yang nggak terlalu halus..rasanya malah jadi enak menurutku..hihi. Cuma memnag kalau kue2 begini..yang doyan cuma aku..hihi..suami dan anak..nggak suka. Sampai sekarang kok belum berhasil..membiasakan Yodha suka jajanan tradisional gini. Ya..mungkin banyak pilihan cemilan lain ya lebih enak kali yach sekarang ini..jadi cemilan jadul gini..kurang di sukai anak2...^^

Krasikan di buat dari beras ketan sangrai yang di haluskan, tapi nggak sampai halus banget, dan kelapa parut sangrai juga, kemudian di masak dengan santan dan gula sampai kering, lalu di padatkan. 
Krasikan 

Bahan :
250 gram beras ketan
200 gram gula merah, 1/4 sendok teh garam
300 cc santan 
1/2 sendok makan air kapur sirih
3/4 butir kelapa, parut 

Cara membuat :
Rendam beras ketan semalaman, tiriskan, sangrai dan tumbuk kasar, sisihkan
Sangrai juga kelapa hingga kecoklatan, tumbuk hingga halus.
Didihkan gula merah dan santan, masukkan ketan sangrai dan kelapa halus, garam masak sambil di aduk hingga rata dan keriong .
Tuanga donan di loyang sambil di ratakan dan di tekan2 sampai padat. Dinginkan, baru di potong2 sesuai selera. Sajikan.


15 comments :

  1. Mbak Diiiiii.... aku juga suka kue ini, di Pontianak namanya kue "Cengkaruk". kue ini selalu muncul di malam acara nikahan masyarakat melayu/bugis disana, dihidangkan untuk tamu yang bantuin masak-masak lauk pauk untuk hidangan acara nikahan esok harinya. pas kumpul-kumpul sambil motong-motong daging dan sayur, kuenya dihidangkan dengan kopi atau teh. Nah uniknya cetakan kue ini ditempat kami masih menggunakan pelepah pohon pinang yang sudah tua (pelepah pinang yg sudah jatuh), mencetaknya pun jg dengan penuh tenaga, supaya tekstur kuenya padet dan sedikit berminyak yg berasal dari santan. Aku sendiri gak tau filosofinya apa, tapi aku suka aja, karena unik dan jadi hidangan langka sekarang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...asyik...ada temennya yang suka kue ini...mksh infonya Mba Ara. eh..terus bentuknya jadi gmn..kalau di cetak pakai pelepah pinang gt..penasaran..coba tak liat di google nanti kue Cengkaruk gt ya..hihi...penasaran aku. Kalau di Jawa nich..kue ini suka buat pelengkap acara hajatan gitu Mba..bersama wajik dan jenang ketan.

      Delete
    2. bentuknya setengah lingkaran gitu mbak, hmm... gimana ya gambarinnya, ya seperti bulan setengah lingkaran gitulah, hihihi.... tapi didalam pelepah pinang itu dialasi plastik bening dulu ya mbak, biar gak lengket. aq dah coba cari di google, namanya beda lagi dalam bahasa banjar "Cangkarok Karing", atau dodol cangkarok. :D Oiya nanti kalo aq bikin kue ini, aq upload foto dan step-step mencetak kuenya ya mbak :)

      Delete
    3. Oh..pantes..aku cari di google..ndak nemu kmrn Mba..hihi..mskh infonya ya..iya..di tgg ya penampakannya..:)

      Delete
  2. Subhanallah, pinter banget sih bikin krasikan gini. Peluk...peluk mb Diah.
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi,..sekarang apa2 lebih mudah kok Mba Ida..nggak perlu numbuk2 kayak jaman ibuku dulu..tinggal pakai grinder..:D

      Delete
  3. terima kasih mbak didi cantiiiikkkk udah posting resep rasikan (disini nyebutnya rasikan) ini kesukaan alm.ibuku, beliau sukaaaaaa banget tapi susah nyarinya, eh...akhirnya ada juga resepnya alhamdulillah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Esti..sama2..aku juga suka kue ini..di sana nggak ada yang jual ya Mba..ayukk bikin sendiri..:)..manisnya sesuaikan selera aja ya..aku suka yang nggak terllau manis..soalnya Mba..:)

      Delete
  4. Klo aku bilangnya ladu mbak ( jeporo dsk )..ini sdh jarang bgt ada di hajatan-hajatan. Hmmm insya allah bikin...kayaknya dah puluhan taun gak makan ini :P

    Salam,
    Dian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..lama amat ya Mba Dian..yukk bikin..biar bisa maem lagi..:)

      Delete
  5. Kue kesukaanku. Klu ibunda dr jawa...pasti oleh2nya krasikan.....sukkka banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sama Bunda Zahfira..aku juga suka krasikan..enak..klethis2 gurih ya..:)

      Delete
  6. Arghh.... ternyata mba Diah punya resep kue ini...bener..di kotaku Pontianak sebutannya cengkarok dan banyak dijual di pasar2... aku jg suka mba.. (*toss dlu).. tapi ga mampu makan banyak2..eneq..hihi... kemarin baru ajadengar bahan2nya dari paman cuman ga ada takarannya..dikasi tips juga pake kelapa parut yg disangrai.. ntar kalo sempat praktek ahhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyamba Maria..kalau kebanyakan ya mblenger ya..krn manis..hihi..enaknya di makan dikit2 sambil nge teh pahit..:)

      Delete
  7. Makasih ya Mba' resepnya sangat membantu :)

    ReplyDelete