Thursday, December 12, 2013

Ayam Goreng Bogor Plus Sambal Korek


Ayam goreng...nggak ada matinya ya teman2..pasti selalu tersedia buat menu di rumah..jika lagi kehabisan ide masak. Nah..sebenernnya ayam goreng itu di Indonesia..banyak banget variasinya..dengan bumbu yang sedikit berbeda aja..udah jadi beda rasa lho. Jadi..aku suka kalau memasak ayam goreng tuch..dengan aneka bumbu2..atau jenis ayam goreng dari berbagai daerah.Mungkin sepintas..ya sama saja bumbunya..tapi kalau kita udah nyicip..ya beda2 kok. Kayak soto juga..masing2 daerah di Indonesia..punya resep soto masing2..kalau nggak di coba satu2..ya nggak tau beda rasanya gimana..jadi kalau aku..lebih baik mencoba dulu aneka resep dari berbagai daerah tersebut..dan biarkan lidah kita yang menilai rasanya.

Kayak ayam goreng nich..aku punya satu buku khusus aneka resep ayam goreng dari berbagai daerah di Indonesia. Biasanya..aku cermati..bumbu2 dasarnya apa aja yang membedakan masing2 daerah..tapi kalau takaran aku sesuaikan seleraku..soalnya..aku suka ayam goreng yang terasa bumbunya..jadi kalau ngikutin resep di buku..suka kurang nendang gitu rasanya..misal..ayam 1 ekor..di resep cuma pakai bumbu 4 butir bawang merah..wah..kalau aku..kurang dech..hihi. Tapi ya..paling tidak tau lah resep dasar ayam goreng dari berbagai daerah bumbu dasarnya tuch dari buku..atau dari majalah dll. Abis itu..tinggal di sesuaikan selera dech. Dan..aku selalu penasaran untuk mencoba berbagai resep ayam goreng tersebut. 

Kemaren aku coba..ayam goreng ala Bogor. Sepintas..mirip2 ya bumbunya dengan ayam goreng biasa..tapi lebih lengkap lagi..karena memakai jahe dan merica juga di bumbu halusnya. Jadinya enak banget ternyata ayam goreng versi Bogor ini. Suka dech..apalagi pakai ayam kampung..hemmm..gurih dan lezat. Di tambah nasi anget dan sambel korek..yang pedas..wah..bisa2 nambah dech..untung pakai nasi merah..jadi cepat kenyang..hihi. Eh..tapi sambelnya nggak nyambung ya..bukan sambel dadak ala Sunda..tapi pakai sambel korek, ini adalah sambel korek versi jateng..hihi. Nggak pa2 dech..yang penting sama2 pedes dan enak sambelnya. Sambel korek..adalah sambel cabe rawit dan bawang yang di ulek dengan sedikit garam, kemudian di siram sedikit minyak panas. Sambel korek ini populer di salah satu resto bebek goreng yang terkenal di Solo. Hemm..sebenernya udah sering sich dari dulu bikin sambel begini..cuma aku biasanya nyebutnya sambel bawang mentah. Seger dan pedasnya..judes dech..juara pedes..hihi.
Ayam Goreng Bogor

Bahan :
1 ekor ayam kampung ukuran kecil, potong jadi 6 - 8 bagian
Air kira2 400 ml, air kelapa 400 ml
Gula merah 1 sendok makan
Garam secukupnya
Lengkuas 2 cm, memarkan
Daun salam 2 lembar
Serai 1 batang, memarkan

Bumbu halus :
7 buah bawang merah
3 siung bawang putih
5 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar
2 cm kunyit
2 cm jahe
1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Ungkep ayam, bumbu halus dan semua bumbu lain dengan api kecil hingga ayam empuk dan air menyusut. Goreng sebentar saja di minyak panas sampai kecoklatan. Sajikan dengan sambel korek dan lalap sesuai selera.

Sambel Korek 
Bahan :
6 buah cabai rawit merah ( sesuai selera pedasnya )
1 siung bawang putih
Sedikit garam
Cara :
Ulek kasar semua bahan, siram dengan minyak panas, sajikan. Minyak yang di pakai menyiram..harus benar2 panas ya..ketika di siramkan ke sambal sampai berbunyi mendesis..supaya sambalnya nggak langu.


5 comments :

  1. cihuyy ini kesukaanku ^_^
    sambel korek bikin ketagihan, bikin nambah n nambah lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mak Riana..asal ada sambel korek nich..pakai tempe aja udah enak ya..makan..hihi

      Delete
  2. mbak diah,itu minyaknya untuk sambel boleh ya pake minyak yg buat goreng ayamnya? ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Neny..memang lebih enak pakai minyak jelantah..bekas menggoreng ayamnya..hihi..

      Delete
  3. Mba didi klo aq ungkep ayam walaupun dg api kecil bgt n air sesuai takaran ttp gak asat2 tuh, gimana ya biar air asat tapi daging gak gampang cuil?

    ReplyDelete