Wednesday, December 11, 2013

Bakso Tahu Ikan


Wah..senengnya..setelah punya food processor lagi..walau kecil..tapi cukuplah buat memudahkan urusan di dapur..kalau bikin makanan yang perlu mencincang atau menggiling daging lagi. Dulu punya ku yang lama pecah..jadi cukup lama harus bersabar mencincang2 aneka daging untuk di jadiin aneka olahan..kayak empek2..siomay dll. Sampai berisik dech kalau bikin daging cincang gitu,..kan musti pakai pisau besar dan di cincang2 sekuat tenaga..hihi..kayak orang marah. Sampe mba art tuch bilang..wah..ibu mulai nich..ngamuk..kalau mau bikin siomay..hihi..iya..ngamuk sama ikan tenggiri..di cincang2 habis..sampai halus..hihi. 

Sekarang mah..enteng..nggak nyampe 10 menit..masukin semua bahan ..jadi. So buat teman2..yang lagi pengen beli gadget dapur..food processor nich sebaiknya di prioritaskan ya..hihi..daripada pegel cincang mencincang aneka daging.Banyak lho olahan makanan yang bisa di baut dengan bantuan alat ini..siomay..empek2..rollade..bakso..sosis..otak2 , sampai adonan donatpun bisa pakai alat ini..kalau males nguleni..cuma kau belum coba sich buat adonan donat..cuma liat di iklannya..hihi. Kapan2 tak cobanya dulu dech.

Sekarang bikin makanan dari daging cincang..semudah membuat sambal..hihi..nggak nyambung ya...eh lebih susah buat sambal ding..kan perlu ngulek2 ya..kalau pakai alat gini..semua bahan masuk..proses..jadi dech adonan siomay..bakso..dll. Bener2 menghemat waktu dan tenaga. Jadi..bakalan sering bikin aneka aolahan daging dech. Dari kemaren udah buat empek2.siomay dll..udah keseringan di posting..jadi biar rada beda..bikin tahu bakso aja..hihi. Sebenernya pengen bikin sosis homamade kemaren..resep udah punya..cuma..kok nggak nemu plastik kecil2 panjang buat casing sosis gitu ya..teman2 ada yang pernah liat gitu..yang jual plastik casing sosis gitu di mana ya ?..Aku kok belum nemu di Semarang ini..padahal udah pengen banget bikin sosis homamade..^^

Ya sudah..akhirnya bikin bakso tahu aja dulu ya..hihi..masak ya mau bikin sosis di taruh  loyang..terus di potong2 gitu..bukan sosis dong namanya ya..hihi. Nanti aja kalau udah punya casing plastisnya baru bikin sosis. Tahu bakso yang ku buat ini bakso ikan tenggiri lagi..beneran dech..cinta banget aku sama ikan tenggiri nich..soalnya enak banget di buat apa aja..jadinya..kalau liat ikan tenggiri di pasar..langsung..cling..angkut dech..hihi..soalnya nggak tiap hari ada juga sich..:)
Bakso Tahu Ikan

Bahan :
10 buah tahu pong goreng kotak, potong serong, keruk sedikit bagian tengahnya.
150 gram daging ikan tenggiri yang sudah di bersihkan
50 gram daging ayam bagian dada, potong2 kecil
2 siung bawang putih, haluskan
2 putih telur
1 sendok makan bawang merah goreng
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh garam atau kaldu ayam bubuk jika suka...(atau sesuai selera )
100 gram tepung sagu / tapioka
2 batang daun bawang , iris halus
1 buah wortel, serut halus pakai serutan keju

Cara membuat :
Masukkan ikan tenggiri, daging ayam, bawang putih, bawang merah goreng, bumbu2 lain  dan putih telur , ke dalam food processor..lalu proses hingga lembut. Tuang adonan di mangkuk, tambahkan tepung sagu, daun bawang dan wortel, aduk rata. Koreksi rasa dengan menggoreng sedikit adonan..udah pas belum rasanya.
Jika sudah oke..masukkan ke dalam tahu pong yang sudah di luangi bagian tengahnya, lalu kukus selama 20 menit hingga matang.
Goreng tahu bakso dengan di celup kocokan telur atau adonan tepung.
Tahu bakso yang sudah di kukus bisa disimpan di freezer untuk persediaan.





14 comments :

  1. Wah...wah...bikin ngiler aja mbak hehehe....ini termasuk faforitku dan suami mbak anget2 tinggal cocol di caos sambel hhmmmm mantaappp.......:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba Luis..mendung2 pula..enak Mba..aku suka nyeplus cabe rawit mba..huh hah..enakk..hihi

      Delete
  2. Mba Diah, iku pake alat yg satu set isi banyak? merke opo? aku mau nabung dulu buat belinya heheeee, btw makasiiiihhh banyak belum ijin resep gudegnya udah tak praktekin dan udah laku buat jualan, dari bbrp resep yang dicoba saat ini yang paling pas resepnya Mba Diah :*, semoga Mba Diah dan Kel sll diberikan kesehatan biar sll bisa berbagi resep heheheheeee, Fitri Jakarta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Fitri...merknya Kitchen cook..dari Korea..yang satu set dapat 7..:)

      Wah...alhamdulillah Mba..seneng dengernya...udah buka resto gudeg nich Mba..di Jakarta..ya?..Kalau udah sukses..ntar kalau aku ke Jakarta tak mampir dech..nyicip ya Mba..hihi

      Delete
    2. Iya mba aku jualan nasi bogana, nasi gudeg, nasi bali sama nasi krawu, cuma yg idola itu nasi bogana sama nasi gudeg, resep gudegnya pake resep dari mba diah, bbrp hari gak jualan nasi gudeg banyak yg nyari, tp bbrp kali bikin gudeg sering basi knp ya mba? tak amat2i sih kynya krn telat diangetin :D

      Saat ini msh jual ketengan sama pesenan mba, dengan senang hati kl mau mampir dan nyobain masakan ku, tp malu aaaahhh takug gak enak hihihi

      Oh iyaa kl ada aku minta resep ayam bumbu bali dunk mba, yg udah pernah aku coba belum pas, tp ada aja sih yg nanyain, krn blm nemu resep yang pas jd seringnya gak bikin, maaf mba ngrepotin iki :*

      Delete
    3. Wah..sipp itu mba Fitri..yang penting niat usaha..lajutkan..!..hihi
      Untuk gudeg memang harus sering di ngat nget mba..biar nggak mudah basi dan bisa tambah enak juga..:)
      Oke..nanti ya mba..ayam Balinya..klu udah bikin tak posting..:)

      Delete
  3. Mb Di, tks ya info dan sharing resep serta peralatannya, lkp dg fotonya. Yuk cus ah, sgr dipesan 7 in 1 kitchen cooknya. Lumayan gede ya FPnya.
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sipp Mba Ida..yukk..sgr pesan..tggl telp..ntar barang datang ke rumah sdr kok Mba..eh jangan lupa..minta di ajari bongkar pasangnya ya Mba..sama salesnya..kemaren aku pertama lumayan ribet..hihi..biasa..produk Korea..suka rada ribet masangnya..krn alasan untuk safety gt..:)..kalau nggak bener pasangnya nggak mau nyala alatnya..hihi

      Delete
  4. Oya mb Di, aku baca2 di artikelnya dapur hangus, utk casing sosis coba liat di casingsosis.com. Bisa dikirim via JNE tuh. Smoga membantu.
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Ida..mksh infonya..segera ke TKP..:)

      Delete
  5. Mbak.. ini food processornya ditengahnya kan ada lubang d tongolan yg buat narohh pisaunya.. nah.. klo gling daging suka nyempil didalem situ bersihinnya ribet yaa.. kmrn artku nyiucinya ga brsih jadi karatan itu besi ditengahnya.. ada tips ga ngilangin karatnya? Aku. jd males makenya sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho...kok bisa karatan ya Mba..merk ini juga kah?. Asal setiap habis pakai langsung di bersihkan..nggak masalah harusnya Mba. Memang untuk alat2 gini..lebih baik kita yang bersihin sendiri..atau jika nyuruh art..ya di jelasin dulu cara2nya..mrk kan kurang mengerti ya Mba. Coba di cuci pakai jeruk nipis..di gosok2 terus mba..:)

      Delete
  6. Hallo mba Didi,,, seneng banget ketemu blogny. Mba, aku mao nanya itu beli processorny di mana trus bisa buat bumbu dapur ng? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Lejel Home Shopping Mba..:)...bumbu ada sendiri di alat lain yang 7 in one itu..:)

      Delete