Tuesday, December 31, 2013

Wedang Ronde Komplit


Wah..hari terakhir di tahun 2013 nich ya teman2..nanti malam..udah mau tahun baru nich...selamat berpesta..buat yang mau ke pesta tahun baru ya teman2. Mau ke mana nich rencananya..? Kalau aku..hemm..mau keluar kok rada males ya..hujan terus..dingin..hihi. Padahal ada undangan sich beberapa perayaan pesta malam pergantian tahun..dari hotel dan juga dari EO yang ngadain acara malam pergantian tahun di Marina Semarang..tapi kalau hujan2 terus gini ya..kasihan Yodha. Tahun kemaren aja kita ke Resto Kampung laut..yang selalu ngadain acara pesta pergantian malam tahun baru dan pertunjukan kembang api paling bagus di Semarang..Yodha malah tidur..hihi...untung restonya ada saung2nya gitu..jadi pas acara kembang api baru di bangunin.

Tapi ya..menurutku..acara2 pergantian tahun baru di resto2 atau di hotel2 ya gitu2 aja sich acaranya..terlalu crowded pengunjung juga soalnya. Kalau jamannya masih pacaran ya..seru ya..merayakan pergantian tahun baru..di resto..kefe..dll..tapi sekarang..mikirin anak aja dech..kasihan gitu kalau harus begadang sampai pagi..lha kan mesti macet jalanan..jadi sampe rumah mesti dini hari..malah jadi masuk angin dech. Paling enak..sebenernya..malam pergantian tahun baru itu..di nikmati rame2 sama keluarga besar..terus makan2 aja di rumah..lebih seru dan aman buat anak2..hihi..kalau gantuk..tinggal tidur dech..sementara yag lain tetep bisa berpesta. Sayangnya keluarga besar suami di sini..lebih suka pada pergi sendiri2.

Jadi..buat teman2 yang lebih suka merayakan pergantian tahun baru di rumah..bisa kok..seru juga..bersama keluarga atau teman ya..misal..ngadain acara makan2..bakar ikan..barbeque..dll. Pasti lebih seru kan..dengan makan rame2. Kalau mau cari menu2 untuk pesta tahun baru..di blog ini..lumayan banyak kok..aneka menu spesial teman2..silahkan di search aja di pojok kanan atas..yang ada tulisan go...dengan kata kunci menu apa yang pengen temen2 masak.

Oke..selamat menyambut tahun baru ya teman2. Semoga di tahun 2014 nanti akan membawa harapan yang lebih baik..buat kita semua. Apa resolusi teman2 di tahun 2014 nich ?..Kalau aku ..hemm..apa ya..ah..nggak usah pakai resolusi2 an...jalanin aja apa yang ada..dengan penuh semangat dan optimis selalu..hihi.

Buat teman2 yang mau tahun baruan di rumah..selain masak yang enak2..kayaknya pas dech kalau bikin minuman hangat juga..soalnya kan pasti hujan nich biasanya....jadi..bikin wedang ronde pas banget nich. Apalagi wedang rondenya isinya komplit..pasti tambah sip dech. Kalau di Semarang..isian wedang ronde..memang komplet seperti ini..pakai roti tawar dan agar2 godir ( agar2 tawar )..cobain yukk teman2..enak..hangat dan segar..!
Wedang Ronde Komplit

Bahan ronde :
100 gram tepung ketan, 1 sendok makan tepung sagu, 1/4 sendok teh garam, 100 ml air hangat ( kurang lebih ya ), 1 tetes pewarna merah muda, 1 tetes pewarna hijau tua

Bahan isi (aduk rata):
50 gram kacang tanah kupas, disangrai, dihaluskan, 1-2 sendok makan gula pasir

Bahan kuah:
800 ml air , 150 gram jahe ( sesuai selera pedasnya ), dibakar, dikupas, dimemarkan, 2 lembar daun pandan, 2 lembar daun jeruk , 100 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya ), 1 sendok makan gula merah, garam ½ sendok teh

Bahan pelengkap:
Roti tawar secukupnya, potong2 kotak kecil, 25 gram kacang tanah kupas, disangrai, 100 gram kolang kaling, dipotong-potong, agar2 godir, potong2 kecil2
Cara membuat:
Ronde: aduk rata tepung ketan, tepung sagu, garam. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis dan licin.( air bisa ditambah atau di kurangi..yang penting adonan sudah kalis atau bisa di bentuk )
Bagi 3 bagian. Satu bagian tambahkan pewarna merah muda. Satu bagian tambahkan pewarna hijau tua dan sisanya biarkan putih.
Ambil sedikit adonan kulit. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung. Tiriskan.
Kuah: Rebus air, jahe, dan daun pandan serta daun jeruk. Masak dengan api kecil sampai beraroma.
Masukkan gula merah dan gula pasir. Aduk sampai larut. Saring.
Sajikan hangat ronde bersama kuah dan bahan pelengkapnya. Masukkan potongan roti tawar sesaat sebelum di hidangkan ya..supaya tidak terlalu lembek.
Tips: Sebaiknya membentuk bulatan..langsung di masukkan ke air yang sudah mendidih, supaya bentuknya bisa bulat rapi..jika di bulatkan dulu dan di taruh di wadah..suka peyok2 bentuknya rondenya. Cara membuat agar2 godir : Campur 1 bungkus agar2 dengan air sejumlah sesuai kemasan, rebus hingga mendidih, dinginkan, potong2. Pilih agar2 yang berwarna supaya lebih menarik.

10 comments :

  1. Selamat Tahun baru dan semoga sukses selalu untuk mba Diah,,, saya juga g ngadain acara2an mba. Dirumah aja, dari semalam sampai siang ini Purwakarta hujaaaaan terus mba. Jadi mending dirumah sambil mantengin resep2 dari mba Diah, buat dimasak besok hehehe... btw, boleh nih dicoba resep wedang rondenya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..di sini juga..dari semalem hujan terus..nich dari pagi juga masih mendung gelap..dan hujan tapi nggak deras..jadi malah awet kayaknya. Jadi..lebih enak minum wedang ronde di rumah...sambil nyemil yang anget2 ya Mba..:)..Ini aku lagi bikin sus kering..di sambi online..soale ngovennya lama..:D

      Delete
  2. di sini sejak dinihari hujan sampe jam 10 pagi. Pas deh minum wedang ronde gini...Pingin bikin sendiri cuma jahenya mihil banget. Beli di tukang sayur 3000 perak cuma seuprit. Dipake buat wedang nggak berasa, hihi....

    ReplyDelete
  3. Iya Mba...wah..memang merata nich ya hujannya..:)

    Lho..di sana mahal tho Mba Rina..jahe..di sini banyak dan murah juga..pake yang jahe emprit Mba..yang kecil2..jadi walau dikit udah pedes..:)

    ReplyDelete
  4. toss dulu mba diah sama mba rina, boyolali ujannya dari jam 7 pagi tadi mba, sampai sekarang belum reda juga. ileran jadinya liat postingan wedang ronde-nya mba diah, pengen bikin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Amal..wah hujan juga ya di Boyolali
      ..met menyambut tahun baru ya..ayukk bikin rondenya buat nunggu pergantian tahun..:)

      Delete
  5. Salam hangat untuk Mbak Diah. melihat blognya Mbak Diah, jd semangat buat belajar masak, semoga bisa :). Sudah lama g dgr istilah godir, wkwkwk. dl pas masih di solo srg bgt blg godir utk merujuk kata agar2, hehehehe.... Mbak, ijin copas n nyoba resepnya ya..... Makasih banyak *peluk erat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Nia..salam kenal ya..:)
      Alhamdulillah jika sedikit memberi semangat ya mba..buat belajar masak..ayukk belajar bareng2 di sini..dan jangan sungkan tinggalkan komen jika ada yang kurang jelas ya..:)
      Iya..godir memnag istilah agar2 yang di masak cuma dengan air mba..tanpa susu atau tambahan bahan lain..:)

      Delete
  6. Hallo mbak diah,salam kenal,aku mau tny soal ronde nih..knp ya ronde yg aku simpen dikulkas buat bsk kok rasanya udah beda gak seenak yg kmrin..mksh sblmnya..

    ReplyDelete
  7. Halo teman-teman mohon bantuannya ya.. sekarang ini saya sedang mencoba untuk membuat wedang ronde, tapi ada beberapa kendala yang sampai sekarang saya masih belum tau apa sebabnya. Beberapa kendalanya seperti berikut ini:
    1. Terkadang bulatan pecah saat direbus
    2. Terkadang bulatan pecah saat diisi kacang(saat dibulat-bulat) (Adonan cepat kering meskipun sudah ditutup kain basah)
    3. Bila masih ada sisa ronde yang saya simpan maka bulatan menjadi sangat keras meskipun sudah direbus kembali
    4. Bagaimana cara untuk menyimpan ronde bila masih sisa? dan bagaimana agar bisa adonan lembut saat digigit? (tidak keras)
    5. Apakah pemberian campuran gula jawa pada bulatan kacang mempengaruhi kekerasan bulatan ronde? 6. Apakah ronde bisa disimpan lebih dari 1 hari?? Bila dapat bagaimana caranya?
    7. Apakah adonan yang sudah dibulatkan dan diisi kacang tetapi belum direbus apakah bisa disimpan dan bila direbus apakah sama rasanya bila dibuat secara langsung tanpa disimpan? bagaimana caranya??
    8. Apakah penggunaan tepung kanji yang terlalu banyak berpengaruh terhadap kerasnya bulatan(Semakin keras atau lembek)?

    ReplyDelete