Tuesday, December 3, 2013

Plecing Kangkung



Plecing kangkung ini jodohnya Ayam Taliwang...yang barusan ku posting resepnya tadi...serba pedas dech jadinya..karena ayam Taliwang sendiri kan udah pedas..nah plecing kangkung ini pun tak kalah pedas. jadi..selamat berpedas ria ya teman2..buat yang suka pedas..^^

Tips merebus kangkung supaya tetep hijau cantik warnanya. Didihkan air yang di beri garam ya, lalu masukkan kangkung, rebus sampai matang tapi jangan terlalu lama ya merebusnya, segera angkat dan siram dengan air es..supaya menghentikan proses pemasakan kangkungnya. Jadi..warna kangkungnya tetep bisa hijau cantik dan tekturenya bisa masih terasa kres2...kayak kangkung Lombok..biarpun nggak pake kangkung asli sana ya..:)

Plecing Kangkung
Bahan-bahan : 
1 ikat  kangkung , biarkan utuh panjang2, taoge panjang jika suka..( seduh dengan air panas ) karena di beberapa restoran plecing kangkung ada yang pakai taoge panjang..ada juga yang tidak..sesuai selera aja ya..^^
1/2 sendok teh garam ( sesuai selera )
1 sendok teh gula pasir
1 buah jeruk limau belah dua

Bumbu Sambal:
6 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit
1 sendok teh terasi bakar
2 siung bawang putih
6 butir bawang merah
2 cm kencur
1 buah tomat merah

Cara membuat :
Didihkan air dan garam. Masukkan kangkung. Masak sampai layu. Angkat dan tiriskan. Siram dengan air es.
Haluskan bahan sambal.
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum. Masukkan garam, gula pasir, dan air jeruk limau. Aduk rata. Tuangi sedikit air, kira2 50 ml aja. Masak sampai meresap.
Sajikan kangkung rebus bersama tumisan sambal

4 comments :

  1. terasinya harus dibakar ya mbak? kalau digoreng aja enak gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kemaren langsung aja Mak Lidya..di ulek bareng bumbu..soalnya kna di tumis lagi bumbu2nya sampai matang..:)

      Delete
  2. hai mbak didi yg pinter bgt masak.....saluuut deh....suka bgt sama blog ini :) mau tny,jeruk limau itu yg mn ya? apa yg dsebut dg jeruk pecel klo dijatim ? suwun mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat di sini foto jeruk limaunya ya Mba Ratna..:)
      http://www.diahdidi.com/2013/06/jeruk-limau-si-mungil-yang-eksotis-dan.html

      Delete