Tuesday, December 10, 2013

Mie Goreng Kampung



Mie pasar..atau mie kuning basah yang di jual di pasar2..aku kok suka ya..padahal sich minus telur kayaknya dalam pembuatannya. Warnanya kuning tua..dan rasanya sedikit asin. Di banding mie telur buatan pabrik..untuk membuat mie goreng atau olahan mie lain..aku kok lebih suka mie pasar ini. Rasanya..terasa jadul gitu..hihi. Ada aroma khas..yang membedakannya dengan mie telur kemasan. Dulu sich sempat beredar isu mie pasar formalin ini..tapi..mudah kok membedakan mie yang mengandung formalin dan tidak..yang mengandung formalin tuch terlalu kenyal dan nggak mudah putus..kalau yang nggak pake..mudah putus dan empuk. Aromanya juga ketauan kok..kalau pakai bahan2 gitu.


Mie pasar ini paling enak di buat mie goreng kampung yang sangat simple dan sederhana saja..minus daging2 an..hanya pakai sayuran saja..dan di tambah gandum..atau kekian ndeso..paling pas banget. Rasanya gurih dan enak sekali. Perpaduan bumbu minimalis dan mie yang otentik rasa kampung..pas banget. Di makan anget2..sambil nyeplus sabe rawit..enak dech. Yodha juga suka mie kampung ini..walau kadang nggak tega juga..kalau terlalu kampung banget gini buat dia..hihi..karena cuma ada sayuran..jadi buat Yodha dan papinya suka ku tambahkan telur..ayam, bakso dll..tapi kalau untukku sendiri..ya cukup begini saja..seperti nampak di foto...lebih otentik kampung..hihi…dan enak banget..minimalis di bahan2 dan bumbu.
Mie Goreng Kampung

Bahan :
250 gram mie basah pasar
1 buah wortel, iris tipis serong
1/4 buah kol, potong kasar
2 batang daun bawang, iris serong
Kaldu bubuk ayam 1/2 sendok teh ( optional )
Garam secukupnya
2 sendok makan kecap manis
Kekian palsu / gandum goreng secukupnya
Sledri cincang dan bawang goreng  secukupnya

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
1/2 sendok teh merica butiran
1 sendok teh ebi sangrai

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan sayuran, aduk rata hingga syuran layu, tambahkan sedikit air untuk menyatukan bumbu dan sayuran ( cukup satu dua sendok saja )
Masukkan mie dan kekian, serta bumbu2 lain. Aduk rata dan masak hingga matang. Taburi dengan sledri cincang dan bawang goreng. Sajikan dengan cabe rawit..yummy..!
Bahan Kekian Palsu : 200 gram terigu protein rendah, 250 ml air, 1 telur. Bumbu : 1 siung bawang putih, haluskan, 1 sendok teh kaldu bubuk, merica 1/4 sendok teh, garam secukupnya.
Aduk rata tepung, air , telur dan bumbu halus, dan bumbu lain, goreng sesendok demi sesendok hingga adonan habis. Potong2 sesuai selera. Siap di buat campuran mie goreng atau nasi goreng.



2 comments :

  1. Ya mb, aku jg suka bakmi goreng kampung gini. Mengingatkan pada masa kecil di Magelang. Dulu penjualnya keliling dan mangkal di pasar. Bakmi dan capjae kampung ditaruh di baskom blirik ato di panci aluminium. Paling enak dimakan dg disiram bumbu pecel. Hmmmmm.....
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ida..bener..paling enak bersanding sama cap jae Jawa ya..tapi krn males bikin terpisah..kekian ndesonya ku campur sekalian di mienya..enak juga..praktis..hihi. Kalau di pasar di t4 ku di Yogya..makannya pakai sambal tomat Mba..enak ..:)

      Delete