Saturday, December 14, 2013

Ikan Bawal Acar Kuning


Ikan bawal air tawar..termasuk salah satu ikan yang mudah di temui di pasar2 tradisional ya teman2. Ikan ini..di banding ikan laut jauh lebih segar..biasanya. Dagingnya enak..durinya sedikit..jadi paling enak di masak apa aja...di buat ikan goreng..ikan bakar dll. Nah..biar nggak bosan..aku masak versi beda kemaren. Aku buat bawal acara kuning. Hemm...enak dan gurih..asam manis segar...!

Aku suka cara kuning..baik acar kuning sayuran..atau di kombinasi dengan ikan..semua enak. Ikannya di bumbui dulu..kemudian di goreng hingga garing..setelah itu di masak dengan bumbu acar kuning sampai bumbu meresap. Untuk bumbunya..aku juga suka versi komplet..dan nggak pedas, tapi tetep ada ranjau cabe rawitnya.

Untuk ikannya di goreng sampai kering dulu ya teman2..jika mau coba..biar nanti pas di masak dengan kuah..nggak jadi lembek. Jika mau di tambah sayuran boleh..misal wortel. Jadi tambah warna warni dech ikan acar kuningnya. Sajikan dengan nasi hangat yang ngepul..yummy..!
Ikan Bawal Acar Kuning

Bahan :
2 buah ikan bawal tawar ( rendam dengan garam dan bawang putih halus secukupnya )
1 buah ketimun, buang biji, potong panjang
5 buah cabai rawit merah
2 lembar daun jeruk
1 batang serai, memarkan
1/2 sendok makan gula pasir
1 sendok teh cuka masak
1 sendok teh kaldu bubuk atau garam sesuai selera
Air 400 ml

Bumbu halus :
5 butir bawang merah
4 butir kemiri
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica butiran
2 cm kunyit
2 cm jahe
Cara membuat :
Goreng ikan bawal hingga kering. Sisihkan.
Tumis bumbu halus, masukkan air dan bumbu2 lain. Masak hingga mendidih. Masukan ikan bawal goreng, masak hingga bumbu meresap..dan kuah meyusut. Koreksi rasa, terakhir, masukkan ketimun.
Sajikan hangat dengan nasi putih hangat..^^



9 comments :

  1. mba DD, blognya makin cantik deh... ijin catet resepnya ya mba, semoga suami doyan nih, soalnya ikan klo dimasak kuah begini dia ga doyan, suka dibilang ikannya amis, tapi ini digoreng dulu, semoga cocok, abisnya saya ngeces nih liat foto mba DD.... sukses slalu ya untuk ngeblognya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Hannie..mksh..:)
      Silahkan di coba ya..ini nggak amis sama sekali kok..soalnya ikannya udah garing..hihi..kalau mau lebih seger..cuka boleh di tambah sesuai selera..:)

      Delete
  2. Ikan bs dignt yg laen ga mbak? Lalu kl pke bawal,pake nya bawal item ya mbak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba..ikan lain..ikan bandeng juga enak lho..:)

      Delete
  3. makasih juga mba atas resep asinan bogornya :), blum sempet nyoba cos tempatqu diguyur hujan terus hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Aini...sama2 ya...iya Mba..kmrn aku ya bikinnya kok musim hujan..hihi...memanfaatkan bahan2 Mba..:)

      Delete
  4. mantab gan, artikelnya sesuai sekali sm kebutuhan saya. lanjutakan. semoga dimudahkan jln rizkynya dan sehat selalu gan

    ReplyDelete
  5. Info yang sangat bermanfaat sob, ane tunggu artikel lainya, salam

    ReplyDelete