Friday, December 13, 2013

Gimbal Udang


Gimbal udang..sepintas makanan ini nampak seperti bakwan atau peyek udang ya teman2..tapi..bukan. Gimbal udang bukan peyek..bukan juga bakwan udang..nah lho..lalu apa dong ?..hihi. Di tengah2nya dech..lebih renyah dan garing di banding bakwan..tapi..juga tidak segaring peyek..nah lho..bingung ya teman2..?..Daripada bingung..cobain aja dech sendiri ya..nanti akan tau bedanya. Gimbal udang nich luarnya garing renyah..tapi dalamnya masih sedikit basah..chewy, kenyal  lembut gitu..kayak bakwan.

Di Semarang gimbal udang adalah salah satu bahan penting , sebagai pelengkap tahu gimbal..kuliner khas Semarang. Selain itu bisa juga sebagai pelengkap makanan khas Semarang lain..yaitu tahu pong kuah. Enak semua dech. Jika nggak buat campuran makanan tersebut tahu gimbal ini enak sekali juga buat lauk pendamping aneka masakan lain seperti sop..sayuran..dll. Suamiku paing suka gimbal udag begini..jadi..lumayan sering bikin dech..kalu nemu udang yang seger di pasar.

Oh ya..kalau bikin gimbal udang nich..udangnya pilih yang masih segar ya teman2..supaya rasanya manis dan gurih. Pilih juga udang yang kecil2 aja..jangan terlalu besar..supaya bisa renyah luarnya. Udang nggak perlu di kupas..karena jika di kupas..jadi kurang menarik penampilan gimbal udangnya. Tapi makannya hati2 ya..kalau buat anak2..soalnya kan kulit udang dan kepalanya kan agak tajam ya. Kalau buat orang tua sich nggak masalah..pasti bisa dong..mengunyah kulit dan kepala udang dengan baik..hihi. Banyak gizinya lho teman2..kulit dan kepala udang itu. Kalau udang di goreng renyah..kriuk2 enak kok..nggak terasa..kalau makan kulit dan kepala udangnya..enak dan gurih aja rasanya. Selamat mencoba..^^
Gimbal Udang
Bahan :
Terigu protein sedang 100 gr
Tepung beras 50 gram
Udang seger ukuran kecil 250 gram
Bawang putih 2 siung
Ketumbar 1/2 sendok teh
Kaldu ayam bubuk 1/2 sendok teh ( optional )
Garam secukupnya
200 ml ( secukupnya )

Cara membuat :
Bersihkan udang dari kotoran, cuci bersih, kepala dan kulit tidak perlu di kupas.
Haluskan bawang putih dan ketumbar, aduk rata dengan semua tepung dan air, serta bumbu lain, sampai adonan rata dan kental, tapi tidak sekental bakwan ya.
Ambil satu sendok sayur adonan..tata udang di atasnya..lalu masukkan ke minyak yang sudah di panaskan, lalu goreng hingga matang.
Gimbal udang ini..paling enak di buat campuran tahu campur..tahu gimbal..atau tahu pong..dll. Tapi bisa juga di buat lauk pelengkap sayur lain.

No comments :

Post a Comment