Sunday, December 29, 2013

Ayam Kecap



Pagi ini..mau keluar cari sarapan kok rada males..karena udah capek kemaren jalan. Yodha juga bangunnya siang tadi..jadi nggak tega mau bangunin..ya udah..tengok bahan aja di freezer..masih ada sayap ayam 1/2 kg. Langsung dech di masak bentar jadi meu favorit Yodha..ayam kecap. Dan..beneran dech..pas Yodha bangun..langsung sarapan dengan lahap..^^

Ayam kecap nich masakan sederhana sich..mungkin teman2 udah sering buat juga ya..tapi nggak pa2 dech di posting aja..siapa tau berguna buat teman yang baru belajar masak dech. Ayam kecap ini kayak semur ayam sich bumbu2nya..tapi kalau aku ..pakai kemiri juga di bumbunya,.jadi lebih gurih dan jika di masak sampai airnya menyusut..kuahnya bisa pekat dan kental..menyelimuti ayamnya. Nah..kuah kentalnya ini juga udah gurih dan enak banget buat lauk nasi..jadi anak2 pasti suka. Jika di masak lebih kering lagi..sampai kuahnya habis..bisa di lanjut..jadi ayam bakar kecap kok..tinggal di bakar aja di bara api teman2..mudah kan..jadi dech ayam bakar kecap yag enak..karena udah di ungkep dulu di bumbu kecap. Jadi bumbu2nya merasuk sampai ke dalam2nya. 

Untuk membuat ayam kecap ini..aku lebih suka bagian sayap ayam..karena lebih enak dan gurih..dan empuk..bagian favorit Yodha sich..hihi. Kalau bagian ayam lain yang enak..bisa paha ayam juga..atau bagian lain juga boleh sich..misal dada atau separo ayam campur2 gitu..asal di potong kecil2..supaya merasuk bumbu2nya ya teman2. Lebih enak lagi kalau pakai ayam kampung dech..tambah gurih. Tapi aku tadi pakai sayap ayam biasa..juga enak kok. Selamat mencoba ya teman2..jika suka.
Ayam Kecap

Bahan :
1/2 kg ayam ( jika bukan bagian sayap, potong kecil2 ya..), lumuri dengan air jeruk nipis, lalu cuci lagi hingga bersih.
4 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
1 sendok teh gula merah
Garam , kaldu ayam jika suka secukupnya
700 ml air biasa / air kelapa

Bumbu halus :
6 buah bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 sendok teh merica bubuk

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga benar2 matang dan harum, masukkan ayam, aduk hingga berubah warna, lalu masukkan air , dan bumbu2 lain. Ungkep dengan api kecil hingga kuah menyusut dan mengental. Sajikan hangat. Jika mau di buat ayam bakar, masak hingga kuah habis, dan bakar di bara api sambil di oles sisa2 bumbu yang mengental.

19 comments :

  1. Kesukaannya sama banget sama saya dan anak saya mba, Lebih suka sayap. kalau g ada sayap ya Paha.... Eemmm ada yang pernah bilang kalau anak suka makan sayap ayam, ntar anaknya pasti rajin deh... *ko bisa ya... heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Tina...soalnya ..empuk ya...dan kalau di masak bisa meresap bumbunya..kalau dada ayam itu kalau di ungkep..sepo..karena dagingnya banyak..hihi..kecuali dada ayam kampung lho ya. Kalau dada ayam broiler biasa..harus di olah dech kalau buat Yodha Mba..jadiin bakso..nugget..rollade..dll..barud ech Yodh amau makan..:)

      Delete
  2. Nyam nyam enak mba, kira kira klo ditambah kentang gimana mba ?

    Salam
    -- Ari --

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget donk Mba Ari..di tambah kentang..enak..tambah telur rebus juga bisa..tahu juga boleh..tapi tahu yang kulit lho ya..biar nggak hancur..:)

      Delete
  3. makanan favorite anakku tuh, sedappp!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dech Mba SIti..Yodha juga suka banget..:)

      Delete
  4. Barusan nyoba masak td pagi. Wuiii ennaaaakkk... Pakenya ayam utuh si..tp tetep enak :-)
    Mb diah emg mantab. Tfs yah

    -dian-
    #yangsukabangetbacablognyambakdiahdidi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Dian..sippp Mba..syukurlah jika sesuai selera ya..:)..ayo semangat masak yang lain..:)

      Delete
  5. haloo mbak Diah...salam kenal dari saya :) suka banget deh sama resep2nya mbak Diah. foto2nya bagus dan bikin ngiler yang liat . izin nyontek resepnya yaa mbak:) terimakasih.

    Salam
    Ririen-Wellington

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ririen..iya Mba..salam kenal juga ya..:)
      Silahkan di coba ya mba..resep2 di sini..jgn sungkan jika ada yang mau di tanyakan..tinggalkan komen aja ya..:)

      Delete
  6. Mbak Diah, terimakasih banyak atas resepnya ya. Saya sudah coba buat dan suami saya suka sekali :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..sippp...sama2..di sana pake kecap apa Mba..ABC ya..biasanya kalau di luar..:)

      Delete
  7. Jadi mirip bumbu mie ayam benar kah mbak Diah?
    Ida- Nederland

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ida...tggl di potong2 daging ayamnya..hihi

      Delete
  8. hai mbak diah. salam kenal ya aku syofi dari sidoarjo. baru 1 bulan nih aku nemu blognya mbak diah dan langsung jatuh cinta sama resep-resepnya. kebetulan juga aku lagi belajar masak dan tadi malam aku nyobain resep ayam kecap. enak banget ternyata. anakku yang 2 tahun aja lahap makannya apalagi bapaknya. tapi airnya ga sampai susut sih soalnya anakku kalo makan harus pake kuah. terima kasih ya mbak resepnya. jangan bosen-bosen upload resepnya. pasti aku cobain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba..iya nich ayam kecap nich fav Yodha ku juga..emang cocok buat anak2 ya mba...jika suatu saat pgn beda bisa di masak sampai kuah habis terus di baka mba..jadi dech ayam bakar kecap..:)

      Delete
  9. mbak di, dulu aku pernah nyoba bikin ayam kecap koq jadinya ayamnya masih alot/keras itu kenapa ya? apakah harus direbus dulu sebelum nya? thx - susi

    ReplyDelete