Saturday, December 28, 2013

Asinan Bogor



Hujan..hujan..bikin asinan..hihi...gara2 pengen memanfaatkan mangga muda nich..mau bikin rujak kan tambah nggak cocok ya..musim hujan..akhirnya di bikin asinan buah saja..hihi. Tetep enak dan seger kok..anggap aja salad buah ya teman2..^^

Indonesia..aslinya ..kaya ya beragam olahan buah dan sayur..salah satunya yang terkenal ya asinan Bogor ini..udah pasti tau kan teman2. Tapi..daripada jauh2 ke Bogor belinya..ayukk bikin sendiri di rumah..mudah kok..pakai buah apa aja yang ada..boleh..kuahnya juga cuma minimalis bumbunya..cuma cabai merah...gula, garam dan cuka. Cuma...aku pakai cukanya dikit aja..terus aku tambahin jeruk nipis..yag lebih alami. Kalau suka cuka..boleh pakai cuka semua sich..resep aslinya asinan Bogor..biasanya pakai cuka ya..soalnya.

Oke..ini dia resep asinan Bogor..kemaren mba..siapa ya..yang request resepnya..mba Aini..kayaknya ya..selamat mencoba..juga buat teman2 lain yang suka..^^
Asinan Bogor.

Bahan :
Aneka buah sesuai selera, biasanya berisi :
Bengkuang, Pepaya mengkal, nanas, mangga muda, kedondong, salak, ubi jalar..dll. Sesuai kebutuhan aja ya jumlahnya. Semua buah2an di potong tipis2.
Kacang goreng secukupnya
Kerupuk mie..jika suka.

Kuah :
6 buah cabai merah ( sesuai selera )
1 L air matang.
200 gram gula pasir
1 sendok teh garam
3 sendok makan cuka ( kalau aku 1 sendok makan cuka plus air jeruk nipis )

Cara membuat :
Campur semua bahan dalam kuah asinan, diamkan 2 jam hingga meresap.
Sajikan dengan taburan kacang dan kerupuk.


7 comments :

  1. belum pernah makan asinan bogor, terakhir ke Puncak, asinannya merah semua, ngeri takut ada pewarnanya... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dari cabe merah Mak Riski sebenernya warna merahnya..tapi nggak tau juga ding..jika ada yang di kasih pewarna ya..bikin sendiri Mak..lebih alami warnannya..:)

      Delete
  2. Haduhh main2 ke blog mbak Diah malah jadi ngilerrrr hehehe. Suegeeer banget tuh mbak keliatannya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Sachi..seger..walau di musim hujan nich..kayak salad buah aja..:)

      Delete
  3. mba diah, cabai merahnya kalau dibikin kayak gini jadinya 'wangu' ga sih mba? dulu aku pernah bikin manisan pake cabai rawit mentah gitu jadinya wangu mba, lebih suka pakai cabe bubuk. Bagi tips-nya dong mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba...setelah di haluskan..di siram air panas dulu cabainya Mba Amal..biar nggak langu..:)

      Delete
  4. eh baru sadar salah sebut, iya langu maksudnya mba :D. Makasih ya mba diah tips-nya, segera dicoba ^_^

    ReplyDelete