Monday, December 16, 2013

Lapis Singkong Coklat


Masih..edisi jajanan dari singkong...hihihi..! Kalau di buat buku..kali udah jadi satu buku ya teman2..jajanan singkong di blog ini..soalnya sering banget ngolah singkong..^^ Ya penting..rasanya enak..dan bahannya murah meriah..pasti dech ..akan selalu masuk dalam postingan blog ini..hihi. Kali ini aku bikin lapis singkong..kayak yang aku buat belum lama..tapi aku modifikasi rasa coklat. Karena baru uji coba..rasa coklatnya aku buat selapis dulu..takut nggak enak gitu..hihi..tapi ternyata..enakk lho..! Sipp next time bisa di banyakin lapisan coklatnya. Kemaren biar tetep keliatan berlapis2..yang tengah aku kasih gula merah..terus yang bawah tetep warna putih. Pertama yang tengah mau ku kasih rasa moka..jadi tetep bisa berlapis kan warnanya..coklat muda gitu..cuma masih ragu2..takut nggak enak..ya udah..cari aman..kasi gula merah aja..yang jelas2 enak kan..^^



Resep masih sama..kayak lapis singkong yang aku posting kemaren..cuma karena ada yang pakai gula merah..akhirnya adonan setelah di campur dengan santan dan agar2..aku ambil 1/3 bagian..kemudian aku beri gula merah..sisanya pakai gula putih biasa. Nah..yang dua pertiga ini..di bagi lagi jadi dua bagian..satu bagian di tambah coklat bubuk 1 sendok teh dan 2 tetes pasta coklat, yang satunya biarkan putih. Selanjutnya..prosesnya sama kayak bikin lapis singkong warna warni. Kukus dulu adonan pertama 15 menit, tumpuk aodnan kedua, kukus lagi 15 menit, lalu tumpuk lagi adonan terakhir, lalu kukus selama 20 menit hingga matang. Tunggu dingin dulu..baru potong2 dan sajikan dengan kelapa parut. Oke..selamat mencoba ya teman2..jika suka. Resep dasarnya..silahkan klik di sini. Gula yang di pakai   untuk 2/3 adonannya di sesuaikan selera saja ya manisnya..kmrn lupa nimbang...kalau semua adonan lapis warna2 kan pakainya sekitar 200 gram..jadi kalau 2/3 adonan..ya di kurangi saja dari itu ya jika mau coba.






8 comments :

  1. Replies
    1. Iya Mak Lydia..biar nggak bosan..hihi

      Delete
  2. Kue dari ubi kayu aku suka banget,maklum lidah orang desa.thanks ya mbak diah resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sama Bunda Afifa..aku juga suka singkong..enak kok..:)

      Delete
  3. Singkongnya dpt rezeki pahit mba,coz pesen di tukang sayur ઽϊ kok keras kurang apa ya mba?perlu diperes nda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba..singkong yang nggak pahit..yang bagian kulit dalamnya pink Mba..dan mudah di kelupas..:)..Kelebihan nimbang singkongnya nggak Mba?..Harusnya sich hasilnya empuk..kalau takarannya pas..:) Nggak perlu di peras sich..kan di tambah cairan juga :)

      Delete