Wednesday, December 18, 2013

Cwie Mie Malang



Sisa mie basah yang aku buat kemaren..aku bikin Cwie Mie ..enak sekali juga..karena mie nya fresh dan homemade. Cwie mie adalah olahan mie khas Malang..sebenernya hampir sama dengan mie ayam ..tapi cuma beda di rasa tumisan aja..kalau cwie mie ini..tumisan ayamnya lebih gurih rasanya...karena memakai kecap asin. Kalau mie ayam..cenderung manis tumisan ayamnya, karena memakai kecap manis. Suka semua sich kami kalau olahan mie begini..Yodha dan suami juga suka. Tapi pada akhirnya..kalau kami ya tetep jadinya mie ayam..soalnya pasti makannya pakai kecap dan saus juga..^_^

Cwie mie ini bisanya di sajikan pakai daun selada..tapi karena nggak ada kemaren..ya pakai daun sawi hijau biasa. Tambah pangsit dan bakso..seger dech di nikmati hujan2. Apalagi di tambah bakso dan pangsit..makin sipp dech. Selamat mencoba.
Cwie Mie Malang
( Kuah untuk 3 porsi )

Bahan :
Mie basah / mie kering secukupnya.
Bakso dan pangsit goreng secukupnya.
Bahan tumisan ayam: 
2 siung bawang putih, dicincang halus
2 cm jahe, di geprek
200 gram daging ayam, dicincang halus
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh kecap asin
1 sendok teh gula pasir
1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan kuah: 
1.000 ml kaldu ayam 
2 siung bawang putih, dicincang halus
2 cm jahe, geprek
Kaldu bubuk jika suka..dan garam secukupnya 
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh gula pasir
1 sendok makan minyak untuk menumis
6 batang daun bawang, diiris untuk taburan
6 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan
Daun selada secukupnya ( aku pakai sawi hijau )

Cara membuat :
Tumisan ayam: tumis bawang putih dan jahe sampai harum. Masukkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
Tambahkan garam, merica bubuk, dan kecap asin. Masak sampai matang.( Kalau mau halus lagi cincangan ayamnya..bisa di haluskan lagi dengan food processor, jika tidak ya nggak pa2 ) Sisihkan.
Kuah: didihkan kaldu ayam. Tumis bawang putih dan jahe sampai harum. Tuang ke rebusan kaldu. Masak sampai mendidih. Tambahkan garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai matang.
Penyajian: seduh mie dalam air mendidih. Angkat. Tiriskan.
Tambahkan tumisan ayam. Tabur daun bawang dan bawang merah goreng. Sajikan dengan kuah, bakso dan pangsit jika suka.

6 comments :

  1. Mbak Diah...mau tanya dunks..itu kenapa dibelender lagi ya tumisan ayamnya? kan ayamnya udah berupa ayam cingcang, apa gak ancur dan lembek ya jadinya? kalau ayam cingcangnya aku ganti kornet ayam gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh...itu maksudnya di food processor Mba Intan..salah nulis..jadi biar bisa cincangan halus gt lho..khasnya Cwie mie..beda sama mie ayam yang di potong2 gt ayamnya..tapi ya nggak masalah kok Mba..di cincang pakai pisau juga bisa.

      Delete
  2. Haloo, mbak didi.. aku suka sekali cwie mie, jd begitu liat ini langsung deh pengen hehehe.. apalagi ada pangsit grg & baksonya sgala, lengkap deh. Kl aku biasanya bikin, stelah ayam dipotong kecil2 ditumis dgn bumbu, trus di blender pake grinder bentar aja, trus ditumis ulang sampe berbutir2 (novita eka)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Novita...iya ya Mba,.aslinya lembut banget ya butiran2 ayamnya..:) Papinya Yodha tuch lho mba..sukanya masih ada gigitan ayamnya..kalau buat Yodha cocok banget itu..jadi halus..hihi.

      Delete
  3. Halo Mba Didi salam kenal.. aku bikin ini 2 hr lalu makasih ya resepnya..pada suka aku tmbhin baso sapi sm baso ikan jg hehe..aku bikin sop bola tahu jg kmrn..pada suka jg..resepnya yahud2 mba, aku tiap mlm mlototin smbl ngiler..aku ga tgl di indo skrg soalnya mba jd suka kangen masakan indo. Post trs y mba, ntar aku cb in smua haha..mona

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Mona...sipp Mba..memang kalau tinggal di Indo apa2 musti bikin sdr ya Mba..jadi ambil hikmahnya aja..kan jadi pinter masak..:)
      Ayukk coba resep2 lain.s.emoga sesuai selera juga ya..:)

      Delete