Tuesday, December 24, 2013

Tahu Gejrot


Tadi pagi2 ke toko daging langganan..beli sosis buat Yodha..lumayan nich..libur udah mulai laperan terus dia..jadi lebih baik nyetok bahan2 yang dia suka. Sekalian beli saus barbeque..buat sosis panggang..dan buat pizza...hemmm..hujan2 gini..pas banget dech. Enak..di toko daging langgananku nich selain jual daging..sosis..bakso ..dll..juga jual bahan2 dan aneka saus yang unik dari luar yang nggak ada di supermarket biasa..jadi kalau butuh apa2 ke situ aja. tadi mau beli oregano..bay leave dll.. buat pizza..tapi tak pikir2..kalau terlalu origininal..kayak pizza Italy sausnya..Yodha malah nggak suka nanti..hihi..jadi nggak jadi dech..pakai saus tomato concase ala biasa aja ntar bikin pizzanya. Tapi..kalau ke toko itu..tak pernah ku lewatkan..beli tahu pongnya juga..abis enak banget sich..tahu pongya beda..udah gurih banget. Di bikin apa aja enak..atau di makan gitu aja pakai cabe rawit juga enak.

Tapi bukan aku dong..kalau nggak iseng..di buat sesuatu yang baru tahu pongnya. Kemaren udah buat tahu pong ala Semarangan..sekarang..aku buat tahu Gejrot aja ala Cirebon...rasanya..enak banget juga..seger dan pedes..hihi.Pagi2..nyemil pedes2..nggak pa2 kok..kalau buatku lho..hihi..kan cuma di cocolin ke sausnya..nggak perlu di seruput sausnya. Yang penting udah sempat nyendok beberapa suap nasi kebuli sarapan Yodha..beli tadi. Jadi no problemo makan pedas pagi2..hihi.
Tahu gejrot nich jajanan kahs Cirebon ya teman2..biasa banyak di jajakan oleh pedagang keliling ya. Simple aja sich sebenernya makanan ini. Cuma tahu pong goreng..kemudian di siram saus pedas manis..dengan bumbu utama cabe rawit, bawang merah dan bawang putih, serta gula merah dan kecap. Tapi rasanya..enak banget..seger. Bawang merah mentahnya menyumbang aroma dan rasa tersendiri..beda dengan kuah tahu kecap biasanya yang cuma pakai bawang putih. Hemm..yummy dech pokoknya..mendung2 gini makan tahu gejrot..apalagi tahu pongnya kau goreng lagi..jadi masih hangat2 gitu..enak banget..!

Kalau mau buat tahu gejrot ini..sebaiknya pakai tahu pong ya teman2..soalnya dalemnya berongga kalau di goreng..jadi bisa nyerap kuah tahu gejrotnya..jadinya enak. Kalau pakai tahu biasa..nggak bisa berongga nanti tahu gorengnya. Bisa juga pakai tahu sumedang..kan berongga juga tuch. Mau nggoreng sendiri..atau beli tahu pong atau tahu sumedang siap goreng..no problemo..yang penting kuahnya ini yag bikin enak kok. Selamat mencoba ya teman2..jika suka tahu gejrot..^^
Tahu Gejrot 

Bahan :
10 buah tahu pong kotak goreng

Bumbu , ulek kasar :
1 siung bawang putih
3 butir bawang merah
10 buah cabai rawit hijau ( sesuai selera )
Gula merah 1/2 sendok makan
Kecap manis 1 sendok makan ( sesuai selera )
1 sendok teh air asam jawa encer
Garam 1/4 sendok teh
Air 100 - 150 ml

Cara membuat :
Ulek kasar semua bahan bumbu, tambahkan gula merah, kecap dan air panas. Aduk rata. Koreksi rasa..kurang garam tidak..sesuaikan selera.
Potong2 tahu pong, siram dengan kuah kecap pedas. Sajikan.



16 comments :

  1. Aduh astagaa ngidam banget ini tahu gejrot dari jaman batu mbak *ileran*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...aduch lama amat Mba Mutiara ngidamnya..dari jaman batu ampe jaman tablet nich..:D..ayukk sgr bikin..udah jadi ke Nandisari belum Mba?..Tahu pongnya enak ..udah gurih banget..tggl di gejrot dech...hihi

      Delete
    2. Saking pengennya mbak udah dari kapan ga kesampean trus T_T belom sempet mbak ke Nandisari nya ga ada motor soalny huhuu, pasti yahuud banget yaa rasa tahu pong nya u,u

      Delete
    3. Hemm..ayo pidanh deket rumahku aja Mba..ntar ku krimi tahu gejrot..hihi

      Delete
    4. Nanti aku rebutan cemilan tiap hari sama Yodha hihii (>w<)

      Delete
  2. Salam kenal mba Diah....., saya Rin , suka baca blog nya, inspiratif banget...Skalian izin nyontek resep resep nya yah:)) keluarga ibu saya tinggal di Cirebon, jadi yg namanya tahu gejrot favorit sejak kecil :)). biasanya kalau liat emang yang jual nya ngeracik ga pake bawang putih, isinya cuma bawang merah, rawit,garem,diulek terus diberi cairan sepertinya campuran gula merah, kecap, air asem. Sepertinya kecap nya khas deh, soal nya kalo beli di jakarta rasa nya lain. Jadi resep aslinya hanya bawang merah, malah saya suka minta dibanyakin bawang merah nya hi hi hi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Rin..salam kenal jug aya..mksh infonya yach..iya..krmn liat2 referensi resep beda2 ya..ada yang pakai bawang putih..ada yang nggak..akhirnya aku ikut yang pakai bawang putih..dari tabloid koki resepnya..cuma..aku sesuaikan selera jumlahnya..lebih ku banyakin bawang merahnya..hihi...kpn2 tak coba pakai bawang merah aja dech ..biar tahu bedanya..:)

      Delete
  3. Ya ampun foto kedua itu mba, sambelnya bikin kemecer mbaa... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Amal..ayukk bikin..:)

      Delete
    2. Udah sering bikin pake resep mba diah yg dulu mba, kayaknya hampir sama ya mba sama yg ini, enaaaakk ^_^. Tapi aku pakenya tahu biasa yang dipotong-potong dulu baru digoreng, soalnya jarang ada tahu pong di kulkas, hehehe.

      Delete
    3. Oh iya..dulu aku pernah posting ya Mba..hihi..lupa..saking nyknya masak macam2..:D

      Delete
    4. hihihi saking banyaknya tiap mau masak aku buka blog nya mba diah dulu cari-cari inspirasi kira-kira bahan-bahan yang ada di kulkas mau dibikin apa. Udah kayak gudang resep mbak lengkap banget ^_^. Terutama yg masakan rumahan mba di, aku cocok banget sama resep-resep disini, mungkin karena sama-sama 'ilat jowo' ya mba :)

      Delete
    5. Iya Mba..Yogya..Solo..idem ya masakannya..yang penting ada gurih dan manisnya dikit..lidah kita cocok dech ya..hihi.

      Delete
  4. Nah, ini dia resep yang udah lama kucari
    Bookmark ah :D
    TFS ya mbak didi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Fardelyn..mudah saja lho resepnya..ayukk di buat..:)

      Delete
  5. Akhirnya malem2 nih bikin tahu gejrot mbak Di.... lha drpd kemecer terus lihat sambelnya mbak Diah yo wis mumpung punya tahu pong langsung tak eksekusi... wuenak mbak...resepnya emang lebih enak dari abang2 tahu gejrot yg minim bumbu...:)

    ReplyDelete