Tuesday, December 10, 2013

Ayam Goreng Tepung Krispi..Versi Baru



Ayam goreng krispi….sering banget bikin lauk ini..karena Yodha lagi suka banget. Memang sich..banyak yang jual ya..ayam tepung gini..di pinggir2 jalan juga banyak..kfc..juga..deket sama rumah..belum lagi aneka merk2 ayam goreng tepung lokal bermunculan dech niru2 kfc..di daerah Semarang atas nich..banyak banget sekarang bermunculan versi resto2 fast food kecil ala ayam kfc..hihi...kayak rocket chicken..atau apa lah..banyak dech. Tapi..aku kok lebih suka bikin sendiri di rumah..tetep..lebih bisa di sesuaikan selera dan juga..lebih sehat dan hemat tentu saja..karena paling tidak minyak yang di pakai selalu baru..nggak kayak kalau beli..^^

Aku suka bereksperimen dengan aneka tehnik dan bahan dalam membuat ayam goreng tepung krispi begini.
Jadi..setiap buat ..ada ilmu baru gitu. walau udah nemu resep yang bisa keriting dan renyah..tapi kalau mencoba resep yang sama terus..bosan juga..dan kurang seru..jadi..lebih suka kalau pakai tehnik baru bikinnya..ntah itu perbandingan tepungnya..ntah itu tehnik pelapisannya..pokoknya..selalu mencoba hal baru dech dalam membuat ayam goreng tepung renyah ini. Walau kadang kalau lagi males ngukur2 bahan..ya suka asal cemplang cemplung..yang penting jadi tanpa ukuran..hihi.

Kalau beberapa waktu lalu aku pakai tehnik ayam di celup adonan cair, baru di gulingkan ke tepung kering..seperti resep yang sudah aku share dulu di sini…sekarang aku pakai tehnik yang di celup ke telur dulu, baru di lapisi tepung. Hasilnya..sama2 enak..dan bisa keriting..renyah banget juga. Yodha suka banget..papinya juga..sipp dech.

Untuk menggoreng ayam goreng krispi..tipsnya..minyak..nggak boleh pelit ya..musti banyak, sehingga ayamnya terendam dan bisa matang sempurna sampai bagian dalam2nya. Api juga harus stabil..nggak boleh terlalu panas atau terlalu kecil. Kalau terlalu panas..tepungnya matang cepat..tapi bagian dalam ayamnya belum matang. Kalau terlalu kecil..ayam gorengnya bisa berminyak hasilnya. Jadi..yang sedang2 saja..tapi pas ayam masuk..udah benar2 panas minyaknya. Ayam goreng krispi ini..lebih baik gunakan bagian yang mudah matang dan ukuran kecil..misal bagian sayap atau paha, jika pakai dada..lebih baik di buat fillet tipis2..sehingga rasanya lebih gurih dan lebih cepat matang juga. Selamat mencoba..ya teman2..^^
Ayam Goreng Tepung Krispi

Bahan :
1/2 kg sayap ayam
Air jeruk nipis 1 sendok makan
( Cuci Bersih ayam, lumuri degan air jeruk nipis supaya tidak amis, cuci kembali hingga bersih )
2 siung bawang putih, haluskan
Merica 1/2 sendok teh
Jahe 2 cm, memarkan
Garam secukupnya
( Rendam ayam di bumbu2 di atas yang di beri sedikit air , minimal 1 jam, supaya bumbu2 meresap )
1 butir telur, kocok lepas untuk pencelup
50 gram tepung terigu protein sedang untuk tepung pelapis kering ( bahan A )
Minyak untuk menggoreng

Bahan tepung bumbu pelapis , aduk rata dan ayak : ( bahan B )
Tepung terigu protein sedang 100 gram
Tepung maizena 3 sendok makan
Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh ( optional )
Garam secukupnya
Baking powder 1 sendok teh

Cara Membuat :
Tiriskan ayam, gulingkan ke tepung terigu bahan A. Lakukan satu persatu ya teman2..jangan semua langsung di campur aduk dengan terigu..hihi..biar cakep ayam gorengnya..pastikan semua permukaan ayam terlapisi tepung tipis2, lalu celupkan ke kocokan telur. Lalu lumuri dengan tepung bumbu ( bahan B )..sambil di tekan2 dan di cubit2 agar keriting. Ketok ketokan ayam sebelum di goreng untuk membuang kelebihan tepung. Goreng di minyak panas dan terendam hingga matang dan kering. Sajikan segera dengan saus sesuai selera.


49 comments :

  1. cocok pake nasi anget mbk hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,..pas mendung2 gini ya Mak Hana..:)

      Delete
  2. Mak Diah Didi, besok2 kucontek resepnya yaaaa, makasiih ^_^

    ReplyDelete
  3. Sepertinya lebih pas kalau bikin tepung sendiri ya mbak. Kalau untuk goreng ikan wader samakah resepnya?. Fungsi baking powder dalam adonan tepung itu apa ya mbak..
    #kebanyakan nanya ya...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Enny..kalau beli itu kan suka asin ya tepung bumbu. Kalau wader..pakai tepung beras aja Mak..supaya lebih renyah..:)
      Fungsi baking powder itu biar bisa tambah renyah lapisan tepungnya Mak..:)

      Delete
  4. Harus pakai backing powder ya mak? Ga akrab dengan bahan yg satu ini. Pantas saja resep ayam crispyku kurang essip. terpaksa mengandalkan yang instant itu, tapi tetep aja kurang nyuss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking powder itu buat nambah kerenyahan tepung lapisannya Mak Susi..tapi nggak pake ya nggak pa2 kok..:)..Ayukk di coba ya..:)

      Delete
  5. paling enak yang crispy-cripsy mbaa...tapi lagi mengurangi gorengan niiih...hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Indah..buat Yodha nich..soalnya lagi suka ayam krispi..:)

      Delete
  6. aku klo bikin ayam grng tepung sllu ngga bisa krispi mak didi,,nnti aku pelajari resep mak didi ini bener deh,,biar hasilnya bisa kyk yg di foto :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Bunda Aisykha..di coba dulu ya..jika ada masalah..jgn sungkan komen di mari ya..:)

      Delete
  7. waduh,,, resep yg kemaren ayam taliwang aja belum jadi dieksekusi,,udah ada resep yg bikin ngiler lagi,,, xiixixi ^_^ masuk daftar waiting list nich mbak,,,,, ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Neny..catet aja dulu..klu udah sempat di coba semua..:)

      Delete
  8. baking powder biasanya merek apa ya mbak? bingung saya kalo liat tulisannyo kok nggak ada tulisan baking powdernya, cuman ada tulisan pengembang, pelembut, ovalet (bingung) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di supermarket..setauku ada merk koepoe koepoe Mba Rini..aku selalu beli di TBK sich..jadi udah di kemas gt bentuk kecil2..3 ribuan..coba bilang baking powder gitu di TBK..pasti tau dech pegawainya..:) Atau mungkin pengembang itu ya di t4 Mba..coba di tanyakan saja ke yang jual Mba..kalau pelembut..bukan..itu baker bonus..kalau ovelet..jelas bukan juga..itu bentuknya kayak gel..sedang BP kan bentuk bubuk putih..:)

      Delete
  9. Salam kenal mbak...resep-resepnya oke banget deh...
    Saya jg tinggal d Semarang mbak...Smg bawah tapi hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Diah..mksh ya..:)
      Salam kenal juga ya..wah..namanya sama..tggl juga sama ya..di Semarang..:)..

      Delete
  10. duh, sore2 ujan, liat beginian jd laper..
    cantik banget ya hasilnya, hrs dcoba nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..mksh Mak Nathalia..ayukk di coba ya..:)

      Delete
  11. wahhh ini yang saya cari mba Diah, trims ya ilmunya, saya kalau bikin ayam krispi suka masih mentah dalamnya jadi anak2 engga selera makannya! salam hangat dari Cianjur!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Siti...selamat mencoba ya..semoga anak2 suka..:)

      Delete
  12. Hallo mba Diah, Anak saya juga dooyaaann banget mba sama ayam goreng tepung seperti ini, tapi saya belum pernah nyoba untuk bikin sendiri. *pernah beli diluar tapi ayamnya mengecewakan... seperti ayam kemarin yang tidak laku. Digoreng lagi hari ini,,,, aahh jadinya saya jarang beli deh,,, tapi setelah mba diah postingin resep ini. In Shaa Allah besok saya coba bikin aahh. hari ini lagi nyiap2in bahan2nya.. makasih ya mba Diah untuk resepnya... *HOMEMADE IS THE BEST LAAAAHH....*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Tina..ayoo di coba buat sdr di rumah..biar anak2 seneng...nggak susah kok..
      Tulll Mba,..we love homemade..^^

      Delete
  13. Alhamdulillah mbk,resep ayam krispi nya dah rima cb,.puas sm hasilnya,,dr sekian banyak resep ayam krispi yg dah rima coba ini yg memuaskan.
    klo anakku bilangnya ayam kriuk,,"ayam bikinn mama lbh enak drpd yg kmrn qt beli' gt komennya.senengnya klo dah dpt pujian gt dr dia ^^
    mksh ya mbk buat resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba..:)
      Alhamdulillah Mba Rima..ikut seneng dech kalau berhasil bikin ayam kriuk yang di sukai anak2 ya...:)

      Delete
  14. Mau coba ah.... Backing Powder bisa diganti sama Tepung Beras ya Mak Didi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak usah pake nggak pa2 Mak Anita..BP..kan udah ada tepung maizena..itu bikin renyah juga..:)

      Delete
  15. Mb salam kenal.. Itu ayamnya supaya tepungnya kriting gmn ya mb cara balurnya?... :-) Tina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah di celup telur..di balur2kan ke tepung pelapisnya..sambil di tekan2 dan di cubit2 Mba Tina..:)

      Delete
  16. Thanks mbak Diah ayam goreng nya yummy....!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Isnuriantin..sukses ya bikinnya..:)

      Delete
  17. mbak diah laporan...:D...pagi ini aku masak ini mbak...resepnya mbak diah banyak yg kucontek y...hehehe...

    ayamnya alhamdulillah tampilannya sudah cantik...aku ndak punya backing powder jd kuganti soda kue...apa ndak pa2 ya mbak? padahal aku sudah patah hati dengan ayam krispi ini mbak...habis nyoba2 tampilannya masih kurang yes...sebenarnya yg pengaruh biar bisa keriting itu apanya ya mbak? komposisi tepungnya atau tekniknya?...dulu emang kadang kalo bikin ndak satu2, main tumplek aja...huehehe...dan ndak tak cubit2 spt yg diajarin mbak...jadi hasilnya cuma nempel tp ndak keriting...yg ini alhamdulillah sudah keriting...tp klo rasanya kok menurutku masih kurang kres atau kurang keras sedikit?apa karena backing powder yg kuganti sm soda kue ya mbak? pokoknya ayam krispiku yg ini yg paling bagus selama ini mbak...alhamdulillah...makasih ya mbak...maaf lho mbak komentnya kepanjangan....^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..pakai baking powder aja mba..:)
      Gorengnya tinggal di lamain kalau mau kres banget..tapi jadinya agak kecoklatan nanti ayam gorengnya. semangat ya..coba lagi Mba Lupna..pasti lebih baik..:)

      Delete
    2. Oke mbak diah...insya Allah bikin lagi mbak...semanggattt :D...makasih banyak ya mbak...mbak diah ndak pa2 ya kalo resepnya banyak yg kucontek...:D...semoga mbak diah mendapat balasan dari Allah swt. y mbak...aamiin...soalnya aku ndak bisa membalas apa2 cuma kirim laporan aja :D

      Delete
    3. mbak kalo yang dijual pedangan kaki lima itu tepungnya kok bisa keriting banget dan tepung yang nempel bisa banyak dan tetap krispi...itu pake apa ya mbak?

      Delete
    4. Wah..kurang tau Mba..aku jarang beli di pinggir jalan..hihi

      Delete
  18. Mba didi' sama ayam crispy yg pertama hasilnya lbh crispy yg mana? Kalo resep yg ini lbh banyak tepung maizenanya kan? Zee, thank mba didi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..lupa aku Mba..hihi..sama2 krispi sich asal nggorengnya sampe krispi..:)

      Delete
  19. kmaren nyoba buat n beneran enak bgt.udah beberapa kali buat sllu gk jd.akhirnya ktemu resepnya mbk diah ini.suami sukaaa bgt.jd semangat masasak.hehe..thank yaa mbakk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Nov...iya ndak usah beli ayam krispi lagi ya..kalau udah bisa buat sdr di rumah..:)
      Ayukkk semangat masaknya..:)

      Delete
  20. Dear mba Diah...wah seru sepertinya resep ini...mumpung pagi dan libur coba ah...untuk surprise suami biar makin sayangg..hehee... tpi klo tepung maizena dganti tepung sagu bolehkah Mba? Adanya sagu tani sisa buat kering keju nih. Pripun mba? Maturnuwun....

    ReplyDelete
  21. ijin nyontek resep ya mba, pasti enak n anak2 suka nih,,,

    ReplyDelete
  22. dari ayam krispy embak dapet pahala...thanks ilmunya empat ibu jari

    ReplyDelete
  23. Kmrin dh coba resp ayam ni,hsilny krispi bgt.anakkku suka,mksih mbak.tpi masalahnya ko dh dingin bentaran aja krispinya kq kriuk lg,ada tipss utk mpertahankn kriuknya gk mbak?

    ReplyDelete
  24. susah mbak....segala cara sdh saya coba...hslnya msh kurang kriuk...di wajan kering di taruh di piring 30 menit saja sdh lembek...

    ReplyDelete