Wednesday, December 4, 2013

Bakmi Ketoprak


Bakmi ketoprak...mungkin agak kurang familiar ya teman2 nama makanan dari Solo ini. Ya memang..karena di Solo sendiri yang jual bakmi ketoprak juga cuma sedikit. Ada dua warung bakmi ketoprak yang terkenal di Solo..yaitu warung bakmi ketoprak Yu Nani..salah satunya yang ada di Jl. Pandu Dewata, Kartopuran, Solo.
Jl Pandudewanata, Kartopuran, Jayengan, Serengan, Solo

See more at: http://terasolo.com/kuliner/bakmi-toprak-yu-nani.html#.dpuf
Jl Pandudewanata, Kartopuran, Jayengan, Serengan, Solo

See more at: http://terasolo.com/kuliner/bakmi-toprak-yu-nani.html#.dpuf
Jl Pandudewanata, Kartopuran, Jayengan, Serengan, Solo

See more at: http://terasolo.com/kuliner/bakmi-toprak-yu-nani.html#.dpuf

Namanya unik ya teman2..bakmi ketoprak..apa hubungannya sama ketoprak coba ya?..Ketoprak adalah salah satu kesenian tradisional khas Jawa..seperti pertunjukan teater atau drama tradisional gitu..yang menceritakan cerita sejarah kerajaan di Jawa pada jaman dahulu. Nah..konon ceritanya ..menurut beberapa sumber yang aku baca..menu bakmi khas ini..dulu hanya ada ketika acara Lebaran dan menanggap ( mengadakan pertunjukan ) ketoprak tersebut. Jadi itulah kenapa di namakan bakmi ketoprak. Begitulah kira2 ya..mohon di maafkan jika ada yang kurang infonya..hihi..secara aku bukan wong Solo asli..jadi cuma dari baca2 gitu.

Nah..aku suka bakmi ketoprak nich karena unik..campurannya banyak..gado2 dech pokoknya. Di warung bakmi ketoprak Yu Nani..katanya menggunakan 12  bahan. Aku cukup apa yang ada aja dech kemaren...tapi kayaknya cuma minus sosis Solo sama cakwenya aja. Bayangkan dech betapa penuh isi dari bakmi ketroprak ini teman2..semua bahan di susun di piring..ada mie, tahu tempe goreng, taoge, kol, kacang tanah, irisan daging tetelan / koyoran, kemudian di siram dengan kuah bening yang segar, karena bumbunya minimalis saja. Rasanya tentu saja enak..segar dan gurih. Di makan panas2..di cuaca dingin begini ya cocok banget.

Ini dia resepnya ya..aku modifikasi dari tabloid koki..kalau di tabloid itu malah cuma mie kuning, taoge dan kol aja..nggak pake daging pula...tapi aku ikut aliran yang asli dari Yu Nani..aku isi macam2 komplet..pakai bihun, plus pake daging..cuma kurang sosis Solonya..karena nggak ada bahan buat bikin kemaren.
Bakmi Ketoprak

Bahan :
250 gram daging tetelan, rebus sampai empuk dengan api kecil sampai kelaur kaldunya, ukur kaldunya 600 ml
Mie kuning basah 200 gram , bihun beras 100 gram, rebus sebentar
Tahu 3 buah
Tempe 1/2 papan
Kol 50 gram , iris tipis
Taoge 75 gram, seduh dengan air panas
Kacang tanah utuh goreng 25 gram
Kerupuk kanji secukupnya
Sosis Solo basah ( aslinya pake, tapi aku pas nggak ada bahan..jadi nggak pake )
Cakwe  secukupnya ( aku nggak pake )
Bawang goreng dan sledri iris secukupnya

Pelengkap : kecap dan sambal cabai rawit secukupnya

Bahan Kuah :
Air kaldu tetelan 600 ml
1 sendok teh kaldu sapi bubuk dan garam secukupnya
Bawang putih 3 siung, haluskan
Merica butiran 1/2 sendok teh, haluskan
Gula pasir 1/2 sendok teh

Cara Membuat :
Rendam tahu dan tempe dengan sedikit garam, lalu goreng hingga matang. Potong potong kecil.
Tumis bawang putih dan merica hingga harum, masukkan air kaldu dan daging tetelan, serta semua bumbu. masak hingga mendidih dan bumbu meresap. Koreksi rasa.
Susun semua bahan2 di mangkuk secukupnya, tuagi kuah panas, sajikan dengan kerupuk kanji dan sambal serta kecap manis.

12 comments :

  1. aku yang orang Solo asli malah nggak tau asal-usul bakmi thoprak ini. Taunya makan doang, hahaha....Kalo bakmi thoprak aku kok seneng yang versi kampung ya mb Diah, alias minus sosis dan cakwe.
    Rasa bakmi thoprak yang unik ini yang bikin kangen. Kuahnya gabungan antara sup dan soto. Padahal aku doyan juga baru 15 tahun yang lalu. Jaman aku kecil nggak doyan, habis bingung sama rasanya yang kayak sup dan soto hihi...Ini makanan favorit alm ibuku. Dulu aku sering disuruh beli di warung tetangga. Masih murah, beli Rp.1500 udah dapat satu rantang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..aku juga cuma dari baca Mba..sejarahnya si bakmi ketoprak ini..:)
      Kalau di Yu Nani tuch komplet banget Mba..sampai 12 bahan..hihi..Aku suka sosis Solo..tapi males aja bikin kmrn. Iya..rasanya seger ya..ringan aja.ky sop..:)

      Delete
  2. wah..baru denger ada makanan namanya bakmi ketoprak, taunya ketoprak jakarta :)
    aih..jadi pingin maen ke solo, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Nisrina..ada..di Solo emang enak2 Mba..makanannya..:)

      Delete
  3. Mbak Diah, resep sambel yg difoto itu apa yaa mbak..? Bisa untuk sambel soto jg gak mbak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Finah..bisa banget buat sambel soto..rawon..gule..dll..resepnya mudah banget..cukup cabe rawit secukupnya sama satu siung bawang putih..di rebus..terus di ulek..kasih garam dikit Say..:)

      Delete
  4. Ini dia makanan wajib tiap saya ke Solo selain Salat Solo. Kangen juga 'coz dah 8 thn ngga nikmatin bakmi kethoprak yu Nani. Biasanya dlm campurannya, ada yg disebut gatot. Mbak Diah tau ngga terbuat dari apa gatot itu ? Tks artikelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas..sama2..gatot atau otot Mas..?..Soalnya aku baca2 kok nggak ada gatotnya ya di mie ini..atau yang Mas maksud daging atau sapi atau biasa di sebut koyor gt ?

      Delete
  5. Gatot itu berupa gorengan dan kl digigit agak kenyal.. sptnya dari singkong. Sy kl pesan selalu tanpa gatot. Di artikel berikut ini disebutkan http://www.suaramerdeka.com/harian/0208/02/slo6.htm

    ReplyDelete
  6. Aku suka makanan yang satu ini, dulu waktu kecil sering makan yang versi sederhana, tetelan cuman dikit nggak ada sosisnya..... tapi rasanya terkenang sampe sekarang.....

    ReplyDelete
  7. Mbak diah seneng bgt dapet artikel ini. Kangen sekali dengan kuliner solo yg ini. Genap 3 tahun g bisa pulang ke solo. Semakin kangenn 😢

    ReplyDelete