Tuesday, December 17, 2013

Tahu Pong Kuah Khas Semarang



Mungkin..banyak orang hanya tau makanan khas Semarang itu yang terkenal..yaitu lumpia rebung..tahu gimbal..bandeng presto. Padahal..masih ada banyak kuliner lain khas Semarang...salah satunya..tahu pong kuah. Apa itu?..Aku juga bingung sich...mau di bilang cemilan atau makanan berat ya..tahu pong kuah ini..kalau cemilan..makan seporsi kok ya mengenyangkan..hihi. Kalau di bilang makanan berat..tapi isinya kok ya cuma lauk semuanya..dengan bahan utama tahu pong, di tambah telur rebus yang di goreng dan juga gimbal udang. Mungkin itulah mengapa makanan ini di sebut tahu pong..ya karena bahan utamanya tahu pong..hihi. Tahu pong..tau ka teman2 ya..yaitu tahu yang jika di goreng tengahnya kopong. Tahu pong ini..katanya..dulu asal mulanya adalah perpaduan..antar masakan Cina dan masakan lokal..semarangan.

Di Semarang banyak penjual tahu pong kuah ini..salah satunya yang terkenal..ada di Jl Gajah Mada Semarang. Dulu..jaman awal2 nikah..sering makan di sana. Sekarag sich..lebih sering bikin sendiri di rumah. Mudah kok..cuma tahu pong aja di goreng.Kalu males nggoreng..bisa beli tahu pong goreng yag siap makan..kan banyak tuch..di supermarket..hihi. Isian tahunya ada dua jenis..yang benar2 garing, yaitu tahu pong yang kosong dalamnya..dan juga tahu emplek..yaitu tahu yang dalamnya masih padat dan putih. Tahu yang di gunakan untuk tahu kopongnya ya paling baik tahu pong..atau tahu Sumedang, sedang tahu empleknya bisa menggunakan tahu Surabaya tahu Cina, atau jenis tahu lain yang padat gitu. Di supermarket banyak kan ya teman2..macam2 tahu.

Tahu pong ini di sajikan dengan kuah kecap pedas manis..dengan cita rasa bawang putih yang menonjol..serta gurih juga..karena memakai petis. Tahu pong bisa di sajikan dengan di siram kuahnya..atau tahunya, dll yang di celupkan ke kuahnya..sesuai selera saja lah cara makannya. Kalau aku lebih suka kuahnya di siram semua ke tahu dan pelengkapnya..jadi enak..kerasa semua ..makan sambil nyeruput kuah pedas dan sedikit asam karena di campur acar lobak..enakkk...! Ada juga..orang yang makan tau pong ini dengan nasi..hihi. Wah..kalau aku ya nggak kuat..lha makan seporsi aja udah kenyang kok..apalagi tambah nasi..^^

Ini dia resep tahu pong khas Semarang ya teman2..silahkan di coba..jika suka..^^
Tahu Pong Semarang

Bahan :
Tahu pong, mau siap pakai atau goreng sendiri, silahkan. Kalau goreng sendiri di rendam bawang putih dan garam dulu ya. Kalau aku sich..pakai tahu pong udah siap goreng..hihi.
Tahu empleknya yang aku goreng sendiri, dari 100 gram tahu Surabaya yang di potong kotak, kemudian rendam air bawang dan garam, terus di goreng.
2 butir telur, rebus di goreng hingga kulitnya kecoklatan, potong2
Gimbal udang secukupnya, resepnya sudah aku posting sebelumnya, silahkan klik sini
Acar lobak secukupnya ( lobak yang di iris tipis2, kemudian di rendam di larutan garam, gula , dan cuka secukupnya )

Bumbu kuah tahu pong :
2 siung bawang putih, haluskan
10 buah cabe rawit hijau, haluskan
2 sednok makan petis udang ( sesuai selera )
2 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
1 sendok teh gula merah
1/2 sendok teh garam
300 ml air

Cara membuat kuah :
Rebus semua bahan hingga mendidih. 
Koreksi rasa. Sajikan dengan tahu pong dan pelengkap lain.

4 comments :

  1. Bertahun2 di tembalang ga pernah makan tahu pong yaampuuun *tutupmukamalu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..memang kalau di Semarang atas jarang yang jual kok Mba Mutiara..kebanyakan di Semarang bawah..paling enak yang di jalan Gajah Mada itu..:)

      Delete
    2. Kalo ke gajah mada dulu kejauhan, delivery order dari rumah mbak aja gimana ? Hihii :p

      Delete
    3. Hihi...iya..aku juga suka males turun ke Semarang bawah..berasa turun gunung kita ya Mba..:D

      Delete