Saturday, November 16, 2013

Lapis Singkong


Di banding bikin cake2..aku memang lebih sering bikin jajanan tradisional ya..padahal pengen juga sering2 praktek bikin cake2..cuma..nggak ada yang ngabisin..hihi, paling2 aku makan sendiri..terus ku bagi2 ..lha suami dan anak..nggak suka cake2 gitu. Sendainya mereka suka..wah..bisa tiap hari kali baking aku. Tapi ntar dech buat variasi..tak coba bikin cake2 yang baru yang belum pernah di buat..sapa tau mereka mau ya..^^. Jadi sementara..bikin lapis dulu dech....bukan cake lapis...tapi..lapis singkong..hihi. Lha..kalau ini..suamiku kok malah doyan..sekali makan bisa habis 3 potong. Walaupun Yodha..tetep..*alergi singkong* katanya..hihi. Yo wis..yang penting salah satu suka..kalau Yodha..gampang..tinggal bikinin martabak manis atau wafel..udah anteng dia..cemal cemil. Wah..repot ya..kalau suami dan anak sukanya cemilannya beda2,..tapi ya..nggak masalah...buat mereka..apa sich ya enggak di lakukan ya..kan teman2.

Oh ya..aku sering bikin lapis singkong ini..cuma biasanya males nge layer2 dengan benar..jadi suka asal ku tumpuk..aja beberapa warna langsung kukus..Jadi hasilnya nggak beraturan gradasi warnanya. Nah..kemaren lagi rajin nich..di kukus selapis demi selapis..jadi hasilnya bisa bener2 berlapis warnanya..cantik dech. Lapis singkong ini sebenernya resepnya sama kayak sentiling yang dulu pernah ku buat..cuma kalau lapis singkong ini pakai santan , jadi lebih gurih. Di makan sama kelapa parut..wah..tambah enak lagi. 

Rasa lapis singkong ini..empuk..lembut tapi sedikit kenyal..legit dech pokoknya..karena ada tambahan agar2 bubuk. Cemilan yang cukup mur mer..tapi hasilnya enak banget..nggak kalah dech sama yang di jual di bakery gitu teman2..hihi..*pede..*..mbandinginnya sama yang di bakery..bukan yang di jual di pasar.,..hihi..soalnya emang yang di jual di pasar..suka asal2 an kalau bikin jajan pasar, jadi aku suka beli jajan pasar kalau lagi males bikin sendiri di salah satu bakery di sekitar tempat tinggal ku..yang jual aneka jajan pasar juga..aku paling suka lapis singkongnya..dan rasanya yang sama kayak yang aku bikin ini. Jadi..ayukk cobain ya..teman..jajan pasar mur mer yang enak ini..modalnya dikit ..hasilnya..oke..cuma perlu telaten aja ya bikinnya.
Lapis Singkong 

Bahan :
800 gram singkong
1 bungkus agar2 lain
1 gelas santan ( kira2 250 ml )
180 - 200 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
1 bungkus kecil vanili
Cara Membuat :
Campur semua bahan, aduk rata
Bagi menjadi tiga bagian sama rata, beri warna sesuai selera
Siapkan loyang kotak sesuai selra, alasi dengan palstik tebal. Kukus adonan satu warna selama 15 menit, tambahkan adonan satu lagi warna lain, kukus selama 15 menit, tambahkan lagi adonan terakhir, kukus selama 20 menit

Tips :
Dinginkan lapis singkong sampai benar2 dingin, baru di potong2. Jika perlu masukkan ke kulkas sebentar agar lebih padat.
Alasi pisau dengan plastik agar lebih mudah memotong dan bisa rapi potongannya
Gunakan pewarna makanan saja, jangan pasta yang ada rasanya..karena akan merusak rasa asli lapis singkongnya.










44 comments :

  1. salah satu daftar yang mau dieksekusi ya lapis singkong ini, tapi kok ya belum kelakon. Mbayangin kenyil-kenyilnya itu loh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rina..enak..kenyil2..lembut.ayo tho segera di eksekusi..kalau udah niat..cepet kan bikinnya..:)

      Delete
  2. Assalamu'alaikum. .
    Pagi mba.. hihi emg susah y mbak kalau dirumah seleranya beda.. dirumahku pada dasarny semuanya makan cake juga jajanan pasar cuma ya itu harus yg bener" enak kalau gak ya terima nasib aku harus ngabisin sm mama hehe..
    Kalau alm.abi sm kakakku susah bikinin makanan perfect buat mereka ada aja yg aku bikin yg kuran (karena mereka juga pinter masak) nah berhubung yg suka baking cuma aku ya jadi tetep ada pujianlab walau dikit tapi aku malah seneng buat jadiin mereka tester hihi karena mereka tuh jujur dan selalu buat aku untuk utak atik resep supaya jadi perfect. . Haha
    Nah kalau adik mamaku yang kecil, mamaku dan adikku malah selalu bilang enak makananku.. ininih yg selalu jadi penyemangat dirumah haha..
    Nah belum lagi nenekku yg gak makan susu dan telur.. jadi kalau keluarga lagi dateng ke jakarta tukang kueny harus puter otak bikin cemilan yg sesuai dgn lidah smw org rumah.. haha
    #malahNgalurNgidulIni #TutupMuka. .
    Back to topic. .
    Telatennya mbak diah.. jajanan pasar tuh susah mbak bikinnya tapi karena ini kata mbak udah mirip d bakery ini masuk list kue yg mau dicoba #noted..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wass..Zie..wah..nggak pa2 kok..seneng lho..denger cerita Zie soal selera masing2 di keluarga..apalagi kalau jumlah keluarga banyak ya..tambah pusing itu..hihi..tapi ..tetep semangat ya..masakin mereka..kan jadi bisa belajar macam2 tuch..beda sama misal satu keluarga besar seleranya sama..nggak perlu mikir dan belajar macam2 resep..memang Ibu..Mama kita...is the best ya..karena merekalah yang jadi pendukung dan penyemangat...apapun hal baik yang kita lakukan..ayukk..tetep semangat..dan sekali2..cobalah bikin jajan pasar juga selain baking..seru juga lho..:)

      Delete
    2. Sejutu sm mbak (mslh mama n kluarga) hihi mereka memang penyemangat..
      Iy mbak insya allah..
      Iy mbak mmg seru kalau jajanan pasar haha krn sebenarnya lebih tricky dr kue luar.. dr jumlah jajanan pasar yg kubuat 40% gatot 30%perfect 30% lagi hasilnya lumaya haha..
      Salut deh mbak telaten dan seringnya mlh bikin jajanan pasar (sst jgn bilang" y jajanan pasar sllu mmbuatku bertekuk lutut karena banyak hal kecil yg harus diperhatiin hihi)

      Delete
    3. Yapp..ayukk di coba ya Zie..semangat..bikin jajan pasar.dan di tunggu ceritanya ya..:)

      Delete
  3. Replies
    1. Ya ..telat Mak Uniek..udah habis dari kemaren..hihi

      Delete
  4. Asyik nih dapat variasi olahan singkong. saya biasa bikin juga mba tapi nggak pakai santan resepnya. Sepertinya lebih gurih nih punya Mba Didi karena pakai santan. Kapan-kapan tak coba nih resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ety..tambah gurih dan legit..pakai santan..met coba ya Mba..:)

      Delete
  5. Heemmmm........ suka banget ama kue ini mba.... mau pake santan atau gak teutep aja nikmat... warnanya itu lho yg bikin ngileeer,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh..kok sama kayak aku Mba Zulfa..suka semua..baik yang pakai santan atau tidak..tetep suka jajanan ini..hihi...enak semua ya Mba..:)

      Delete
  6. Wah favorit deh jajanan dari singkong, ini hasilnya berapa banyak mbak ? Kalo buat sendiri kan ga mungkin 800gr._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadinya satu loyang loaf yang biasa buat banana bread tuch lho Mba Mutiara..tapi 800 gram itu nggak banyak banget kok mba..untuk ukuran singkong..mentahnya beli sekilo aja..3 ribu...hihi..terus setelah di kupas dan di parut jadinya 800 gram singkong parut. Kalau kurang dari itu..ribet membagi adonan jadi 3 mba..hihi..jadi lebih baik buat segitu..terus di bagi2 aja..hihi.

      Delete
  7. hay mba, hari ini aku bikin lapis singkong ini juga, tapi minus santan dan agar2.... rasanya lembut dan legit mba, perpaduan manis dan gurihnya kelapa memang klop deh...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Lina..memang enak..aku suka kenyil2nya itu lho Mba..kalau di tambah agar2..jadi lebih enak ..:)..dan suami juga suka..jadi lumayan sering bikin..:)

      Delete
  8. Mba ini singkongnya diparut manual gtu ya?? Lumayan capek donk mba?? Ato ada khusus parutan singkong ya?? Hehe

    ReplyDelete
  9. Hihi..ya iya tho Mba..musti di parut manual..kala jajan pasar..tapi mungkin di pasar tradisional bisa mba..minta di parutin di tukang parut kelapa yang emsin itu lho..:)

    ReplyDelete
  10. mbak diah ak dah coba resepnya enak n kenyal, tp lembek mbak, jd g bs di potong kotak2 dan rajin kayak py mbk diah, apa gara2 singkongnya gak aku peras ya mbak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga nggak ku peras Mba Ratna..karea biasa pakai singkong jenis yang mempur dan keset dan nggak byk air..Mba..pakai singkong jenis apa ?..Yang banyak airnya kah ?
      Atau mungkin belum di dinginkan dulu ya?..Kalau dari kukusan baru mateng..jgn langsung di potong..diamkan dulu sampai benar2 dingin..dan set atau kalau perlu masukin kulkas sebentar..tapi jangan kelamaan..klu kelamaan jadi keras klu di kulkas..:)

      Delete
  11. mbak Didi..saya dah nyobain bikin lapis singkong. enaakk..top abis deh resep mbak Didi :) maturnuwun yaa mbak

    ReplyDelete
  12. mba resepnya kayaknya enak2, tapi ukuran bahan2nya itu klo bisa dikonversi mb, misalnya ke sendok atau gelas, jangan pake gram deh mb, soalnya kita mesti nimbang lagi, makasih ya mb resep2nya :-)

    ReplyDelete
    Replies

    1. Kalau aku kalau bikin kue2 lebih suka menimbang bahan sich Mba..lebih akurat...tapi kalau mbanya mau pakai cup..silahkan di konversi sendiri...ada kok takaran ukurannya liat di sini ya : http://www.diahdidi.com/2013/06/koversi-cup-ke-gram-berdasarkan-jenis.html

      Delete
  13. saya kemarin baru nyobain resep ini...hasilnya lumayanla tidak mengecewakan :D resep2 simple ala mba diah memang sangat membantu bagi pemula yg ingin belajar masak kyk saya :)

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Ak terlalu banyak tanya jgn bosen ya,mb ? udah dapet singkongnya sesuai gb. pink. Kalau singkongnya mis diperas untuk dibuang airnya kalau ada, kenapa kok harus ditambahi air atau santan? bukankah cukup dikurangi air/santan, bila singkongnya berair gak usah diperas. trims atas tips milih singkongnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Jenny..no problem..:)

      Supaya memudahkan takaran resepnya mba..kan kita nggak tahu..singkong yang kita dapat berair atau tidak..kadang2 kalau singkong mudah udah di panen suka berair..kadang2 juga kest..nah...susah kan..ngira2 takaran cairannya..kalau berdasarkan singkongnya..jadi lebih enak..kalau singkongnya di sama ratakan keset..jadi cairannya bisa di takar sesuai resep..:)..Beda jumlah cairan ..hasilnya juga beda Mba..kalau kurang hasilnya bisa keras, kebanyakan..jadi lembek..:)

      Delete
  16. Mba diah.., aku suka banget mampir ke blog mba diah. tadinya mau ninggalin jejak cuma malu aku masih pemula untuk masak-memasak hehe.. Kali ini memberanikan diri karena aku pengen belajar banyak dari mba diah.. boleh kan mba.. Aku pengen nyoba ini mba, tapi untuk kelapanya apakah tidak di kukus? atau cukup pake kelapa yg udah diparut aja mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Icha..nggak perlu malu mba..bisa karena biasa..hihi. Semangat ya..belajar masaknya..iya sama2 belajar yukk.:)
      Di kukus Mba..kelapanya biar nggak cepat basi..:)...lupa nulis..:)

      Delete
  17. Terima kasih mba diah.. :-)
    Kalo dikukus berapa lama mba? terus Kelapa yg udah diparut langsung dikukus? ga perlu dikasi apa2 mba? kalo dikukus kelapanya biasanya tahan sampe berapa lama mba?
    Maaf ya mba diah banyak nanya coz aku bener2 masih pemula hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kasih garam dikit Mba..di kukus 10 menit..tahan sampai bsk jika hari ini bikin..tp taruh kulkas ya..:)

      Delete
  18. Hmmm pasti enak nich mbak di...aq jd ngiler :p,sayangnya dirm ayah sm anaknya sukanya cm digoreng n dikasih keju parut...tp kapan" hrus dicoba mbak hehehe "indri"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Indri..di coba dulu mba..siapa tahu jadi suka setelah nyicip..suamid an anaknya..:)

      Delete
  19. Hi mbak, kalo singkongnya diganti ubi apakah bisa? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah coba sich aku Mba..pake ubi..:)

      Delete
  20. Halluuww mbak Diah, ijin mampang resepnya di blog saya yah. Canteekk bgt n menggoda nih. Makasih ya mbak, semoga barokah (",) http://mumusugi-kitchenette.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. Halo mba Diah, saya udah cobain nih resepnya... mantep banget deh, ini camilan kesukaan saya dari jaman masih ingusan hehehe.. Saya ijin share juga ya mba, makasih bnyk sebelumnya :)

    Dwi

    ReplyDelete
  22. Halo mba diah... sy selalu suka dg resep2 mba diah. Krn selalu ada cerita yg menarik. Ditambah penjelasannya yg gamblang.
    Mw tanya mba... singkongnya diperas dulu atw tidak?
    *maaf nama akun laki2,nama anak sy.

    ReplyDelete
  23. Halo mba diah... sy selalu suka dg resep2 mba diah. Krn selalu ada cerita yg menarik. Ditambah penjelasannya yg gamblang.
    Mw tanya mba... singkongnya diperas dulu atw tidak?
    *maaf nama akun laki2,nama anak sy.

    ReplyDelete
  24. Halo mba diah... sy selalu suka dg resep2 mba diah. Krn selalu ada cerita yg menarik. Ditambah penjelasannya yg gamblang.
    Mw tanya mba... singkongnya diperas dulu atw tidak?
    *maaf nama akun laki2,nama anak sy.

    ReplyDelete