Google Ad

Thursday, August 29, 2013

Tips Sukses Membuat Cake


Sering banget Diahdidi's Kitchen di Fb..mendapat pertanyaan inbox dari teman2..seputar pembuatan cake..dari tehnik paling dasar..sampai penyebab gagalnya cake jadi bantat..dll. Nah..mumpung agak selo..*halah..gaya..padahal tiap hari ya selo..hihi..* aku tulis tips sukses membuat cake ya teman2..semoga menjawab semua pertanyaan..dari beberapa teman secra lebih detail lagi..dan ..kalau lupa nich..tinggal liat lagi aja di sini ya..tips2nya. Emang..membuat cake ini..susah2 gampang..kunci utama suksesnya..ya harus sering2 berlatih ya..bisa karena biasa...itu..bener lho..dengan sering2 berlatih membuat cake, nanti lama2 akan reflek dan tau sendiri..seperti apa sich..telur yang mengembang itu..seperti apa sich adonan cake yang bakal sukses mengembang itu..atau adonan yang bakalan bantat..hihi..bakal apal  sendiri dech. Dulu..aku awal2 belajar bikin cake..juga sering gagal..tapi ..aku pantang menyerah sich..kalau gagal..malah jadi penasaran..akhirnya mencoba lagi dan lagi..bukan jadi terus menyerah...trauma..dll..nggak mau coba lagi...sampai akhirnya aku tahu sendiri..trik2 biar sukses..dan juga selalu belajar juga dari berbagai sumber. 

Cake..bahan utama dasarnya dalah telur, gula, tepung, margarin atau mentega. Sedangkan penambahan bahan lain, hanya untuk variasi jenis dan rasa cakenya saja. misal di tambah coklat, selai, rempah2..dll. Jadi..kuncinya..sebenernya kita cukup mempunyai beberapa resep dasar cake yang pas dan sudah enak rasanya..tinggal kita variasikan sendiri...dan kita bisa menciptakan aneka varian cake yang berbeda. Namun..tidak semua bahan bisa di padu padan dengan aneka jenis cake ya..kita  musti tau juga.bahan2 apa yang cocok kira2 untukdi tambahkan di adonan cakenya.

Apa lagi yang membuat cake sukses..tentu saja..proses pengolahan dan penanganannya..juga harus benar. Sering aku dapat pesan seperti ini..Mba..kok aku nggak berhasil bikin cake ini..itu..padahal sudah mengikuti resep..hihi..aduch..resep lagi yang di masalahkan. Resep2 yang ku posting di Diah Didi's Kitchen ..biasanya adalah resep yang udah ku uji coba..dan hasilnya juga jelas..di foto..misalnya keliatan moist, empuk, mengembang..dll...juga keliatan secara detail karena aku juga sertakan foto close up tekture cakenya biasanya...dan juga sudah melewati sensor rasa..enak atau tidak..hihi. Jadi..jika ada yang gagal..berarti di prosesnya..yang belum benar..misal..pengocokan telur kurang mengembang..atau mencampur tepungnya kurang rata..atau..malah mengaduk margarin terlalu kuat, dll sehingga adonan yang sudah mengembang..malah jadi turun lagi..jadinya..bantat dech cakenya...hihi. Jadi..banyak faktor ya teman2..di proses pembuatan cake ini..yang sering bikin galau..eh...gagal..hihi. Nah..gimana..biar nggak gagal lagi bikin cake..ayukk..simak tips2 berikut ya..bukan dari ahli sich..cuma dari aku aja..yang sering mengalami gagal juga dulu.awal2 belajar..tapi dari situ..malah jadi tahu penyebab kegagalannya apa....dan juga selalu belajar dari beberapa referensi sumber..yang aku pelajari...dan akhirnya..sekarang ini..alhamdulillah..jarang gagal..aku kalau bikin cake. Semoga sedikit membantu buat teman2..yang ingin atau baru belajar membuat cake ya..

Pengocokan Telur
Pembuatan cake di awali dengan pengocokan telur atau margarin.Cake yang di awali dengan pengocokan telur dan gula..di sebut sponge cake..atau lebih di kenal dengan nama bolu ya..kalau di Indonesia. Yang harus di perhatikan dengan tehnik pengocoan telur dan gula ini..adalah....telurnya harus di kocok sampai benar2 mengembang..namun juga tidak berlebihan mengembangnya. Kalau dengan mixer biasa / rumahtangga di perlukan waktu sekitar 15 sampai 20 menit dengan kecepatan tinggi. Tapi..tergantung juga merk mixer yang di gunakan ya..soalnya ada juga sich merk mixer yang lemot..hihi..lama ngocoknya baru mengembang. Kalau lebih lama dari itu..memang sich..telur mengembang, namun hasil cake akan keriput setelah matang, banyak remahnya dan berpori2 besar. Nah..mengocok telur sampai mengembang itu seperti apa sich..jika ada yang belum tau..dan baru belajar buat cake..telur dan gula yang di kocok hingga mengembang..cirinya..berwarna putih, kental , mengkilat dan meninggalkan jejak jejak di atasnya yang tidak mudah hilang. Dan ketika mixer kita angkat..adonan yang nempel di mixer itu tidak akan jatuh lagi..tapi membentuk ujung yang runcing..seperti jambul.

Nah..bagaimana..kalau margarin / mentega yang di kocok dulu..?..Cake jenis ini di sebut butter cake.Mengocok margarin di butter cake ini..jangan terlalu lama ya.., karena itu..gunakan gulapasir yang butiranya halus..supaya lebih mudah larut.Setelah margarin dan gula di kocok...pada tehnik ini, barulah selanjutnya di masukkan telur satu persatu. Maksudnya..masukan dulu satu telur, kocok rata, masukkan lagi satu telur, kocok rata lagi..terus begitu sampai telur habis. Kadang di resep juga di sebutkan..kocok telur bergantian dengan sedikit tepung..maksudnya..setelah kita memasukan telur satu , lalu di kocok rata, masukkan juga satu sendok makan terigu, kocok rata..demikian seterusnya..sampai telur habis.  Nah.setelah itu..baru dech di masukkan sisa tepung terigunya dan di aduk rata.

Selain itu, masih ada satu lagi tehnik pengocokan telur untuk cake, yaitu untuk adonan chiffon cake..di mana..kuning telur dan putihnya di kocok terpisah..jadi dipisahkan dulu gitu kedua kekasih ini..*Halah....lebay..hihi*..tapi tenang..nanti di akhir proses..tetep di satukan kok keduanya..di dalam adonan. Nah..kalau pengocokan telur versi ini..yang harus di perhatikan..adalah..pengocokan putih telurnya. Putih telurnya..nggak boleh terkena kuning telur ya..jadi harus benar2 murni putih telur aja. Selain itu..pastikan..wadah dan mixernya juga bebas lemak. Jadi..habis di gunakan buat ngocok adonan dengan kuning telur..di cuci dulu ya..dan di lap bersih dan kering ya..jangan langsung di gunakan untuk mengocok putel..karena ..bakalan ngambek si putel..nggak mau ngembang. Yey,..putih telur nya..suka kebersihan ya..hihi..

Penambahan tepung
Dalam membaut cake..tepung utama yang di pakai adalah tepung terigu..atau tepung lain..dengan tambahan seperti tepung maizena, tepung ketan hitam, dll. Coklat bubuk..juga termasuk dalam hitungan tepung. Dalam arti..jika kita memodifikasi suatu resep cake..dan mau menambah coklat bubuk di suatu resep cake biasa..berarti..jumlah tepungnya..kita kurangi..sejumlah dari coklat yang di tambahkan.penambahan tepung ke dalam kocokan telur, di masukkan dengan di ayak dan di aduk sedikit demi sedikit.Namun jika di dalam suatu jenis resep..yaitu resep yang di kocok all in one semua bahan2nya...jadi tepungnya ikut di kocok..tidak masalah..karena biasanya dalam resep tersebut..memakai bahan cake emulsifier seperti sp atau tbm atau ovalet. Cara pengadukan tepung ke adonan cake secara manual dengan spatula..di lakukan dari arah bawah ke atas, dan sering di sebut sebagai tehnik..aduk balik.

Pencampuran Margarin / Mentega
Margarin..di cairkan di atas api kecil..sambil di aduk supaya cepat mencair. Menuang margarin di adonan harus perlahan dan di aduk balik hinga benar2 rata. Jika ada gunakan mangkuk kaca, supaya keliatan bagian dasarnya..jika margarin masih ada yang mengendap di bawah. Pencampuran margarin yang tidak rata..mebuat cake jadi bantat. Mengaduk margarin juga jangan terlalu kuat atau terlalu lama, karena adonan malah jadi turun lagi..dan cake bisa bantat lagi dech..hihi.

Pencampuran bahan bahan lain.
Untuk variasi rasa..biasany cake di campur bahan2 lain. Nah..dari resep dasar yang kita sudah punya..dan sudah cocok rasa nya..kita bisa variasikan sendiri..jenis cake  yang akan kita buat..misal..mau buat cake coklat..dari bahan dasar sponge cake biasa, berarti rumusnya..kita tambahkan coklat bubuk..namun jumlah tepungnya juga di kurangi..sejumlah coklat bubuk yang di tambahkan. Selain itu bisa juga penambahan cairan. Misal..kita mau buat butter cake..dengan rasa buah2an..bisa..misalnya kita tambahkan jus jeruk. Nah..cairan yang kita gunakan di resep dasar butter cake..seperti susu inilah yang kita ganti.dengan jus jeruk..dalam jumlah yang sama. Mudah kan..teman2..membuat variasi cake dari resep dasarnya. Nah..jadi..yang paling penting..kita harus menemukan dulu resep dasar cake.yang oke..misalnya sponge cake..butter cake..chiffon cake..dll..masing2 satu satu aja..resep andalan kita..bisa dari hasil mencoba berbagai resep yang beredar..atau hasil utak atik sendiri ..silahkan. Setelah itu..tinggal kita..kreasikan sendiri aja..rasanya. Dan yang paling penting..sering2 berlatih ya..dan jangan takut gagal. Karena..dari kegagalanlah..kita bisa banyak belajar..ingat..ingat pelajaran sekolah atau pepatah lama..*kegagalan..adalah guru yang paling baik..hihi*..Halah..klise..klasik..and jadul ya..teman2..hihi..wis ndak pa2 lah..yang penting..semangattt..harus berani mencoba ya..membuat cake..itu mudah..kalau sudah tau trik2nya..Happy baking.....dan..jika ada yang kurang jelas..atau mau nambahin ilmu..silahkan..tinggalkan komentar di bawah ya..biar kita bisa sama2  belajar...^^



141 comments :

  1. Mbak,aq blm pny mixer,bs ga ngocok pake whisker doank?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja Mba Khusnul..cuma lebih lama ya waktunya..dulu jaman aku kecil..kalau buat bolu di rumah juga ngocok manual..tapi harus sabar ya..ngocoknya agak lama..kalau whisk biasa..^^

      Delete
    2. Mbk aku mw tya klo bikin kue biar lmbut dn ngmbang gmn? Cz aku dh brp kali bikin kue kadang ngmbang kafang kempis gt kdng jg bantet kdg jg berhasil.klo midlx pke ovalet ato baking powder itu takarannya brp sih? Trus klo tpungx brp klo telurx 3 ato tlurx 5 ato 8 telur tkrannta seberpa tlng infox mbk ia mksi? Dn klo g pke ovalet kira2 bs ngmbng dn lembut gk?

      Delete
  2. Mbak Diah, saya mau tanya. *angkat tangan*

    Di beberapa resep (kayak resep marmer cake), ada yang ditulis: semua bahan dicampur jadi satu trus dikocok aja gitu sampe mengembang. Saya gak berani ngerjain resepnya karena ... karena saya galau apa metode campur semua trus kocok ini bakalan bikin cake-nya ngembang....

    Itu gimana, Mbak Didi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget Mak Octa...pakai sistem all in one..semua bahan masuk..terus di kocok..aku udah sering bikin cake yang cara begitu..praktis sich malah. Itu dua foto cake di atas..zebra cake andalanku..hihi..juga pakai sistem all in one di kocok sampai mengembang, tuang di loyang..panggang jadi dech. Cuma..harus di perharikan resepnya ya..yang berhasil..dengan sistem kocok all ini one ini..harus resepcake yang memakai cake emulsifier seperti SP,TBM atau ovalet..dan juga..yang jumlah terigunya lebih sedikit daripada telurnya..misal..resep zebra cake ku di foto atas..telurnya 6 butir..tapi terigunya cuma 150 gram saja Mask.jadi tidak berlaku untuk pembuatan cake kayak cake bolu yang telur 5 / 6 terus terigunya sampai 250 gram gt ya..^^..Ayo cobain aja Mak..bisa kok..^^

      Delete
    2. oh begitu ya mb ketentuan metode all in one dimana jumlah erigunya lebih sedikit daripada telurnya..patokannya bagaimana itu mba kalau kita baca resep yang menandakan tepung terigu nya sedikit dari telur. saya masih newbie :) sebelumnya terima kasih

      Delete
    3. Ya dari berat telur dan terigunya Mba..telur 6 biji itu kan lebih dari 250 gram..sedang terigunya cuma 150 gram..:)

      Delete
    4. mba mau nanya..apa bedanya..baking powder..tbm..ovalet..sp..kan sama2 pemgembang nah...apa nedanya tuh?dan sebaiknya pake yg mana untuk marmercakep

      Delete
  3. Oke deh mb,bsk kl udah berhasil aq ksh reviewnya��

    ReplyDelete
  4. Tipsnya keren bgt mbak, pantesan saya nggak pernah sukses bikin kue nya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..masa sich Mba Rini..pasti pernah sukses juga donk..ayo..semangattt..di coba lagi ya..jgn menyerah..kan udah tau trik2nya skrg..^^

      Delete
  5. Utk hal2 yang memerlukan keterampilan, kuncinya memang jam terbang ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Mugniar..sama tekad..dan semangat..mau mencoba..dan tidak takut gagal..^^..halah..lebay ya Mak..kalau di artikan dalam satu kata..*Nekad aja..hihi..

      Delete
    2. Setuju dengan mbak Didi dan mbak Mugniar, lagipula kalo berlatih bikin kue/makanan, meski gagal tetap bisa dimakan hihi, dinikmati saja kegagalannya, lalu dievaluasi dan mencoba lagi :D Oiya, lapor mbak Didi, aku dah bikin nastar based on your recipe. Trial pertama bentuknya melebar, trial kedua bentuknya ok tapi masih pecah2 di permukaannya. But the taste were good hehe...still edible ;) I'll give one/more trial next time :D

      Delete
    3. Ya Mba Pita..bener banget.semakin banyak berlatih..nanti tahu sdr kok..seperti apa adonan yang oke. Kayak adonan nastar tuch..harus sampai ketemu di antara tengah2 melebar dan pecah2..hihi..bahasanya ya Mba..aneh..maksudnya biar pas..gitu adonannya...nggak melebar dan nggak pecah2..itu adonannya..agak lembab gitu..tapi nggak lengket juga kalau di bentuk2..bingung kan..nah..waktu dan latihan yang akan menjawabnya..hihi

      Delete
  6. salam kenal mbak didi,kalau buat cupcake biar hasilnya menul2 gitu.Apakah harus cari resep yang pakai emulsifier?karena saya pernah coba resep yang pakai BP tapi setelah cake dingin malah turun padahal waktu keluar dari oven menul2,harusnya bagaimana ya untuk cupcake yang pakai BP ini?Kalau resep yang pakai emulsifier hasilnya bagus menul2 walaupun udah dingin.Mbak kapan2 upload foto pengocokan telur dan gula yang mengembang :-).Makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Safira...salam kenal juga ya..:)..Mba..resepnya gimana..bikin cup cakenya..biar aku review..*cey..gaya ya*..maksudnya pakai yang jenis cake apa..klu cup cake..kalau mau nge dome..dan menul2..sampai dingin..lebih baik memang pakai yang jenis butter cake..kalau kayak sponge cake..memang kdang jadi turun..kalau udah dingin.
      Ya Mba..nanti klu aku bikin cake lagi..aku foto dech cara ngocok telurnya ya..^^

      Delete
    2. salam kenal Mba Diah
      ini aku mau tanya kalo teknik menulis pake butter cream gmna yach mba? saya gk bisa2 jelek gtu dptnya...solusi biar tulisannya oke gmna yach
      tks

      Delete
  7. mbak diah, kalau dalam pembuatan chiffon, apa pengocokan kuning telur juga sampai mengembang? saya sudah coba dan hasilnya selalu kempis begitu didinginkan. padahal waktu di oven, mengembang bagus. apa ovennya yang terlalu panas? saya menggunakan suhu 150 derajat celcius,

    mega.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 180 derajat ding mbak, hehehehe

      mega

      Delete
    2. Kuning telur biasanya di campur sama bahan2 kering dan cairan kan mba..jadi sampai rata aja ngocoknya. Iya coba turuni dikit Mba..170..kadang2 pana soven beda2..:)

      Delete
    3. Mbak gimana ya supaya bolu kukus tidak amis,pdhl aku udh pakai vanili,telurnya jg fresh,bolunya jg gk bantet tapi kok amis

      Delete
  8. Mbak minta tips utk membuat cake kukus dong. Utk loyangnya diolesi margarin saja, ato ditaburi terigu jga ato Ĝāκ̣̝̇ prlu diolesi apa2?? Banyak resep dengan cara yg berbeda2. Sebagai seorg pemula jdi bingung saya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macam2 sich mba tergantung resepnya..kalau cake yang udah pakai margarin atua minyak di adonan..nggak perlu di oles minyak nggak pa2..cukup di alasi kertas roti di dasarnya. Tapi untuk cake kukus yag nggak pake minyak dan margarin di adonan..tetep harus di oles minyak atau margarin ya..spy nggak legket di loyang atau cetakan..^^

      Delete
  9. Salam kenal mba Diah Didi,aku Carla..aku sering bgt lho ngintip blog mba...dan yg jelas praktekin juga,terutama masakan2nya itu lho mba..seleraku bgt,selera Jawa..yg selalu bikin kangen sama mbahku..yah maklum,aku di Sumatra,mbahku di Jogja..kalo nanya resep masakan semuanya serba kira2 dan hasilnya rasane amburadul...parah bgt,secara aku ngga bisa masak..
    Mba,aku kan lg belajar bikin kue2 nih..tp rata2 resep yg aku baca pasti pake emulsifier or pengembang lain kaya BP,BS..nah kalo bahan2 itu dihilangkan bisa enggak ya mba?trus pengaruh ke hasil akhir enggak ya mba?kalo misal dihilangkan apakah harus disubtitusi pake bahan lain?misal tambah telurnya atau lainnya?
    Soalnya lg bercita2 bikin kue yg sehat utk si kecil..aplg yg bungsu udh mulai belajar mam juga...mohon petunjuknya ya mba...sorry kalo nanyanya kebanyakan...hihi...
    Matur nuwun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Carla..salam kenal juga ya..syukurlah jika sedikit mengobati ras akangen masakan Jawa ya di perantauan..resep2 yang aku share..:)

      Untuk cake2 no bahan2 tambahan..ada sendiri resepnya Mba..komposisi bahannya biasanya berbeda dengan bahan2 cake yang pakai... tambahan..nanti aku share ya..jika sudah mencobanya..:)..jadi nggak bisa langsung tanpa pakai gitu di resep tyang pakai..biasanya malah bikin gagal cakenya.

      Delete
  10. hay mba....nama aku dian...mau tanya ..aku sebel bngtz tiap bikin bolu kukus ketan hitam kenapa slalu kempes tengahnya salah dmn.nya...cara dr resep udah aku ikutin.....mohon pencerahan ya mba ..thanx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai tepung ketan hitam aja atau di campur Mba resepnya ?. Keta nhitam adalah jenis tepung yang berat Mba..jadi memang harus hati2 ketika mencampur tepung ke kocokan telur dll..agar adonan tidak turun lagi...dan hasil cake jadi cekung / kempes tengahnya...:)

      Delete
    2. Hallo Mba Diah mo tanya kalo mau bikin kue putih telur itu apa bedanya yang pakai butter cair dan butter padat?lebih rawan mencair yang mana?saya gamau pakai sp 🙏🏻

      Delete
  11. Salam kenal mbak..aq sinta mau nanya...aq kalo buat cupcake kukus kok g bs menul y smuanya mekrok. Kira2 penyebabnya apa ya? Aq pake resep yg telur dan gulanya hanyadi aduk pake whisk. Makasih sebelumnya ya mbak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Sinta..liat di sini ya......tips2 bolu kukus : http://www.diahdidi.com/2013/06/tips-sukses-bolu-kukus-merekah.html

      Delete
  12. Hai mbak, mau tny nee, aq kl bikin cake, pas klr dr oven n bbrp menit masih bagus kenceng gitu, eh stl 1jam'an mulai kliatan lembab n cenderung lengket bag atasnya, maaf knp yaaa, thx mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Habis keluar dari oven..diletakkan di rak kawat nggak mba ?
      Sebaiknya begitu..agar proses pedinginan cake bisa berlahan2 sehingga cake tidak berkeringat dan lembab bagian atasnya..:)

      Delete
  13. Ooo, naaaa ntu, aq blm pny raknya, jd aq diemin gt aja sih mbak stlh klr dari loyang :) mbak, roll cake yg cantik gmn yaaa,,,,sll gagal wkt gulungnya :) sering bljr bikin ampek org serumah pada eneg, hahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha gmn hasilnya mba..aku kan nggak tau mba pakai resep gmn..:)
      retak atau ngelupas atasnya gt ?..Kalu retak berarti ngovennya kelamaan..kalau atasnya ngelupas..pas nggulung pakai serbet yangd i taburi gula halus..^^

      Delete
    2. Pake resep 10 kng telor + 2 pth telor, gula 100gr, tepung terigu 50gr + maizena 20gr + susu bu2k 20gr, butter 100gr, pasta vanilla, panggang 15-20 mnt'an,,,,,yaaa itu terkadang patah n nglupas atasnya, soriiii yaaa saking pingin bisanya neee ampek ngoceh tanyak terus :)

      Delete
    3. Ya itu jawabannya Mba..ngoven kepanasan atau kelamaan..kalau ngelupas udah tak kasih tau caranya..di atas ya..:)

      Delete
    4. Iya yaaaa,,,,,cmn kl 10-15 mnt kok blm coklat msh atasnya msh bunyi peess peess yaaa, mknya aq tambah wktnya n pake api atas biar lbh coklat, thx yaaa infonya

      Delete
    5. Di coba lagi aja..ganti resep lain juga Mba..buat perbandingan..:)

      Delete
  14. Iya kalek yaaaa,,,,,*binun resep buanyak versinya, xixiii thx lho mbak

    ReplyDelete
  15. salam kenal.......mbak pengen tanya....saya kalo bikin cake didalamnya ga lembut alias berpori........kebanyakan apa ya mba....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mba..lha resepnya bagaimana Mba..?..Masing2 resep cake kan beda2 ya..:)

      Delete
  16. Mbak gmn ya biar adonan coklat pada cake marmer cantik di posisi tengah? Meski rasa&tekstur udah ok tp beberapa kali nyoba coklatnya selalu sebagian besar turun ke bawah.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai coklat apa Mba buat adonan coklatnya ?..Kalu pakai coklat bubuk atau ckoklat leleh kan memang jadi nambah berat adonan coklatnya ya..jadinya adonan coklat turun ke bawah. coba pakai coklat pasta saja..")

      Delete
    2. Iya pke coklat bubuk, nanti pasti daku coba lg pke pasta, tengkyu very kamsa ya Mbak....... *peluk*cium#

      Delete
    3. Iya sama2..cobain ya..moga berhasil..:)

      Delete
  17. Mba diah, salam kenal ya. Ada yg ingin bngt says tanya ni, saya suka tertarik dgn resep cake yg dipish ngocok telur antara putih dgn kuningnya, sprti cake marmer dipostingan mba diah, kendala nya saya hny pny 1 mikser saja, mikser philips, kasih tipsnya donk mba,gimana caranya bikin cake dgn kuning dan putih telurnya terpisah begitu dgn hny pny 1 mikser saja, mana yg lbh dulu hrus dikocok?

    mohon pencerahannya donk mba dia, thanks before, by ayu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mba Ayu pede..dan yakin kocokan putelnya ndak bakal turun atau mencair..boleh putel dulu Mba..kan kalau ngocok kuning dan bahan2 lain nggak masalah langsung habis itu. Tapi kalau nggak pede..ya terpaksa kuning telur dulu dkk..kemudian mixernya di cuci bersih..jangan sampai ada sisa2 kuning telur atau lemak yang nempel ya..spy putel nya ngembang sempurna pas di kocok.

      Delete
    2. Saya ikut cara kedua dech mba, saya khwtr klu putel nya mencair duluan, secara sy pemula bngt2 nich mba, makasih bny udh di respon pertanyaan saya ya mba diah, salam sukses, ayu.

      Delete
  18. Salam kenal mb Diah. Saya weni di jakarta timur. Maaf kl bikin segala macem cake pake mixer cm awalnya doang y mb? Setelahnya mesti pake spatula?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak selalu Mba Weni..ada juga yang di mixer bareng juga misal cake ini :http://www.diahdidi.com/2013/01/cake-pisang-praktis.html

      Delete
  19. Gt y Mb, he em2. Jadi grogi mau bikin cake apalagi pake oven biasa serasa gambling ngatur suhunya, takut gagal hehehe...
    Makasih banyak bwt info bermanfaatnya y Mb Diah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..jgn takut coba2 ya..jika mau bisa..:)

      Delete
  20. Smisal cake coklat dikasi kacang mede atau kenari pripun nggeh Mb bikinnya? Apa digoreng dulu? Maturnuwun

    ReplyDelete
  21. Hai mba,klo pengadukan mentega cair ke adonan kan ktnya menggunakannya spatula,tetapi saya suka ga gal.pasti selalu me ngendap.klo seandainya pake mixer tp sebentar bisa ga ya?atau pakai baloon whisker?thanks mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..pakai spatula..kalau di mixer..udara di adonan yang jadi hilang..jadi ndak bisa ngembang..:)

      Delete
  22. hai mbak diah salam kenal..
    aku boleh nanya gak mbak...aku dapet resep cake nih dari temen aku..tapi cara membuat campuran mentega ma gula di kocok selama 40menit..apa itu gak kelamaan yah mba..
    makasih yaj mbak sebelumnya*_*
    maklum pemula jadi gak ngerti..hihihi

    ReplyDelete
  23. hai mba, salm kenal. baru lhat blog ini pas nyari cara buat tepung panir sendiri, soalnya di tempat kami susah nemunya.....kalaupun ada harganya mahal banget. Terus lihat artikel ini, mau blang makasih ke mbak. sekarang jadi paham benar beda sponge, butter and chiffon cake. jadi pengen nyoba resep cake labu kuning dari mba jga...
    benar2 bermanfaat. :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Yanti..salam kenal juga..mksh mba..sama2 belajar ya..:)

      Delete
  24. mbak diah..salam kenal..saya tu hobi banget buat cake..tp kbykan yg saya buat gagal trus..mungkin klo rrsep mbak diah bsa berhasil .ad ga resep sponge cke yang all in one??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba zebra cake nich mba : http://www.diahdidi.com/2013/12/tips-membuat-zebra-cake.html

      Delete
  25. Salam kenal mbk Diah didi mau tanya,sy klo bikin cake pasti bantat karna ngaduk terigunya terlalu lama,maksut sy biar merata,gmn tips ngaduknya y mbk biar tercampur rata tp adonan gk turun?mksh sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di aduk perlahan saja mba..pakai spatula dari arah bawah ke atas hingga rata..:)

      Delete
  26. Lam kenal mbak didi. I love ur blog. Bisa nggak resep mentega kocok diganti mentega cair? Soalnya mesti di awal mengocok, menteganya muncrat ke sana kemari. Makasih

    ReplyDelete
  27. Mbak Diah mksih buat blog'y bermanfat bgt buat saya yg suka buat kue tp suka bantet...

    ReplyDelete
  28. Salam kenal mbak, saya ingin sekali mencoba salah satu resep cake dari mbak. Tp saya gak punya oven, hanya panci serba guna yg kata penjualnya dulu bisa difungsikan sbg oven. Tp sayangnya, ibu saya lupa bgm cara menggunakan panci ini utk mengoven. Mungkin mbak punya juga piranti dapur seperti yg saya miliki ini. Diameter panci kurleb 30 cm, lapisan bagian dalamnya teflon, ada sarangannya, tutupnya kaca. Gmn ya mbak caranya mengoven dg panci ini? Semoga mbak bisa bantu sy.. supaya saya bisa manfaatkan panci ini utk buat cake.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy kurang tau mba..krn belum pernah coba panci serba guna tersebut,..:)

      Delete
  29. Assalamualaikum
    Slm kenal mba,,saya fairrel.
    Saya pengen buka usaha cake order di warung2,(nitip)
    Sy mau tanya,,bolu pandan,sm bolu sederhana itu,kira2 20 iris 1 bolu,loyangnya ukuran brapa ya, trs bisa gak mixer itu bisa buat 4-5bolu sekali adonan??
    Trmksh mba,,
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..kalau mau mixer 4 - 5 adonan, bis asaja pakai mixer khusus usaha yang kapasitas besar, tentu saja oven juga pakai yang oen gas untuk usaha ya..jd sekali panggang bs beberapa loyang..:)

      Delete
  30. Mbak kenapa kocokan telur bisa ngembang bisa nggak. Telurnya selalu beli baru. Tapi kdg beda toko sih... lg galau, pas pake telur byk malah gagal :'(
    "qiqi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di tambah emulsifier mba..SP atau ovalet atau TBM, pasti bs kental..:)

      Delete
  31. Mna diah misalnya klo mau bikin cake beberapa loyang tapi satu kali mixer itu resepnya misalnya untuk 1 loyang dikali loyang ya mba ?

    ReplyDelete
  32. mba share pin bb nya dong atau alamat facebooknya
    aq mau tanya pengocokan semua bahan dalam pembuatan bolu all in one harusnya yang baik nya berapa menit yah semua bahan itu dikocok jadi satu

    ReplyDelete
  33. mba ... saya ria ...salam kenal
    saya mau tanya kalau untuk bolu kukus bisa ga pake teknik all in one
    share dong mba cara buat roti atau donat yang paling praktis ..........(kalau bisa yang all in one ) sama saya mau tanya juga ( ga punya timbanan dirumah wkwkwk ) kalau utk 100 gr terigu atau gula itu kira kira berapa sendok makan yah ( contoh : 100 gram terigu adalah sama dengan 5 sendok makan munjung terigu )

    ReplyDelete
  34. Mbak diah, kalo memanggang kue/cake pake sumber panas atas, bawah, atau dua-duanya ya mbak? Mohon bantuannya :')

    ReplyDelete
  35. mbak diah .. , aq masih baru belajar bikin cake ni .. ud berkali2 .. kok hasilnya bantat terus ya .. sebel lama lama -_-

    ReplyDelete
  36. Mbak diah salam kenal, sy mau nanya supaya cake marmer jadi lembut dan gak seret dimakan apa tips n resepnya ya, apakah tepung harus dikurangi atau kuning telur yg ditambah atau putih telur dikurangi ya??soalnya sy sudah coba resepnya mbak diah/pak sahak itu msh agak seret.Mohon petunjuknya dong mbak resep atau tipsnya??Terus kalo untuk pasta coklat sama coklat bubuk yg wangi dan enak merk apa mbak yg mbak recommended?thx seblmnya mbak

    ReplyDelete
  37. Salam kenal mb diah ,,,,
    Kemarin sy coba bikin marmer cake ,, tp ko g ngembang2 yah ,, trus pas dipanggang , lumayan ngembang cieh , tp pas dingin malah menciutttt ,,,, bantet dehh jadinyaa . Hikzz . Padahal pas mateng langsung sy keluarin dari oven .

    ReplyDelete
  38. kalau ditambahkan pakai keju parut kraft apakah bisa? sebanyak berapa gr dan waktu bagian mana ditambahkannya? tku

    ReplyDelete
  39. Hallo mba. Salam kenal.
    Saya pemula bgt yg pengen belajar bikin kue.
    Mau tanya.. itu kan ada cara buat dengan teknik sponge cake, chiffon cake, sama butter cake. Bisa tidak dikasih contoh jenis kue nya apa aja yg harus pake teknik2 itu?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  40. salam kenal mbak,sy mau tanya,klo untuk butter cake pengocokan mentega dengan gula kurang lebih berapa menit dengan mixer biasa ya mbak?soalnya sy bru belajar membuat cake,dan masih gagal.terimakasih

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Salam knl mba Diah, sy mau tny sudah beberapa X setiap sy bikin cake tidak mau mengembang kicokan telur gula sp dan vanili sy mixer dgn kecepatan tinggi 10 mnt bahkan sampai 20 menit adonan ttp tdk mengembang boro2 berjejak malah semakin cair pdhl telur ny bgs kuning ny utuh gak pecah nah yg sy heran sebelum2 ny sy bikin cake sllu ngembang dan berjejak mulai dr brownies sampai zebra cake sllu memuaskan hasilnya tp gak tau knp belakangan ini setiap sy buat cake sllu gak mau ngembang pdhl mixer dan wadah ny bersih dan kering bebas lemak yg menempel mohon. Pencerahan ny mba Diah... tks sebelum ny..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jwb ya, mgkn sp nya yg sdh gak bisa di pake lg. Coba beli sp yg baru.

      Delete
  43. Mbak,saya lagi belajar buat kue pake oven.minta tipsnya dong mb,biar bagian atas cakenya matang sempurna merata.soalnya tiap kali aku bikin,atasnya kok masih agak basah gt.pdhl klo dites tusuk udh g ada yg nempel,pinggir2ny jg udh coklat.itu penyebabnya apa ya mb?jg kykny adonan walaupun g bantat tp jd turun gt mb...

    ReplyDelete
  44. Mbak,saya lagi belajar buat kue pake oven.minta tipsnya dong mb,biar bagian atas cakenya matang sempurna merata.soalnya tiap kali aku bikin,atasnya kok masih agak basah gt.pdhl klo dites tusuk udh g ada yg nempel,pinggir2ny jg udh coklat.itu penyebabnya apa ya mb?jg kykny adonan walaupun g bantat tp jd turun gt mb...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah cake matang, letakkan di rak kawat agar tidak basah permukaannya :)

      Delete
    2. Mba, maaf ini maksudnya, setelah cake matang, di balik dulu baru di letakkan di rak kawat? Aku selalu balik taro di piring, jadix lengket . Makasih🙏

      Delete
  45. Mba Dian materi2 di blog nya bs dibikin list resep gk yah atau pakek search key gituh? Biar lbh gampang liat2nya. Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pojok kanan atas itu ada kotak kosong...itu..kolom search buat cari resep mba :D

      Delete
  46. Mba mw tanya....gmn cranya bikin motif marmer cake bagus?soalnya saya klo bikin,motif selalu hilang(gagal)adahal sebelum di panggang motifnya bagus,tp saat matang motifnya hilang????

    ReplyDelete
  47. Hai mbak..
    Mau nanya dong, kalo telur, gula, tbm, vanili dikocok sampe ngembang, lalu dimasukkan terigu, maizena, susu bubuk, kok adonannya langsung turun ya? Jadi bantet gt...
    Harusnya tehnikny yg baik gimana ya? Langsung kocok semua, sampai tepung terigunya, apa masih bisa ngembang ya?

    ReplyDelete
  48. Hai mbak..
    Mau nanya dong, kalo telur, gula, tbm, vanili dikocok sampe ngembang, lalu dimasukkan terigu, maizena, susu bubuk, kok adonannya langsung turun ya? Jadi bantet gt...
    Harusnya tehnikny yg baik gimana ya? Langsung kocok semua, sampai tepung terigunya, apa masih bisa ngembang ya?

    ReplyDelete
  49. Hai mbak,,
    Saya mau tanya ni,,saya kalau buat cake biasa nya pake teknik all in one gt,,dan kalau memanggang nya di atasnya pas masak suka lembek gt,,padahal pas mau di balik ditggu dingin,,ttpi selalu bagian atas nya itu lengket di tempat cake di balikan,,salah nya apa ya mbak? Tnanks sebelum nya

    ReplyDelete
  50. malem mbak,,mau tanya dong,,tadi kan aku bikin sponge cake,nah setelah aku potong tuh ternyata bantet bawahnya pdhal atasnya tetep moist..sebenernya pas nuang ke loyang udah feeling sih kok adonannya encer bgt ga kayak biasanya yg aku bikin..apa karena aku bikin langsung 2 resep mbak???itu berpengaruh ga ya mbak kira2?? Kalo boleh tau kira2 itu knpa ya mbak??makasih mbak

    ReplyDelete
  51. Biar sponge cake ngga mengeras n seret waktu ditelen ketika sudah dingin itu gimana ya mbak caranya?

    ReplyDelete
  52. Biar sponge cake ngga mengeras n seret waktu ditelen ketika sudah dingin itu gimana ya mbak caranya?

    ReplyDelete
  53. salam kenal mb diah...aku boleh nanya ya mb...kmrn tuh aku bikin bolu pake metode kocok all in one..jmlh cairan dan tepung sama tapi saat dipanggang ngembang sebelah yg sebelah bantat, bantatnya dibawah yg diatas ngembang bagus tp beremah resep ini biasa aku pake mb...dan hasilnya bisa tuh tp krmn ga tau kenapa kok jd gitu...aku pake telur dr kulkas tp udh aku angetin mb n bpny yg doubl act ada pengaruhny g mb...nuwun dgn mama arie di magelang

    ReplyDelete
  54. Mba diah aku payah nih klo bikin kue2 yang pake cairan (susu cair dll..) kue ku yg awalnya ngembang kenapa jadi ciut dan akhirnya bantat ya? Hihihi... entahlah salahnya dimana apa mungkin pas nyampur putih telur ke adonan pastanya terlalu kuat yg tadinya putel udah ngembang akhirnya ciut ya. Nyesek klo gagal haaaa... makasih mba

    ReplyDelete
  55. Hii salam kenal.mo ty nih.saya mau jualan cupcakes.trus adonan udah saya buat tp saya ga mau dipanggang dulu sampe pembeli mau beli baru saya panggang.ad resepny ?soalny resep saya py begitu di buat adonan hrs segera dipamggang

    ReplyDelete
  56. Hii salam kenal.mo ty nih.saya mau jualan cupcakes.trus adonan udah saya buat tp saya ga mau dipanggang dulu sampe pembeli mau beli baru saya panggang.ad resepny ?soalny resep saya py begitu di buat adonan hrs segera dipamggang

    ReplyDelete
  57. Sharingnya mbak Diah sangat mencerahkan dan sangat membantu...pernah coba beberapa kali bikin cake tapi selalu bantat dan kurang memuaskan...terimakasih

    ReplyDelete
  58. Mbk diah kl ak keseringan cakenya bantat dibagian bawah, tp bagian atas bagus, itu knp ya mbk? Tolg bantu ksh solusi y mbk, makasih��

    ReplyDelete
  59. Mba knp ya tiap ak bikin cake panggang atasnya pasti kembung n gak rata..jadi klo mw di kasih butter cream susah..tks

    ReplyDelete
  60. Mba knp ya tiap ak bikin cake panggang atasnya pasti kembung n gak rata..jadi klo mw di kasih butter cream susah..tks

    ReplyDelete
  61. Mba knp ya tiap ak bikin cake panggang atasnya pasti kembung n gak rata..jadi klo mw di kasih butter cream susah..tks

    ReplyDelete
  62. Salam kenal mba Diah ...
    Mau tanya ni mba soal pengocokan telur sampai mengmbang berjejak disini cirinya klo mixer diangkat adonan ga jatuh lg, trus ak prnah baca artikel lain klo mengembang berjejak itu klo mixer diangkat adonan turun mmbentuk pita. Apa stiap jenis kue beda2 mba cara pngocokan tlurnya ? Mohon pencerahanya mba Diah hehehe

    ReplyDelete
  63. Salam kenal mba Diah ...
    Mau tanya ni mba soal pengocokan telur sampai mengmbang berjejak disini cirinya klo mixer diangkat adonan ga jatuh lg, trus ak prnah baca artikel lain klo mengembang berjejak itu klo mixer diangkat adonan turun mmbentuk pita. Apa stiap jenis kue beda2 mba cara pngocokan tlurnya ? Mohon pencerahanya mba Diah hehehe

    ReplyDelete
  64. mbak diah...kenapa ya,tekstur pernukaan butter cake saya tidak kering?pdhal bagian dlm sdh rata matang.tq

    ReplyDelete
  65. Kalau waktu pemanggangan ngembang bgt
    Pas udah dikeluarin ambled itu kesalahan dimana y mbk?
    Aq bikin cake yg margarin dicairkan terlebih dahulu di atas api

    ReplyDelete
  66. Kalau waktu pemanggangan ngembang bgt
    Pas udah dikeluarin ambled itu kesalahan dimana y mbk?
    Aq bikin cake yg margarin dicairkan terlebih dahulu di atas api

    ReplyDelete
  67. mbak didi mau tanya
    Kemarin saya bikin bolu kemudian setelah keluar dari oven saya lupa g keluarkan daari loyang ketika dingin baru saya keluarkan. Dan saya bingung kenapa kue saya menyusut pinggirannya tapi ketika saya potong dalam kuenya baik-baik saja. Kira-kira hal ini kenapa ya mbak? Bisa bantu jawab dan beri saya sedikit tips?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  68. Mba. Mau tanya dong. Kemaren maksud hati bikin zebra cake tapi adonan coklatnya kok bukannya menyebar ya tapi malahan mengendap di dasar loyang. Jadi kesel. Kaya bikin kue pake kumis. Apa yang salah kira2? Apa ngocok adonannya terlalu lama? Kemaren dikocok sekitar 20-25 menit kecepatan tinggi.

    ReplyDelete
  69. Kenapa waktu aduk balik saat2 awal adonan tidak turun, tp setelah bbrp menit adonan turun

    ReplyDelete
  70. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  71. Saya memiliki resep jadul bolu dgn 20 kng telur dan 150 gr tepung. Enak banget..tp mnrt saya msh kurang lembut teksturnya. Kira2 klo ditambah sp bs lbh lembut ngga ya? Atau di kurangi terigunya? Tp klo terigu terlalu sedikit khawatir kempes ya bolunya.
    Mhn pencerahannya.
    Tq
    From Sari

    ReplyDelete
  72. mbak diah,ciri" kue bantat itu apa ya?makasih

    ReplyDelete
  73. Mbak, sy bikin chiffon, awalnya ngembang bgs, tp selalu di 15 menit terakhir waktu pemanggangan ambles turun chiffonnya, itu kenapa ya mbak. Makasih

    ReplyDelete
  74. Mba.. Maaf nih pemula saya mau nanya.. Ada tutorial bikin zebra cake di youtube.. Tapi ada retakan di atas cake nya.. Itu knp ya biasanya? Kalo ga enak kan ga mungkin di upload ya tutorialnya.. Hehe mau bikin cake nya soalnya kelihatannya enak tapi ada retakannya..

    ReplyDelete
  75. Kl aku g pernah berani utak-atik resep utk dimodif pk bhn cair selain mentega/margarine leleh mb dyah,,,takut gatot a.k.a gagal total yg and the end g kemakan deh😏

    ReplyDelete
  76. Mbak Diah kl bikin bolu mixer telurnya tu bareng Ama gula dan sp tidak? Atau telor dulu setelah mengembang baru gula dan sp

    ReplyDelete
  77. Mba...qu dah beberapa kali pakai tehnik all in one kocokan ga ngembang"...telur 4 gula 130..terigu 140..tolong d revisi apa yg kurang tepat?
    Sdh d siapkan 120gr mentega cair
    Biasanya mba didi suka brp lama pengocokan all in one sampai mengembang?

    ReplyDelete
  78. Mbk gmn spy motif marmernya gk hilang pas dipanggang ya. Makasi

    ReplyDelete
  79. Mba diah.. mau tanya ni, di artikel di jelaskan kalo mau nambah coklat bubuk terigu dikurangin, nambah jus bahan cair dikurangin, nah kalo coklat leleh itu yg dikurangin apa mba? Apa tinggal ditambah aja? Atau ngurangin bahan apa, jika resep dasar gak ada bahan cair?

    ReplyDelete
  80. yang menyebabkan kue terasa seret ketika dimakan itu karena apa ya?

    ReplyDelete
  81. Terima kasih banyak mba tipsnya, aku newbie utk bikin kue. Kadang berhasil tapi banyakan gagal ga seperti foto resep 😭. Barusan bikin bolu putih telur, pas dioven eh kok dia malah turun, cekung ditengah loyang. Kenapa ya mba???terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  82. Mb mau tnya nh, sya kalo bikin bolu sll ngembang tekstur nya lembut tp knp pas dimakan bikin seret ya?? Mohon dijawab ya mb,, sblmnya makasih ya mb 🙏🙏

    ReplyDelete
  83. Mbak Diah mo tanya, saya bbrp kali bikin bolu marmer tapi adonan coklatnya selalu mengendap itu kenapa ya...? Makasih sebelumnya mbak

    ReplyDelete
  84. Salam sehat mba diah didi,,mba diah maaf mau tanya sy kl buat cake setelah dingin pasti atasnya lembek,,kl ngoven sdh mengembang dipindah keatas lubang udara sy buka jg sdh dicoba tp msh ttep begitu,,atau karna pengaruh ovalet dimixer bareng telor gula dari awal mixer?trimaksih bnyak responnya

    ReplyDelete
  85. hai kak mau tanya, saya suka membuat sponge cake menggunakan SP tapi terkadang hasil saya berbeda terkadang dia mengembang dan lembut tetapi mengembang dan keras, apa yang salah ya? dan alau mengocok telur, gula dan bersamaan dengan SP sebaiknya berapa lama ya di kocoknya?

    ReplyDelete
  86. Hallo mbak Diah, salam kenal sy Anti.
    Saya buat sponge cake mooca. Loyang bulat diameter 20, tinggi 7. Telur 4 buah, total tepung2 60 gram, emulsifier 6 gram, butter 75gr, pasta moka & larutan kopi 1/2 sdt.
    Saya kocok adonan gula telur emulsifier menggunakan stand mixer skitar 10menit (kental, putih, tdk cair). Aduk lipat semua bahan kering & cair tetapi adonan masih kental berjejak. Lalu oven disuhu 175°C, dari mulai masuk oven sampai menit ke 15 adonan mengembang bagus, lalu dari menit ke 16 seterusnya adonan lalu turun kempes membuat kubah ������
    Hasil akhir cake bagian bawah ada lapisan coklat mengeras (tidak selembut bagian atas).
    Menurut mbak Diah kira2 bagian mana yaa saya salah pembuatannya?

    Terima kasih sebelumnya yaa Mbak ������

    ReplyDelete
  87. Mbak aq tdi cobe buat kue yg pkai metode all in one tpi kok adonan nya gk ngembang.jd bantet kue ku.

    ReplyDelete
  88. Salah ny dmn ya.resep ny telur 4,terigu 120,maegarin 120,gula 120,coklat 20 tpi kok gagal salah ny dmn y😟😟

    ReplyDelete
  89. Salam kenal mbak diah,, mau nanya nih knp ya skrg klo bikin marmer cake motif nya itu ngumpul ditengah dlu bikin engga gtu biasa tp skrg 3x bikin selalu mitif nya ketengah jd ga berbentuk..
    Makasih sebelumnya ya mbak

    ReplyDelete
  90. Artikelnya sangat bermanfaat mba, terimakasih banyak. golife.id

    ReplyDelete
  91. Minta tips suoaya marmer cake tidak turun setelah matang... Pdhal sdh enak dan bagus kuenya hanya saja agak menyusut aetelah dtuang di coling rak.. Biasanya aetelah matang sy lgsg balik dr loyang ke coling rack

    ReplyDelete
  92. Mengapa bolu yg sudah jadi terasa ngeres maksudnya sperti ada bunyi saat memakannya dan bila dibuka kuenya sperti ada serbuk putih.. pdhl berkali-kali coba ga prnh sperti ini

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel