Monday, August 5, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari Ke 28 / Lebaran..Sayur Godog ( Betawi )


Sayur godog Betawi adalah menu tradisional khas Betawi. Masakan ini mirip2 dengan sambel goreng labu siam Jawa..cuma bumbunya lebih komplet dan biasanya di tambah kacang panjang dan pete..dan juga ebi , cuma lagi tidak punya stock..jadi labu sama udang saja tadi..cocok di makan sama lontong atau ketupat..jadi bisa jadi alternatif menu Lebaran juga lho teman2..selamat mencoba..^^

Sayur Godog Betawi
 
Bahan-bahan:
2 buah labu siam, kupas, iris tipis bentuk korek api, lemaskan dengan garam
1 ikat (10 batang) kacang panjang, iris panjang 1 cm
Udang kupas 100 gram
1 papan petai , iris serong
2 batang sereh, geprek
2 ruas lengkuas, geprek
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
8 buah bawang merah, iris tipis
5 siung bawang putih,iris tipis
1,2  liter santan dari ½ butir kelapa
Garam / bumbu kaldu dan gula merah / pasir secukupnya
Minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:
10 cabai merah
30  gram ebi, direndam air panas sampai lunak

Cara Memasak :
• Tumis bawang merah dan bawang putih iris sampai harum
• Masukkan bumbu halus, sereh, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk, tumis sampai bumbu matang
• Masukkan labu siam dan kacang panjang, udang , tumis sampai sayuran layu
• Tuang santan, beri garam / bumbu kaldu dan gula secukupnya. Masak sampai mendidih.
• Angkat, hidangkan dengan ketupat atau lontong


6 comments :

  1. sluuuurrrrp.... mantaps... wajib pedas ini mbak... hehehe...
    sayang ketupatnya bo'ongan sih mba, yang asli dong, kan aku bisa ikutan nyicip semangkok dua mangkok....

    (hihihi... nyicipnya aja segitu, hehe...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..lha yang asli belum ada yang jual je Mba..jadi boongan dulu ya,..ayuk2..mau nyicip boleh..^^

      Delete
  2. ooh namanya sayur godog ya, saya biasanya menyebutnya sayur labu siam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lidya..ada macam2 versi sayur labu siam ya..di Semarang ada..di Solo ada..bumbunya beda beda tipis..jadi seneng aja coba macam2 versinya..unik..dan enak semua..hihi...di Betawi juga..biasanya buat menu Lebaran juga ya kalau di Betawi....^^

      Delete
  3. Saya rencana mau buat sayur godog ini dan opor ayam, Mbak untuk lebaran. Mertua suka masakan pedas, jadi sayur godog ini cocok deh untuk antar-antar ke mertua.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sipp itu Mba Devy..cocok banget..emang kalau di Betawi ..ceritanya sayur godog ini memang buat Lebaran ya..^^

      Delete