Saturday, August 24, 2013

*Menu Diet*..Hihi..Tahu Telur Surabaya


Hihi,..geli sendiri aku..sok sokan mau diet...tapi kok tetep enak begini ya menunya..cuma di kurangi..nggak pak lontong aja. Wah..kalau menu dietnya enak2 begini..pasti semua mau ya..tapi..bisakah jadi sedikit langsing..lha tetep maem tahu telur yang di goreng. Ya sudah lah..nggak masalah..yang penting kan udah ngurangi karbo nya ya..nggak makan nasi atau lontong..jadi cuma tahu telur..plus sayuran dan kuah kacang aja..rasanya..so pasti..yummy..^^

Bikin tahu telur ini..karena tadi beli tahu sama tauge aja di tukang sayur..terus mikir mau di buat apa ya..eh jadi keingat..request Mba Hairiyanti..resep tahu telur Surabaya..mudah2 han ini yang di maksud ya Mba..atau malah tahu tek..tahu yang di iris2 terus pakai kuah kacang dan taoge juga ?..Kalau itu..next aku bikin juga dech ya mba..maaf kalau keliru ..^^. Yang jelas..tahu telur ini favoritku sama suami..ya biarpun menu ini aslinya dari Jawa Timur..tapi udah sering lumayan makan,..dan akhirnya sering bikin sendiri dech di rumah. Rasanya enak sekali...kuah kacangnya jadi beda rasanya sama kuah kacang kayak gado2.dll..karena memakai petis. Aku lebih suka pakai petis udang yang pasar yang warnanya kehitaman..lebih enak gitu..daripada petis yang bermerk yang di beli di supermarket. Untung di Semarang banyak yang jual petis..karena memang beberapa makanan di sini juga menggunakan petis, seperti tahu petis , tahu gimbal, dll. 

Tahu Telur Surabaya ini biasanya di sajikan dengan lontong untuk karbohidratnya..cuma aku sama suami kok lebih suka di gado aja gini..enak. Sebenernya .tahu telur ini..bisa jadi ide menu pembuka atau istilah kerennya appetizer gitu juga lho..atau bisa jadi menu gubukan juga kayak siomay..dll..di acara pesta2..asal porsinya di bikin kecil..jangan segede2 ini ya....hihi. Kebayang..pasti seru dech..tahu telurnya di goreng kecil2..di snack maker double pan..terus di taruh di piring kecil2..atasnya di kasih tauge..daun bawang dan bawang goreng..di siram kuah kacang dan di beri hiasan kerupuk kanji gitu..seru kayaknya. Cuma sekedar ide aja sich..hihi...lha wong nggak ada rencana ngadain pesta..sunatan Yodha?..Masih lama..hihi. Ya sudah..lebih enak buat makan malam aja ya teman2..tahu telurnya..*jadi menu..diet..diet..hihi.....*
Tahu Telur Surabaya
Untuk 2 - 3 orang

Bahan :
3 - 4 buah tahu putih ( kira kira 200 gram )
3 butir telur.
Garam,atau kaldu bubuk sedikit, dan merica bubuk secukupnya
Daun bawang 1  batang, iris halus
Bawang merah goreng secukupnya
Kerupuk kanji..jika suka secukupnya

Kuah Kacang :
100 gram kacang tanah goreng / sangrai
2 siung bawang putih, goreng
2 - 3 cabai rawit merah, goreng
Garam secukupnya
Gula merah 1/2 sendok makan
Petis udang 1 sendok makan
Kecap manis 2 sendok makan
Air panas 150 ml 
Cara Membuat : Ulek semua bahan sambal, campur dengan air matang, dan kecap, aduk rata.

Cara Membuat :
Potong tahu putih kotak kecil
Kocok lepas telur , garam dan merica dengan garpu, masukkan tahu
Buat dadar tahu telur ( jadi 2 atau 3 ). Sajikan dengan kuah kacang, tauge, daun bawang dan bawang goreng.

Tips :
Pilih tahu putih yang tidak asam rasanya. Namun jika nemunya tahu pasar yang kadang2 asam rasanya..ada cara mudah untuk menghilangkan aroma asamnya..yaitu rebus sebentar di air mendidih yang di beri sedikit garam.


Hemmm..sebenernya..udah ngurangi karbo...lumayan sich menunya buat diet ya..cuma next time..kacangnya nggak di goreng..tapi di sangrai..terus telur dadarnya pakai minyak tropicana slim aja..*halah..mahal..hihi..*
Ya..ya..oke dech..besok ke supermarket beli minyak tropicana slim..atau minyak canola..atau minyak jagung aja..hihi..cuma sebulan aja..hihi..demi kebayaku..yang sudah ku jahit di ukuran lebih kecil..maksa banget ya..hihi..maksudnya..biar mau diet gitu..ntar habis kebayaan..boleh maem enak lagi kok..hihi..*pengsan dech..hihi...* 

Sebulan..kira2..pipi tembemku kayak gini bisa berkurang nggak ya teman2..???....Wish me luck..hihi..*


23 comments :

  1. Cantik koq, mbak Diah....
    Tks sharing menu2 hariannya ya. Enak ni saya, kalo mo masak tinggal buka blognya mb Diah yg sangat inspiratif. Salam kenal ya, mb.
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..makasih Mba Ida..salam kenal juga ya..pengen langsing dikit gitu mba..pas berkebaya di acara ponakan..^^
      Met coba ya Mba..jika suka menu2 harian murah meriah tapi enak ala Sy..hihi

      Delete
  2. Wow, kalo menu dietnya spt ini sih, aku doyan mbak. :)
    Bener tuh komentar si mbak/mas yang di atas, saya sejak kenal blog mbak Diah, jadi kalo ingin masak sesuatu, lgsg lari kesini deh. Trims ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Alaika..menu dietnya tetep enak ya..^^

      Sama2 ya Mba Alaika..alhamdulillah..jika sdkt bisa membantu ide masak ya..soalnya yang aku posting ini..ya cuma menu sehari2 aja Mba..kadang istimewa..kadang ya menu murah meriah begini..pokoknya apa yg ku masak diposting aja dech resepnya..hihi..sapa tau ada yang suka gt..

      Delete
  3. nyari petisnya dulu ah..
    di keluargaku juga ada menu tahu goreng spt ini cuma nggak pakai petis aja, jadi pengen nyoba variasi lain aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Monda..cobain dech pakai petis..sensasi rasanya beda..:)

      Delete
  4. Whuaaa... Terima Kasih ya mbak Diah. Suami saya langsung nyelutuk nih, minta dibikinin. Saya langsung setuju, tapi lupa persediaan kacang lagi habis. Hihihihi..
    Iya bener banget, Mbak. Ini yang saya maksud. Tahu didadar ama telur. Kalau tahu tek-tek di sini banyak yang jual kok, tapi kalau bikin sendiri emang lebih aman ya mbak. Bisa kita jamin kebersihannya :D

    Setuju sama emak-emak di atas. Blog Mak Diah ini inspiratif banget biar pintar masak. Makasiiiiih ya mak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh..syukurlah Mba Yanti..kalau ini yang di maksud..hihi..soalnya kmrn sempat mkir..eh sama tahu tek kan mirip juga..ya udah..ayo..ke pasar dulu...beli kacang..di buatin suaminya..^^
      Alhamdulillah..jika bermanfaat mba..seneng aja bisa sdkt..berbagi ide..^^

      Delete
  5. Saya mau bgt menu diet kyk begini mbak..

    Ternyata kita juga lagi senasib.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ayo..Mba Rini..kita anggap aja ini menu diet..hihi..diet tapi maunya kok makan enak2 ya Mba...yang penting udah lumayan nggak makan karbo ya mba..hihi..*tetep..maksa.com..*

      Delete
  6. di Batam mana ada petis,tapi biasanya iseng aja bikin tahu telur bumbunya pake sambal kacang dikasih cabe sam kecap,uleg deh hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..enak juga kan Mak Hanna..kayak punya Yodha itu ya begitu..dia suka lho..jadi bumbunya kayak pecel aja..tetep enak kok..eh Batam kok bahan2 makanan yang unik2 susah ya..perlu di impor dari Jawa kayaknya ya Mak..hihi

      Delete
  7. barusan aku makan malem pake tahu telur surabaya ala diah didi nih, enak mbak! berhubung kemaren dapet petis jadi tak coba, suami dan si kembar suka. oh ya mbak aku mo tanya beda petis ikan sama petis udang itu apa ya mbak? tadi baru buka petis yang ikan..., menurut mbak di enakan yang mana ya? thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..Sipp Mba..wah..Mas Yodha...juga suka lho.
      Suka2 sich mba Esti..tapi kalau untuk masakan..kayak tahu2 an gini..biasanya di resep pakai petis udang Mba..tahu gimbal semarang juga..tapi ada juga yang suka di campur..:)

      Delete
  8. Mbaaaa suka bgt deh resep nya uda byk kuu coba, semoga dpt pahalaaa bagi2 resep k ibu baru ky aku, heheeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Putri..sama2..amin2...seneng kok..bisa sedikit berbagi..:)

      Delete
  9. Aku udah nyobain ini mba diah,, yummy banget mba ^_^
    -Amal-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Amal..syukurlah jika suka..:)

      Delete
  10. Ya ampun mbak Di nikmat banget... Kangenku sama tahu telur surabaya akhirnya terobati. Meskipun aku dari Madiun tapi tahu telur ini dulu sering banget jadi menu sehari hari di rumah. Resep mbak Di pas banget, mumpung lagi gak ngantor dan kebetulan di kulkas ada stock petis Sidoarjo plus sisa kacang lebaran langsung deh tak eksekusi. Karena gak punya tauge yo wislah tak ganti kol mentah yg dirajang halus... uenak mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Erti..eh aku kmrn nyoba petis Surabaya merk Jempol enak yo mba..kalau merk lain tau ndak mba yang enak..kok tak nitip kakaku..:)

      Delete
    2. Kalau yang kemasan ada merknya aku gak pernah beli mbak, biasanya dulu alm.ibuku beli petisnya selalu yang kiloan di pasar tradisional dan itupun rata2 petisnya enak-enak. Sekarangpun aku gak pernah beli karena kalau nenekku ke Jakarta selalu bawain petis yg "made in" pasar itu. Sisa stock petis di kulkas itu dapet oleh2 dari Sidoarjo kemasan 250 gr merknya "Wijaya" mbak dan menurutku rasanya enak..sedep.

      Delete
    3. Wah..jadi pengen ke Sidoarjo aku mba..borong aneka macam petis..hihi

      Delete
    4. Ada petis lgsg toel .. Merk boyya juga enak mba didi .. 😁😁

      Delete