Wednesday, August 14, 2013

Mencari Sarapan Pagi Di Yogya..? Soto Kadipiro Saja..


Kalau lagi di Yogya..mencari sarapan pagi yang selalu buka pagi..ringan dan segar..kami selalu ke Soto Kadipiro. Soto Kadipiro adalah salah satu soto yang legendaris di Yogya. Sudah ada sejak aku belum lahir kali ya..hihi..lha dari 1973 katanya..^^ Pusatnya ada di jalan Wates Yogya..cuma sekarang ini sudah banyak sekali cabangnya tersebar di mana2..di wilayah Yogya. Nah.kalau di pusatnya..warung sotonya berderet2 dech ada 3 warung..semuanya Soto Kadipiro..?..Iya..semua Kadipiro..cuma di kelola oleh anak cucu nya kali ya..jadi berbeda2 warungnya. Tapi kalau citarasanya sich sama aja ya di semua warungnya..soto dengan kuah bening..isian minimalis..terasa gurih dan segar. 

Ciri khas Soto Kadipiro ini adalah suwiran ayamnya sudah di goreng kering dahulu..beda sama soto2 bening lain yang suwiran ayamnya basah. Juga ada irisan kol dan secuil perkedel di setiap mangkuk sotonya. Kali2 buat pemancing biar kita nambah sendiri ya perkedel yang tersaji di meja..hihi..karena yang ada di mangkuknya..cuma secuil aja. Nah..lauk Soto Kadipiro ini bukan berupa sate seperti soto2 lain..tapi ayam goreng dalam bentuk potongan besar2..misal dada, paha, sayap, rempelo ati dll..jadi bakalan banyak lauknya dech daripada sotonya..^^. Citarasanya sich..asli ndeso gitu ya sotonya..seger dan gurih..dan ketika dalam satu suapan ketemu ayam goreng kampung gurih sesuwir..aroma ayam kampung goreng yang khas..akan terasa di mulut..nah inilah yang aku suka. Memang versi soto Yogya..ayamnya selalu di ungkep dulu di bumbuin..baru di suwir atau di potong2 kecil untuk taburan sotonya..jadi lebih gurih rasanya.

Nah.jika lagi di Yogya dan butuh sarapan yang khas dan segar..silahkan mampir ke Soto Kadipiro ini..ada banyak cabangnya..atau mau ke pusatnya..di Jalan Wates Yogyakarta ya. Hari Lebaran dan hari besar lain tetep buka kok. Selamat berwisata kuliner jika sedang di Yogya ya..^^





No comments :

Post a Comment