Friday, August 30, 2013

Bawang Bombay Goreng Balut Tepung Panir



Masih punya sisa tepung panir kasar separo bungkus..sisa bikin Chicken drum stick kemaren...hemmm..harus segera di manfaatkan..soalnya..kalau enggak..bisa2 malah lupa. Akhirnya aku coba buat bawang bombay goreng..tapi yang versi di balut tepung panir kasar..hemm..enak banget juga ternyata..renyah dan gurih. Aku pernah makan di salah satu kafe di dekat rumah ku..snack basket gitu..eh salah satunya onion ring tapi yang versi pakai tepung panir. Jadilah iseng tadi pagi2..memanir bawang bombay, lumayan..yummy..buat sarapan spaghetti lada hitam...favorit suami. Sisanya bisa buat cemilan Yodha..karena Yodha juga suka bawang bombay goreng.

Bawang bombay memang unik rasanya..bisa memberikan citarasa yang enak di masakan..dan juga enak di goreng..buat campuran bakwan dll. Citarasanya jadi keluar manis..kalau di masak..dan aromanya yang khas juga berkurang. Kalau di luar negeri sich..lebih banyak di konsumsi mentah ya..bawang bombay ini untuk campuran salad...dll. Tapi..kalau untuk lidah indo..aku sarankan di goreng saja..hihi..lebih enak, atau di buat campuran aneka masakan. Tips untuk memilih bawang bombay..pilihlah yang lokal saja ya..agar citarasa bawangnya enak dan manis. Kalau yang impor..memang menarik ya..gede2..cuma kadang2 rasanya sepo gitu..kurang enak. Yukk cobain teman2..sangat mudah..dan murah meriah..hihi..soalnya 1 bawang bombay..bisa jadi sepiring  lho..seru kan...lumayan kan buat cemilan atau lauk keluarga..yang beda dari biasanya.
Bawang Bombay Goreng Balut Tepung Panir.

Bahan :
1 buah bawang bombay ukuran sedang
1 butir telur, kasih garam dan merica dikit terus di kocok asal rata dengan garpu.
50 gram tepung terigu, di campur sedikit bumbu kaldu bubuk dan merica, ayak.
Tepung panir kasar secukupnya ( Misal merk Mamasuka )

Cara membuat :
Potong bawang bombay melintang dan pisah2kan sampai jadi bentuk bulat bulat kayak lingkaran. Basahi dengan sedikit air , supaya tepung terigunya mudah menempel.
Gulingkan ke tepung terigu, celup ke kocokan telur dan terakhir gulingkan ke tepung panir sambildi tekan2 biar nempel bagus tepung panirnya.. Jika mau tebal..ulangi proses pelapisan dua kali. ( tapi telurnya juga tambah berarti ya..).Goreng di minyak panas hingga kecoklatan dan renyah.

19 comments :

  1. Sempet nyangka itu cumi, ketipu sama kayak di king burger. nggak taunya Onion :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul Mak Noe..buat isi burger juga enak...dari penampakan emang mirip calamari ya..hihi..sama enaknya ya Mak..cuma jelas lebih murah meriah bawang bombaynya...:D

      Delete
  2. Jadi gulingkan ke tepung terigu, celupkan ke kocokan telur dan gulingkan ke tepung panir? sippp, terima kasih Mak Didi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Astin..pokoknya main guling guling aja kalau buat onion ring..hihi..seru juga lho..masak bareng anak2..kalau bikin begini..^^

      Delete
  3. Mbak,,potong melintangny gmn y? Aq sering gagal bikin bulat2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melintang biasa Mba Khusnul..pertama potong tengah dulu, terus di potong lagi kira2 1/2 cm dech..kalau takut gagal..jadi aman kan..pakai pisau yang tajam ya Mba..biar bisa lurus dan sama potongannya..habis itu tinggal di lepas2..pakai tangan aja..mudah..jadi dech bulat2 kayak ring...^^

      Delete
  4. Pengen buat...enggg kira2 boyz doyan ga ya? Soalnya kalo masak tumisan yg pake bw bombay, suka disingkir2in bw bombaynya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..Jangan di bilangin dulu..kalau terbuat dari bawang bombay Mak Riana..habis mateng..coba sosorin dulu dah Ke anak2..dgn saus tomat..biar di cicip..^^..Yodha..apa ya doyan bawang..tapi kalau di goreng ini..jadi doyan lho..beneran..nggak kerasa kayak bawang..kayak sayuran manis aja gt rasanya..klu di goreng..^^

      Delete
  5. mbak diah didi ini memang bener-bener jago masak ya...! saya bener-bener kagum sama mbak ini, lihat tiap postingan di grup bikin ngiler terus, hehe...
    kalau boleh tahu, mbak ini lulusan sekolah kuliner gitu gak sih...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh Mba Santi..nggak mba..hihi..Ibu RT aja..yang tiap hari masak buat keluarga..lulusan..Pariwisata malah kuliah dulu..hihi..

      Delete
  6. mu bikin jg ah :D
    klo resep spageti lada hitamny gmn mak? hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukk bikin Mak Nathalia..murah meriah..eh saghetti lada hitam..sausnya lada hitam. Bawang putih, di cincang / geprek..jahe di geprek, bawang bombay di iris, terus di tumis, di kasih lada hitam yang di tumbuk kasar, saus tiram dikit, saus tomat dan kecap manis dikit juga..garam , dan kasih air dikit..jadi dech saus lada hitam. Pelengkapnya bebas..bisa daging sapi, ayam, udang..dll...tadi masih gelap..jadi nggak sempat motret pagi2 Mak..hihi..nanti klu buat lagi tak foto dan di posting dech..^^

      Delete
  7. Asik dikasih resep onion ring. Aku suka bgt nih, Mbak.
    Kalo beli jadi kan mahal. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba Novia..mahal pake banget..apalagi di kafe2 tuch..cuma dapet berapa biji gitu..mahalnya..klu buat sdr..bawang bombay satu biji tuch..bisa jadi sepiring..hihi..*Mak Irit banget kan..hihi*

      Delete
  8. halo mbak Diah,
    wah mantep banget nih resepnya, bisa jadi cemilan sehat untuk keluarga dirumah, saya malah belum pernah tahu jika bawang bombai bisa dijadikan seperti ini, inovatif :-) . makasih ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2..met coba ya..:)
      Di beberapa resto fast food udah banyak juga yang jual lho..:)

      Delete
  9. kesukaan aku iniiiii ,, makasih mak resepnya

    ReplyDelete
  10. Asyil...asyik.... aku mau cobain deh...kebetulan masih punya bawang bombay 3 biji. Makasih mbak Diahku yg cantiq....

    ReplyDelete