Monday, August 19, 2013

Tips Membuat Nugget Rumahan Yang Ekonomis dan Enak Untuk Usaha


Nugget..salah satu lauk cepat saji populer yang hampir sering ada di  freezer kita ya teman2. Teknologi *coating food* atau makanan berbalut tepung ini..awalnya di kenal di Amerika, dan negara maju lain, terutama untuk membalut olahan dari daging ayam. Di Indonesia mulai berkembang di tahun 1990 an..dari sumber yang aku baca ya. Perkembangan pasar nugget di Indonesia  begitu cepat..sampai akhirnya banyak  produsen2 nugget dengan berbagai merk bermunculan ya..yang sampai sekarang pasti udah tidak asing lagi buat kita2 nich para emak2..hihi. Karena nugget memang selalu bisa menjadi jurus jitu buat lauk makan anak2 supaya mereka lahap makannya. 

Dari kalangan atas sampai kalangan menengah ke bawah..tua ..muda dan pastinya anak2..hampir semua suka nugget dech kayaknya. Nah..kalau kalangan menengah ke atas kan kebutuhan akan nugget sudah di penuhi ya..oleh para produsen pabrik2 nugget raksasa yang produksinya skala besar dan selalu tersedia di supermarket..namun harganya juga relatif mahal kan teman2. Nah...nugget untuk kalangan menengah ke bawah ini..yang kadang2  belum banyak yang dilirik ya peluang usahanya. Ada juga sich di pasar2..nugget  curah ya..namun kadang rasanya kurang enak..nah..mungkin ini bisa jadi peluang bagus dech buat teman2..yang bingung mau mencoba usaha apa gitu...cobalah usaha nugget rumahan..yang harganya terjangkau..namun rasanya tetep enak..pasti dech prospeknya bagus..siapa sich yang nggak mau makanan murah tapi enak..ya kan..hihi. Apalagi dengan tambahan embel2 promosi yang unik..misalnya nugget yang fresh..homemade..sehat dan tanpa bahan pengawet, pasti dech akan semakin menarik perhatian konsumen.

Nah..untuk membuat nugget rumahan yang ekonomis..yukk  belajar sama2 tentang trik2nya ya..semoga bermanfaat..^^..:

Nugget adalah salah satu jenis coating food, yaitu makanan olahan yang terdiri atas adonan / bahan baku yang akan di lapisi dengan tepung pelapis.

Pada dasarnya bahan pelapis terdiri dari :

Predaster ( Pelapis ) : Terbuat dari bahan utama tepung terigu saja , atau tambahan tepung lain jika perlu. Di gunakan untuk melapisi adonan supaya tidak licin, fungsinya membuat permukaan adonan rata dan membantu melekatkan adonan cair.

Batter Mix ( Tepung pencelup ) : Biasanya dalam pembuatan nugget pencelupnya adalah telur , nah biar ekonomis kita bisa memakai tepung pencelup yang berupa adonan tepung dan air, serta bumbu jika suka.  Tepung pencelup ini berfungsi seperti halnya telur, yaitu untuk melekatkan tepung pangko atau tepung rotinya.

Bread crumb ( Tepung panir / roti untuk pelapis luar ) : Merupakan pelapis akhir yang menentukan karakter lapisan produk nuggetnya. Jika menggunakan tepung roti kasar, maka lapisan nugget seperti rumput  tumbuh. Jika menggunakan tepung roti yang lebih halus, permukaan nugget akan lebih rata.Ada dua macam  tepung roti untuk nugget yang bisa kita gunakan, yang berwarna putih..dan bentuknya kasar, ini paling banyak di jumpai di pasaran.Di supermarket ada beberapa merk yang ada..salah satunya yang sering aku gunakan adalah..*Mamasuka*. tapi jika untuk usaha..pilihlah tepung panir yang tidak bermerk terkenal..biasanya di jual dalam kemasan khusus yang lebih ekonomis, sesuai nama supermarketnya...misal dari Carefour..Superindo..dll..biasanya mengeluarkan produk2 kemasan mereka sendiri yang lebih ekonomis harganya. Selain itu ada juga tepung panir warna orange..yang memang khusus buat nugget..yang di jual secara curah dan biasanya di kemas di plastik ukuran 1/4 kilogram di TBK atau toko bahan kue. Kalau di tempatku tinggal ku di Semarang sich selalu ada ya..tepung panir orange ini...bahkan di TBK langgananku deket rumah juga selalu ada...dan harganya juga lebih murah daripada yang kemasan pabrik. Rasanya juga sama enaknya kok..aku sering pakai tepung panir orange ini di rumah. Kadang malah ku bikin untuk lapisan risoles..kroket dll..dan hasilnya jadi lebih cantik..karena berwarna orange..^^ Kelebihan tepung panir orange ini..memang warnanya lebih menarik ya..jadi hasil nugget kita bisa sama kayak nugget buatan pabrik.

Selain trik agar bahan hemat seperti penggunaan lapisan pencelup dari tepung, bukan dari telur..kita juga bisa menggunakan tehnik double pass , yaitu memberikan pelapisan lebih tebal dari standart..agar nugget terlihat lebih besar ukurannya..sehingga menarik minat pembeli. Sebagai contoh..jika kita membeli ebi furai..udang goreng lapis tepung pangko yang ada di resto2 fast food gaya Jepang itu lho teman2..biasanya  kan nampak ndut 2 ya udangnya ..tapi ketika kita buka lapisannya..wo alah ternyata udangnya cuma kecil..tipis2 yang di lurusin gitu..dan yang tebal adalah tepung pelapisnya..hihi..tapi tetep enak kan teman2 ? Tehnik double pass ini seperti ini gambaran langkah2nya kayak gini nich : 1. Adonan nugget - 2. preduster- 3. batter mix- 4. bread crumb-5. batter mix - 6. bread crumb - 7. nugget , jadi dua kali celup dan dua kali lapis tepung panirnya.

Selain itu..untuk membuat nugget lebih ekonomis harganya, bisa juga kita tambahkan penambahan bahan baku. Tujuan penambahan bahan baku ini sebenernya untuk penghematan..namun..jika kita pinter2 berpromosi..penambahan bahan baku tertentu ini..justru bisa menjadi nilai jual tersendiri untuk menarik minat dan perhatian konsumen lho..seperti..misal..di tambahin sayur wortel..brokoli..bayam dll. Dengan image nugget sayuran yang lebih sehat dan lebih bergizi..yaitu karena adanya tambahan sayuran di dalam adonan nugget..pasti dech membuat ibu2 yang anaknya susah makan sayur..tertarik membelinya. Nah..dari situ kita bisa berhemat bahan utama yaitu ayamnya..karena di tambah bahan2 lain. Selain sayuran..bisa juga di tambahkan tahu, tepung kedelai, kulit ayam..jamur, dll..agar rasa nugget semakin bervariasi dan bahan baku bisa lebih murah.sehingga untung yang di dapat juga makin lumayan kan..^^

Nah..tertarik buat usaha nugget di rumah teman2..ayook jangan ragu2 ya..mulai aja dengan skala kecil dulu..hihi..*tukang kompor nich..*...di jual di lingkungan tetangga, di kantor, sekolah anak dll..jika belum laku banyak..jangan menyerah..harus tetap semangat dan berusaha...paling tidak kan bisa buat stock lauk anak dan keluarga di rumah kan..soalnya kan awet nugget di simpan di freezer. Tapi memang...kalau memulai usaha baru..musti sabar dan giat berpromosi ya..* Sok tau dikit ya teman2..hihi..*

Good luck ya..kalau aku cuma bisa bantu doa aja ya teman..dan juga bantu resep2..jadi tunggu ya..resep2  nugget ekonomis..ala aku tentunya..^^ Jadi sekarang simak dulu tips2nya di atas ya..hihi...atau mau coba resep nugget ayam sayuran yang udah sering ku buat..lalu di terapin aja prinsip ekonomisnya di atas dengan di modifikasi sendiri..silahkan..intip resepnya di bawah ini..cuma fotonya juga foto lama ini..hihi..lha aku belum punya bahan2  nugget kalau mau bikin lagi..tunggu aja ya resep2 nugget ekonomis dan variatif yang nanti aku buat..^^ Selamat mencoba.

Nugget Ayam Sayur Ekonomis

Bahan :
500 gram ayam cincang
2 lembar roti tawar tanpa kulit, rendam pakai
susu lalu peras ( ganti aja tepung roti halus )
50 gram buncis,potong kecil2
50 gram wortel,potong kecil2 ( jumlah sayuran bisa di tambah biar lebih ekonomis )
Telur ayam 2 butir

Bumbu :
1 bungkus( 10 gram ) kaldu bubuk
2 siung bawah putih
3 siung bawang merah
1/2 sdk teh merica bubuk
1/2 sdk teh pala bubuk
1/2 sdk teh garam atau sesuai selera
1 sdk teh gula pasir


Utk pelapis :
Telur ayam 2 butir ( kalau mau ekonomis : ganti pakai tepung pencelup )
1/2 sdk teh garam
250 gram terigu
150 gram tepung panir khusus nugget

Cara Membuat :
Cincang ayam kecil2, Campur dan haluskan jadi satu semua bahan dan bumbu yang udah di haluskan terlebih dahulu kec wortel,buncis dan keju,bisa pakai food prosesor atau blender, tambahkan keju parut.dan sayuran aduk rata,cicipin udah pas atau belum bumbunya..dgn cara goreng sdkt adonan,cicipin..jika kurang garam ,gula atau apa,tambahkan sesuai selera hingga rasanya pas gurihnya.
Masukan pada loyang segi empat..ratakan tipis saja,lapisi plastik bawahnya.
Kukus 30 -40 menit, dinginkan.Potong2 sesuai selera, atau juga bisa di cetak dgn cetakan yang lucu2 biar menarik bentuknya.
Gulingkan potongan nugget ke terigu ( predaster ), celup ke telur / tepung pencelup dan gulingkan lagi ke tepung panir. Gunakan tehnik double pass jika mau lebih keliatan besar nuggetnya. Simpan nugget siap goreng ini dalam wadah tertutup di kulkas sebentar, biar tepung panir melekat sempurna. Lalu kemas dalam mika.

60 comments :

  1. dulu satu kos sama anak pertanian, prakteknya kl nggak bikin yogurt ya nugget sayur hehe....sekarang lagi marak nugget sayur ya mak....belum pernah buat sih,belum punya anak juga hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak Hanna..bikin buat sendiri tho Mak..kan enak juga..hihi..

      Delete
  2. hmmm...
    enak nih *ngiler..*
    kayaknya mudah...
    o iy, mbak tlg ulas tntang SOUFFLE dong...
    mulai dari asal usulny, review rasa, resep (ini yg paling pnting... hihi), tips & trik membuat souffle, atau klo mbak ada pngalaman pribadi bikin souffle, juga boleh... hehe;)
    aku mw bljar bikin souffle ug enak, tp tkut gagal...
    makanya aku mw minta wangsit dlu sma mbak diah, hehe...
    boleh ya? pliiiiis:)
    trims sblmnya...

    ReplyDelete
  3. Hihi...iya Mba.mudah kok..ayukk bikin..nuggetnya..^^

    Oh iya..souffle..udah sering makan..cuma belum pernah bikin sendiri..hemmm..coba nanti tak semedi dulu ya mba..cari wangsit juga..hihi...alias tak belajar dulu..tentang souffle ini..waiting list dulu ya..hihi..*sok sok an ya Mba..*.

    ReplyDelete
  4. okeh...
    ditunggu scpatnya mbak..
    awas klo lupa.., tak kirim putih telurnya 100 baskom, biar cpet bikin souffle nya... *hihi, piss mbak... kidding :):):)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba..boleh..ntar tak buat brownies putel dulu malah..hihi

      Delete
  5. mak'e....
    numpang nanya, boleh ya????
    daku mau bikin brownies panggang, tapi takut gosong, maklum, belum punya oven listrik, yang ada cma otang (oven tangkring) *orang udik, xixixi...
    jadi, kira2 gimana triknya supaya kita bisa tau suhu ovennya...
    di resep yg mau aq bkin, suhu ovennya harus 180 drajat,
    lha, gimana mau tau suhunya, wong termometer aja daku tak punya..
    Piye iki?
    Helep maaaaaaak.. xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Fitri..boleh dong..walaupun aku nggak begitu ahli di oven tangkring..karena dari dulu pakai oven listrik..cob bantu ya..hasil nyerap ilmu di beberapa milis masak dan denger2 cerita tentang si otang ini..hihi:

      Untuk membuat cake..otang relatif cukup * aman * dari gosong kok Mak..kata temen2 yang suka pake. tapi kalau ragu..boleh di alasi pasir di dasar otangnya..untuk peredam panas. Nah..pas mau baking cakenya..di panaskan dulu ya..sampai kira2 suhunya sesuai..nah..ini yang musti di asah feelingnya..jika tidak punya termometer khusus oven.suhu 180 derajat itu nggak panas2 amat sich klu di oven listrikku lho ya..soalnya..aku berani aja..nyentuh permukaan cake yang masih ebrad adi dalam oven kalau lagi bikin cake dan udah hampir matang gt..buat tahu matang atau belum dalamnya. Jadi..musti bergaul sering2 dgn ovennya nich Mak...biar kenal suhunya. Terus..naruh loyangnya di bagian tengah ya..supaya matang merata.Jika enggak ada pasir..jauhkan otang dengan api kompor..misal sedikit di ganjal apa gitu yang cocok..terus habis di panaskan suhunya..kecilkan aja apinya sampai suhunya stabil. Dan yang pasti..harus berani mencoba Mak..bikinseparo resep dulu buat uji coba..dan jika takut gagal..oke ?..happy baking ya..^^

      Delete
    2. sip mak...
      siap meluncur kedapur...xixi
      tipsnya boleh juga nih...
      sekalian ngasah ilmu debus *halah...:p,
      makasi ya mak diah didi... ^_^
      luph u pooolll,, mmuach..:*, xixixi

      Delete
    3. Iya Mak..good luck ya...awas hati2 kepanasan..hihi

      Delete
  6. mba diah boleh ga plastik pengalasnya diganti jertas roti??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lengekt nanti Mba Piyu..karena kertas roti kan lunak ya..kalau kena air..kalau enggak mau pake plastik..di oles minyak aja loyangnya ya..^^

      Delete
  7. makasih banyak mba diah.....mau cb nih...soalnya anak2 suka bgt ma nugget.....oya loyangnya itu pake loyang buat cake kan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..iya..kalau anak2 suka..bikinin sendiri saj amba piyu..lebih murah..dan sehat. Iya..pakai loyang kue biasa..yang kotak..sesuai selera ya..klu loyangnya kecil tebal..nanti tinggal di potong2 tipis sesuai selera nuggetnya..malah jadi banyak..hihi.

      Delete
  8. Hai mba.. tumpang nanya donk.. klo untuk daging ayam sejumlah 500gr, adonan tepung pencelupnya komposisinya brp ya?? Supaya gak pake telur. Maklum saya ibu rumah tangga yang pemula.. hee,,, thx yah mba... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dulu 100 gram terigu Mba..nanti klu kurang tinggal di buat lagi adonan tepungnya..supaya nggak kebuang sisanya ya..:)

      Delete
  9. mbak,saya mau nanya tepung panis pelapis nugget yg mbak pakai. itu merknya apa ya mbak. saya tinggal di daerah gorontalo. sangat sulit menemukan tepung panir yg seperti itu. adanya yg mama suka tp yg putih kasar bentuknya. pengennya yg kuning kayak punya mbak. itu belinya dimana? mohon infonya ya mbak. saya pernah buat nugget pake tepung roti yg kasar itu tp hasilnya tak memuaskan. tengik. kalo yg curah saya pernah coba tp rasa nuggetnya miriptahu busukk.hiks.. mohon infonya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya beli tepung nugget ini di TBK Mba..toko bahan kue dekat rumah Sy itu..tapi emang nggak bermerk..dan di kemas plastik biasa 250 gram an..nggak masalah dgn rasanya itu mba..mungkin yang di jual di tempat mba..udah lama kali ya..:)..Klu di supermarket memang terbatas ya..merk yang beredar Mba..mamasuka dan ada satu lagi..lupa namanya..:)

      Delete
  10. Hai mba diah.. Numpang tanya lagi yah.. Klo mau bikin batter mix nya komposisi nya apa aja ya mbak?? Saya coba cari tepung batter mix instan d beberapa tbk ga ada nemu.. Klo pake telur kan mahal. Maunya biar lebih hematt gtu.. Heee... Makasi mba.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adonan pencelup..terbuat dari tepung terigu, air, garam, dan telur satu Mba Indah..di kira2 aja sampai jadi adonan..kayak adonan mau bikin pencelup mendoan tapi sedikit lebih encer..:)

      Delete
  11. Mbak, kalo roti tawar rendam susu diganti tepung panir, pake brp gram ya? Suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. 50 gram mungkin mba Monica..kira2..:)

      Delete
  12. Kalo gak mau pake sayuran, komposisi gram2an bahan2 tetep?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, keju parutnya sbrp banyak? Trus aku punyanya loyang persegi panjang dan kecil, suka aku buat utk ngukus galantine... bisa gak pake itu aja? Jadi stlh dikeluarkan br dipotong2 persegi2 panjang spt finger food. Saderenge matur nuwun...

      Delete
    2. Sesuai selera aja Mba Monica...50 - 100 gram cukup..loyang sesuai selera..hasilnya nggak pengaruh kok..misal mau di potong2 beda./..rasa tetep sama..:)

      Delete
  13. barusan aku buat nugget pake resepnya panjenengan mbak, kata si mbak enaaakkk, aku ikutan coba, beneran enak, ga kalah lho sama yang kemasan, kejutan buat si kembar nanti pulang sekolah, tak buatin menu yang ada nuggetnya, suwun ya mbaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Esti..semoga anak2 juga suka ya..jadi kan bisa sering2 bikin nugget yang sehat buat mereka..salam sayang untuk mrk ya Mba..:)

      Delete
  14. halo mba diah, salam kenal saya agil saya tertarik melihat kelihaian mba diah membuat nugget sendiri apakah mba bisa memberi pelatihan?terima kasih informasinya cool mba idenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh Pak Agil.
      Pelatihan di mana ya Pak..tujuannya apa..sosial atau komersial..?

      Delete
  15. mbak..kl utk ayamnya diganti ikan tuna bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. LEbih enak kakap atau tenggiri Mba Desy..klu ikan buat nugget..:)

      Delete
  16. Salam Mbak.....salam kenal...saya Dina Hajja dari Curup Bengkulu...
    mw tanya harga per kg nugget ayam di semarang..?..
    perbndngn,,klo di daerah kami 30 s.d 40 rb/kg nya....
    trmksh sblm nya Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas..mungkin rata segitu ya Mas..sy jarang beli nugget sich..suka bikin sdr..:)

      Delete
  17. Mbk , bsa ndk roti tawarnya. Diganti terigu. Atau kaanji ??

    ReplyDelete
  18. mba diah mau nanya, bikin nugget utk sendiri apa di jual juga?

    ReplyDelete
  19. Mba diah sy mau nanya.klo nugget yg mba diah bikin itu awet nya smpe brp bln y mba?

    ReplyDelete
  20. mba diah .. saya mau order tepungnya mbak .. bisa minta no hp?
    saya email gak dibales2 mba

    ReplyDelete
  21. Salam kenal.. kerenn mba Diah artikelnya bisa utk inspirasi usaha ibu RT :)

    ReplyDelete
  22. Hi mbak diah, wah seneng banget deh lihat blognya. aku langsung ike FBnya juga. soalnya baru belajar masak. oh iya mbak, itu resep nugget kalau sudah jadi dan disimpan di frezer bisa tahan berapa lama yah?
    terima kasih

    ReplyDelete
  23. Lg muter" di mbah google nyari cara memanir nugget biar cantik. udh bikin nugget sendiri tp blm d panir ... Nah skrg pede deh buat manir karna dpt ilmu ny jelas lengkap ringkes...yes mba didi thanks banget....bermanfaat sekali...g pernah salah kalo buka blog ny mba didi inih.
    Salam,
    Widy

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mba.......sipp sm2 met coba ya :)

      Delete
  24. mba, mau nnya, itu fungsi tepung roti/terigu/roti tawar itu sebagai pelembut aja atau bisa jadi penambah bahan adonan supaya jadi bnyak? saya selama ini pakai roti tawar, tapi mahal mba, kalau diganti tpung roti jadi merubah rasa ga ya mba? takut nya jadi lembek, ga kerasa ayamnya. trus kalau ayam nya 1kg kira2 tepung roti nya segimana ya? tlg info nya ya mba,, ditunggu balesannya.. :)

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Nugget nya emang benar2 enak mbak....makasih lagi ya mbak resepnya...setiap da acara keluarga aku kasi menu nugget ini,,,selalu besoknya ada orderan mbak,,,nugget jualanku emang laku mbak

    ReplyDelete
  28. Numpang tanya dong mb diah...kl ayam 500gr itu kira2 jd berp kilo nuget ya...biar bisa jualan dg harga 40rb per kilo ny...trimakasih...

    ReplyDelete
  29. Numpang tanya dong mb diah...kl ayam 500gr itu kira2 jd berp kilo nuget ya...biar bisa jualan dg harga 40rb per kilo ny...trimakasih...

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Mba, apakah tekstur nugget akan beda jika pakai roti tawar dan tepung panir halus? Trims...

    ReplyDelete
  32. Mba didi salam kenaaal, thank you banget mba resepnya enak sekali. Tapi aku pas motong nuggetnya yg bagian bawah pecah. Itu kenapa ya Mba? Terima kasih sebelumnya 😊

    ReplyDelete
  33. Mba didi kl nugetny mau di cetak tu bagusny di kukus dlu bru di cetak apa di cetsk dlu bru di kukus, mohon pncerahannya agar nuget teksturny lbih cantik, thanks

    ReplyDelete
  34. mba didi, tepung pencelup itu apa ya?

    ReplyDelete
  35. mbak saya mau tanya..kalo kita buat nugget dari jamur tiram gimana caranya agar bisa tahan 1 s/d 3 bulan kalo disimpan di freezer...masalahnya saya pernah buat baru kurang dari 1 minggu rasa nuggetnya sudah menjadi agak masam....tolong infonya ...trimaksi salam sukses dari palembang

    ReplyDelete
  36. mb itu tepungnya pakai tepung terigu seg*tiga biru atau bisa pakai tepung yang dijual tanpa merk yang biasa di jual diwarung" kecil?
    terima kasih

    ReplyDelete
  37. Barusan nyobain resep mbak diah, tp nuggetnya aku bake nggak dikukus,,hasilnya enak mbak,,,nggak kalah sama nugget kemasan hihihi 😁

    ReplyDelete