Monday, August 12, 2013

Sambal Brambang Asem...Segerrr..^^


Sudah mulai berakftifitas kah teman2 ?..atau masih di kampung halaman..belum pulang setelah mudik..yach..selamat menikmati aktifitas masing2 aja ya di minggu pertama setelah Lebaran ini. Kalau aku..masih agak males masak yang ribet2..selain karena seminggu full udah ketemu makanan berlemak2..dan wisata kuliner non stop dari  Yogya..Magelang..sampai balik ke Semarang pun masih jajan..hihi..karena belum ada tukang sayur lewat..beli di supermarket kok kurang fresh sayuran dll..karena stock lama kayaknya..jadi akhirnya jajan terus....walau kadang berujung dengan kecewa karena rasanya kurang sesuai selera..hihi. 

Maklum..kalau Lebaran..tempat2 makan yang terkenal enak biasanya malah pada libur dan memberi kesempatan karyawannya pada mudik..nah biasanya yang buka adalah warung2 makan yang biasa aja..dan yang kalau enggak Lebaran enggak laku..tapi karena buka di hari2 Lebaran jadi rame dan laku dech warungnya..plus tambah mahal harganya..hihi. Kemaren sempat kaget..makan nasi koyor 2 porsi di Semarang paling banter cuma 30 ribu maksimal ya..eh Lebaran jadi 80 ribu hihi..ini warung makan biasa lho ya..bukan resto gede..hihi...ya nggak pa2 ya..rejeki Lebaran buat warung2 tersebut..soalnya..kalau enggak Lebaran yang kurang laku sich..kalah sama warung2 makan yang enak2 dan harganya normal. Lihat rumah dan dapur juga masih agak berantakan..jadi masih belum semangat masak2 yang berat2 ^^.........
Di saat2 seperti ini..orang yang ku rindukan adalah...*Mba Tri*...ART ku..kapankah dirimu datang Mba..hihi lebay dech..*aku rindu..rumah yang rapi dan bersih..hihi..ketahuan..males..bersih2 sendiri *

Nah..hari ini beruntunglah daku karena ada 1 tukang sayur pagi2 udah lewat depan rumah..jadi bisa ketemu bayam nich..hihi. Dan karena udah bosan dengan yang berlemak2 masakannya..jadi aku buat sambal brambang asem saja..seger dan uenakk..bisa di gado aja..atau teman lauk nasi juga bisa..jika suka. Selain bayam..sayuran lain bisa di gunakan..seperti daun ubi..kangkung dll. Sambal brambang asem ini adalah masakan Jawa Tengah ya..di Solo ada..di Semarang juga ada..rasanya segar sekali..asem manis..gurih dan ada aroma khas bawang dan terasi..duch sebuah komposisi rasa yang pas banget di makan di siang hari yang terik dan di tengah kebosanan akan daging2 dan masakan bersantan lain..serasa menemukan sensasi rasa baru dech di lidah..hihi..padahal yang udah sering banget bikin sambel brambang asem begini..tapi jadi istimewa aja. Sambal brambang asem ini enak di makan sama tahu atau gembus bacem..tempe goreng tahu goreng dll..lauk sederhana saja..udah dech..nikmatnya mengalahkan opor ayam dan sambal goreng..hihi..*soalnya udah nggak kuat lagi makan opor dan sambal goreng..di mana2 ketemu menu2 ini selama Lebaran..sampai di hotel tempat menginap pun sarapannya juga opor dan sambal goreng..karena nuansa Lebaran..hihi..

Membuat sambal brambang asem ini mudah saja..bumbu2nya kayak cabe dll..bisa sesuai selera..pokoknya kayak buat  sambal rujak itu lho teman2..pasti udah bisa semua kan..cuma bedanya ini di tambahkan bawang merah atau brambang dalam bahasa Jawanya. Bawang merah bisa di bakar atau di rebus. Selamat mencoba..jika suka..^^
Resep Sambal Brambang Asem

Bahan :
Sayuran rebus sesuai selera, bisa kangkung, bayam atau daun ubi
3 buah cabai rawit ( sesuai selera. 3 ini sangat pedas lho..hihi..jika tidak suka pedas..1 saja cukup  )
3 - 5 butir bawang merah, di bakar atau di rebus atau sesuai selera dech jumlahnya , aku tadi asal ambil aja..kecil2 soalnya bawang merahku
5 mata asam jawa
1/2 sendok teh terasi
2 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
Garam secukupnya

Cara Membuat :
Ulek semua bahan sambal, koreksi rasanya, harus ada manis...asam dan segar rasanya.
Sajikan dengan sayur rebus.



3 comments :

  1. kalo aku sukanya pake daun ubi mbak,, makanan kesukaan suamiku nih...hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..bener mba..di Semarang juga daun ubi yang di pake..eh sama..suamiku juga suka..hihi

      Delete
  2. alhamdulillah ada kangkung mari kita masak :)

    ReplyDelete