Laman

  • Home
  • About
  • Recipes
  • Aneka Tepung
  • Cooking Tips & Tricks
  • Food Street/Restaurant Review

Friday, August 16, 2013

Aneka Jajanan Khas Magelang


Ini masih sepenggal cerita jalan2 ke Magelang..Lebaran kemaren..nggak banyak sich liputan kuliner yang aku dapat..lha wong tempat makan yang terkenal masih pada tutup kemaren. Yang buka dan khas..kemaren cuma tahu kupat Pak Slamet..itupun antri poll..dan nggak begitu enjoy akhirnya makannya..lha warungnya sempit sekali..baru makan udah di antri orang lain..hihi..dan setelah perjuangan antri..dapetnya tahu kupat begini nich..hihi..jadi kalau mau tahu kupat aku sarankan..bikin  aja sendiri teman2..lebih puas adan nggak perlu berjubel di warung sempit makannya..resepnya di sini ya..dan bandingkanlah..lebih menggoda mana teman2..tahu kuat buatan sendiri..atau beli di warung yang sudah kondang ini..hihi..Ya itulah..seru berwisata kulienr ya teman2..masuk sampai ke tempat2 pelosok atau kampung2 kayak di yogya..sekedar menikmati gudeg atau sepiring mie goreng..yang kadang  kita buat sendiri di rumahpun.bisa. Tapi biarpun begitu..kalau denger ada tempat kuliner yang unik..aku ya semangat aja mencoba..walaupun kadang cuma sekali coba aja..biar enggak penasaran hihi. Kayak tahu kupat di Magelang..aku udah sering makan tapi biasanya makan di warung pak Pangat yang versi kol nya di goreng dulu..jadi rasanya unik dan khas..ada rasa manis dari kol..nah kemaren ini penasaran coba yang versi Pak Slamet..yang juga kondang..dan sering di review di internet..atau masuk tipi..hihi.



Lanjut..jalan2 dan cari makanan khas Magelang..malem muter2..cuma belum pada buka..dan yang buka..ada salah satu restoran prasmanan dan aneka es yang katanya cukup kondang juga di Magelang..akhirnya malem kami makan di sana..cuma..hemmm..jauh dari harapan dech rasanya..biasa banget..semua masakan udah dingin jadi kurang semangat aja makan...jadi enggak aku review di blog ini dech restonya..maaf ya..hihi

Terus paginya kami ke pasar Rejowinangun Magelang..tujuan utama..mau cari gethuk tradisional yang khas Magelang..yang aneka warna..dan ada gethuk gulungnya..lembut dan fresh gethuknya..karena buatan tradisional..bukan pabrik..kayak gethuk Eco yang udah aku posting kemaren. Memang sich..versi gethuk basah yang nggak awet..jadi lebih enak beli secukupnya untuk di makan.  Dulu pernah jug adi beliin suami yang versi gethuk basah Magelang ini..dalam kardus kemasan dan katanya jug aterkenal..tapi rasanya kok malah kering dan agak kenyal..jadi mungkin pakai pengawet,..jadi klau aku suka gethuk Magelang yang asli ala sar..fresh dan selalu baru buatnya..jadi gethukny ateras lembut..alami rasa singkongnya..dan enak ..manis gurihnya pas. eh tapi kemaren gethuk yang enak kok belum buka..udah di tungguin lama..kata pak tukang becak..bentar lagi bukanya gitu..eh nggak datang2..jadi cuma motret t4 jualannya aja nich..hihi..letaknya di Pojok Pasar Rejowinangun Magelang..kalau dari Semarang mau ke Yogya lewat kota Magelang pasti lewat kok gethuk ini...keliatan kok tempat jualan gethuknya.


Nah..daripada teman2 penasaran gethuk basah ala pasar khas Magelang..aku kasih foto lamaku aja ya..ini dulu aku sempat beli juga..rasanya enak sekali..lembut..manis dan gurihnya pas..liat dech fotonya..nampak lembut banget kan gethuknya..^^


Tapi kalau mau coba gethuk Magelang yang versi basah ala pasar seperti ini..walaupun banyak yang jual..hati2 ya.pilihnya..jangan pilih yang penampakannya seperti ini..kering ..kesat dan kenyal..soalnya kayaknya pakai pengawet dech..aku pernah di oleh2 hin suami..rasanya aneh dan kurang enak. Sekedar tips saja ya teman2..^^..tapi memang keliatan beda kan penampakannya..^^


Akhirnya..karena nggak sabar nunggu gethuk Bu Endang...kami cabut aja dech dari pasar..tapi sebelumnya sempat beli cemilah Magelang lain..yaitu gulo kacang dan jenang ketan serta krasikan..wah favoritku semua ini..dan biarpun belinya di pasar..rasanya enak semua..^^



Setelah itu..buat obat kuciwa karena kami nggak ketemu gethuk pasar..ya udah ke gethuk yang versi pabrik aja..yaitu ke pusat oleh2 Gethuk Eco..yach..biarpun buatan pabrik tapi enak juga kok gethuknya..dan bisa di jadikan oleh2 malahan..^^ Selain gethuk..banyak juga oleh2 lain khas Magelang yang di jual di sana..dan yang paling aku suka..adalah permen tape nya..enak..manis dan unik rasanya..paling enak sich di makan sambil minum teh pahit..hihi..karena rasanya manis..^^


 Permen tape..kayak gini nich..^^



Udah dech..habis itu pulang ke Semarang..dan di sepanjang jalan Magelang menuju ke Semarang banyak banget kok toko oleh2 teman2..jika mau borong aneka cemilan khas Magelang yang lain..cuma karena aku udah sering beli dan sering makan cemilan Magelang lain..paling yang aku beli adalah buntil khas Magelangnya. Buntilnya terbuat dari daun lumbu..rasanya enak sekali..lembut dan kuahnya  kering..cuma di siram kuah areh begini. Bisa di beli di banyak toko oleh2 di Magelang ya..^^



4 comments:

  1. Hai Mbak Didi salam kenal ya..
    Saya pernah mbak makan kupat tahu pak selamet, bener banget mbak tempatnya sempit sekali.. kebetulan suami saya orang asli magelang tapi sekarang kami menetap di Indramayu.. Untuk restoran yang terkenal es nya itu RM. Eny bukan mbak? hehehehe... yang punya berbagai menu es, kebetulan waktu itu saya cuma nyoba es cinderella dan bumi hangus menurut saya itu biasa aja.. mungkin karena namanya yang legendaris jadi bikin penasaran.. :) Lain kali kalo mampir ke magelang lagi cobain Gudeg Ayu Parkiran Giant depan RSUD mbak.. ngantriiiinya bikiiinnn emosiii.. hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Mba Laika..salam kenal juga ya Mba..^^

      Hihi..iya Mba..bener semuanya dech..^^

      Kemaren..sampai bingung mba..malam muter2 cari makan di Magelang..hihi..ndak nemu2 yang kayaknya oke..oh ada ya ternyata Gudeg juga..sipp..mksh infonya ya Mba..kapan2 tak cobanya..kmrn kayaknya lewat Giant juga ya..tapi nggak ngeh..hihi

      Delete
  2. selamat siang mb Diah,,,
    salam kenal mbak,, sy orang asli Magelang,
    klo warung Es coba deh ke es M*rni. itu dari saya kecil sampe segede ini rasanya enak banget.
    trus klo mau jajan pasar di pasar dekat RSUD Tidar namanya Pasar Tukangan,
    tapi emang dari pagi sampai siang aja,, semacam pasar kaget, jajanannya enak2 semua loh...
    Nah ini tambahan aja mbak,, seneng liat blognya mbak.
    Aku mau liat daftar tepung nya kok nggak ada ya mbak,, ketika di klik isinya resep :)
    Tks mbak Diah,,, resepnya pengin aku cobain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..iya..masih penasaran sama pasar Tukangan aku mba..kapan2 musti hunting buntil ke sana..:)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...