Tuesday, August 27, 2013

Putu Ayu Warna Warni



Yodha udah doyan ngemil..kalau di bawain bekal kue2 sekarang selalu habis..alhamdulillah..makin gede kali ya..udah hampir 7 tahun Sepetember besok..jadi udah mulai laperan..hihi. Tapi sukanya masih terbatas kue kue coklat atau roti2 manis coklat seperti donat dll. Jadi pengen coba ngenalin ke jajanan tradisional gitu dech..biar dia juga mulai suka..soalnya kadang belum coba udah bilang..no..thank Mom !...Buatan Mami..pasti enak kok..hihi..nolaknya halus banget anak itu, kalau di tawari jajan pasar. Nah...makanya aku buat putu ayu warna warni aja tadi..terus yang buat Yodha..nggak pake kelapa..jadi warna warni aja..hemm..sapa tau aja suka..kan kayak cake kukus lembut gitu rasanya. Kenapa milih putu ayu..ya karena yang paling cepet aja bikinnya..hihi..dan juga bisa dengan sedikit bahan dan telur juga.cukup 2 aja. Soalnya kalau banyak2..siapa juga yang ngabisin..aku..aduch..mau langsing dikit nich..hihi. 

Putu ayu ku ini resepnya minimalis saja..cuma pakai 100 gram tepung..eh kok ya jadinya lumayan banyak..ya udah..akhirnya yang separo..tetep pakai kelapa parut kayak putu ayu biasa..kan bisa buat cemilan suami ntar sore.juga buat postingan di blog..hihi. Udah sering bikin putu ayu macam2..tapi basic..putu ayu yang dari tepung terigu..malah belum pernah aku posting. 

Buat  yang suka putu ayu...yukk di coba..murah meriah bahannya..hasil jadi sekitar 15 an biji..banyak kan..dan rasanya juga enak..lembut menul2..Selamat mencoba..^^

Putu Ayu Warna Warni

Bahan :
2 butir telur ukuran kecil
SP 1/2 sendok teh
100 gram tepung terigu protein sedang atau rendah
75 gram gula pasir ( jika suka manis..tambahin sendiri ya..sesuai selera..soalnya aku suka putu ayu yang nggak terlalu manis )
Sejimpit kecil garam ( pokoknya dikit aja biar gurih rasanya putu ayunya )
Pasta vanila sedikit juga..kira2 1 tetes aja udah wangi..soalnya aku pakai punya Ny Liem pasta vanila nya..wangi bener..memang, kalau nggak ada pakai vanili biasa..dikit atau nggak pake juga nggak pa2 . Biar wangi aja kuenya gitu..beda sama putu ayu pasar..hihi.
Santan kental 100 ml, aku pakai bumas saja, praktis..tinggal di cairin dikit..jadi santan kental yang gurih.
Kelapa parut panjang, 1/4 butir yang agak muda..agak tua juga..yang sedang sedang saja dech..^^

Cara Buat :
Kocok telur, SP dan gula ,serta garam hingga mengembang.Masukan pasta vanila, kocok lagi sebentar saja .
Masukkan terigu sedikit demi sedikit ,aduk rata dengan spatula.
Masukan santan..aduk rata perlahan dengan spatula.
Tuang ke cetakan putu ayu yang sudah di olesi minyak goreng yang di beri kelapa parut di dasar cetakannya. Kukus 30 menit dengan api sedang hingga matang. Jadi dech putu ayu yang menul2..enak..^^





24 comments :

  1. mbak, SP itu beda ya sama baking soda atau soda kue? Kalau beli di pasar namanya SP ya? Btw, putu ayunya cantik banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh Mba..centil ya putu ayunya..warna warni..^^
      Beda Mba Yanti..SP itu adalah cake emulsifier..di pasar..asal di tempat yang jual bahan2 kue..aku pikir..ada..juga. Jika ragu..beli di supermarket saja Mba..byk di jual juga..ada beberapa merk cake emulsifier selain sp, yaitu ovalet atau TBM..met coba ya Mba..^^

      Delete
  2. Mba dikocoknya pake mixer or bisa manual ya?dan mengembang spt apa ya?maaf pemula aku ini mb..Hëhëhëhë

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai mixer mba..mengembang..sampai adonan kental dan meninggalkan jejak..kalau di angkat mixernya..adonannya nggak jatuh lagi..tapi membentuk ujung runcing gt..^^

      Delete
  3. Mb ini masukin warnanya terakhir ya? Pake pasta pandan g mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Icha..setelah adonan siap..di bagi dan di warnai sesuai selera aja..aku pakai pasta pandan yang ijo..yang lain pewarna makanan saja Mba..:)

      Delete
  4. Hai mba.. Ak numpang nongol lagi yah.. Hee.. Adonan utk bikin putu ayu itu sma ya dngan adonan utk bikin sponge cake? Kapan hari ak prnh ‎​makan putu ayu yg rasa coklat tpi tanpa kelapa atasnya. Itu kira2 pake coklat bubuk, pasta coklat, skm coklat ato coklat blok ya mbak utk wrna coklatnya?? Mohon pencerahannya ya mbak.. Makasiiii... :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Indah,..tapi biasanya putu ayu ini pakai tambahan santan..:)
      Kalau putu ayu coklat..yang mba makan..aku nggak bisa mastiin pewarnanya mba..jika nggak nyicip langsung. Beda2 soalnya..aroma dan rasa coklat bubuk..pasta coklat dan coklat leleh..tapi mustia ku ciicp dulu baru tau..hihi.

      Delete
  5. Mbak Di..mau nanya boleh ya..
    Aku dah nyoba resep ini mbak..bikinnya 2x..yg pertama abis telurnya ngembang aku aduk tepung n santannya pake spatula..hasilnya ga terlalu nyampur soalnya takut kebanyakan ngaduk jd pelan aja gtu..trs stlh dikukus hasilnya bagus..gendut2 menul2 gtu..cantikk..
    Trs yg kedua kali bikin aku aduk tepung n santannya pake mixer kec. 1..maksudku biar adonannya lbh nyampur gtu..tp abis dikukus kok malah bantet ya mba?malah lbh bagus yg diaduk pake tangan n adonan ga terlalu nyampur..padahal aku pikir aerasinya masih ada yg aku pakein mixer soalnya cm bentar n adonannya masih bagus..lom turun tp kok hasilnya bantet ya.. :( kira2 knp ya mba?hehe maap ya mba aku nanya2..masih pemula nih akunya jd bingung..hehe makasih
    Nadia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Nadia..memang lebih bagus di aduk pakai spatula Mba..kan kocokan telurnya nggak turun..walau cuma sebentar..kekeuatan mixer itu kan besar..jadi cukup untuk membuat kocokan telur yang udah mengembang turun lagi dech..:)

      Delete
  6. hai mbak Didi;

    thanks buat resepnya ya, ini baru pertama kali buat, langsung jadi dan enak loh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Sandy..sama2..ikut seneng dech uji coba pertama langsung oke..:)

      Delete
  7. Salam kenal Mbak Di. makasih resepnya yaa, saya udah nyobain kemarin, rasanya enak bgt, laris manis, orang rumah suka semua. (Canna Edulis)

    ReplyDelete
  8. Mb itu pasta vanili'πƴª bisa pake yg bubuk gak

    ReplyDelete
  9. mba, mengental, meninggalkan jejak dan kaku itu spt apa?runcing gmn ujungnya. duh saya pemula, ada gambar contoh nya mba biar kebayang. krn dah dimixer lama dan kecepatan tinggi kok ttp agak cair, permukaannya cuma ada putih2 kayak busa telur saja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat di sini ya mba : http://www.diahdidi.com/2014/01/step-by-step-tips-trik-membaut-cake.html

      Delete
  10. hi mba diah.. nongol lagi deh nih aku.. hihihihihihihi. . mau tanya mba.. telur ukuran kecil kl di gram tuh jd nya sebrp mba? 50 gr kah satu nya? aku biasa sedia dirumah yg 70 gr ( sblm di pecahin ) itu bisakah ditambahin kuning nya aja umpama sgitu..? ditunggu reply nya ya sang maestro dapuuur... thank u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bisa..kira2 50 gram yang ukuran kecil..:)

      Delete
  11. santan bumas yg ukuran brp ml mb diah? biar bisa ngira2 kekentalan santannya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg kecil mba..yang 3 rb an itu lho :)

      Delete
  12. mbak diah,aq dh bikin putu ayu 2x koq gagal slalu ya.pdhl setelah ngocok telur+sp ampe mengembang pake mixer, aq ngaduk terigu n santannya pake spatula.ap krn ngaduknya trlalu lama ya? abisnya nggak nyampur2 mbk

    ummu fatiya

    ReplyDelete
  13. mbk diah, kalo pake telur yg besar ukuran 70 gram gtu kira2 boleh gak yaa ?

    ReplyDelete